toriqa.com

Gaji Kurir J&T Express Terbaru+ Tunjangan Gaji, Syarat dan Cara Daftarnya

Gaji kurir J&T Xpress – J&T Xpress merupakan salah satu layanan jasa pengiriman barang & ekspedisi yang cukup populer di Indonesia selain JNE dan juga Ninja Xpress.

Dalam hal lamanya exsis di sebagai layanan jasa pengriman, J&T masih relatif lebih muda karena baru didirikan sejak tahun 2015.

Meskipun secara umur eprusahaan yang satu ini masih lebih muda dibanding pesaing-pesaing jasa kirim lainnya, nyatanya J&T tetap bisa survive dan mampu bersaing dengan kakak-kakaknya.

Hal ini terbukti hingga saat ini sudah punya 10.000 kurir yang bergabung dan terus bertambah setiap tahunnya.

Bahkan, di tahun 2019 perusahaan ini telah merambah ke lebih 5 negara, hal ini tidak lepas dari peran serta dedikasi para kurir itu sendiri.

Baiklah, berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai berapa besaran gaji kurir J&T Express setiap bulannya, berikut juga syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendaftarkan diri di perusahaan dan cara mendaftarnya untuk menjadi kurir J&T.

Gaji Kurir J&T Express Terbaru

Gaji Kurir J&T Express Terbaru
toriqa.com

Setiap bulannya, besaran gaji kurir J&T Express mencapai kisaran Rp 2.000.000-an, meski ada juga yang mengatakan Rp 2.361.436 per bulan dan Rp 2.500.000 per bulan.

Tapi ingat, gaji segitu hanya gaji pokoknya saja yang kebetulan direvew oleh beberapa pekerja. Masih ada yang namanya tunjangan dan beragam bonus yang akan mereka dapatkan sesuai kinerjanya.

Mari kita ketahui selengkapnya di bawah.

Gaji Kurir J&T Perpaket

Di samping mendapatkan gaji pokok, kurir juga memperoleh komisi yang biasanya sebesar Rp 1.000/paket yang berhasil diantar kepada penerima.

Semakin banyak paket tiap kurir mengantarkan paket, maka semakin banyak pula komisi yang didapat sebagai tambahan akumulasi gaji bulanan.

Bayangkan saja apabila setiap bulannya petugas kurir berhasil mengantarkan ratusan paket, kan secara otomatis mereka mampu melebihi gaji pokoknya itu tiap bulan.

Gaji Kurir J&T Freelance

Nah, khusus untuk freelancer (Istilah untuk pekerja lepas) itu bisa memperoleh penghasilan rata-rata di bawah Rp 2.000.000.

Dengan menjadi kurir J&T Freelance, para kurir bebas untuk bekerja atau tidak setiap harinya, jika ingin bekerja, kurir freelance mendapat upah Rp 2.000 atau Rp 3.000 per paketnya.

Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangannya

Sistem Gaji Kurir J&T dan Tunjangannya
toriqa.com

Simak lebih lanjut keterangan berikut:

Gaji Pokok

J&T biasanya akan menerapkan gaji pokok untuk semua kurirnya.

Besaran gaji pokok itu ada di kisaran mulai dari 2,5 juta Rupiah sampai pada level UMR di tiap-tiap kota. Dan baiasanya, saat ini semua kurir J&T telah memperoleh gaji pokok sesuai dengan UMR di daerahnya masing-masing.

Bagi kurir, dengan adanya sistem gaji pokok ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri, karena Kurir akan mendapatkan jaminan gaji setiap bulannya.

Karena tidak semua perusahaan ekspedisi itu menerapkan sistem gaji pokok, sehingga perusahaan jasa yang satu ini terbilang cukup baik dalam memberikan remunerasi kepada para kurir.

Komisi

Selain gaji pokok, ternyata sprinter maupun kurir juga memperoleh komisi.

Komisi ini diperoleh berdasarkan banyaknya paket yang dapat di pick up dari seller, serta banyaknya paket yang sudah diantarkan dari drop point.

