Gaji Kurir JNE Terbaru dan Terlengkap, Syarat & Cara Daftar Karyawan JNE

Gaji kurir JNE – Di zaman teknologi ini saya lihat masih banyak sekali pengangguran terutama di kalangan pemuda dengan berbagai macam latar belakang keluarga dan pendidikan.

Khusus yang berpendidikan (lulusan SMA sederajat atau lulusan sarjana) harusnya mereka mampu memanfaatkan media sosial secara bijak (tidak hanya digunakan sebagai media hiburan seperti chatting dan game doang)

Faktanya, di dunia digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali peluang yang bisa di ambil untuk menutupi biaya hidup diri dan keluarga, salah satunya adalah mencari informasi tentang jasa antar barang, baik yang dilakukan secara online maupun ofline.

Contohnya aalah seperti karyawan jasa kurir JNE. Gajinya nggak main-main loh, bisa buat jajan, kencan maupun biaya hidup keluarga.

Mau tau berapa gajinya? cara daftar serta syarat – syaratnya?

Mari luangkan waktu anda sejenak untuk membaca informasi singkat berikut ini.

Gaji Kurir JNE

Gaji Kurir JNE
toriqa.com

Sebagai salah satu perusahaan terbesar dalam bidang ekspedisi pengiriman berbagai barang atau produk di Indonesia, JNE juga menawarkan gaji terhadap semua karyawannya dalam jumlah yang lumayan besar.

Khusus untuk kurir, gaji yang diberikan JNE rata-rata berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000-an setiap bulannya. Tapi ini hanya gaji pokoknya saja ya, masih belum termasuk dengan beberapa tunjangan maupun insentif lainnya, seperti misalnya:

  1. Uang sewa motor.
  2. Uang service kendaraan.
  3. Uang bensin.
  4. Uang makan.
  5. Uang kehadiran.
  6. Uang THR tahunan.
  7. Hingga uang tunjangan kesehatan.

Berdasarkan total nominal gaji kurir JNE seperti diatas, itu sudah termasuk lumayan besar bukan? dan menurut saya itu sudah melampaui UMR di masing-masing daerah, dan bahkan jika dibandingkan dengan besaran gaji pegawai kurir di perusahaan lain, semisal gaji kurir Ninja Xpress itu sudah tergolong lebih besar.

Demikian pula dengan keuntungan yang bisa diperoleh dari segi ekosistem lingkungan yang menurut saya juga lumayan cukup menggiurkan. Seperti:

  1. Setiap karyawan kurir tidak mendapat tekanan dari bos atau atasan, jadi kerjanya sedikit santai.
  2. Punya sistem kerja yang kompak antar karyawan dan kurir.
  3. Pihak perusahaan juga memperhatikan kesejahteraan karyawannya.
  4. Sesama kurir tidak saling acuh dalam bekerja sama.
  5. Dan lain sebagainya.

Syarat Menjadi Kurir JNE

Setelah mengetahui berapa gaji kurir / jasa kirim JNE, dan anda tertarik ingin bergabung bekerja dengan perusahaan tesebut. Selanjutnya mari simak bagaimana cara mendaftar serta apa saja syarat-sarat untuk mendaftar.

Di setiap perusahaan, apalagi perusahaan besar yang secara resmi berdiri di suatu negara hukum, sudah tentu untuk setiap posisinya jika ada yang ingin melamar untuk menjadi calon pegawai memerlukan syarat-syarat tersendiri.

Hal itu juga berlaku untuk perusahaan JNE jika Anda ingin melamar posisi kurir.

Jika Anda mantap untuk melamar, dan sedang mencari informasi apa saja syarat dan cara daftarnya, kalian tenang saja, saya sudah menyusun beberapa syarat yang nanti bisa Anda siapkan.

Kurang lebih syarat yang mesti anda miliki dan siapkan adalah:

Memiliki HP

Syarat Menjadi Kurir JNE
toriqa.com

HP adalah alat komunikasi yang memiliki banyak kegunaan dalam pekerjaan anda, diantaranya adalah bisa dimanfaatkan untuk mencari lokasi tujuan melalui maps, menghubungi konsumen.

Selain itu, dengan HP perusahaan juga bisa lebih mudah untuk men-tracking Anda untuk memastikan kiriman bisa sampai kepada konsumen secara tepat waktu.

