✓Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan (CV) Berbagai Jenis & Kebutuhan

Artikel ini akan memberikan refrensi contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dengan format dan tata letak yang benar sebagai bagian dari persyaratan melamar kerja di PT pabrik atau perusahaan.

Dengan membuat dan menyertakan surat daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar di kertas folio bergaris dapat menjadi pertimbangan bagi (tim rekrutment) perusahaan dalam menilai dan menentukan calon karyawan.

Dengan melampirkan surat ini, ada banyak manfaat yang didapat si pembuat ataupun para tim HRD, dimana mereka bisa melihat kualifikasi data anda, pengalaman hingga kesungguhan untuk bekerja.

Daftar riwayat hidup tulis tangan bisa dibuat oleh siapa saja baik SMA/SMK, D1, D2, hingga S1 dan seterusnya.

Pengertian dan Contoh CV Tulis Tangan

CV lamaran kerja merupakan sebuah dokumen yang menerangkang secara jelas akan daftar riwayat hidup atau informasi seseorang, mulai dari identitas diri, pengalaman, pendidikan, sampai pada latar belakangnya.

CV juga menjadi salah satu hal yang sangat krusial ketika seseorang melamar pekerjaan, karena menjadi langkah awal tim HRD untuk menyeleksi seorang kandidat.

Nah, sekarang timbul pertanyaan, apakah CV boleh tulis tangan?

Jawabannya bisa selagi ada konfirmasi dengan pihak perusahaan, jadi selain diketik, CV juga bisa dibuat dengan cara manual atau tulis tangan.

Dokumen berupa CV yang di tulis tangan biasanya dibuat dengan cara ditulis di kertas folio atau A4 menggunakan tulisan tangan sendiri.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Umum dan Sederhana

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang baik dan benar
toriqa.com

Secara umum kita temui bentuk penulisan atau struktur pembuatan CV adalah seperti gambar diatas (standar).

Poin pokoknya hanyalah :

  • Data diri (lengkap).
  • Riwayat pendidikan (formal maupun non formal).
  • Pengalaman kerjanya apa saja, ini tentu akan jadi pertimbangan yang sangat strategis dalam memilih calon.
  • Dan salam penutup (formal dan sopan)

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMA / SMK

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Lulusan SMA SMK
toriqa.com

Tidak jarang ada anak muda lulusan SMA atau SMK yang ingin memulai karir dalam dunia kerja, alasannya sendiri juga beragam.

Nah, bagi kalian nih anak muda yang sudah punya target tempat untuk bekerja pasti salah satu persyaratannya nanti akan di minta untuk membuat daftar riwayat hidup atau CV untuk lamaran kerja.

Dan umumnya, anak yang baru lulus SMA atau SMK belum banyak pengalaman dalam dunia kerja, ini wajar. Namun secara kemampuan mereka sudah bisa di bilang siap dengan pengalaman, pelatihan-pelatihan dan pemahaman selama sekolah.

Maka dari itu, anda cukup lampirkan saja seputar kemampuan atau apa yang anda bisa sebagai daya tawar.

Dan jangan pesimis juga dalam bersaing dengan para kompetitor pelamar yang lain karena anda masih muda, biasanya perusahaan juga melirik tenaga dan kinerja yang di miliki seseorang yang masih muda.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Dikertas Folio

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dikertas folio
toriqa.com

Anda bisa membuat CV / data diri selengkap mungkin pada kertas folio bergaris, baik untuk kebutuhan kerja, tugas sekolah atau hanya praktek sebagai persiapan diri.

Struktur pembuatan daftar riwayat hidup yang di tulis tangan pada kertas folio bisa meniru contoh gambar di atas.

Daftar riwayat hidup tulis tangan atau CV dalam bahasa inggris tersebut sudah di buat secara standar kebutuhan.

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Tanpa Pengalaman Kerja

daftar riwayat hidup tulis tangan tanpa pengalaman kerja
toriqa.com

Tidak sedikit orang yang baru mau bekerja setiap tahunnya. Hal itu di buktikan berdasarkan statistik oleh badan statistik tenaga kerja yang menyatakan bahwa :

  • Jumlah pelamar kerja dari tahun kemaren (2021) meningkat, begitu juga dari tahun 2020 ke tahun 2021 juga mengalami peningkatan sebesar 1,59 juta orang.
  • Dari tahun sebelumnya ke tahun sekarang ini, jumlah pengangguran tercatat menurun sebesar 0,81 persen, itu artinya banyak penduduk di berbagai wilayah yang mulai bekerja di berbagai bidang.
  • Tingkat setengah pengangguran persentasenya juga menurun sebesar 1,48 persen poin, sedang persentase pekerja paruh waktu naik sebesar 1,13 persen poin di bandingkan Agustus 2020.

Dari tiga poin ini saja membuktikan bahwa masyarakat kita dari tahun ketahun semakin banyak yang melamar untuk bekerja, entah dari kalangan siswa, mahasiswa atau masyarakat umum.

Umumnya mereka yang benar-benar baru mau bekerja adalah mereka yang masih belum punya pengalaman apa-apa di bidang pengalaman kerja, maka dari itu anda mesti membuat daftar riwayat hidup tulis tangan belum ada pengalaman kerja. Contohnya sudah persis seperti yang tertera di atas.

Hanya saja jika anda punya kemampuan yang menjadi daya tawar, silahkan saja di rubah dikit yang di kolom merah sesuai yang anda miliki.