Besaran komisi juga tergantung pada kebijakan J&T.

Menurut penuturan seseorang yang bekerja cukup lama sebagai jasa kurir, besaran komisi ini dulu adalah 1000 per paket yang dikirim, jadi, ketika bisa mengantar 50 paket, maka kurir mendapat komisi 50.000.

Bisa dihitung saja jika setiap harinya tiap – tiap kurir bisa mengantar 50 paket, maka dalam sebulan komisinya bisa mencapai 3 juta rupiah.

Dan jika digabungkan dengan gaji pokoknya, maka penghasilan sprinter menjadi cukup besar bukan?.

Uang Bensin

Tak perlu takut rugi akan pengeluaran bensin pada motor anda karena uang bensin sepenuhnya ditanggung oleh J&T.

Berapa uang bensin ini tergantung pada kebijakan dari J&T, bisa saja ketika artikel ini ditulis sudah berubah, namun yang jelas, uang bensin ini menjadi salah satu komponen gaji para kurir.

Jadi, sistem gaji kurir J&T yaitu, kurir memperoleh gaji pokok dan komisi dari menjemput dan mengantar paket serta juga uang bensin untuk mengantarkan barang kemanapun sesuai alamat.

Nilainya dapat menjadi besar pada saat jumlah paket yang diantar maupun yang di jemput banyak, karena, komisi bisa jadi lebih besar dari pada gaji pokok.

Bonus

Bonus akan didapatkan oleh setiap kurir J&T apabila target dari drop point tercapai, seperti yang telah disinggung di atas bahwa sprinter itu melekat pada drop point J&T.

Jadi, saat drop point (tempat sprinter bernaung) berhasil melampaui atau paling tidak mencapai target, maka kurir beserta semua staff drop point akan mendapat bonus.

Denda

Bekerja sebagai kurir J&T bisa dibilang cukup menarik dengan penawaran gaji yang lumayan besar, tapi ternyata juga memiliki tantangan tersendiri yaitu adanya denda.

Denda ini akan dikenakan terhadap para kurir jika ada kurir yang mengirimkan paket, namun paketnya tidak lolos scanning.

Denda yang bisa dijatuhkan dalam kasus ini adalah 10 kali lipat dari ongkir yang ditanggung pengirim.

Demikian pula jika ada masalah pada pengecekan resi paket, jika terjadi ketidak sesuaian resi dengan kenyataan, misalnya pada resi tertulis terkirim padahal belum, maka kurir juga akan terkena denda.

Alasan diadakan dan diberlakukannya denda adalah untuk menghindari berbagai masalah pengantaran barang oleh kurir, sehingga menyebabkan adanya komplain ke CS J&T.

Jika terjadi komplen, biasanya pihak CS J&T akan melakukan tracking siapa kurir yang mengantarkan barang yang tidak sampai tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir J&T

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir J&T
toriqa.com

Sistem kerja kurir J&T bisa dibilang sama dengan jasa ekspedisi pada umumnya (Ninja Xpress maupun JNE).

Secara terstruktur, berikut ini alur singkat dari tugas kurir J&T :

  • Pertama seller akan meminta kurir untuk mengambil barang atau yang akan dipaketkan.
  • Kedua pihak kurir J&T akan menjembut barangnya, kemudian akan mengantarkannya ke gudang atau kantor warehouse untuk disortir terlebih dahulu.
  • Ketiga paket akan di sortir sesuai dengan wilayah yang berdekatan.
  • Keempat paket akan dikirimkan ke drop point yang biasanya tersebar disetiap kecamatan yang ada di kota tersebut.
  • Kelima dari titik tersebut (kota atau kecamatan) paket akan diantar kembali ke alamat yang dituju oleh kurir J&T.

Untuk waktunya, jam kerja kurir J&T itu dimulai dari jam 8 pagi hingga dengan jam 8 malam dengan menggunakan sistem kerja shifting yang dibagi bagi dengan kurir lainnya.

Syarat Menjadi Kurir

Selanjutnya terkait syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftarkan diri menjadi kurir di J&T Express.

