38+ Contoh Tari Kelompok Beserta Asalnya di Indonesia lengkap +Gambarnya

38+ Contoh Tari Kelompok Beserta Asalnya di Indonesia lengkap +Gambarnya

Bagi yang butuh informasi tentang apa saja contoh tari kelompok beserta nama asal daerahnya, disini saya akan memberikan rerensinya berikut sedikit penjelasannya.

Sekilas tentang tari kelompok. Sesuai dengan namanya, ini adalah kebalikan dari tari tunggal yang kemaren sudah saya bahas. Yiatu sebuah tarian atau penampilan seni tari yang ditampilkan secara berkelompok. Baik itu berpasang-pasangan maupun secara massal seperti tari saman.

Kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia harus berbangga hati karena Negeri kita ini memiliki nilai nilai kebudayaan yang sangat tinggi, termasuk didalamnya adalah seni tari tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Tari sendiri tercipta sebagai bentuk ekspresi emosi dalam diri melalui gerakan atau untuk hanya sekedar bersenang-senang melalui gerakan.

Nah, merapat lagi ke topik, berikut ini adalah ragam tarian kreasi berkelompok di Indonesia:

Mengenal Apa Itu Tari Kelompok, Pengertian Tari Kelompok

Pengertian Tari Kelompok
toriqa.com

Sama halnya dengan penyebutannya, pengertian tari kelompok bisa dibilang merupakan suatu pertunjukan seni tari yang diselenggarakan secara berkelompok oleh lebih dari 2 orang pada waktu dan tempat yang sama.

Tarian jenis ini bisa juga disebut sebagai Tarian Massal.

Tari Tradisional di Indonesia memang kebanyakan dilakukan secara berkelompok, dan penyebab pastinya mengenai fakta ini juga belum jelas.

Yang dimaksud tari berkelompok disini tentu berbeda dengan Contoh Tari Kelompok Bebas seperti Modern Dance yang kita kenal sekarang.

Adapun contoh salah satu Tari Kelompok yang legendaris di Indonesia adalah Tari Saman, dan beberapa tarian lainnya.

Jika dilihat dari sistem pembagian resmi dari jumlah pemainnya, Tari Tradisional dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Tari Tunggal, Anda bisa melihat pembahasan lengkapnya di sini.
  • Tari Berpasangan.
  • Tari Kelompok, kita akan membahasnya di sini.

Sebelum kita lanjut ke inti pembahasan, lebih baik kita ketahui dulu apa saja yang menjadi ciri khas atau Ciri-ciri tari kelompok di Indonesia, berikut diantaranya :

  1. Tari kelompok dimainkan oleh lebih dari dua orang.
  2. Terdapat interaksi yang jelas antar sesama.
  3. Mengandung kombinasi berbagai hal.
  4. Umumnya menghasilkan fokus penonton lebih bercabang.
  5. Terdapat Pola Lantai Tarian yang apik.

Salah satu hal yang menarik dalam pentas tari berkelompok yaitu, biasanya para penontonya cenderung lebih meriah, heboh, emosional, peningkatan jumlah penonton, serta interaksi akan lebih kompleks.

Karena dalam tari berkelompok, penampilannya mengandung unsur kekompakan, banyak variasi serta terlihat lebih menarik untuk ditampilkan dalam aksi pertunjukan tari.

Contoh Tari Kelompok dan Asal Daerahnya di Indonesia

Nah, setelah memahami lebih jauh soal pengertian serta ciri-cirinya seperti di atas, mari kita lanjut ke ulasan di bawah selanjutnya mengenai Contoh Tari Berkelompok beserta daerah asal dan penjelasan singkatnya :

Tari Piring

mengenal Tari Piring, jenis tari berkelompok
toriqa.com

Kita mulai dari Tari piring, tarian ini berasal Sumatera Barat.

Sesuai dengan namanya tarian ini memang terkenal akan penggunaan propertinya yang berupa piring, mereka secara berkelompok menggunakan media seperti piring di kedua telapak tangannya saat menari.

Mereka melakukan gerakan tari dengan sangat menarik tampa menjatuhkan piring tersebut.

Dibalik tarian khas nan indah tersebut, ternyata tari piring juga menyimpan makna tersendiri, yaitu sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT, terhadap perolehan panen yang besar.

Saat ini, tarian khas dari Sumatra Barat ini juga sudah dijadikan kebudayaan nusantara yang dilindungi, sebagai media hiburan yang unik yang akan sering kita jumpai dalam banyak event khusus maupun umum.

Biasanya personil atau jumlah penari tari piring itu berjumlah ganjil, mereka hanya terdiri dari 3 hingga 11 orang.