Memiliki Motor

Yangkedua, syarat yang wajib dimiliki oleh seorang calon kurir yang ingin mendaftar adalah kendaraan bermotor roda dua, karena motor inilah yang akan dipakai sebagai alat utama mengantarkan barang atau paket dari dan untuk para pelanggannya di seluruh daerah Indonesia.

Sebenarnya ada beberapa kurir yang memang bisa menggunakan fasilitas motor dari perusahaan, namun itu hanya sebagian kecil, rata – rata kurir memang harus menggunakan motor pribadi untuk bekerja. Makanya ini menjadi syarat wajib seperti HP sebelum mendaftar.

Meski harus menggunakan motor pribadi, anda tidak perlu risau atau khawatir rugi, karena meski menggunakan motor pribadi, Anda akan mendapat uang sewa motor dari kantor.

Cukup feer kan?

Berpengalaman / Menguasai Jalan

Syarat syarat yang harus dimiliki sebelum mendaftar JNE
toriqa.com

Sebelum mendaftar, pastikan juga anda bukan orang yang minim pengetahuan akan jalan dan daerah-daerah target kerja anda, karena ini juga syarat yang harus dimiliki oleh semua kurir.

Menurut saya ini masuk akal sebagai syarat mendaftarkan diri, karena jangan sampai pas anda bekerja untuk mengantarkan paket, anda malah pusing sendiri dengan alamat yang tertera di produk tersebut.

Memang sekarang ada teknologi Maps, tapi bagi orang yang minim pengalaman dalam perjalanan itu hanya sedikit sekali membantu. Seringkali malah sering nyasar.

Jadi, dengan menguasai perjalanan Anda akan semakin cepat mengantarkan barang sampai tujuan.

Memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi)

Jangan lupa juga bagi Anda yang akan melamar menjadi kurir JNE, hendaknya sudah memiliki SIM, ya! untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan dengan pihak yang berwajib (Polisi).

Dengan adanya SIM sebagai syarat wajib atau taat berkendara, juga perjalanan Anda nantinya akan jauh lebih aman, tidak tidak perlu takut lagi akan adanya operasi SIM yang terjadi.

Memiliki SKCK

Apa itu SKCK? SKCK kepanjangannya adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian sebagai salah satu bukti yang harus dimiliki oleh setiap pelamar untuk mendafatarkan dirinya di perusahaan manapun, tak terkecuali JNE.

Apa pentingnya surat ini bagi perusahaan? dengan SKCK ini akan menjadi bukti yang bisa dilihat oleh prusahaan apakah Anda pernah terjerat masalah kejahatan atau hukum sebelumnya atau tidak.

Cara Mendaftar Kurir JNE

Caranya gampang banget ya.

  • Pertama anda bisa mencari informasi secara continue terkait rekrutmen kurir JNE di website resminya atau media sosialnya secara langsung.
  • Atau jika tidak ingin ribet lagi, silahkan klik aja disini ya. Atau disini juga bisa.
  • Setelah informasinya sudah anda dapatkan, silahkan pahami serta lengkapi syarat apa saja yang mesti Anda lengkapi.
  • Setelah persyaratan sudah dirasa lengkap, silahkan daftarkan pada alamat yang tercantum di dalamnya.

Gampang kan? Simple aja kok.

Tugas Pokok Kurir JNE

Tugas pokok dan cara daftar kurir JNE
toriqa.com

Rasanya masih kurang lengkap jika Anda hanya tahu tentang gaji kurir JNE, sayarat dan cara daftarnya.

Anda harusnya juga mesti tau, setelah resmi bergabung apa saja tugas pekerjaan anda disana.

Seperti prusahaan kurir pada umumnya (Tugas kurir Ninja Xpress dan jasa kurir lainnya), berikut beberapa tugas yang perlu Anda tahu, sebagai calon pelamar kurir JNE nantinya.

