Cara Membuat Iklan Bahasa Inggris

Contoh Iklan Bahasa Inggris Lengkap: Panduan Membuat Iklan Inggris

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang iklan bahas inggris, berikut contoh, struktur iklan, jenis, tujuan hingga fungsi dibuatnya iklan berbahasa inggris.

Iklan biasanya digunakan untuk kebutuhan promo atau perkenalan suatu produk pada masyarakat. Iklan bisa dibuat dalam bahasa apapun misalnya iklan yang dibuat dalam bahasa Inggris.

Functional texts dalam konteks iklan bisa berupa apa saja. Produk apapun bisa dibuat iklannya dan disampaikan di media apa saja misalnya media cetak atau elektronik.

Iklan Bahasa Inggris

Iklan merupakan sebuah teks yang tujuannya adalah untuk mengumumkan sesuatu supaya lebih menarik bagi banyak orang.

Iklan ini juga dibuat supaya produk tersebut menjadi lebih terkenal di kalangan masyarakat, dan bisa menjadi sarana komunikasi yang tepat antara pihak penjual dengan pihak pengguna produk tersebut.

Maka pengertian dari iklan bahasa Inggris ini adalah sebuah iklan yang memasarkan suatu produk, tetapi dibuat dalam bahasa Inggris.

Iklan ini ditunjukkan dalam bentuk media apapun, mungkin Anda juga sering melihat iklan di Televisi, Radio, Koran, Majalah atau Internet.

Tujuan dari iklan yang dibuat dalam bahasa Inggris ini adalah untuk memperkenalkan produk pada banyak orang, supaya orang-orang berminat untuk membeli dan menggunakan produk yang dijual itu.

Ada beberapa fungsi dari iklan itu sendiri, yang diantaranya yaitu:

  1. Untuk membujuk serta memberi informasi pada masyarakat mengenai produk yang diiklankan itu.
  2. Menciptakan kesan yang baru pada konsumen atau masyarakat.
  3. Memberi informasi secara khusus pada masyarakat mengenai produk yang dijual.
  4. Alat komunikasi antara produsen dengan konsumen.

Sedangkan untuk kelebihan dari iklan bahasa Inggris ini adalah produk akan lebih dikenal dengan baik oleh banyak orang, dan jumlah penjualan juga bisa meningkat.

Namun kekurangan dari iklan ini adalah terkadang bahasanya sulit dipahami oleh banyak orang, karena tidak setiap orang paham dan mengerti bahasa Inggris.

Ditambah lagi dengan biaya iklan yang cenderung mahal, walaupun hal itu tergantung pada media periklanannya.

Cara Membuat Iklan Bahasa Inggris

Cara Membuat Iklan Bahasa Inggris
Pixabay

Ketika Anda akan membuat iklan bahasa Inggris maka Anda harus pahami dahulu bagaimana tenik pembuatan dan strukturnya. Berikut ini teknik dalam membuat iklan Bahasa Inggris:

Bahasa (Language)

Bahasa adalah faktor utama dalam pembuatan iklan dalam media apapun. Walaupun dibuat dalam bahasa Inggris, usahakan buat bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Buat kalimat sederhana yang juga tidak berbelit-belit, dengan bahasa yang jelas. Tambahkan juga slogan menarik agar orang-orang tertarik.

Contohnya:

  • Pretty Inside, Strong Outside! (indah di luar, kuat di dalam) (shoe)
  • Fresh water, fresh you (kesegaran air, kesegaranmu) (water product)

Gambar

Perhatikan juga unsur gambar ketika Anda akan membuat iklan dalam bahasa Inggris. Gambar juga bisa menjadi penentu apakah iklan itu menarik atau tidak.

Buat gambar yang jelas, tidak buram, dan warna cerah. Bisa juga gunakan tokoh atau gambar yang dikenal oleh banyak orang supaya iklan itu mudah diingat.

Tambahkan Testimoni Pembeli

Sebuah testimoni yang real akan membuat konsumen percaya dengan produk yang Anda iklankan tersebut. Apalagi jika testimoninya berasal dari orang terkenal.

Memerhatikan Detail dan juga Desain

Perhatikan juga bagaimana detail dan desainnya saat membuat iklan dalam bahasa Inggris. Sebuah detail iklan yang bagus akan menghasilkan iklan yang tak kalah bagusnya.

Maka perhatikan bagaimana paduan gambar, warna serta ukuran huruf yang Anda pakai di iklan tersebut.

Sebaiknya tidak memakai desain dan detail yang terlalu ramai karena hanya akan membuat konsumen bingung.

Tapi gunakan saja desain yang sederhana dan lebih mudah diingat oleh setiap orang yang melihatnya.

Memberi Penawaran

Tulis juga penawaran untuk konsumen di iklan tersebut, misalnya garansi, diskon, harga promo, dan sebagainya. Hal itu juga bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk.

Call to Action

Pada bagian awal sebuah iklan, biasanya ada pernyataan – pernyataan yang penting yang dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian.

Setelah menyampaikan hal – hal apa saja kelebihan serta beragam manfaat yang didapat dari produk yang ditawarkan maka bagian penutupnya, harus disertai ajakan kepada pembaca atau pendengar untuk segera membeli produk tersebut.

Sekedar tips dari pengalaman, dalam hal ini Anda harus menuliskanya dengan kalimat yang kreatif, sehingga audiens akan tertarik untuk melakukan tindakan selanjutnya ( call to action ).

Biasanya setelah konsumen membaca seluruh isi dalam iklan yang Anda buat dan tertarik untuk membelinya, otomatis konsumen akan segera mencari kontak Anda, dalam hal ini peran Call to action sangat penting untuk memudahkan konsumen segera mendapatkan produknya dengan.

Iklan bahasa inggris merupakan iklan yang dibuat untuk menjangkau audiens secara internasional menggunakan berbagai media promosi seperti televisi, koran, majalah, radio hingga internet.

Contoh Iklan Minuman dalam Bahasa Inggris

Contoh Iklan Bahasa Inggris Minuman Nescafe

Contoh Iklan Bahasa Inggris Minuman Nescafe
toriqa.com

Your morning will be better with a cup of coffee but will be perfect with a cup of Nescafe! Our Nescafe Original is more than just a coffee. It is made of the chosen beans and created by the expert hands. Our secret formula will perfect all your mornings with a single sip every morning.

Contoh Iklan Bahasa Inggris Minuman Fanta

Contoh Iklan Bahasa Inggris Minuman Fanta
toriqa.com

Feel the freshness of real fruits in every drop of our new Fanta flavors! The sweetness of real grapes and orange will refresh your hot summer days. Made of healthy ingredients, our new Fanta is ready to rock your summer days with freshness in its every single drop.

Contoh Iklan Makanan dalam Bahasa Inggris

Iklan Bahasa Inggris Makanan Vegan

Iklan Bahasa Inggris Makanan Vegan
toriqa.com

Your food may kill you. Choose what you eat and you will live longer. We provide healthy vegan foods for everyone. Cooked by our professional chefs and made of organic ingredients. Taste the delicious health in our new branch of Veganicious Resto.

Iklan Makanan Steak Domba dalam Bahasa Inggris

Iklan Makanan Steak Domba dalam Bahasa Inggris
HalloFres

No steak is served better than ours. With fresh made sauces and organic vegetables, your plate will fill your nutrition needs deliciously. Let our chefs show you the delightful taste of lamb steak in a brand new way. Visit us now and prove our steak’s quality taste at Heaven Steak House.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

We are hiring professional teachers for our wonderful students at Institut Bina Bahasa. Positions are available for Mandarin Teacher, Spanish Teacher, English Teacher, and French Teacher.

If you meet these qualifications, please let us see your curriculum vitae:

Female or male

Indonesian citizen

Have at least two years teaching experience in the language you want to teach

We are choosing only the ones have the following skills:

Professional classroom management

Capable of dealing with children and their parents

If you are the one, we are waiting for your information. Contact us at 08987654321 or send us your curriculum vitae to [email protected]

Contoh Iklan Jasa dalam Bahasa Inggris

Magic Hand Cleaning Services is your solution for all clutter. Our cleaners and their magic hands will come and clean your office, home, or apartment while keeping you free from any dust. We offer lots of services for your residence:

Kitchen

Offices

Bathrooms

Mopping

Dusting

Vacuuming

We are ready to clean one time, bi-weekly, weekly, or monthly. Let us do all the dirty work while you enjoy your free time doing your hobby. Get your own Magic Hand now by contacting us at 088899998888. Get 10% off for your very first order and another 10% off for recommending us to your loved one.

Contoh Iklan Bahasa Inggris Berbagai Produk

Produk Shampoo

Contoh iklan bahasa inggris produk kecantikan
toriqa.com

Produk Elektronik / Gadget

Iklan Bahasa Inggris Produk Elektronik
toriqa.com

Contoh Iklan Bahasa Inggris Produk Kendaraan

Contoh Iklan Bahasa Inggris Produk Kendaraan
toriqa.com

Struktur Pembuatan Iklan Bahasa Inggris

Selain teknik pembuatan iklannya, Anda juga harus tahu apa saja struktur dalam pembuatan iklan berbahasa Inggris diantaranya yaitu:

Tittle

Dalam membuat iklan dalam bahasa Inggris, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat judul.

Cara penulisan judul harus ditonjolkan yaitu dengan memakai huruf yang lebih besar, posisinya berada di tengah, dan juga tambahkan warna yang bervariasi.

Persuasion Statement

Jika sudah membuat tittle maka kini saatnya Anda membuat Persuasion Statement yang berisi pernyataan, supaya orang mau melihat-lihat produk yang diiklankan.

Detail/Keterangan

Cantumkan juga informasi kontak yang bisa dihubungi, jika ada konsumen yang ingin membeli produk. Kontak ini bisa berupa apa saja misalnya nomor telepon, email, dan sebagainya.

Pelajari juga macam macam iklan berikut contohnya secara lebih lengkap di situs tersebut agar pemahaman anda semakin luas dan mendalam terkait cara membuat dan promosi suatu produk.

Jenis-Jenis Iklan dalam Bahasa Inggris

Sebelum membuat iklan bahasa inggris, ada baiknya jika Anda mengetahui juga tentang jenis-jenis iklan bahasa inggris.

Iya, karena ini bertujuan agar kalian bisa membuat sebuah iklan yang sesuai dengan jenis media yang akan kita gunakan serta produk apa yang akan kalian pasarkan sehingga cocok penyampaiannya ke konsumen.

1.  Iklan Cetak

Seperti namanya, iklan cetak adalah jenis iklan yang cara penyiarannya menggunakan media cetak, seperti halnya majalah, koran, tabloid, dan media cetak lainnya.

Berdasarkan format yang dapat kita gunakan dalam media surat kabar, tabloid, dan majalah, iklan dikenal dengan dua bentuk yakni iklan baris dan juga iklan kolom, saya juga telah membahas kedua format iklan ini, Anda tinggal baca salah satunya.

2. Iklan Advertorial

Apa itu iklan advertorial? jenis iklan advertorial adalah jenis iklan yang bisa kita buat dalam bentuk seperti berita.

Umumnya, iklan jenis ini juga dipublikasikan dalam koran atau majalah umum, jenis iklan advertorial juga bisa dipublikasikan melalui artikel dalam sebuah website.

3. Iklan Display

Antara iklan kolom dan iklan display sekilas memang mirip sekali bentuknya, namun sebenarnya kedua jenis iklan ini berbeda, iklan display ini sedikit lebih besar dari pada iklan kolom.

Secara keseluruhan bentuk iklan display ini memiliki gambar serta tulisan dengan ukuran yang lebih besar, selain itu iklan display ini lebih terlihat menarik, terutama jika menggunakan desain gambar yang bagus.

4. Iklan Elektronik

Selanjutnya ada Iklan elektronik yaitu jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media elektronik.

Iklan elektronik masih terbagi menjadi beberapa kelompok, seperti:

Fungsi dan Tujuan Iklan / Advertisement 

Fungsi dan Tujuan Iklan Advertisement 
toriqa.com

Iklan bahasa inggris (Advertisement) umumnya dibuat untuk mengajak audiens, baik pendengar maupun pembaca, untuk membeli produk yang sudah ditawarkan dalam iklan tersebut.

Maka dari itu, tak heran jika ada banyak sekali iklan diberbagai media yang dibuat dengan tulisan yang sangat persuasif (mempengaruhi).

Memperkenalkan Produk

Tidak hanya sekedar mengajak audiens, iklan juga bisa bertujuan untuk memberitahukan sebuah produk secara massal kepada masyarakat luas dengan sangat cepat.

Dengan memanfaatkan iklan, informasi detail seputar produk baru bisa diulas semenarik mungkin dan tanpa adanya iklan, masyarakat tentu tidak akan tahu mengenai produk yang baru diluncurkan.

Menjalin “Engagement”

Masih ada kaitannya dengan poin diatas, selain sebagai media promo atau pengenalan produk, iklan juga bisa bertujuan untuk menjalin engagement atau kedekatan dengan banyak konsumen.

Kedekatan dalam hal ini yaitu sebuah “hubungan” timbal balik antara audiens dan penjual, hal ini biasanya berlaku untuk platform media sosial.

Contoh sebuah media yang sangat efektif dalam membangun hubungan dengan para audiens adalah Instagram, media sosial yang satu ini mengharuskan sebuah akun memiliki follower.

Dan jika follower dalam sebuah akun instagram sudah cukup banyak dan interaktif, maka selanjutnya promosi bisa semakin mudah dilakukan, bisa jadi audiens awalnya hanya follow, kemudian bisa tertarik dan ikut membeli produk Anda. Menarik bukan?

Meyakinkan Audiens

Bagaimana cara meyakinkan konsumen akan produk yang akan Anda jual? caranya dengan memanfaatkan semua fitur yang ada di dalam iklan, yakinkan mereka dengan merangkai kata – kata persuasif, sertakan bukti produknya, bukti schreenshoot-nya bahwa produk atau jasa yang ditawarkan benar adanya.

Kita tidak bisa mengelak bahwa tidak jarang ada audiens yang masih kurang percaya jika cara promosinya masih hanya sebatas tawaran-tawaran saja, mereka akan lebih percaya jika ada iklan yang menarik, jelas, serta meyakinkan.

Contohnya dalam sebuah iklan pinjaman online. Layanan jasa ini kan memang identik dengan uang, kalau layanan ini tidak dipasarkan dengan jelas, audiens tidak akan percaya.

Solusinya adalah Anda harus menampilkan dalam iklan tersebut sebuah teks yang menyatakan bahwa layanan Anda sudah legal dan diawasi oleh OJK.

Baiklah, mungkin cukup sekian apa yang bisa share dalam tulisan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. terimakasih.

Tinggalkan komentar