Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar

Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar Berikut

Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar – Salah satu syarat penting dalam melamar pekerjaan adalah dengan melampirkan surat lamaran. Namun masih banyak kesalahan dalam membuat surat lamaran ini yang membuatnya tidak di lirik oleh HRD perusahaan. Berikut adalah beberapa tips cara membuat Surat lamaran kerja yang benar beserta fungsi pentingnya.

Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar Berikut

3 Tips Membuat Surat Lamaran Dilirik HRD

1. Menggunakan Pilihan Kata yang Impresif

Surat lamaran akan di buat dengan singkat dan di sarankan menggunakan satu lembar kertas saja. Sehingga anda harus benar benar memikirkan apa saja kalimat yang bisa di tulis dengan singkat padat dan jelas di dalamnya. Salah satu tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah dengan menggunakan pilihan kata yang impresif.

Pilihan kata yang mengesankan dan cenderung impresif ini tentu akan lebih menarik perhatian HRD yang akan membaca surat lamaran anda. Dalam surat lamaran tersebut anda bisa mencoba mendeskripsikan diri anda sendiri dengan baik namun tidak terlalu terlihat somboong atau berlebihan. Anda bisa menambahkan pencapain atau beberapa kelebihan.

2. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa surat lamaran harus diusahakan sesingkat mungkin namun memenuhi semua kebutuhan informasi HRD terhadap anda sebagai pelamar pekerjaan. Pilihan bahasa yang digunakan sangat penting dalam membuat surat lamaran. Bahasa yang digunakan haruslah mudah dimengerti.

Menggunakan bahasa yang terlalu tinggi atau bahasa yang jarang di ketahui oleh orang bisa saja membuat bingung. Berniat ingin memberi kesan yang pintar, malah akan berakhir menjadi salah paham dalam komunikasi. Selain itu, sebaiknya menghindari bahasa yang bertele tele dan hindari pengulangan satu kalimat berkali kali dalam Surat lamaran kerja yang benar.

3. Hindari Bahasa yang Bertele-tele

Bahasa yang bertele tele akan cenderung memperpanjang durasi kalimat yang anda ketik dalam surat lamaran. Surat lamaran yang di ketik terlalu panjang juga akan membosankan. Pihak HRD yang membaca surat lamaran anda yang panjang dengan bahasa bertele tele tentu akan membuang waktu, terlebih bila surat lamaran yang datang banyak.

Namun, walaupun begitu, kalimat yang di gunakan juga jangan terlalu singkat. Sehingga informasi tentang diri anda tidak bisa di sampaikan dengan baik. Kalimat yang di gunakan harus anda pikirkan sehingga panjangnya pas dan tidak bertele tele. Selain itu, hindari pengulangan kata atau kalimat dan surat lamaran.

4. Jangan Sampai Salah Ketik

Hal ini mungkin sepele namun membawa dampak yang penting. Sebelum di kirim ke alamat perusahaan yang di tuju, anda wajib mengecek kembali surat lamaran. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengetikan, terutama untuk informasi penting seperti nama perusahaan, alamatnya, hingga informasi pribadi anda.

Baca Juga: Cari Contoh Slip Gaji? Yuk Intip 7 Komponen Penting Di Dalamnya!

3 Kegunaan Surat Lamaran Kerja

1. Sebagai Bentuk Permohonan Pekerjaan

Walaupun hanya satu lembar, namun Surat lamaran kerja yang benar mempunyai banyak kegunaannya. Salah satunya adalah sebagai salah satu cara permohonan untuk masuk ke dalam perusahaan. Anda sebagai calon pegawai tentu membutuhkan ijin untuk masuk ke dalam suatau perusahaan untuk menjadi karyawannya.

Surat permintaan atau permohonan ini akan di sampaikan secara formal oleh calon pegawai kepada perusahaan yang di tuju. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan memang tidak mempunyai pakem atau pola yang pasti. Namun membuat surat lamaran pekerjaan juga harus memperhatikan beberapa tips membuat surat lamaran yang benar.

2. Sebagai sarana alat komunikasi

Surat lamaran kerja juga mempunyai fungsi komunikasi. Sebuah perusahaan yang akan menerima pegawai baru tentu membutukan seleksi, sehingga tidak semua orang bisa di terima masuk untuk bekerja. Orang orang tersebut akan di seleksi sesuai dengan kompetensi dan skill yang di milikinya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui kompetensi atau skill seseorang, salah satunya adalah mengggunakan surat lamaran. Walaupun singkat, namun informasi yang di tulis dalam surat lamaran paling tidak akan memberikan gambaran perusahaan tentang diri Anda sebagai calon karyawan baru. Sehingga hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

3. Sebagai bahan pertimbangan perusahaan memilih pegawai

Surat lamaran biasanya akan dikirim kepada perusahaan beserta banyak lampiran lainnya. Salah satu fungsi surat lamaran tersebut adalah sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam memilih pegawai yang cocok dengan kebutuhannya. Surat lamaran yang masuk ke dalam HRD ini kemudian akan di seleksi kembali kemudian hasilnya akan di lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Informasi yang di cantumkan pada surat lamaran di rasa akan cukup menjadi satu dasar awal dalam memilih pegawai untuk masuk ke proses seleksi berikutnya. Namun perusahaan juga tidak serta merta hanya melihat Surat lamaran kerja yang benar saja sebagai pertimbangan menerima pegawai tapi juga banyak proses seleksi lainnya secara bertahap.

Surat lamaran pekerjaan yang di buat tentu saja tidak bisa di sepelekan. Ada beberapa tips seperti di atas yang bisa anda gunakan agar surat lamaran anda lebih di lihat oleh HRD perusahaan. Walau hanya di buat selembar, namun Fungsi surat lamaran pekerjaan sangat penting sebagai dokumentasi dan dasar perusahaan menerima karyawan. 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *