Informasi UMR Bogor Dan Wilayah Sekitarnya Yang Perlu Diketahui Pencari Kerja!

Mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai impian adalah keinginan semua orang. Terkait dengan gaji ini, pemerintah sudah menetapkan  besaran minimalnya yang kemudian dikenal dengan nama UMR. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu berapa UMR Bogor di tahun 2022 dan beberapa wilayah di sekitarnya!

Sekilas Info Seputar UMR

Informasi UMR Bogor Dan Wilayah Sekitarnya Yang Perlu Diketahui Pencari Kerja!

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Tentang UMR Karawang Terbaru Tahun 2022

Informasi terkait dengan UMR memang selalu diburu oleh pencari kerja, terutama di kota kota besar. Pemerintah pun setiap tahunnya selalu mengevaluasi besaran UMR agar bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hendaklah setiap perusahaan yang berada di sebuah wilayah mengikuti aturan UMP atau UMK yang telah ditentukan. 

Sejatinya istilah UMR sudah tidak lagi digunakan, melainkan diganti dengan dua istilah yang telah disebutkan sebelumnya yaitu UMP dan UMK. UMP untuk provinsi sedangkan UMK diperuntukkan bagi kota dan kabupaten. UMP langsung disahkan oleh gubernur sedangkan UMK melalui tahap peninjauan dan persetujuan dari gubernur atau walikota.

Barulah setelah itu, UMK disahkan oleh gubernur yang memimpin provinsi dimana kota atau kabupaten tersebut berada. Bagi wilayah yang belum bisa menentukan UMK nya, maka patokan gaji minimum yang diberikan harus mengikuti UMP setempat. Aturan semacam ini penting agar masyarakat bisa mendapat penghidupan yang layak dan tidak digaji semena mena oleh perusahaan. 

UMK Kota Bogor

Sesuai dengan judul yang telah dituliskan, di kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam informasi seputar besaran UMR Bogor dan sekitarnya. Untuk tahun 2022 ini, UMR Kota Bogor adalah sebesar 4.330.249,57 rupiah. Sedangkan untuk Kabupaten Bogor adalah 4.217.206 rupiah. Perbedaan UMK ini adalah hal yang lumrah dan dipengaruhi berbagai faktor. 

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya UMR kawasan bogor dan seluruh wilayah di Indonesia adalah kebutuhan, indeks harga konsumen, kemampuan dan perkembangan perusahaan, upah yang ada di daerah terluar, kondisi pasar kerja, dan tingkat perkembangan perekonomian serta pendapatan perkapita. 

Pemerintah telah mengolah data yang ada sehingga didapatlah nominal UMK yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan minimum masyarakat yang bekerja dan tinggal di kawasan tersebut. Umumnya UMR sebuah wilayah akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun berapa besarnya peningkatan ini tergantung factor yang telah disebutkan tadi, sehingga nominalnya tidak selalu sama. 

UMK Sekitar Bogor

Hingga saat ini UMR tertinggi di Jabodetabek dipegang oleh Kota Bekasi. Adapun besaran UMR nya sampai pada nominal 4.816.921,17 juta. Nilainya berbeda 500 ribu dari UMR Bogor. Sedangkan untuk UMR kawasan Kabupatennya adalah 4.791.849,90 juta. Jika dilihat maka perbedaanya hanya sekitar 25 ribu rupiah. 

Besarnya UMR Bekasi ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan DKI Jakarta yang berada di angka 4.452.724 juta rupiah. Sedangkan untuk wilayah Kota Depok, UMK anya adalah 4.377.231,93 juta rupiah. Apabila diamati, maka besaran UMR Jabodetabek masih berada di angka 4 juta ke atas. 

Kondisi tersebut jauh berbeda dengan kota kota lain yang ada di Indonesia, sebagai contoh Kabupaten Banjarnegara. Adapun besaran UMK nya adalah 1.819.835,17 juta rupiah. Nominalnya berbeda 2 juta rupiah dari UMR wilayah Bogor dan jabodetabek. Kendati demikian, penetapan itu sudah melalui proses telaah yang panjang dari berbagai factor. 

Baca Juga: Informasi UMR Bekasi 2022 Dan Beberapa Peraturan Terkait UMR

Pekerjaan Dengan Gaji UMR

  1. Perbankan

Lowongan pertama yang biasanya memiliki gaji lebih tinggi dari UMR adalah bank. Dua posisi yang paling banyak ditawarkan adalah teller dan customer service. Anda juga bisa mengikuti seleksi untuk management trainee agar mendapat gaji yang lebih besar. Kendati demikian akan ada yang namanya proses trainee yang mungkin saja gajinya masih dibawah UMR Bogor. 

Meskipun begitu, gaji yang diterima akan mengalami peningkatan setelah anda diangkat menjadi pegawai tetap. Bank bank besar pasti sudah memiliki mekanisme yang jelas terkait dengan penggajian karyawan sehingga anda tidak perlu khawatir. Beberapa bank populer yang menjadi incaran pencari kerja adalah BRI, Mandiri, BCA, UOB, CIMB, dan masih banyak lagi. 

  1. programmer

Programmer merupakan lowongan pekerjaan kedua yang gajinya termasuk tinggi. Apalagi jika anda diterima dalam perusahaan besar dan BUMN. Gaji yang didapat sangat jarang yang berada di bawah UMR. Keahlian sebagai programmer sangat diperlukan oleh banyak instansi atau perusahaan sehingga lowongannya pun cukup luas. 

  1. IT Service

Selain programmer, pekerjaan lain yang masih mirip namun sejatinya tidak sama adalah IT Service. Jika mengambil lowongan tersebut, maka gaju yang ada dapat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan UMR Bogor. Meskipun mendapat gaji yang tinggi, namun anda harus tahu bahwa kebutuhan hidup di wilayah tersebut juga pastinya tidak murah. 

Alasan inilah yang membuat anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai gaji yang didapat malah habis sebelum sampai pada periode gajian yang berikutnya. Untuk kota kota besar seperti Bogor dan Jabodetabek, banyak tantangan yang sering membuat kita sulit untuk berhemat. 

Tinggalkan komentar