Bisnis kecil kecilan yang menjanjikan

Contoh Usaha Kecil Kecilan [ Kiat Sukses Membangun Usaha Dari Nol ]

Kebanyakan dari para pelaku usaha memulai usahanya dari usaha kecil-kecilan tapi memiliki prospek yang baik, dan contoh usaha kecil-kecilan yang banyak dibuka sekarang ini begitu beragam. Kita bisa meniru dari mereka yang sudah berhasil.

Mulai dari bidang kuliner, teknologi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika memiliki usaha skala kecil, akan lebih baik jika memiliki market yang benar benar jitu, sehingga bisnis yang sedang dikembangkan bisa lebih cepat untuk mencapai sasaran dengan tepat.

Berikut saya jelaskan 9 Contoh usaha Kecil yang Bisa anda lakukan:

 1. Contoh Usaha Kecil Kecilan, Kue Kering 

Contoh Usaha Kecil Kue kering
Tribun Travel

Peluang menghasilkan keuntungan dari jualan kue sebelum hari raya sangat besar dan menjanjikan. Usaha kecil-kecilan ini juga bisa dilakukan siapapun termasuk karyawan kantor.

Seperti yang kita tau jika menjelang hari raya terutama hari raya idul fitri semua orang sibuk untuk membeli oleh-oleh bagi dirinya atau pun keluarga.

Kue yang enak dan menarik pun dalam penyajiannya akan menjadi ingatan bagi mereka sebagai bekal atau oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Oleh karena itu bisnis kue kering ketika menjelang hari raya ini masih menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Walaupun dibilang termasuk bisnis musiman tapi dilihat dari keuntungannya pun tak kalah dari bisnis yang yang tiap hari jalan.

2. Usaha Menjual Makanan untuk Sarapan

Usaha sarapan pagi kecil kecilan
www.nindr.com

Sebagian besar setiap karayawan yang masuk di pagi hari tidak sempat untuk sarapan. Apalagi jika mereka merupakan seorang perantau yang tempat tinggalnya di kostan. Sudah tentu mereka belum sempat untuk menyiapkan sarapan.

Hal demikian bisa dijadikan sebuah bisnis untuk menjual sarapan di pagi hari, tentu akan banyak dari mereka yang memesan sarapan.

anda bisa menyiapkan beberapa menu sarapan untuk disajikan mulai dari:

  1. Roti atau sandwich isi
  2. Nasi kuning
  3. Nasi goreng
  4. Nasi uduk,
  5. Bubur ayam
  6. Gorengan, dan lain-lain sebagainya.

Untuk pengeluaran modal dari salah contoh usaha kecil tersebut berkisar diantara Rp 3 sampai Rp 4 juta.

Dari modal tersebut anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan pokok pembuatan menu sarapan.

3. Usaha Jasa Cuci Motor

Contoh usaha kecil kecilan jasa cuci motor
Training usaha motor

menurut data badan pusat statistik melalui website https://databoks.katadata.co.id. Saat ini para pengguna motor di indonesia meningkat pesat hingga mencapai 81,5 persen.

pengguna motor di indonesia meningkat pesat hingga mencapai 81,5 persen menurut data badan pusat statistik indonesia

Banyaknya para pengguna motor yang tersebar di wilayah Indonesia menjadi peluang penting untuk Anda membuka usaha.

Tentunya usaha yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa mencuci motor di daerah yang cukup strategis.

JIka anda ingin membuka usaha ini caranya pun sederhana, anda hanya perlu peralatan seperti pompa air, kompresor, semir ban, shampo motor, dan kain lap.

Modal tersebut sudah termasuk ukuran standar untuk membuka jasa mencuci motor dimana Anda hanya memebutuhkan biaya sebesar Rp 2,000,000.

Usaha kecil ini juga akan menjadi sumber rezeki bagi orang lain jika anda juga mempekerjakan tetangga atau kerabat Anda yang memang membutuhkan.

( Baca Juga: Usaha tanpa modal untung jutaan rupiah hanya dari rumah )

4. Jasa Pencetak undangan Pernikahan

Contoh usaha kecil kecilan jasa pencetak undangan
Loka Desain

Untuk usaha yang satu ini tak akan ada habisnya untuk anda jalankan, bisa dibilang acara pernikahan tidak mengenal musim, kapanpun pasti selalu ada. Oleh karna itu anda harus selalu siap karena dalam setahun ini akan ada puluhan pengantin yang menikah.

Keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah kempauan untuk bisa mendesign dan juga marketing. Jika Anda belum mempunyai keahlian dari  salah satu keahlian tersebut anda bisa mengajak orang lain untuk bekerja sama.

JIka ingin memiliki banyak pelanggan dari usaha anda ini caranya adalah buatlah design yang berbeda dari yang pernah ada. Dijamin usaha percetakan yang anda bangu ini akan laku di pasaran.

 5. Menjadi Jasa Penerjemah

peluang usaha modal kecil
Kangibay.net

Jika anda mempunyai keterampilan dalam bahasa asing baik inggris atau pun bahasa lainnya, anda bisa membuka usaha jasa penerjemah.

Penawaran dari Jasa anda ini bisa untuk membantu klien Anda bertemu seorang klien dari luar atau bisa juga menjadi penerjemah buku.

Jika anda membuka usaha kecil ini, anda akan banyak dilirik kalangan pengusaha  travel atau pun penerbit buku. Anda juga bisa berpartner bisnis dengan pelaku travel tersebut untuk bisa menjadi tour leader atau tour guide sebagai mendampingi para wisatawan.

Menjalankan usaha ini tentunya sangat fleksibel dari segi waktu. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan waktu kerja Anda di kantor.