Berdasarkan sejarah tari piring sendiri, gerakan-gerakan yang menyusunnya mayoritas diambil dari gerakan-gerakan Pencak Silat Minangkabau, kemudian diracik sedemikian rupa hingga jadilah sebuah tarian yang terlihat Indah.

Tari Tortor – Contoh Tari Kelompok Bebas

Tari Tortor – Contoh Tari Kelompok Bebas
toriqa.com

Selanjutnya untuk contoh Tari Berkelompok ada Tari Tortor asal Sumatra Utara, yang mana tarian ini menyebar di beberapa darah seperti Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Samosir.

Pernahkah kalian menjumpai tarian ini saat petas atau menampilkan seninya? gerakan tarian ini dinamis dan sudah sangat populer di Indonesia.

Umumnya tari tortor dibawakan oleh kaum wanita dan juga pria, jumlah pemainnya sendiri bisa mencapai belasan orang.

Tari tortor pada awal hanya dijadikan sebagai sebuah ritual dalam acara-acara sakral seperti pelaksanaan upacara kematian, kesembuhan dan lain sebagainya.

Tari Saman

Mengenal lebih jauh apa itu Tari Saman
toriqa.com

Tari saman merupakan seni tari berkelompok yang keberadaannya sudah sangat populer di Indonesia, terutama kemaren dalam ajang pesta olahraga terbesar se Asia tenggara.

Tarian ini merupakan tari tradisional asal Provinsi Aceh.

Maka tak heran jika tarian ini menjadi salah satu ikon kekayaan budaya Indonesia di kancah internasional, bahkan sudah sejak dulu.

Disini saya akan membahasnya singkat saja, selengkapnya bisa Anda baca disini.

Umumnya, tarian saman diperankan dalam jumlah ganjil dalam suatu kelompok, mulai dari 3, 5, 7, 9, 11 orang dan seterusnya.

Salah satu ciri khas tari saman yaitu adanya gerakan – gerakan menepuk lantai, tepuk dada, tepuk tangan dan tepuk pundak yang saling berinteraksi secara dinamis.

Adapun pola Lantai Tari Saman terlihat menggunakan Pola Lantai Lurus sejajar.

Lebih dari itu, dibalik keindahan tarian khas Negeri Rencong ini ternyata mengandung pesan pesan religius, tarian ini memang sejak awal dijadikan sebagai media dakwah, asal usul terciptanya tarian ini juga merupakan perpaduan dari kebudayaan melayu dan islam Aceh.

Wah, menarik sekali bukan?

Namun seiring berjalannya waktu, maknanya seidikit dialihfungsikan menjadi pengisi upacara adat, dan hiburan bagi masyarakat Batak.

Sebagai media pengiringnya, tarian ini diiringi oleh musik gendang serta menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah

Tari Kecak – Contoh Tari Kelompok dari Bali

Tari Kecak – Contoh Tari Kelompok dari Bali
toriqa.com

Sebelumnya saya juga telah membahas secara khusus tentang Tari Kecak ini secara lengkap. Tari Kecak berasal dari Bali.

Mungkin bagi yang belum tau, Tari kecak adalah jenis tarain massal yang identik dengan pementasan dengan melibatkan penari mencapai puluhan orang (50-70 orang) sekaligus, dengan membentuk pola lantai melingkar.

Sebenarnya tarian ini sudah populer, khususnya bagi warga Bali sendiri, bahkan tidak jarang para turis mengunjungi Bali hanya sekadar ingin melihat penampilan tari kecak yang fenomenal ini secara langsung.

Tarian ini bercerita tentang kisah cinta legenda Sri Rama dengan Dewi Sinta.

Tari Rentak Besapih

Tari Rentak Besapih, sejarah dan asalnya
toriqa.com

Selajutnya ada tari Rentak Besapih yang berasal asal Jambi.

Tarian ini dipercaya memiliki makna kesejahteraan serta kemakmuran dari masyarakat Jambi, seiring dengan hentakan kaki dari tariannya sendiri.

Untuk pemain yang menarikan Tari Rentak Besapih terdiri dari beberapa orang pria dan wanita yang berjumlah sekitar 8 hingga 10 orang, dengan memakai kostum pakaian adat melayu Jambi.

Berbicara masalah Tari Rentak besapih itu tidak jauh-jauh dari sejarah Jambi sendiri, yang mana pada zaman dahulu Jambi terkenal sebagai kota perdagangan yang ramai, banyak sekali pedagang dari luar maupun dalam negeri datang ke Jambi.