  1. Berusia antara 18-35 tahun.
  2. Pendidikan minimal ialah SMA/SMK/sederajat.
  3. Memiliki motor.
  4. Memiliki SIM C aktif.
  5. Memiliki STNK aktif.
  6. Memiliki NPWP aktif.
  7. Memiliki SKCK aktif.
  8. Memiliki HP.
  9. Sehat jasmani maupun rohani.
  10. Tidak mempunyai tato di tubuhnya.
  11. Bebas dari narkoba.
  12. Jujur, pekerja keras, serta punya kepribadian baik.
  13. Memahami rute atau jalanan alternatif dengan baik untuk menentukan rute-rute tercepat dimana kurir/sprinter akan mengirim atau mengambil barang dari konsumen.
  14. Siap untuk ditempatkan sesuai kebijakan kantor.
  15. Mengirimkan surat lamaran serta berkas-berkas pendukungnya seperti CV, fotokopi dan ijazah.

Cara Mendaftar Menjadi Kurir

Gaji kurir J&T Xpress
toriqa.com

Selanjutnya bagaimana cara daftarnya? caranya tidak begitu rumit kok, pertama cari dan buka web resminya careernya J&T Express seperti ini, klik aja.

Di halaman web tersebut, biasanya akan diinformasikan seputar lowongan pekerjaan apa saja yang masih buka, termasuk juga tugas dan tanggung jawab utama dari posisi tersebut. Demikian pula cara mendaftarnya bagaimana, pahami semua di web tersebut.

Contohnya, anggaplah Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan menjadi kurir di J&T, anda tinggal melengkapi saja semua syarat-syaratnya, sekaligus buat surat lamaran pekerjaan beserta CV terbaru Anda.

Setelah itu, kirimkan semua berkas lamarannya ke alamat email yang ada di halaman website karir J&T.

Caranya, tingga anda cantumkan format berikut di bagian subject email “kota_posisi yang Anda lamar_nama Anda”.

Misal : “Surabaya Timur_Courier_Muhammad Zaki Jalaluddin”.

Atau bisa juga kalian langsung mengunjunngi kantor cabang terdekat J&T di sekitar kota anda dengan membawa semua persyaratan yang diminta seperti di atas.

Jenis Kurir J&T

Ada 2 jenis kurir J&T, diantaranya sprinter dan juga ekspedisi, masing-masing jenis kurir ini punya tugas yang berbeda beda.

Yuk kita kenal keduanya secara detail.

Sprinter

Apa itu sprinter? sprinter adalah kurir lapangan, tugasnya yang paling pokok adalah mengantarkan paket dari lokasi drop poin hingga sampai ke alamat tujuan.

Kebanyakan kurir jenis ini akan pergi ke kantor J&T untuk mengambil banyak paket lalu akan mengantarkannya dalam waktu target satu hari selesai.

Tidak hanya itu, biasanya kurir sprinter J&T telah terikat dengan drop point sehingga akan mempunyai jumlah tenaga kerja yang berbeda-beda.

Untuk drop point yang besar secara otomatis jumlah kurir J&T nya juga banyak, karena menyesuaikan dengan volume pengiriman harian.

Ekspedisi

Jenis kurir J&T yang kedua ada Ekspedisi yang merupakan tenaga kerja yang berasal dari perusahaan rekanan J&T.

Dalam sistem kerjanya memang J&T bekerja sama dengan beberapa perusahaan transportasi untuk mengoptimalkan pengiriman ke berbagai daerah.

Jadi, kurir ekspedisi berada dibawah naungan perusahaan transportasi tertentu yang juga melaksanakan pengiriman paket J&T ke berbagai daerah.

Demikianlah pembahasan kita terkait terkait besaran Gaji Kurir J&T, berdasarkan info diatas, apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri di posisi kurir?

Jika iya, segera saja lengkapi syarat-syaratnya dan daftarkan diri Anda segera, baik secara online maupun dengan langsung ke kator cabang atau pusatnya.

Tinggalkan komentar