6. Usaha Pulsa dan Token Listrik

Usaha pulsa dan listrik kecil kecilan
pixels

Di zaman modern ini hampir setiap orang sudah mempunyai gadget sebagai sarana untuk berkomunikasi. Dari setiap orang yang punya gadget tersebut, pastinya mereka juga memerlukan pulsa untuk bisa mengaksesnya.

Memang jika dilihat dari segi Keuntungan usaha pulsa dan token listrik ini memang sedikit. Namun jika anda menekuni dengan serius dan banyak orang yang membeli pulsa dari Anda maka keuntungan pun akan berlimpah.

Sekarang ini juga banyak pelaku usaha MLM yang menggunakan produk pulsa sebagai ranah bisnisnya untuk menghasilkan keuntungan yang lebih. Pengeluaran modalnya pun beragam antara Rp 100,000 hingga Rp 1,000,000.

Salah satu contoh usaha kecil kecilan ini bisa dilakukan siapapun mulai dari usia remaja hingga dewasa yang peting memiliki gadget sebagai “senjata” untuk bertransaksi.

Salah satu keuntungan lain yang bisa dihasilkan dari menjual pulsa adalah ketika anda kerja di kantor dan menjualnya ke sesama karyawan, setiap karyawan dari berbagai divisi akan mengingat Anda sebagai penjual pulsa di kantor.

Semain banyak yang mengenal usaha anda, maka anda tinggal duduk manis menunggu pesanan pulsa dari rekan-rekan Anda.

7. Contoh Usaha Kecil Kecilan, Ternak

Teknik mudah membangun usaha
Berwirausaha

Bagi anda yang berlokasi di pedesaan dan memiiki lahan yang cukup, anda bisa menggunakannya untuk berternak. Mulai dari ternak ikan sampai ternak kambing atau sapi di kampung halaman sendiri tanpa harus merantau demi mendapatkan pekerjaan.

Tentunya usaha kecil ini memerlukan orang lain yang berpengalaman. Jika anda kurang mampu mengurusnya sendiri anda bisa mempekerjakan orang lain dengan sistem bagi hasil.

Yang terpenting dari bisnis ini anda harus bersabar karena merupakan investasi jangka panjang.

Jika usaha ternak anda sudah memasuki masa panen Anda bisa memiliki nilai jual lebih yang siap mendatangkan keuntungan berlimpah.

8. Usaha Makanan Ringan

Cara membangun usaha Makanan Ringan
Kolomsatu.com

Untuk Anda yang tinggal di daerah Bandung pastinya masih ingat dengan makanan ringan pedas yang sempat populer di tahun 2012 silam

Makanan ringan tersebut terbuat dari keripik singkong yang dicampur dengan bumbu pedas yang memiliki level kepedasan yang berbeda-beda.

Jika dinilai dari bahan dasar pembuatannya nilai jualnya bisa saja minim. Namun, pemilik usaha tersebut berhasil membuat image singkong menjadi makanan yang “berkelas” sehingga banyak orang yang mencarinya untuk membeli.

 

Reza Nurhilman, seorang owner dari Keripik Ma Icih ini mengatakan bahwasanya proses untuk menemukan produk makanan ringan yang menarik banyak orang ini harus melalui berbagai eksperimen yang pernah membuatnya gagal.

Tapi karna beliau gigih akhirnya berhasil menciptakan keripik singkong pedas yang begitu fenomenal.

Jika anda seorang karyawan dan ingin berbisnis makanan ini, anda bisa menjual produk makanan ringan tersebut dengan cara menjadi reseller.

Target penjualannya adalah rekan-rekan kerja Anda sesama karyawan yang akan  membeli produk yang Anda jual. apabila mereka menyukai produk yang anda jual sudah bisa dipastikan akan menjadi pelanggan setia Anda.

Dengan menerapkan contoh usaha kecil di bisnis makanan ringan ini Anda akan mendulang keuntungan yang menggiurkan.

9. Bisnis Kecil Yang Menjanjikan

Cara membangun usaha dari nol
Aturduit

Banyak contoh usaha kecil kecilan berasal dari internet atau yang sering kita dengar dengan bisnis online.

dunia online sudah bukan hal yang baru lagi, kita tau bahwa sekarang apa-apa serba online, belanja online, tranportasi di pesan online. Peluang dari bisnis online  menjadi usaha yang masih menyisakan potensi sangat besar, khususnya di indonesia.

Jika kita lihat pertumbuhan internet di indonesia pada tahun 2017 yang lalu.

Data hasil survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII). Telah menunjukan data jumlah dari pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa.

Artinya dari penduduk 262 juta jiwa lebih, separuhnya lebih adalah pengguna internet, atau sekitar 54,68% memanfaatkan internet.

Ini artinya, peluang bisnis dengan menggunakan internet masih sangat besar.

Sehingga peluang bisnis online kami tempatkan sebagai rekomendasi pertama yang paling potensial sebagai peluang usaha saat ini.

Berikut 10 peluang usaha yang bisa Anda mulai untuk refrensi

  1. Peluang bisnis online
  2. Bisnis Rumahan
  3. Peluang Bisnis Jasa
  4. Peluang mencoba bisnis kecil – kecilan
  5. Peluang bisnis jualan sembako
  6. Mencoba Investasi di bidang Forex
  7. Bisnis Rumahan
  8. Peluang Bisnis Jasa
  9. Peluang usaha waralaba
  10. peluang bisnis jualan sembako

Itulah informasi 9 contoh usaha kecil kecilan yang bisa di lakukan oleh siapapun.

Tentunya dengan modal yang cukup terjangkau, jika anda seorang pekerja atau karyawan, anda bisa memanfaatkan tabungan dari gaji anda untuk memulai dari beberapa contoh usaha kecil kecilan tersebut.

Dengan begitu anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha anda ini.

Tinggalkan komentar