Pemula Wajib Tau!!! Ini Istilah Dalam Crypto Yang Wajib Diketahui

Istilah Dalam Crypto – Di dalam dunia Cryptocurrency ada beberapa istilah-istilah yang wajib kamu ketahui,  fungsi dari istilah tersebut adalah untuk memudahkan kamu untuk bermain dalam pasar crypto tersebut. Terlebih lagi untuk para trader pemula yang baru saja mengenal Cryptocurrency.

Oleh karena itu kamu harus mengerti beberapa istilah-istilah yang sering dipakai dalam dunia Cryptocurrency, Anatara lain seperti: FOMO, FUD, PUMP, DUMP, HODL dan beberapa istilah lainnya.

Lalu apasaja sih arti dari istilah-istilah tersebut ?

FOMO

FOMO ialah singkatan dari fear of missing out istilah ini sering digunakan para investor atau trader dalam mempromosikan atau memberitahukan coin trending atau coin yang baru saja launching. Biasanya para para trader/investor ini menujukan istilah tersebut kepada para pemula yang baru saja terjun ke dalam dunia crypto, agar tidak ketinggalam info-info tersebut.

FUD

FUD ialah singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Merupakan strategi  yang menimbulkan kecemasan dan  ketakutan kepada para trader dengan menyebarkan kabar buruk. Strategi ini bertujuan untuk menurunkan harga koin agar bisa dibeli dengan harga murah.

PUMP & DUMP

Pump dapat di artikan sebagai memompa atau menaikan harga. Yang terjadi di saat investor atau para trader membeli koin dalam jumlah yang banyak. Sedangkan Dump dapat di artikan sebagai turun, dump terjadi di saat investor atau para trader menjual koin dalam jumlah yang sangat banyak.

HODL

HODL adalah plesetan kata dari HOLD yang berarti menahan, tetapi HODL adalah singkatan dari Hold On for Dear Life. Yang berarti menahan coin/tidak menjual coin untuk jangka waktu yang pendek. HODL termasuk strategi penahanan coin yang nantinya coin tersebut dapat di jual ketika harganya menjadi lebih tinggi.

TO THE MOON

To the moon adalah yang sering di pakai di saat aset crypto sedang dalam tren yang positif dan harganya cenderung terus melambung tinggi.

HONEYPOT

Honeypot adalah metode jebakan yang di buat oleh para developer coin. Cara kerja metode ini adalah mengunci proses penjualan agar para investor atau trader hanya bisa membeli coin tersebut tapi tidak dapat menjual coin tersebut. Anda dapat mengecek apakah coin yang anda ingin beli termasuk honeypot atau tidak dengan melalui https://honeypot.is/

RUGPULL

Rug pull adalah ketika indikator chart cenderung turun seketika dengan tajam. Hal ini di sebabkan developer meninggalkan sebuah proyek dan membawa kabur uang yang telah di tanamkan oleh para investor.

KOREKSI

Koreski terjadi setelah koin mencapai harga puncaknya. Maka koin tersebut kemungkinan besar akan memasuki masa koreksi atau turun ke harga yang stabil sebelum kembali mengalami kenaikan.

WHALES

Whales adalah julukan bagi investor yang menggenggam coin dan aset kripto lain dalam jumlah yang sangat banyak. mereka sangat berpengaruh dalam pasar crypto, ketika mereka menjual coin di pastikan coin tersebut akan turun. Sedangkan jika whales membeli coin, coin tersebut akat melambung tinggi.

Kesimpulan – Itulah beberapa istilah yang sering muncul, sebenarnya masih banyak istilah-istilah lainnya yang mungkin nanti kita bahas di artikel berikutnya. Dengan memahami istilah-istilah yang saya jabarkan di atas saya rasa sudah cukup untuk menjadi modal para trader/investor pemula untuk memulai masuk ke dalam pasar crypto.

kalian bisa menambahkan istilah-istilah lainnya yang kalian ketahui di kolom komentar yang belum tercantum pada artikel ini agar ilmu yang kita punya bisa berguna dan bermanfaat untuk sesama.

Tinggalkan komentar