Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa [Lengkap] +Cara Membuat & Tipsnya

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh surat rekomendasi Beasiswa untuk kebutuhan anda dalam melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya.

Mengapa ini menjadi penting?

Karena jika anda punya kemampuan lebih secara prestasi, maka seharusnya anda bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik tampa banyak meluangkan waktu untuk mengurus atau memikirkan biaya pendidikan, karena semuanya akan terbantu jika anda bisa medapatkan beasiswa atas pencapaian anda selama menjalani pendidikan sebelumnya.

Caranya bagaimana?

Ada banyak cara sebenarnya, tapi cara yang banyak digunakan oleh para pemburu dan peraih beasiswa adalah dengan mencoba mendapatkan rekomendasi dari sekolah atau kampus sebelumnya.

Jika anda memang pantas, anda bisa mengajukan diri untuk meminta surat rekomendasi Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ketahap yang lebh baik sesuai keinginan anda.

Contohnya dan cara medapatkannya bisa anda simak di artikel berikut ini.

Pengertian Surat Rekomendasi Beasiswa

Pengertian Surat Rekomendasi Beasiswa
toriqa.com

Bagi yang setengah mengerti apa itu surat surat rekomendasi yang dibuat untuk keperluan pengejuan Beasiswa, jadi surat jenis ini adalah surat yang dikeluarkan secara khusus oleh lembaga, instansi ataupun perusahaan untuk memberikan rekomendasi ataupun keterangan persrtujuan kepada seseorang yang ingin melakukan sesuatu, misalkan Beasiswa ataupun pekerjaan.

Fungsi surat rekomendasi ini sangat luar biasa bagi si pemegang surat.

Misalnya saja salah satu fungsinya yaitu:

Jika ada seseorang datang dengan mebawa surat rekomendasi, maka orang tersebut akan lebih dimudahkan (diperioritaskan) dalam melakukan atau menyelesaikan urusan.

Fungsi dan Tujuan Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi untuk tujuan beasiswa bisa menghasilkan berbagai macam hal dalam pendaftaran seorang siswa atau mahasiswa di tempat pendidikannya, diantaranya:

  1. Surat rekomendasi yang ditunjukkan untuk seorang siswa dapat bertindak sebagai dukungan yang sangat kuat untuk sang murid dengan memberikan bukti kualitas akademis dan pribadinya serta menunjukkan potensi untuk kesuksesannya di masa depan.
  2. Surat rekomendasi juga dapat berperan sebagai bukti yang lebih kuat bahwanya si siswa tersebut memang pantas untuk memperoleh beasiswa, karena mayoritas beasiswa memang diberikan kepada seorang siswa dengan komitmen atau tujuan tertentu.

Cara membuat surat rekomendasi harus dilakukan sesuai dengan benar standar dan data yang ada.

Karena sekali lagi, surat ini bisa menjadi bukti untuk instansi yang diinginkan bahwa siswa tersebut memang pantas untuk mendapatkan beasiswa berdasarkan pencapaian dan kebutuhannya, maka datalah yang akan berbicara melalui surat tersebut.

Beasiswa sendiri ada banyak macamnya, ada beasiswa untuk siswa berprestasi sesuai dengan bidangnya, ada juga beasiswa untuk anak yang kurang mampu.

Nah, untuk beasiswa anak yang kurang mampu, surat rekomendasi dapat menyatakan bagaimana sang murid bisa tetap meraih sukses meskipun berada dalam keterbatasan ekonomi.

Adanya surat rekomendasi beasiswa itu bisa menambah kisah yang diceritakan oleh sang murid dalam pada saat pendaftaran mengenai siapa dirinya dan mengapa ia pantas mendapatkan beasiswa tersebut.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, maka seorang penulis surat harus mengumpulkan data-data penting terlebih dahulu sebagai bentuk informasi mutlak sebelum mulai menuliskannya.

Struktur Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Struktur Format Surat Rekomendasi Beasiswa
toriqa.com

Seperti isi surat pada umumnya, isi surat rekomendasi beasiswa setidaknya terdapat tiga bagian penting yaitu bagian pembuka, isi surat utama, dan penutup yang menyantumkan informasi kontak penulis.

