Yuk Mari Mengenal Tugas dan Gaji Customer Service

Customer service adalah salah satu jenis pekerjaan yang bakal memberikan banyak pelayanan kepada konsumen. Selain pada toko atau gerai, jenis pekerjaan ini juga bisa ditemukan pada berbagai perusahaan besar dengan gaji customer service yang menguntungkan. Namun sebelum terjun di bidang tersebut, alangkah baiknya jika paham dengan berbagai macam tugasnya berikut.

Yuk Mari Mengenal Tugas dan Gaji Customer Service

Tugas dari Seorang Customer Service

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Semua Pelanggan

Jika berbicara tentang customer service, amka rasanya tidak lengkap jika belum tahu berbagai macam tugas yang harus dikerjakannya. Salah satu tugasnya adalah membangun hubungan baik dengan semua pelanggan yang ada di tempat kerja tersebut. caranya adalah dengan memberikan pelayanan maksimal dan pastinya juga ramah kepada customer.

Seorang yang meniti karir di bidang customer service ini juga harus bisa memberikan kesan positif  bagi para pengunjungnya. Hal ini lantaran seorang CS adalah cerminan yang ada dalam perusahaan pelanggan itu sendiri dengan gaji customer service yang menggiurkan. Dan pastinya ia juga harus bisa memberikan informasi kepada pelanggannya.

  1. Memahami Berbagai Macam Produk dan Juga Jasa yang Ditawarkan Oleh Pihak Perusahaan

Tugas lain yang tidak kalah penting bagi anda yang saat ini tengah bekerja sebagai customer service adalah memahami berbagai macam produk ataupun jasa yang di ditawarkan oleh pihak perusahaan. dengan langkah seperti ini, maka seorang customer service dituntut bisa menyampaikan informasi kepada pihak pelanggan dan pastinya juga mampu memecahkan berbagai masalah yang ada.

Dengan kondisi demikian, maka customer service ini secara tidak langsung juga harus paham dan mampu melakukan komunikasi, negosiasi, dan juga penawaran produk kepada setiap pelanggannya. Meskipun gaji customer service menggiurkan, namun jika ia tidak mempunyai skill komunikasi, maka dikhawatirkan bakal mengakibatkan kerugian perusahaan dan bakal membuat bangkrit serta mempengaruhi seleri yang bisa di terimanya.

Baca Juga: Mengintip Nominal Gaji Pokok PNS 2022 Beserta Tunjangannya

  1. Menjual Produk dan Juga Jasa

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan jika anda ingin berkecimpung dalam dunia customer service adalah mampu menjual produk atau jasa kepada setiap pelanggan atau konsumen. Salah satu langkah yang bisa anda gunakan untuk bisa menjual produk atau jasa adalah dengan melihat terlebih dahulu kebutuhan klien ini seperti apa. Jika sudah terlihat, maka tawarkan solusi dengan produk atau jasa tersebut.

Namun perlu diingat, untuk proses menawarkan produk atau jasa ini biasanya hanya dilakukan di dalam lembaga itu sendiri. Maksudnya, jika konsumen merasakan berbagai macam keluhan, selain menyelesaikan masalah pada klien tersebut juga menawarkan berbagai macam produk dan juga jasanya. Jadi ia masih ada perbedaan dengan sales yang terjun langsung di lapangan.

  1. Menyelesaikan Berbagai Macam Keluhan dari Pelanggan

Selain menjual produk dan gaji customer service yang tinggi, seseorang yang menekuni bidang CS ini juga harus bisa menyelesaikan berbagai macam keluhan dari setiap pelanggannya. Biasanya keluhan yang umum terjadi ini adalah berkaitan dengan kendala atas produk atau jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan. 

Jika nanti anda berhadapan dengan klien semacam ini, maka langkah yang harus dilakukan bagi seorang customer service adalah mencarikan solusi yang tepat dan terbaik atas keluhan yang disampaikan. Hal ini sangat penting dilakukan, karena untuk ajang membangun hubungan kepercayaan yang berkelanjutan dan tentunya memberikan citra positif atas perusahaan yang menaunginya.

Baca Juga: Menelisik Berapa Gaji Youtuber 1000 Subscriber dan Sistem Perhitungannya!

  1. Mengurus bagian Administrasi

Memang pada dasarnya antara administrasi dan juga customer service ini memiliki peran dan juga tanggung jawab berbeda. Dikatakan demikian karena. Biasanya untuk kajian administrasi akan fokus pada beberapa part seperti penjualan, pemasukan, keuangan, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk CS lebih fokus untuk menangani berbagai macam persoalan tentang klien.

Namun untuk beberapa perusahaan yang masih dikatakan baru, gaji customer service ini bakal berbeda dan pastinya ia juga dituntut untuk bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berkaitan dengan administrasi. Namun untuk bagian administrasi ini bukan berkaitan dengan penjualan dan lainnya, namun masih berhubungan dengan CS.

Bentuk kepengurusan bagian administrasi yang harus diselesaikan bagi seorang customer service ini adalah menjawab serta menulis pertanyaan dan juga komplain yang terjadi pada setiap pelanggannya kepada produk atau jasa perusahaan. Di samping itu, CS juga harus mengurus masalah kelengkapan data yang nantinya dibutuhkan seperti formulir dan dokumen pendukung lainnya.

  1. Bisa Mencapai Target

Hal lain yang tidak kalah penting akan tugas CS adalah bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dan tentunya harus dapat mencapai target. Biasanya untuk target ini akan diberikan sesuai dengan jenis bidang pekerjaannya. Misal produk, maka ia harus bisa menjual sekitar 35 produk dan lainnya. Nama Untuk masalah gaji customer service ini jangan diragukan lagi, yaitu sekitar 3 hingga 5 jutaan.

Dari penjelasan di atas bisa di ambil kesimpulan, bahwasannya kini ada enam tugas yang harus diemban bagi customer service, keenam tugas tersebut adalah membangun hubungan baik dengan semua pelanggan, memahami dan menjual produk serta jasa, menyelesaikan keluhan penjual, mengurus administrasi, hingga bisa mencapai target dengan gaji yang menjanjikan 3 hingga 5 jutaan.

Tinggalkan komentar