  1. Mengirim berbagai macam jenis paket produk kepada konsumen secara tepat waktu (OnTime)
  2. Jika paket yang akan dikirim berbentuk dokumen, maka kurir harus menjaga aspek kerahasiannya.
  3. Mengirimkan paket atau produk terhadap konsumen secara utuh, tanpa mengalami cacat atau kerusakan akibat kesalahan pengiriman.
  4. Sebelum mengantarkan produk apapun ke tempat tujuan, setiap kurir harus mengecek stok barangnya.
  5. Ikut bantu cek setiap alamat tujuan, dimana paket atau barang tersebut akan dikirim.
  6. Ikut dalam mengambil paket atau barang dari konsumen dimana barang atau paket tersebut akan dikirim.
  7. Setelah selesai mengantarkan barangnya ke konsumen, kurir juga harus ikut membuat laporan pembukuannya.
  8. Menjaga relasi dengan baik dengan para pelanggan JNE.

Jenis Jenis Pengiriman Paket JNE yang Sering Digunakan

Ini informasi opsional, tapi disarankan untuk anda ketahui teruma bagi yang akan melamar bekerja di perusahaan JNE agar bisa mengetahui apa saja jenis layanan pengiriman yang disediakan oleh JNE.

Berikut ini detailnya.

YES dan REG

  • YES (Yakin Esok Sampai)

Jenis pengiriman paket JNE yang pertama ada layanan YES (Yakin Esok Sampai).

Dengan menggunakan jenis layanan ini, maka barang yang dipesan akan sampai keesokan harinya (termasuk Minggu dan hari libur nasional).

Berikut ini beberapa kebijakan dari jenis pengiriman paket YES ini:

  1. Layanan pengiriman paket YES menerapkan batas waktu maksimum atau cut off time, pengiriman.
  2. Dengan layanan ini, produk akan sampai ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat.
  3. Layanan (YES) hanya berlaku untuk kota-kota yang sudah ditentukan.
  4. Apabila ada keterlambatan dalam pengriman yang disebabkan oleh pihak jasa kirim JNE, maka akan ada Garansi uang kembali (money back guarantee).
  5. Anda juga bisa melacak status pengiriman maupun informasi penerimaan dengan memanfaatkan fitur JNE airwaybill number yang disediakan di web JNE.
  • REG (Reguler)

Berikutnya untuk jenis pengiriman paket JNE, ada jenis pengriman paket REG atau Reguler.

Jeneis pengiriman paket yang satu ini memungkinkan pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu sampai kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.

Namun tetap ada beberapa ketentuan untuk jenis paket pengiriman REG ini, yaitu:

  1. Tidak melayani pengiriman barang atau produk di hari minggu maupun libur nasional.
  2. Tidak menerapkan adanya garansi uang kembali atau money back guarantee.
  3. Anda bisa melacak status pengiriman serta informasi penerimaan barang menggunakan JNE airwaybill number yang disediakan di website JNE nya.

OKE dan SS

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

OKE merupakan salah satu jenis pengiriman paket JNE dengan layanan kirim hingga ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis serta dengan perkiraan waktu sampai kiriman lebih lama dari Service REGULER, berdasarkan pada zona daerah yang akan menjadi tujuan pengiriman produk.

Nah, berikut ini beberapa kebijakan yang berlaku untuk jenis paket pengiriman OKE ini, diantaranya:

  1. Tidak melayani untuk pengiriman di hari sabtu, minggu serta haris-hari libur Nasional.
  2. Tidak menerapkan garansi uang kembali atau money back guarantee.
  3. Pengiriman dengan menggunakan service JNE OKE mulai dari tanggal 1 Oktober 2017 sudah tidak berlaku lagi untuk pengiriman dalam kota.
  • Super Speed (SS)

Jenis pengiriman paket SS merupakan layanan pengiriman dengan memeprioritaskan kecepatan sampai ke konsumen sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati.

Jika ingin menggunakan layanan ini, Anda mesti tau beberapa ketentuan jenis paket pengiriman SS ini, seperti:

  1. Layanan SS ini hanya tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat ataupun udara. Untuk transportasi udara, layanan ini sudah memiliki jadwal penerbangan langsung (direct flight) ke tujuan.
  2. Service Level Agreement (SLA) layanan SS merupakan waktu maksimum 24 jam mulai dari adanya transaksi/paket dijemput kurir sampai barang ke konsumen.
  3. Untuk beberapa kondisi tertentu, estimasi pengiriman bisa melebihi 24 jam jika memang ada permintaan khusus (special instruction) dari pelanggan.
  4. Layanan ini menerapkan sistem garansi uang kembali jika ada pengiriman barang yang sampai lebih dari 24 jam atau melampaui permintaan khusus (special instruction).
  5. Pengirim akan mendapatkan notifikasi akan keberhasilan pengiriman paket melalui ponsel ke nomor ponsel pengirim yang sudah tercantum di label resinya.

Diplomat dan JTR

  • Diplomat

Jenis pengiriman paket DIPLOMAT merupakan layanan pengiriman barang dan dokumen yang bernilai tinggi atau rahasia (penting) yang dibawa langsung oleh petugas JNE (hand carry) dengan mengutamakan keamanan, kepastian sampai hingga kecepatan pengiriman mulai dari penjemputan hingga ke tangan penerima.

Di dalam layanan pengiriman jenis Diplomat ini, terdapat beberapa ketentuan/kebijakan terkait pengiriman, seperti:

  1. Adanya pilihan untuk memilih moda transportasi, bisa melalui darat, laut maupun udara, dengan menyesuaikan jadwal yang tersedia.
  2. Biaya pengiriman disesuaikan berdasarkan transportasi apa yang ingin dipakai serta biaya-biaya lain yang menyertai proses pengiriman.
  3. Layanan pengiriman Diplomat JNE juga menerapkan garansi uang kembali atau money back guarantee jika pengiriman tidak sesuai dengan kesepakatan pada saat awal pengiriman.
  4. Untuk mengetahui jadwal serta estimasi waktu pengiriman bisa langsung menghubungi contact center atau cabang JNE terdekat.
  • JNE Trucking (JTR)

Jenis pengiriman paket JNE Trucking atau JTR merupakan jenis layanan pengiriman yang hanya berskala besar/berjumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang cukup kompetitif.

Nah, berikut ini beberapa ketentuan jenis paket pengiriman JTR yang perlu anda perhatikan:

  1. Ketentuan berat paket minimum yang dikirimkan adalah 10 Kg.
  2. Ketentuan berat ini juga berlaku untuk pengiriman motor.
  3. Layanan pengiriman JNE Trucking berlaku ke seluruh indonesia.
  4. Tidak menerapkan garansi uang kembali atau money back guarantee.

Gaji Kurir dan Pegawai JNE di Semua Posisi atau Jabatan

Di atas, saya sudah menjelaskan secara spesifik berapa gaji kurir JNE dan rata-rata gajinya serta beberapa tunjangannya.

Nah, dibawah ini saya akan memeberikan informasi secara detail berapa besaran gaji semua pegawai atau karyawan di perusahaan jasa kirim JNE.

Hal ini menarik untuk diketahui jika ada dari kalian yang tertarik ingin bekerja sebagai karyawan di perusahaan JNE, ketahui ada posisi apa saja dan berapa saja rata rata gaji yang bisa kalian dapatkan jika berhasil di terima bekerja di salah satu posisi di perusahaan jasa kirim tersebut.

Ok, kira-kira tabel daftar posisi serta besaran gajinya adalah seperti berikut:

NOPOSISI / JABATANGAJI PERBULAN
1Manajer CabangRp 16.500.000
2Kepala Pelayanan PelangganRp 28.500.000
3KoordinatorRp 8.000.000
4SekretarisRp 6.000.000
5Supervisor JuniorRp 5.850.000
6SupervisorRp 6.000.000
7Technical Support StaffRp 4.250.000
8Supervisor PemasaranRp 4.000.000
9Billing StaffRp 4.000.000
10Data Entry StaffRp 4.000.000
11DriverRp 4.000.000
12Contact CenterRp 4.000.000
13Cash Sales CounterRp 4.000.000
14Customer ServiceRp 3.200.000
15KurirRp 2.750.000
16IT SupportRp 2.600.000
17Staff Adistrasi OperasionalRp 2.500.000
18Ad OperationalRp 2.500.000
19Account ExecutiveRp 2.500.000
20Ad InboundRp 2.500.000
21StaffRp 2.350.000
22Cash CounterRp 1.500.000
23Call CenterRp 1.500.000
24Data EntryRp 1.500.000
25Staff ITRp 1.500.000
26GARp 1.500.000

Demikianlah informasi yang bisa saya share dalam tulisan ini terkait seputar Gaji Kurir JNE, semoga bisa membantu anda dalam mencari informasi pekerjaan yang cukup susah di jaman sekarang ini.

Tunggu update tulisan – tulisan bermanfaat berikutnya dari website ini. Terimakasih.

Tinggalkan komentar