Pembuka

Jika anda ingin membuat surat rekomendasi beasiswa, maka hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengumpulkan data siapa orang yang akan anda rekomendasikan, bagaimana Anda bisa mengenalnya serta dari mana, dan apa yang membuat Anda pantas memberikan penilaian mengenai orang tersebut.

Kumpulkan semuanya selengkap mungkin, karena ini adalah bagian yang sangat penting.

Namun jika menag Anda sudah mengenal murid anda dengan baik, seperti layaknya seorang guru sekaligus konselor, maka Anda harus mengatakannya secara langsung.

Karena dengan cara ini biasanya akan semakin yakin dan memperlihatkan bahwa Anda sudah mengenal jelas calon penerima beasiswa tersebut.

Lihat juga: (Contoh Surat Pengantar/Cara membuat & Strukturnya)

Isi Surat

Setelah surat dibuka dengan menyatakan dukungan Anda terhadap si siswa dengan menjelaskan mengenai hubungan Anda dengan murid, Anda bisa mulai menulis penilaian Anda.

Pastikan Anda menyorot kelebihan sang murid dan mematikan bahwa Anda sidah membuat penilaian sesuai dengan topik beasiswa.

Misalnya saja, jika ada beasiswa untuk mencari murid punya kualitas akademis yang bagus, maka buatlah pernyataan bahwa murid Anda adalah salah satu murid paling pintar dan berprestasi di kelas.

Selain itu, karena beasiswa umumnya dibuat secara khusus untuk para siswa atau mahasiswa yang akan memasuki bidang tertentu, maka sebaikanya Anda membicarakan visi Anda tentang murid tersebut di perguruan tinggi nantinya.

Jika beasiswa tersebut memang diperuntukkan untuk calon mahasiswa teknik, maka bicarakan juga tentang pencapaiannya dalam kompetisi fisika atau kimia bidang tekniknya.

Perlihatkan keunggulan prestasinya di bidang beasiswa yang sedang dituju, sehingga para penilai penerimaan beasiswa akan menilai bahwa siswa anda memang pantas mendapatkan biaya beasiswa untuk pendidikan selanjutnya.

Selain itu, Anda bisa menggarisbawahi komitmennya, motivasi hingga talentanya dalam belajar dan tunjukkan bagaimana kontribusinya selama ini menjadi nilai positif untuk pendidikannya selanjutnya.

Penutup

Pada bagian akhir di surat rekomendasi yang anda buat, sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi berikan keterangan jelas bahwa Anda terbuka untuk dihubungi oleh komite beasiswa bila ingin memerlukan sesuatu.

Tapi jika Anda sudah memberikan penjelasan yang selengkap-lengkapnya mengenai calon penerima beasiswa, maka biasanya komite beasiswa tidak akan menanyakan apa apa lagi terkait si calon penerima beasiswa.

Maka dari itu, data atau informasi yang lengkap sangat berperan dalam hal diterima atau tidaknya rekomendasi beasiswa yang anda ajukan.

Baca juga: (Contoh Surat Keputusan/Cara Membuat & Strukturnya)

Tips Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa

Tips Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
toriqa.com

Ada hal hal yang sebaiknya anda hindari dalam menulis surat rekomendasi.

Anda harus memastikan bahwa tidak ada data buruk sekecil apapun pada surat rekomendasi yang anda buat untuk orang yang direkomendasikan.

Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan surat, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari agar tidak menghasilkan surat rekomendasi yang biasa saja.

Menulis Secara Umum

Pertama, surat rekomendasi yang paling tidak berguna adalah surat yang tidak dibuat untuk beasiswa itu sendiri.

Meskipun Anda bia saja memakai satu pola surat rekomendasi yang sama untuk beberapa beasiswa untuk seorang anak yang mendaftar, namun pastikan bahwa Anda telah menyuntingnya dengan teliti agar surat tersebut tetap sesuai dengan beasiswa yang dituju.

Umumnya, setiap beasiswa punya spesifikasi tertentu yang wajib untuk ditunjukkan dalam surat rekomendasi.

Maka dari itu, sangat penting bagi si calon penerima beasiswa untuk memperoleh surat rekomendasi yang menunjukkan bahwa dirinya adalah yang paling pantas untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Tidak Ada Alasan

Sebaiknya anda hindari penggunaan kata sifat yang terlalu banyak tanpa menyertainya dengan kisah atau alasan yang jelas kenapa anda mau mendukungnya dalam surat rekomendasi.

Kisah tentang calon penerima beasiswa akan lebih berkesan di mata para komite dari pada hanya mendaftarkan menggunakan kata-kata sifat tanpa contoh, ya itu hanya biasa-biasa aja (udah umum).

Intiya apa, hindari menggunakan bahasa abstrak jika Anda tidak bisa mendukungnya dengan contoh asli di dunia nyata.

Frasa Umum

Ini juga tak kalah penting, surat yang terlihat seperti pernyataan umum akan sangat terlihat biasa saja dibandingkan surat yang menggunakan pernyataan penuh antusiasme.

Maka dari itu, pastikan bahwa pemilihan kata dalam surat sudah tepat dan tidak klise.

Memberikan keterangan bahwa calon penerima beasiswa merupakan orang yang rajin dan pekerja keras nilainya akan berbeda dibandingkan jika anda mengatakan bahwa dia adalah orang yang ulet.

Hindari penggunaan kata sifat yang tidak pasti atau sudah terlalu umum digunakan sehingga tidak mengurangi dampaknya.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Setelah kita mempelajari pengertian, fungsi dan struktur surat rekomendasi, berikut ini ada beberapa contoh surat rekomendasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

SURAT REKOMENDASI

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                           : . . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama Dosen atau atasan Anda)

Jabatan                        : . . . . . . . . . . . . . . . . . (sebutkan jabatannya)

 

Jurusan / Institusi        : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Fakultas                       : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Universitast                 : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Address                       : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya merekomendasikan bahwa mahasiswa kami, (tulis nama Anda menggunakan huruf cetak tebal), untuk mendapatkan program beasiswa . . . . . . . . . . . . . di. . . . . . . . . . . . . Oleh karena itu, saya sangat mengharap bahwa dia bisa menjadi salah satu dari penerima beasiswa dari . . . . . . . . . . . . . demi keberhasilan dalam pendidikan atau penelitiannya, sehingga apa yang dia peroleh nantinya dari hasil studi / penelitiannya tersebut bisa memberikan manfaat di masa depan untuk almamater khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan hormat,

 

(tanda tangan dosen atau atasan anda di sini)
Bapak atau Ibu. . . . . . . . .
NIP:
Contact number:
email:

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri

Meraih pendidikan di luar negeri saya kira adalah keinginan hampir setiap pelajar di indonesia.

Dimana tidak, dari segi kualitas pendidikan, fasilitas dan pengalaman adalah nilai plus yang mutlak di peroleh jika berhasil diterima menjadi salah seorang siswa atau mahasiswa di luar negeri.

Tentu untuk menjadi bagian dari mereka itu tidak semudah membolak balikkan telapak tangan, selain dibutuhkan kemampuan hasil belajar, juga dibutuhkan jaringan informasi yang cepat dan ketanggapan kita menanggapi informasi tersebut.

Salah satunya adalah upaya untuk melobi meminta surat rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa sekolah luar negeri. Agar untuk mendapatkannya bisa semakin mudah.

Anda harus meminta surat rekomendasi dari pihak sekolah atau kampus jika memang Anda punya kualitas untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Contoh surat rekomendasi tersebut standartnya seperti ini:

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri
toriqa.com

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Kepala Sekolah

Jika anda ingin tau seperti apa surat rekomendasi yang bisa anda dapatkan dari kepala sekolah jika anda memang membutuhkannya, berikut ini contohnya:

Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Kepala Sekolah
toriqa.com

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Dosen Pebimbing

Anda ingin melanjutkan kuliah ke tahap yang lebih tinggi dengan menggunakan hasil dari kualitas belajar anda selama masa pendidikan kuliah sebelumnya?

Anda bisa meminta surat rekomendasi dari dosen pembimbing anda utuk mempermudah diterimanya anda meraih beasiswa.

Berikut ini contoh surat rekomendasi dari dosen pembimbing jika anda ingin membuatnya sendiri dan hanya akan meminta persetujuannya.

Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Dosen Pebimbing
toriqa.com

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share dalam artikel ini mengenai Beasiswa dan surat rekomendasi.

Semoga anda bisa berhasil dalam impian pendidikan anda.

Tinggalkan komentar