Etika Adalah: Definisi, Contoh, Serta Ekspresi dalam Bersosial

Etika adalah seperangkat aturan yang dapat didefinisikan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Etika membantu Anda memahami apa itu moral dan bagaimana bertindak dalam situasi di mana tidak ada aturan yang jelas. Kata “etika” berasal dari kata Yunani ἠθική (ethikḗ) yang berarti “kebiasaan” atau “karakter”, dan digunakan untuk menggambarkan studi tentang perilaku yang benar.

Baca Juga: Perspektif Adalah: Definisi, Sudut Pandang, Serta Kisah Menariknya

Definisi Etika

Etika yaitu studi tentang benar atau salahnya tindakan tertentu, terutama yang berkaitan dengan standar moral suatu masyarakat. Etika adalah cabang filsafat yang berhubungan dengan nilai-nilai dan kewajiban moral.

Contoh Etika

Aturan perilaku yang didasarkan pada gagasan tentang apa yang baik dan buruk secara moral.

Etika adalah aturan yang dapat didefinisikan secara berbeda oleh orang yang berbeda.

Etika tidak sama dengan moral, karena etika lebih mengacu pada seperangkat prinsip atau standar tentang bagaimana seseorang harus berperilaku, sedangkan moral lebih mengacu pada keyakinan individu tentang apa yang benar atau salah.

Contohnya termasuk: jangan mencuri; jangan membunuh; perlakukan orang lain secara setara tanpa memandang ras/jenis kelamin/orientasi seksual, dll., dll., dll…

Moralitas

Anda mungkin pernah mendengar frasa “perilaku moral”, tetapi apa artinya? Moralitas adalah seperangkat prinsip mengenai perbedaan antara perilaku benar dan salah atau baik dan buruk. Perilaku moral adalah perilaku yang didasarkan pada nilai, keyakinan, dan sikap yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang.

Perkembangan moral terjadi sepanjang hidup, dimulai dari masa bayi ketika kita mengembangkan rasa diri kita sebagai makhluk yang mampu mengekspresikan kebutuhan kita melalui tangisan atau rengekan. Seiring dengan bertambahnya usia, kita belajar tentang harapan sosial untuk hal-hal seperti kesopanan atau kejujuran. Ketika kita mencapai usia dewasa, perkembangan moral kita terus berlanjut; kita belajar tentang isu-isu yang lebih kompleks seperti keadilan (apakah adil?) dan kesetaraan (haruskah setiap orang memiliki hak yang sama?).

Mengekspersikan Tentang Etika

Etika adalah studi tentang standar moral. Etika bukanlah ilmu pengetahuan, melainkan penyelidikan tentang apa yang benar atau salah dalam tindakan dan keputusan kita. Etika berhubungan dengan prinsip-prinsip perilaku yang benar dan memberikan wawasan tentang bagaimana kita harus menjalani hidup kita.

Etika dapat digunakan untuk memandu perilaku kita sehingga sesuai dengan harapan masyarakat dan mengekspresikan dirinya melalui keyakinan pribadi kita tentang apa yang merupakan perilaku manusia yang dapat diterima.

Kesimpulan

Apa yang Anda lakukan untuk tetap bermoral dan seperangkat aturan yang dapat didefinisikan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Keputusan etis itu penting dan harus didasarkan pada sistem kepercayaan pribadi Anda sendiri. Etika adalah tentang tindakan Anda, bukan tindakan orang lain di sekitar Anda.

Tinggalkan komentar