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Fresh Graduate

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Fresh Graduate
toriqa.com

Iya, lagi-lagi anda sebagai seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, anda itu dianggap mempunyai pemikiran yang inovatif.

Makanya ada istilah penyebutan fresh graduate atau masih ‘fresh‘ (segar).

Anda punya banyak sekali uneg-uneg atau pemikiran inovatif yang dapat anda terapkan di perusahaan, hal ini tentu sangat di sukai oleh perusahaan.

Nah, bagi anda nih yang sudah siap dengan segala kemampuan yang di miliki, anda bisa membuat daftar riwayat hidup tulis tangan jenis fresh graduate.

Poin paling pentingnya sebagai mahasiswa baru lulus kuliah di suatu jurusan mungkin pada :

  • Kemampuan di atau beberapa bidang.
  • Pengalaman magangnya di perusahaan / kantor.
  • Pengalaman keorganisasian selama kuliah.
  • Pernah berkompetisi atau menjuarai apa saja.
  • Mengikuti workshop seminar atau pelatihan apa saja.

Itu juga menjadi pertimbangan yang cukup membantu bagi anda jika memiliki, silahkan anda buat semenarik mungkin jika bisa lebih dari contoh daftar riwayat hidup / CV tulis tangan di atas se kreatif anda.

Bagi anda yang sedang menjalani proses skripsi kampus, tidak ada salahnya memperluas wawasan dengan membaca contoh skripsi administrasi negara disini.

Daftar Riwayat Hidup Hasil Ketik

Daftar Riwayat Hidup Hasil Ketik
toriqa.com

Daftar riwayat hidup tulis tangan dengan ketikan itu secara struktur saya kira sama saja, yang membedakan tentu pada isian pengalaman dan kemampuannya saja.

Kurang lebih contohnya sudah seperti gambar diatas, silahkan diamati, ditiru dan kalau bisa di modifikasi menjadi lebih baik.

Contoh Kreatif Membuat Tulisan Riwayat Hidup

Contoh kreatif membuat Tulisan riwayat hidup
toriqa.com

Ingin punya data diri yang kreatif? silahkan berkarya selagi itu positif. Data diri juga tidak melulu harus di tulis secara resmi, dan juga tidak melulu sisinya begitu-begitu saja.

Anda bisa membuat CV atau atau diri sekreatif anda sebagai karangan untuk diri sendiri pada sebuah buku catatan. Isinya selain data diri juga bisa di isi dengan yang lainnya, entah motivasi kedepannya, hobi dan sebagainya.

Contoh 2

daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar
toriqa.com

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Tidak sulit kok jika nada mau membuat CV tulis tangan asalkan anda sudah tahu tata caranya.

Ini hampir sama persis seperti membuat CV atau daftar riwayat hidup pada umumnya.

Berikut ini langkah cara membuat CV tulis tangan :

  • Sediakan kertas folio beserta pulpen hitam (usahakan jangan menggunakan pulpen berwarna).
  • Pada bagian pertama, tulis identitas diri mulai dari anda, seperti nama, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, email, dan lainnya.
  • Selanjutnya, tulis riwayat pendidikan anda.
  • Kemudian, tulis pengalaman kerja, namun jika masih fresh graduate skip saja
  • Selanjutnya, tuliskan skill yang anda punya.
  • Sertakan kontak referensi.

Kelebihan CV Tulis Tangan

Ada sebagian yang beranggapan bahwa CV tulis tangan itu sudah ketinggalan zaman.

Anda benarnya juga sih, namun tahukah anda bahwa tiap perusahaan itu punya penilaian tersendiri untuk meyeleksi calon pekerjanya.

Nah, salah satu yang menjadi pertimbangan perusahaan adalah mensyaratkan CV tulis tangan, gunanya untuk mengenali karakter si calon pelamar.

Percaya atau tidak, tulisan tangan ternyata memang dapat menunjukkan atau mencerminkan kepribadian seseorang lo.

Selain itu, mereka (tim HRD) juga mau melihat seberapa besar upaya pelamar kerja dalam bersungguh-sungguh akan keinginannya untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

Kelebihan CV tulis tangan:

  • Dapat mengenali karakter pelamar dari tulisan tangan
  • Melihat kesungguhan calon pelamar.
  • Hasil tulisan yang rapi dan bersih akan menarik perhatian HRD.
  • Dapat menumbuhkan rasa percaya diri melalui tulisan tangan sendiri.

Fungsi dan Pentingnya Pembuatan CV

Mengapa sih begitu penting? secara fungsinya saja adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda mempunyai keterampilan yang di butuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

CV ini lebih pas untuk anda para fresh graduate ataupun orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Jadi, manfaat dari curiculum vitae adalah untuk menjelaskan tentang keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya.

Melalui CV inilah setiap orang yang membaca maupun memeriksa CV akan dapat mengetahui serta menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah di berikan.

Dan juga sekilas para tim audit bisa memberikan gambaran akan seorang pelamar melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan maupun dunia keorganisasian.

Lebih singkatnya adalah, manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Mungkin cukup sekian kumpulan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dan cara membuatnya.

Sebelum anda membuatnya, anda harus mempersiapkan beberapa hal supaya proses penulisan dokumen ini menjadi lebih mudah, data-datanya di kumpulkan dulu.

Tinggalkan komentar