Contoh Tumbuhan Hidrofit

13+ Contoh Tumbuhan Hidrofit – Penjelasan Lengkap +Gambarnya

Di artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang Metagenesis Tumbuhan Paku, nah,, kali ini kita akan membahas tentang berbagai Contoh Tumbuhan Hidrofit beserta dengan ciri – cirinya.

Taukah kalian, apa yang dimaksud dengan tumbuhan hidrofit?

Simplenya, tumbuhan hidrofit adalah golongan tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan ketersediaan air yang tinggi atau diatas genangan air.

Untuk menemukan tumbuhan ini sangat mudah sekali di kehidupan kita sehari – Hari, atau mungkin kalian sering sekali memakan atau mengkonsumsi salah satu Tumbuhan Hidrofit ini sebagai santapan.

Langsung saja yuk, kita belajar tuntas tentang contoh tumbuhan hidrofit dengan ciri – cirinya lengkap dibawah ini:

Pengertian Tumbuhan Hidrofit

Contoh tumbuhan hidrofit
labolatorium smk

Apa itu tumbuhan hidrofit? tumbuhan hidrofit adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan perairan agar dapat bertahan hidup.

Dalam menyesuaikan diri tanaman ini menggunakan cara meliputi terendam sebagian, terendam, maupun terendam seluruhnya.

Maka tidak heran apabila tumbuhan hidrofit disebut sebagai tumbuhan air. Untuk berkembangbiak dan bertahan hidup, tumbuhan ini sangat bergantung terhadap air, bukan pada tanah kering ataupun tanah becek.

Jadi  Pengertian dari tumbuhan Hidrofit adalah Tumbuhan yang bisa hidup diatas Air, atau bisa disimpulkan sebagai makhluk hidup atau tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri sekaligus mampu bertahan Hidup di Daerah Perairan.

( Baca juga: Struktur tumbuhan paku )

Ciri Ciri Tumbuhan Hidrofit

Jenis jenis tumbuhan air
Teknokiper

Tumbuhan hidrofit memiliki ciri – ciri umum seperti berikut ini:

  1. mempunyai bentuk daun flat/rata yang berfungsi untuk menjaga tumbuhan supaya tetap mengapung di permukaan air.
  2. Memiliki Kurtikula yang tipis sebagai pencegahan atas hilangnya air pada tanaman.
  3. Memiliki akar yang ringan yang berfungsi untuk memperoleh oksigen dari dalam air.
  4. Bentuk akarnya kecil sehingga memungkinkan air untuk dapat menyebar secara langsung keseluruh bagian daun.
  5.  Karena terdapat kadar air yang banyak sehingga stomatanya terbuka setiap waktu.

 Cara Tumbuhan Hidrofit Beradaptasi

  1. Dalam mempermudah proses penyerbukan, maka bunganya dibiarkan berada diatas permukaan air dengan bantuan angin dan serangga.
  2. Mempunyai batang yang berongga supaya udara dapat tersalurkan ke dalam batang dan akar tumbuhan, selain itu fungsi batangnya yang berongga juga dapat membantu tumbuhan air untuk tetap mengapung di air dengan perlintasan udara yang terus menerus di bawah air
  3. Untuk menghemat energy, tumbuhan air tidak memiliki sistem akar dan jaringan yang luas
  4. Mempunyai daun yang tipis yang mampu menyerap cahaya lebih banyak dan melakukan lebih banyak penguapan air untuk mendapatkan kalor
  5. Mempunyai alat pertahanan pada tubuhnya seperti batang atau tali untuk bertahan di atas air supaya tidak bergerak ke mana-mana

( Baca juga: Contoh tumbuhan paku )

Contoh Tumbuhan Hidrofit

Berikut ini beberapa contoh dari tumbuhan hidrofit:

1. Tanaman Teratai

Contoh tumbuhan hidrofit
Pixels

Salah satu contoh tanaman Hidrofit adalah tanaman teratai, Biasanya tanaman teratai ini hidup di sungai dangkal.

Hal ini dikarenakan walaupun tanaman teratai hidup dengan cara mengapung, tapi tanaman ini harus tetap menancapkan akarnya ke Tanah.

Selain itu tanaman teratai juga mempunyai daun yang lebar dan mempunyai Bunga yang cantik berwarna warni.

2. Tanaman Bakau

Jenis tumbuhan air
Biologi.co.id

Contoh tumbuhan Hidrofit selanjutnya ialah tumbuhan bakau, tanaman ini biasanya banyak kita temukan di daerah pantai dan dapat bermanfaat untuk menguatkan struktur tanah dari kikisan air laut.

Tumbuhan Bakau ini pada dasarnya bisa tahan terhadap Pasang Surut Air Laut, karena akar tumbuhan bakau sangat kuat untuk mencengkram tanah. Sehingga tumbuhan hidrofit bakau ini sering juga dipakai untuk mencegah timbulnya Abrasi.

3. Tumbuhan Kangkung

Tumbuhan kangkung juga termasuk kedalam Tumbuhan Hidrofit karna tanaman kangkung adalah sejenis tanaman air yang akan kita temukan sering tumbuh di sungai – sungai.

Didalam batang tumbuhan kangkung ini terisi Udara, sehingga kangkung bisa mengapung di atas Air dan tumbuhan kangkung ini biasanya tumbuh menjalar sampai beberapa Meter.

4. Tumbuhan Eceng Gondok

Contoh tumbuhan hidrofis
Pixabay

Selanjutnya, contoh tanaman hidrofit adalah eceng gondok, tanaman eceng gondok dapat dikategorikan kedalam tumbuhan hidrofit yang proses pertumbuhannya termasuk yang paling cepat.

Tanaman eceng gondok hidup dengan cara mengapung diatas air, tetapi untuk bisa berpindah pindah tempat, tanaman ini memanfaatkan arus air yang mengarahkanya kemanapun.

6. Tumbuhan Kiambang

Jenis tumbuhan hidrofit yang keenam adalah tumbuhan kiambang, tumbuhan jenis ini sendiri termasuk kedalam jenis tumbuhan yang memiliki rongga pada batangnya yang berfungsi untuk menampung Udara.

Oleh karena itu, maka tumbuhan kiambang ini dapat mengapung didalam Air. Mungkin kita jarang sekali menemukan tumbuhan kiambang ini, karena sekarang ini memang tumbuhan kiambang susah untuk ditemukan.

6. Lotus (Nelumbo Nucifera)

Contoh tumbuhan air
Pixabay

Tanaman lotus dalam pertumbuhannya membutuhkan media air dan tanah dan biasanya tanaman dapat dijadikan sebagai tanaman hias dan diletakkan dalam pot tanah liat yang tinggi.

Tanaman lotus juga memiliki bunga yang tumbuh sangat besar dan cantik dengan warna putih dan merah.

Ukuran daun yang dimiliki tanaman lotus berukuran besar, dan ada juga yang berukuran kecil.

Tangkai tanaman lotus mencapai panjang 1 meter lebih dan biasanya bunga lotus muncul dan mekar bersamaan dengan hari raya keagaman.

7. Kapu-Kapu (Pistia Stratiotes)

Contoh tumbuhan hidrofit selanjutnya adalah tanaman kapu kapu. Tanaman ini habitatnya berada di perairan dengan mengapung, mempunyai daun hijau dengan ditumbuhi bulu-bulu halus yang bertekstur seperti beludru, dan warna pada akar serabutnya putih.

Meskipun tanaman ini sering kita temukan di kolam atau rawa-rawa, namun apabila terkena sinar matahari maka daunnya langsung akan cepat berubah menjadi kuning dan hancur. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tempat hias ikan bertelur.

8. Papyrus Payung (Cyperus Alternifolus)

Jenis tumbuhan air
Kompasiana.com

Tanaman ini tumbuh secara berkelompok dan biasanya tanaman ini pertumbuhannya sangat cepat.

Papyrus mempunyai batang berbentuk segitiga sengan, sedang tingginya mencapai hingga 1 meter lebih. Bunga biasanya akan muncul di ujung batang menyerupai daun.

9. Cape Pond

Cape pond merupakan jenis tumbuhan hidrofit yang berasal dari Afrika Selatan, dan biasanya diletakkan di dalam air atau akuarium sebagai hiasan.

Cape pond termasuk tanaman yang unik dengan nama latin Aponogeton distachyos dan mempunyai bunga yang dapat dimakan, tumbuhan ini juga sering digunakan dalam hidangan khas Afrika Selatan.

10. Caltrops

Tanaman caltrops merupakan salah satu contoh tumbuhan hidrofit yang hidup mengambang di air.

Caltrops mempunyai buah yang dapat dimakan, bahkan di negara india tanaman ini menjadi salah satu makanan yang paling digemari.

Hanya saja disana mereka menamakan tumbuhan ini dengan tanaman Singhara. Cara mengkonsumsi tumbuhan ini, mereka biasa merebus atau memakan mentah daunnya, sedangkan buahnya akan diolah menjadi bahan dasar tepung.

11. Cat Tail Atau Stok (Typha Latifolia)

Contoh tumbuhan habitat air
Pixabay

Tanaman air cat tail ini termasuk contoh tumbuhan hidrofit berbentuk rumput dari keluarga Typhaceae.

Bunga betina berbentuk silindris mirip ekor kucing dan berwarna coklat, sedangkan bunga jantannya mempunyai bentuk yang sama tapi dengan ukuran yang lebih kecil yang tumbuh diatas bunga betina.

Biasanya tanaman ini tumbuh dengan genangan air yang berlumpur dan mampu tumbuh dengan sinar matahari penuh.

12. Cyperus

Tumbuhan air ini lebih populer dengan nama siperus. Tumbuhan ini mempunyai daun yang berada diujung batang yang berukuran kecil halus serta pendek.

Ukuran tinggi tangkainya hanya 1m, dan bunga bertangkai seolah – olah tumbuh menyebar dari pusat susunan daun. Tanaman ini mampu hidup didaerah air yang berlumpur.

13. Lidi air (Typha angustifolia)

Contoh tumbuhan hidrofit
Ilmu budidaya

Contoh tumbuhan hidrofit selanjutnya adalah tumbuhan ludi air, dinamakan lidi air karena tanaman ini jika di lihat dari kejauhan memiliki rumpun yang mirip dengan lidi terbalik.

Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki batang yang gepeng berwarna hijau bergaris kuning serta memiliki ujung yang runcing, sehingga tanaman ini disebut lidi air.

Tanaman ini dapat bertahan meskipun mendapat pancaran sinar matahari langsung sehari penuh.

Proses pertumbuhan tumbuhan lidi air relatif sangat cepat sehingga tumbuhan ini mampu memikat hati para pecinta tanaman air.

14. Bambu Air (Equisetum Hyemale)

Habitat tanaman air
Pixabay

Tanaman bambu air merupakan contoh tumbuhan hidrofit yang mirip dengan bambu yang hidup di daratan.

Tumbuhan ini memiliki ukuran kecil, dengan tinggi sekitar 25 cm sampai 100cm saja dan berdiameter sekitar 3cm.

Tanaman ini biasanya dapat digunakan sebagai tanaman hias yang di letakkan pada sebuah pot besar yang terisi lumpur atau genangan air.

Tanaman air dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yakni tanaman mengambang, tanaman dalam air, dan tanaman tepian.

Berdasarkan dari jenisnya tumbuhan ini memiliki bentuk daun dan bunga yang memiliki ciri khas yang berbeda.

Berbagai jenis tanaman air sudah mulai dikenal dan digemari masyarakat sejak awal 90-an dan dari tahun ke tahun tanaman air berkembang dengan cukup pesat.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar