11+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Mahasiswa Untuk Berbagai Kondisi     

Kali ini saya akan akan share cara membuat dan contoh surat izin tidak masuk kuliah untuk berbagai situasi yang memaksa Anda untuk tidak ikut materi kuliah si Dosen kesayangan hehe.!

Jika suatu ketika Anda terpaksa untuk tidak mengikuti mata kuliah karena suatu hal, jangan lupa untuk membuat surat izin ya, buat dan serahkan kepada Dosen pemberi materi.

Kenapa?

Jangan sekali-kali menganggap enteng absen ya kawan, akarena akan ada beberapa konsekwensi yang akan Anda terima jika tidak memperdulikannya, setidaknya:

  1. Anda akan di cap sebagai mahasiswa yang tidak baik (Dosen akan susah memberi pertimbangan baik untuk Anda).
  2. Anda bisa mendapatkan sangsi jika melakukannya secara berulang-ulang (tampa adanya surat izin)
  3. Salah satu hal yang menyebabkan Anda tidal lulus kuliah karena harus mengulang-ulang mata kuliah gara-gara absensi.
  4. Dan beberapa hal Negatif lainnya yang bisa mencoreng Nama baik Anda sendiri.

Btw, sekali lagi jangan anggap remeh hal kecil ini, jika memang sedikit cukup merepotkan buat Anda, jangan kawatir. Saya akan membatu Anda dengan memberikan refrensi (contoh dan cara membuatnya) disini.

Format Surat Izin Kuliah Secara Umum

Bentuk atau susunan surat izin kuliah secara umum ditulis layaknya surat-surat lainnya, yaitu dengan format dan bahasa yang tersusun rapi, sehingga dosen yang menerima surat pun tidak kesulitan pada saat membacanya isi suratnya.

Jika anda kesulitan untuk membuatnya, dibawah inisaya beri contoh format surat izin kuliah yang dipakai secara umum yang bisa Anda kirimkan pada dosen mata kuliah atau dosen wali saat ada kepentingan yang membuat anda tidak bisa masuk kuliah.

Sumenep, 3 Maret 2021

Kepada,

Yth. Bpk. Drs. Fathoni Yahya, M.Si.

Jurusan Administrasi Negara, Universitas Wiraraja.

Dengan Hormat,

Dengan adaya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Afiqurrahman

NIM                             : 11.240.0017

Kelas                           : 2P43

Program Studi         : Aministrasi Negara S-1

Fakultas                     : Ilmu Sosial

Memohon maaf karena harus mengajukan izin tidak dapat mengikuti mata kuliah Administrasi Keuangan pada hari Rabu, 3 Februari 2018 karena saya harus menghadiri acara keluarga (pernikahan adik).

Dikarenakan sangat pentingnya acara tersebut, maka saya mohon agar Bapak bisa memaklumi dan memberikan izin kepada saya.

Sekian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Dengan Hormat

Afiqurrahman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Lembur Kerja 

Sumenep, 22 Februari 2021

Perihal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Dosen Ilmu Pendidikan Agama Islam
Universitas Wiraraja
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Misnawi
NIM : 657657654
Program Studi : S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas : Pendidikan Agama

Melalui surat ini saya bermaksud untuk memohon izin tidak bisa ikut serta dalam semua mata kuliah pada hari ini, Kamis, 22 Februari 2021, hal ini karena saya masih ada tanggung jawab pekerjaan yang belum selesai di Kantor yang tidak dapat saya hindari.

Sekian surat permohonan izin ini buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya, atas kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Mengetahui,

Hormat Saya,                              HRD

Misnawi                          Ayu Putri Ningsih

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Alasan tidak masuk kuliah karena sakit merupakan alasan yang cukup wajar bagi mahasiswa untuk tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan.

Nah, jika Anda ingin menulis surat izin tidak ikut kuliah karena sakit, berikut ini saya akan memberikan contoh surat izin kuliah yang benar dan mudah..

Hal                  : Surat Permohonan Izin Tidak dapat Mengikuti Mata Kuliah

Kepada Yth.

Ibu Indah Norma Wijaya, M.Hum.

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Wiraraja.

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama             : Afiqurrahman

NIM                : 89675645347

Prodi               : Bahasa dan Sastra Indonesia

Nomor HP       : 08572618018

Dengan surat ini saya memohon izin untuk tidak mengikuti kelas mata kuliah Prosa IV pada hari ini, Rabu, 11 April 2021 dikarenakan keadaan tubuh yang sedang tidak sehat.

Jika saat ini di kelas sedang ada tugas, quiz, dan ujian, saya memohon ijin untuk mengumpulkannya pada saat kondisi saya sudah mulai kembali sehat dan dapat mengikuti kelas Prosa IV selanjutnya.

Sekian surat permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya berdasarkan lampiran bukti dokter, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Sumenep, 11 April 2021

Hormat Saya,

Afikurrahman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Acara Keluarga        

Jika memang anda sedang ada acara atau urusan keluarga, seperti ada saudara yang menikah atau lain-lainnya, itu masih cukup bisa dipahami sebagai alasan logis untuk tidak masuk kuliah.

Jika anda mencari refrensi sebagai bahan membuat surat izin, berikut ini contoh surat izin kuliah karena urusan keluarga yang yang dapat anda tiru untuk kemudian ditujukan kepada dosennya.

Malang, 8 Juni 2021

Kepada yang terhormat,

Bapak Ainurrasyid, M.Ed.

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Adi Gunawan

NIM                             : 768564565

Program Studi         : S-1 Teknik Sipil

Fakultas                     : Teknik

Memohon izin untuk tidak mengikuti mata kuliah Manajemen Perencanaan pada hari Rabu, 8 April 2021 di karenakan saya harus menghadiri acara pernikahan kakak kandung saya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Karena sangat pentingnya acara tersebut bagi saya, maka saya sangat berharap agar Bapak dapat memberikan saya izin di hari dan tanggal tersebut.

Mengenai materi kuliah serta tugas hari ini akan diberikan, saya tetap akan menerima dan akan berusaha berkoordinasi dengan teman – teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Sekian surat izin ini saya buat dan saya ajukan agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang bapak diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Adi Gunawan

Artikel tekait

(Contoh & Cara Membuat Surat Cuti Menikah)

(Contoh & Cara membuat Surat Rekomendasi Beasiswa)

Surat Izin Kuliah Tulis Tangan

Meski pada umumnya surat izin kuliah itu dibuat dengan hasil ketikan, namun ada juga dosen yang memperbolehkan mahasiswanya untuk menulis surat izin tidak masuk kuliah dengan tulisan tangan.

Alasannya sendiri bisa bermacam-macam, misalnya agar tidak sekedar copy paste dari internet atau supaya dosen bisa langsung menganalisis keaslian alasan mahasiswa tidak masuk kuliah dengan tulisan tangan Anda.

Namun anda tidak perlu ragu atau pun takut jika memang keadaannya seperti itu, dan Dosen memang memperbolehkan menulis surat izin menggunakan tulisan tangan.

Anda bisa langsung membuatnya dengan melihat contoh surat izin kuliah hasil tulis tangan berikut ini.

Surat Izin Kuliah Tulis Tangan
toriqa.com

Surat Izin Kuliah Lewat Email

Dizaman yang semakin modren, semuanya akan dibuat semakin mudah, cepat dan efisien, tak terkecuali dengan pembuatan surat izin kuliah.

Jika sebelumnya surat izin tidak masuk kuliah itu hanya ditulis atau diketik saja, kemudian diberikan kepada dosen dalam bentuk Amplop.

Maka sekarang tak jarang loh banyak dosen yang memperbolehkan surat izin tidak bisa ikut kuliah dibuat dan dikirimkan lewat email saja.

Jika dikampus Anda juga seperti itu, maka lihatlah contoh surat izin kuliah lewat email berikut ini yang bisa Anda jadikan refrensi untuk membuatnya.

To              : [email protected]

Cc              : –

Subject    : Surat Izin Tidak Bisa Mengikuti Mata Kuliah Akuntansi.

Yth. Dra. Sri Wahyuni, M.Si.

Jurusan Akuntansi dan Keuangan, Fakultas Ilmu Akuntansi.

Universitas Wiraraja Sumenep.

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Mutia Indriana

NIM                             : 97856385483

Kelas                           : Non Reguler

Ruang                         : IKM.02

Program Studi            : Akuntansi Keuangan S-1

Fakultas                     : Bahasa dan Seni

Meminta maaf karena tidak dapat mengikuti kelas Akuntansi Buku Besar yang dilaksanakan hari ini, Senin, tgl 3 April 2021, karena saya mendapat undangan untuk menghadiri kegiatan seminar “program kreatif mahasiswa” yang diselenggarakan di luar kampus.

Perihal materi kuliah serta tugas yang mungkin diberikan di hari tersebut, saya sudah berkoordinasi bersama dengan teman-teman yang lain, dalam rangka membahas materi kuliah dan tugas kuliah.

Cukup sekian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dimaklumi, atas izin yang diberikan bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.

Sumenep, 203 April 2021

Dengan Hormat,

Mutia Indriana

Surat Izin Kuliah dari Orang Tua

Jika memang anda tidak masuk kuliah karena alasan yang sangat penting sehingga anda tidak bisa mengikuti perkuliahan dalam jangka waktu yang cukup lama (tidak hanya sekali-dua kali pertemuan). Maka biasanya yang harus memberikan keterangan dengan menuliskan surat izin tidak bisa mengikuti perkuliahan adalah orang tua dari mahasiswa itu sendiri.

Jika sewaktu – waktu Anda berada dalam kondisi yang seperti ini, anda tidak perlu pusing.

Ikuti saja contoh surat izin kuliah berikut ini yang ditulis orang tua mahasiswa dan ditujukan kepada Dosen pengampu mata kuliah.

Surabaya, 5 mei 2021

Kepada: Yth Bapak/Ibu Dosen Pengampu Mata Kuliah Algoritma IV

Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Negeri Surabaya.

Di tempat

Dengan hormat:

Saya orang tua dari mahasiswa atas Nama:

Nama       : Sindu Adi Putra

NIM          : 86754-0002

Jurusan   : Ilmu Teknik Komputer

Kelas        : Reguler

Alamat     : Jl. Perum Arya Wiraraja No 32 Desa Kacongan Kec. Pamolokan Kab. Gresik-Jawa Timur

ingin memberitahukan bahwasannya mahasiswa tersebut sedang mengalami sakit sehingga tidak bisa mengikuti kelas mata kuliah Alqoritma 02 yang diadakan pada hari Selasa 08 Mei 2021. Maka dari itu, saya memohon agar Bapak/Ibu dosen berkenan untuk memberikan izin atas mahasiswa tersebut.

Sekian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan, atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu dosen saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

Sindu Adi Putra

Surat Izin Kuliah Karena Pulang Kampung

Pulang ke kampung halaman bagi para mahasiswa rantau terkadang memakan waktu yang lama, terlebih lagi untuk mahasiswa yang kampung halamannya ada di luar pulau.

Keadaan yang demikian terkadang berdampak pada terlambantanya masuk kuliah.

Mau tidak mau, anda harus menulis surat izin kepada Dosen yang akan memberi materi di hari tersebut

Nah, untuk menulis surat izin tidak ikut mata kuliah dengan alasan pulang kampung, berikut ini contoh surat izin kuliah yang dapat anda tiru formatnya.

Magetan, 20 Oktober 2021

Kepada

Yth. Drs. Khoirurrohman, M.Si.

Jurusan Mayob Accounting, Fakultas ilmu Akuntansi Universitas Sintesa Magetan

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Nabil Rijal

NIM                             : 8564734543765

Kelas                           : A

Ruang                         : C.06

Program Studi           : Akuntansi S-1

Fakultas                     : Ilmu Keuangan

Melalui surat ini saya ingin menyampaikan permohanan maaf atas ketidakhadiran saya di kelas Manajemen accounting I hari ini, Kamis, tanggal 24 Oktober 2021, karena saya harus menghadiri acara keluarga dan harus pulang ke kampung halaman di Aceh.

Peihal materi kuliah beserta tugas yang mungkin akan diberikan untuk hari tersebut, saya akan berkoordinasi bersama dengan teman-teman lainnya, untuk menanyakan dan membahas materi kuliah dan tugas kuliah.

Sekian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dimaklumi, atas izin yang bapak berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Magetan, 20 Oktober 2021

Dengan Hormat,

Nabil Rijal

Surat Izin Kuliah Karena Kegiatan UKM

Banyak juga mahasiswa yang punya kesibukan yang bisa dibilang super dalam kegiatan UKM. sehingga mereka terkadang harus bolos untuk masuk kuliaha karena alasan acara penting di UKM.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama, maka anda harus mencari contoh surat izin kuliah untuk kegiatan UKM.

Mungkin contoh berikut ini bisa cocok untuk kebutuhan anda, silahkan disesuaikan.

Hal –                  : Permohonan Izin Untuk Tidak Mengikuti Kuliah

Kepada Yth.

Bapak Nabil Tedja, M.A.

Jurusan Teknik Mesin.

Fakultas Ilmu Teknik Universitas Surabaya.

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama             : Ilham Teguh.

NIM                : 13-1987-099.

Prodi               : Teknik Mesin.

Nomor HP      : 085725619287.

Melalui surat ini saya mohon izin untuk tidak mengikuti kelas mata kuliah teori mekanika mesin yang diselenggarakan pada 20 Februari hingga 14 Maret 2021. Hal demikian karena saya sedang menjalani kegiatan lomba paduan suara di tingkat Nasional (UKM Paduan Suara) di Malang selama satu bulan, dari tanggal 10 Februari hingga 14 Maret 2021.

Terkait dengan mata kuliahan yang tidak bisa saya ikuti berikut tugasnya, saya memohon izin untuk menyelesaikan dan pengumpulan tugasnya nanti kepada Bapak.

Sekian surat permohonan izin ini saya buat dan sampaikan dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 20 Januari 2017

Hormat Saya,

Nando Putra Pratama

Baca juga (Contoh & Cara Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa)

 Surat Izin Kuliah untuk Dosen Wali

Selama masih menjalani masa kuliah di kampus, Dosen wali ini bisa disebut sebagai orang tua mahasiswa. Maka dari itu, tidak jarang mahasiswa lebih memilih meminta izin tidak mengikuti perkuliahan langsung kepada Dosen wali dari pada ke Dosen pengampu mata kuliah, meski hal ini kadang tidak benar.

Well, jika anda sedang mencari contoh surat izin kuliah untuk dosen wali, berikut ini saya berikan contohnya.

Surabaya, 7 Januari 2021

Kepada,

Yth. Bpk. Bambang Sutrisno, S.Sos., Ph.D.

di  Universitas Wijaya Kusuma.

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Deni Setiawan

NIM                             : 13-2-1658

Kelas                           : Non Reguler

Program Studi         : S1 Ilmu akuntansi

Fakultas                     : Ilmu Akuntansi Keuangan

Melalui surat ini memohon maaf untuk meminta izin karena tidak sementara tidak bisa mengikuti seluruh kegitan perkuliahan atau semua mata kuliah yang diselenggarakan dari mulai hari Selasa, 7 Januari 2021 hingga Kamis, 12 Januari 2021 karena saya harus menghadiri acara seminar di Banten, Jawa Barat.

Mengingat sangat pentingnya penyelenggaraan acara tersebut, maka saya mohon agar Bapak sebagai dosen wali berkenan untuk memberikan saya izin selama acara berlangsung.

Terkait materi kuliah atau pun tugas yang mungkin akan diberikan untuk mahasiswa, saya siap menerimanya dan akan segera berkoordinasi bersama dengan teman-teman yang mengikuti perkuliahan di hari tersebut.

Sekian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya agar dapat dimaklumi adanya.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada bapak atas izin yang diberikan kepada saya.

Dengan Hormat

Dani Setiawan

Surat Izin Kuliah untuk Dosen Mata Kuliah

Akan lebih baik dan lebih tepat lagi jika anda meminta izin dengan mengirimkan surat izin tidak masuk kuliah langsung kepada Dosen pengampu mata kuliah, walaupun bisa juga kepada Dosen wali seperti yang saya sebutkan diatas. Namun sekali lagi itu kurang tepat.