Sebagai warga Jambi, Anda harus bangga akan keagungan sejarah kota jambi yang telah melahirkan banyak kesenian, salah satunya adalah Tari Rentak Bersapih.

Tari Zapin

Tari Zapin Contoh tari kelompok di Indonesia
toriqa.com

Pernah mendengar lagu Zapin Melayu yang di populerkan oleh Siti Nurhaliza? Itu saya sendiri mengakui sangat indah sekali di dengar. Eh, bukan itu fokus kita saat ini.

Tari Zapin adalah salah satu contoh tari kelompok yang sangat populer di Indonesia, khususnya di ranah melayu, mulai dari Riau, Provinsi Riau, beberapa wilayah Sumatera hingga semenanjung Malaysia.

Iya, Tari Zapin ini memang asli milik bangsa kita, lebih tepatnya dari Riau.

Seperti yang kita tau, tanah melayu dari sejak dulu dikenal masyarakatnya sangat agamis (Islam), maka tak heran jika Tari Zapin juga sangat kental dengan pesan-pesan keagamaan dan nasihat hidup.

Tari Zapin gerakannya secara umum terbagi menjadi 3 gerakan inti, yakni Pembuka, gerakan inti dan penutup, dengan total ada 19 gerakan lainnya.

Sementara alat musik Tari Zapin Melayu yang digunakan diantaranya berupa rebana, akordeon, gembos, marwas, gitar, serta gendang sehingga terciptalah irama musik yang asyik, namun menyejukkan akan isi dan maknanya.

Untuk para penarinya, mereka menggunakan properti pelengkap tari berupa selendang untuk penari perempuan. Selain itu ada juga kipas serta tembung sehingga menjadikan tarian ini menjadi semakin menarik saat pertunjukan.

Anda harus menontonnya secara langsung jika ada kesempatan. Pokoknya tarian yang satu ini the best lah, sehingga tak jarang Negeri seberang juga mau mengklaim tarian ini sebagai tarian Negeri mereka dengan beragam alasan.

Lihat juga pembahasan terkait sebelumnya tentang contoh tari tunggal berikut nama asalnya.

Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang, tari keraton jaman dahulu
toriqa.com

Contoh tari kelompok di Indonesia selanjutnya ada tari Bedhaya Ketawang, tarian ini berasal dari Yogyakarta yang mana dulu tarian ini rutin ditampilkan dalam beragam acara di Istana Sultan Jawa, Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo.

Penari yang membawakan tari Bedhaya ketawang jumlahnya hanya 7 orang saja, namun karena dianggap tarian sakral atau bersifat khusus, maka jumlahnya ditambah lagi menjadi 9 orang.

Menariknya lagi, seluruh penari masih mempunyai Hubungan kekeluargaan atau kekerabatan dengan kerajaan Keraton.

Bedhaya Ketawang sendiri merupakan nama upacara yang biasa dierapkan dalam sebuah tarian, dengan maksud sebagai persembahan serta pemujaan kepada Sang Pencipta.

Adapun pencipta dari tarian ini adalah sang Sultan Agung sendiri, Raja Mataram ke-3 (1613-1646).

Pada saat pertunjukan, alat musik yang umum dipakai dalam tarian ini berupa iringan musik gending ketawang gedhe dengan nada pelog, sementara Instrumen yang di gunakan diantaranya ada kethuk, kenong, gong, kendhang dan kemanak.

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena, sejarah dan asalnya
toriqa.com

Kita lanjut lagi membahs contoh tari berkelompok, berikutnya ada Tari Kipas Pakarena yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Seperti namanya, Tarian ini memkai kipas yang dipegang di kedua tangannya sebagai properti utama, dengan gerakan mendayu-dayu seiring irama musik.

Setelah digali berdasarkan kepercayaan masyarakat Gowa, tarian ini ternyata berasal dari sebuah kisah perpisahan antara penghuni khayangan (boting langi) dengan penghuni bumi (lino) pada zaman dahulu.

Tarian ini ditampilkan oleh sejumlah kaum wanita berjumlah antara 8 sampai 12 orang.

Adapun makna yang terkandung dalam tarian ini menggambarkan sifat dan perilaku masyarakat Gowa, seperti kesantunan, kesetiaan, kelembutan, kepatuhan dan lainnya.

Tari Gambyong

Mengenal Tari Gambyong asaj jawa tengah
toriqa.com

Selanjutnya juga ada Tari Gambyong, yang merupakan contoh tari kelompok yang berasal dari Jawa Tengah.

Tarian ini ditampilkan oleh sejumlah kaum wanita menggunakan tata busana khas Jawa, dimainkan dengan gerakan lambat dan gemulai sepanjang pertunjukan.

