Penasaran Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? Lihat Pembahasannya Disini

Banyak bidang pekerjaan dalam suatu maskapai penerbangan. Tak hanya pilot dan pramugari saja, namun kru lainnya juga akan menentukan kualitas penerbangan anda. Salah satunya adalah tukang parkir pesawat. Banyak penasaran berapa gaji tukang parkir pesawat. Bila anda tertarik pada bidang pekerjaan satu ini maka anda harus menyimak informasi dibawah ini.

Penasaran Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? Lihat Pembahasannya Disini

source: ussfeed.com

Hal Penting Tentang Petugas Parkir Pesawat 

  1. Peran Penting Marshaller

Tanggung jawab untuk megendalikan pesawat memang ada di tangan pilot, sedangkan co-pilot akan membantu kerja pilot selama penerbangan. Namun tak hanya itu, saat pesawat akan mendarat dan turun ke landasan, tentu akan membutuhkan bantuan tukang parkir pesawat atau yang biasa disebut dengan marshaller.

Sehingga salah satu fungsi marshaller adalah sebagai bantuan mata untuk pilot dalam memposisikan pesawatnya. Tubuh pesawat yang begitu besar tentu akan membuat pilot kesulitan untuk mencoba memarkirkannya sendiri dan akan membutuhkan bantuan personil bandara lainnya seperti marshaller. 

Dalam hal komunikasi, antara marshaller dengan pilot biasanya akan menggunakan bahasa isyarat dan dibantu gerakan tubuh. marshaller akan memberikan petunjuk tentang posisi pesawat yang benar. Bahkan profesi sebagai marshaller akan bekerja walau dalam keadaan cuaca buruk sekalipun seperti hujan atau badai sesuai dengan gaji tukang parkir pesawat. 

  1. Berapa Kisaran Gaji Marshaller

Estimasi kisaran gaji profesi sebagai tukang parkir pesawat ini memang masih relatif. terlebih bila anda membandingkan gaji marshaller dalam negeri dengan luar negeri. Tentu keduanya akan berbeda karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Namun, walaupun berbeda, gaji marshaller dalam negeri juga cukup menjanjikan. 

Estimasi gaji yang akan diterima profesi sebagai marshaller di Indonesia bisa berkisar antara Rp 3.1 juta hingga Rp 8.9 juta per bulannya. Namun besaran gaji yang diterima ini juga terhitung relatif karena akan terpengaruhi beberapa faktor lainnya. Salah satu faktornya adalah terkait UMR di tiap daerah lokasi bandara berada. 

Selain kisaran gaji tukang parkir pesawat yang berbeda, profesi sebagai tukang parkir pesawat ini juga mempunyai jenjang karirnya masing masing. Sehingga bila anda tertarik untuk menekuni profesi ini maka akan ada pelatihan dan juga kenaikan pangkat yang akan dilakukan sesuai dengan skill dan juga lama waktu bekerja. 

Baca Juga: Menjanjikan, Yuk Cari Tahu Gaji Nahkoda dan Pendidikan yang Harus Ditempuh

Variabel Penentu Gaji Marshaller

  1. Kebijakan intern maskapai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kisaran gaji seorang Marshaller akan berbeda tergantung dari beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah seperti kebijakan intern dari pihak maskapai, yang mana tentu mempunyai aturan tentang penggajian yang berbeda beda dan akan disebutkan pada surat kontrak pegawai. 

Sebagai Marshaller tentu perlu memahami banyak aturan terkait maskapai dan penerbangan. Aturan dalam profesi ini dibuat dan dijalankan agar proses parkir pesawat dapat berjalan dengan aman. Sehingga penting untuk seorang Marshaller memahami terkait banyak aturan khusus yang terkait dengan pesawat ini. 

  1. Lama waktu bekerja

Selain itu, gaji tukang parkir pesawat juga akan dipengaruhi oleh lamanya pengalaman kerja. Semakin lama seorang Marshaller bekerja, artinya pengalaman yang dilakukannya sudah banyak maka tentu gaji yang akan diterimanya juga akan semakin tinggi. Hal ini seiring dengan pengetahuan Marshaller yang akan semakin banyak tentang pesawat. 

Selain gaji Marshaller, yang perlu diketahui adalah tentang pembagian jam kerjanya. Jam kerja seorang Marshaller biasanya akan dilakukan dengan sistem shift. Rata rata seorang Marshaller akan bekerja sebanyak 13 jam dalam sehari. Sehingga jam kerja akan dibagi menjadi jam 6 pagi hingga jam 7 malam dan jam 6 sore hingga jam 7 pagi.

  1. Keahlian khusus yang dimiliki

Menjadi Marshaller tentu harus memiliki keahlian khusus di bidang memposisikan pesawat yang benar. Tak hanya itu, namun banyak skill lainnya yang akan penting dan harus dikuasai oleh Marshaller. keahlian atau skill yang dimiliki oleh seorang tukang parkir pesawat ini juga akan menjadi pertimbangan besaran gaji yang diterimanya. 

Selama bertugas, Marshaller tak hanya memakai seragam saat bekerja namun juga dilengkapi dengan perangkat khusus guna mendukung tugas. Salah satu peralatan yang penting adalah seperti penyumbat telinga yang berguna untuk meredam kebisingan pesawat, sepatu kaki besi, jaket neon agar pilot menemukan menemukannya, dan tongkat LED.

  1. Mengikuti UMR masing masing daerah

Sama halnya seperti pekerja lainnya di Indonesia, perhitungan gaji tukang parkir pesawat juga akan mengikuti besaran UMR masing masing daerah lokasi bandara berada. Sehingga standart gaji seorang Marshaller juga bisa dipengaruhi oleh besaran UMR daerah dimana lokasinya bekerja walaupun nantinya masih akan ditambah dengan berbagai macam tunjangan. 

Itulah sekilas informasi tentang Marshaller atau petugas parkir pesawat bandara yang bisa anda ketahui. Kisaran gaji tiap tiap profesi akan cenderung berbeda tergantung banyak faktor. Sehingga perhitungannya tidak selalu tepat. Bila anda tertarik bekerja sebagai Marshaller, maka informasi diatas akan memberikan referensi yang bagus untuk anda.

Tinggalkan komentar