Jadi, jika Anda ada halangan untuk masuk kuliah, buatlah surat ketarangan kepada Dosen pengampu. Jika bingung saat akan menulis surat izin kuliah untuk dosen pengampu mata kuliah, berikut saya berikan contoh surat izin kuliah yang benar untuk Anda tiru.

Magetan, 19 April 2021

Kepada

Yth. Bapak Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Syariah.

di Universitas Sintesa Magetan.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Melalui surat ini, saya ingin beritahukan bahwa :

Nama Mahasiswa     : Satria Pratama

NIM                          : 85638538765

Jurusan                     : Manajemen Syariah

Kelas                         : Non Reguler

Menerangkan bahwa saya tidak bisa mengikuti mata kuliahan Rekapitulasi Keuangan yang bapak ampu pada hari Kamis, 24 April 2018 dikarenakan adanya kepentingan keluarga.

Saya harap Bapak dapat memakluminya, atas izin yang Bapak berikan saya ucapkan terimakasih.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Satria Pratama

Baca Juga: (Contoh & Cara Membuat Surat Cuti Menikah)

Cara Membuat  Surat Izin Tidak Masuk Kuliah 

Setelah mengetahui beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah untuk berbagai kondisi, kita lanjut bagaimana cara membuat surat izinnya.

Untuk membuat surat izin, hal yang paling penting adalah anda harus tau dulu struktur surat izin tidak masuk kuliah.

Nah, didalam menyusun surat izin tidak masuk kuliah, ada beberapa poin penting yang nggak boleh anda lupakan, diantaranya misalnya:

  • Tanggal

Buatlah tanggal surat ditengah surat disertai dengan kota Anda.

  • Alamat

Alamat kampus atau Universitas yang Anda tuju.

  • Salam Pembuka

Setiap isi surat remi maupun tidak resmi harus diawali dengan salam pembuka

  • Identitas Diri

Identitas diri Anda sebagai pengirim surat ( Kelas, jurusan) dan sebagainya.

  • Isi Surat

Isi surat yang berisi maksud serta tujuan utama permohonan izin tidak masuk kuliah.

  • Penutup

Salam penutup dari sebuah surat

  • Nama dan Tandatangan

Terakhir setelah surat ditutup, berikan tanda tangan dan nama Anda.

Cara Mendapatkan Izin Tidak Masuk Kuliah

Cara Mendapatkan Izin Tidak Masuk Kuliah
toriqa.com

Ada banyak hal yang bisa anda sertakan dalam meminta izin kepada dosen agar anda bisa diizinkan untuk tidak mengikuti mata kuliahnya.

  1. Gunakanlah bahasa yang sopan, formal dan mudah dicerna atau dipahami oleh Dosen.
  2. Sertakan bukti jika memang anda tidak bisa mengikuti mata kuliah akibat suatu hal, misal sakit (Surat ketarangan Dokter) kerjaan (surat ketarangan dari kantor) dan sebagainya.
  3. Kirimkan surat tepat kepada Dosen yag dituju (Dosen yang memberi materi pada hari itu)
  4. Hindari membuat surat yag cenderung mengada-ada (menggunakan alasan yang tidak bisa diterima akal tanpa bukti)
  5. Buat surat dengan sejujur-jujurnya (sekali anda berbohong, maka akan sulit menerima respon baik dari Dosen) & beberapa faktor lainnya.

Mugkin cukup sekian beberapa contoh surat izin kuliah yang bisa saya berikan untuk anda gunakan sebagai bahan refrensi untuk meminta izin kepada Dosen pengampu mata kuliah atau dosen wali ketika Anda sedang ada halangan untuk mengikuti perkuliahan.

Kalau Anda mau ambil saran saya, sebaiknya jangan menganggap remeh masalah absensi pada saat kuliah, karena salah satu hal yang bikin mahasiswa lulusnya lama adalah karena harus mengulang-ulang mata kuliah gara-gara absensi.

Sekian, semoga bermanfaat, sampai jumpa di konten berikutnya. See you later.

Tinggalkan komentar