Tari Gambyong ini pada awalnya hanya digunakan untuk menyambut Raja Surakarta serta para tamu terhormat, selain itu juga dijadikan sebagai media hiburan dalam berbagai acara penting.

Gerakan Tari Gambyong sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Maju beksan (gerakan awal).
  2. Beksan (isi).
  3. Gerak mundur beksan (gerak akhir).

Semua gerakan terkonsep secara baik mulai dari kaki, lengan, kepala, hingga melibatkan seluruh tubuh.

Tari Gantar

Tari Gantar, Contoh tari kelompok asal kalimantan
toriqa.com

Dari Jawa, kita beralih ke Borneo, ada yang tau apa saja tari yang berasal dari Borneo?

Iya, setidaknya kita mengenal ada beberapa tarian daerah yang berasal dari Borneo, tanah Provinsi Kalimantan, diantaranya:

Nama TarianAsalKostum atau PakaianProperti & Alat Musik
Tari Balean DadasBorneo, KaltimPakaian adat dayak (warna putih, hitam, merah, hijau, dan kuning)Kecapi atau sampek, Gong dan Gendang.
Tari Giring-GiringKalimantanlaki-laki= (Ikat kepala kain berwarna merah.

Wanita=  pakaian tari dengan model atasan berlengan pendek, bawahan model span atau rok ukuran 5 jari di bawah lutut.

Menggunakan alat musik seperti kangkanung, gendang, dan gerantung.
Tari KayauDayak, KalimantanPakaian khas suku DayakGong besar, Gong kecil, alat alat tobak.
Tari Kinyah MandauDayak KalimantanPakaian khas suku Dayak, Ikat kepala dengan hias burung enggang, tatto khas suku DayakMusik tradisional Dayak,
Tari ManasaiKalimantan TengahBaju adat, selendang atau bahalai, ikat kain untuk kepala.Gandang garantung, Gong, Hentakan langkah kaki penari.
Tari MandauKalimantan tengahPakaian rompi dari kulit dengan corak khas tradisional Dayak, dengan aksesories gelang, kalung hingga tatto di tubuh.Gendang dan garantung.
Tari Tambun dan BungaiKalimantan Tengah
Tari Hugo dan HudaKalimantan Tengah

Kita akan membahas semuanya nanti, disini kita akan fokus membahas contoh tari tunggal dari Borneo yaitu Gatar.

Salah satu keunikannya, tarian ini memadukan dua sub-suku, yakni Suku Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Tari Gantar diciptakan dengan tujuan untuk memeriahkan atau sebagai media hiburan penyambutan tamu.

Selain itu, dalam tarian ini juga menggambarkan kesopanan, keakraban dan keramah-tamahan suku Dayak dalam memperlakukan para tamu yang hadir.

Beberapa properti yang digunakan dalam Tari Gantar diantaranya sebatang tongkat panjang melebihi kepala, yang mendeskripsikan para petani ketika menghentak tanah untuk memasukkan benih-benih padi di ladang mereka.

Pakain para penari Gantar biasanya menggunakan balut dengan busana tradisional adat suku Dayak dengan penuh warna hitam dan corak yang berwarna merah, kuning, dan hijau.

Baca juga pembahasan terkait sebelumnya yang telah saya tulis tentang contoh tari tunggal berikut nama asalnya.

Tari Janger

mengetahui Tari Janger asal Bali
toriqa.com

Contoh Tari Berkelompok selanjutnya ada Tari Janger yang mana tarian ini berasal dari Bali.

Tarian ini pertama diciptakan pada tahun 1930, yang mana pada pada saat pementasan menampilkan muda-mudi atau pergaulan masyarakat Bali, dan hingga kini tarian ini masih terus dimainkan dan dilestarikan.

Para pemain tari Janger berjumlah 10 orang yang tampil secara berpasang-pasangan, penari wanita disebut Janger, sedangkan penari pria disebut Kecak.

Hal menarik akan Anda temukan dalam tarian ini mana kala mereka sudah tampil sambil menyanyikan lagu Janger secara bersamaan dan saling sahut-sahutan.

Busana atau pakaian penari Janger umumnya memakai pakaian tradisional Bali.

Selain itu, para penari Jenger khususnya penari wanita mengenakan angkeb, semacam penutup dada, sabuk atau pending prada (ikat pinggang), bawahan kamen prada, sepasang oncer atau sampur (selendang), gelang kana, ampok-ampok, subeng, gelungan Janger hingga bunga grengseng satu.

Alat musik tari janger yang menjadi latar belakang tarian adalah Gamelan Batel atau Tetamburan serta gender wayang, mereka menari dengan gerakan sederhana namun ceria dan sangat bersemangat.

Tari Serimpi

Mengenal Tari Serimpi, contoh tari kelompok asal jawa tengah
toriqa.com

Selanjutnya ada tari Serimpi asal Jawa Tengah.

Pada awalnya tarian berkelompok yang fenomenal ini hanya ditarikan oleh orang-orang tertentu saja, namun seiring berjalannya waktu, akhirnya tarian Indah ini bisa juga dimainkan oleh siapa saja.

Tari Serimpi merupakan salah satu tarian paling populer, spesial dan punya status istimewa loh di tiap-tiap Keraton di Jawa, bahkan keberadaannya sudah ada sejak zaman masyarakat feodal.

Tari Serimpi lahir lahir dan tumbuh di kalangan istana, makanya tarian ini tergolong elit, mengandung gerak yang sangat bagus dan lemah lembut serta hanya segelintir orang saja yang yang pada awalnya bisa mempelajarinya.

Tari Rampak Srigati – Contoh Tari Kelompok dari Jawa Barat

Tari Rampak Srigati – Contoh Tari Kelompok dari Jawa Barat
toriqa.com

Contoh Tari Kelompok yang terakir saya bahs disini yaitu tari Rampak Sriganti yang berasal dari Jawa Barat.

Tarian ini secara umum akan dipertunjukkan oleh kaum wanita, dengan properti Sanggul, ikat pinggang dan kebaya yang berwarna cerah terang.

Selain itu, Tarian ini juga diiringi oleh tabuhan gendang khas Sunda yang memiliki irama yang bersemangat.

Contoh Tari Berkelompok / Massal Lainnya

Sudah menjadi hal yang biasa jika mayoritas tarian tradisional di Indonesia dimainkan oleh lebih dari 2 orang, alias jamak / beramai-ramai.

Karena menang saat ini, makna umum pemantasan seni tari itu secara tidak langsung adalah sebagai sarana hiburan.

Sehingga, jika kita lihat menang kebanyakan dimana-mana jumlah Tari kelompok di Indonesia tentunya sangatlah banyak, baik yang terkenal maupun tidak, baik yang tereksplor maupun belum.

Dari situ juga masing-masing mempunyai alasan dan makna tertentu.

Nah, berikut ini ada beberapa Tari Berkelompok lainnya di Indonesia yang perlu anda tau, karena tidak mungkin rasanya jika saya membahas semuanya disini sekarang:

NoNAMA TARIANASAL DAERAH
1BekhusekSumatera Selatan
2Palo-PaloGorontalo
3LumenseSulawesi Tengah
4BosaraSulawesi Selatan
5MusyohPapua
6SuanggiPapua
7BatungangaNTB
8LensoMaluku
9JanggetLampung
10GongKalimantan Tengah
11ReogJawa Timur
12RemoJawa Timur
13MerakJawa Barat
14Sekapur SirihJambi
15YopongDKI Jakarta
16PendetBali
17LegongBali
18SeudatiAceh

Karakteristik Tari Berkelompok

Tari berkelompok secara umum diperankan oleh banyak pemain atau penari sekaligus sehingga masing- masing penari harus mengetahui sifat dan karakteristik tari berkelompok. Sehingga akan tercipta suatu penampilan tari yang indah dan menyatu.

Berbicara masalah karakteristik yang ada pada seni tari berkelompok, setidaknya ada dua hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya:

Segi Gerakan

Dari segi gerak, ada dua macam gerak yang bisa kita temuka dalam seni ari berkelompok, yaitu gerak homogenitas dan gerak heterogenitas.

Maksudnya gimana? Gerak homogenitas adalah gerak yang dilakukan secara bersama-sama oleh penari dalam satu kelompok.

Sedangkan gerak heterogenitas merupakan serangkain gerak yang tidak sama, seperti gerak berimbang balance, gerak selang-seling alternate, gerak terpecah broken, hingga gerakan tari yang bergantian canon.

Kekompakan Penari

Setiap tarian yang berkelompak harus punya daya kekompakan di setiap penampilan atau pertunjukannya, karena salah satu kekuatan tari berkelompok ada pada kekompakannya.

Dengan kekompakan dapat memberikan daya hidup pada tarian tersebut.

Cara membentuk kekompakan suatu tarian ya harus dengan banyak latian agar tercipta gerakan tarian yang serasi, seirama satu sama lain.

Karena ada satu saja rang yang berbuat kesalahan pada saat tampil maka akan terlihat jelas oleh penonton dan itu akan berdampak juga pada satu tim (Semuanya)

Tinggalkan komentar