Contoh Surat Bisnis

12+ Contoh Surat Bisnis Berikut Fungsinya + Struktur & Cara Membuatnya

Setelah sebelumnya kita membahas seputar contoh surat undangan pernikahan, selanjutnya kita akan membahas perihal contoh surat bisnis.

Seperti yang kita tau, jenis jenis surat itu banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah surat bisnis.

Surat bisnis sendiri tergolong dalam kelompok surat resmi yang umum digunakan oleh banyak perusahaan untuk tujuan bisnis. Bahkan dijadikan sebagai media komunikasi resmi oleh mereka.

Secara fungsi, umumnya perusahaan banyak menggunakannya untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan ataupun pihak lain.

Namun lebih dari itu, ternyata surat bisnis ini bisa digunakan untuk tujuan yang lebih luas dan lebih spesifik lagi dari segi fungsi dan tujuan pembuatannya.

Berikut ini ulasan lengkapnya. Lets Go.

Contoh Surat Bisnis Berdasarkan Fungsinya

Tahukah Anda, bahwa banyak sekali surat bisnis yang beredar setiap harinya dan sering digunakan oleh banyak perusahaan, mulai dari surat penawaran, surat pesanan, surat permintaan penawaran, dan berbagai jenis surat resmi lainnya.

Beragam jenis surat tersebut dipakai demi mendukung lancarnya perjalanan perusahaan agar semakin maju dan berkembang secara efisien.

Namun, membuat surat bisnis ternyata tidak begitu sulit seperti yang dibayangkan, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal yang memang sudah menjadi keharusan dalam pembuatan surat bisnis.

Misalnya saja, dalam surat bisnis ada kop surat, tanggal, tujuan surat, nomor, perihal, isi, dan penutup surat bisnis.

Tak kalah pentingnya Anda juga perlu menggunakan bahasa dan penulisan yang sesuai dengan EYD.

Berikut ini saya berikan beberapa contoh surat bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan surat bisnis. Supaya Anda tau bagaimana contoh surat bisnis yang benar dan bagaimana contoh surat bisnis yang salah.

1. Surat Bisnis Permintaan Penawaran

Surat binis penawaran adalah jenis surat yang umumnya digunakan oleh calon costomer terhadap penjual yang berisi permintaan untuk mengirimkan surat penawaran kepada Anda selaku pembeli atas produk yang ingin dibeli.

Didalamnya, Anda bisa meminta beberapa informasi perihal barang yang ingin anda miliki buat dibeli beserta tata cara pembayaran yang berlaku dalam perusahaan tersebut.

Contoh Surat Bisnis Permintaan Penawaran

Contoh surat permintaan penawaran
toriqa.com

2. Surat Bisnis Pemberitahuan Pengiriman Barang

Surat pemberitahuan pengiriman barang adalah jenis surat yang dipakai untuk memberitahu pembeli bahwa barang yang mereka pesan sudah dikirim melalui pengangkutan tertentu yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

Contoh surat seperti ini sangat penting untuk dibuat agar dapat meyakinkan pembeli kalau Anda sangat respon dan memproses pesanan mereka dengan cepat.

Contoh Surat Bisnis Pemberitahuan Pengiriman Barang

contoh surat pengiriman barang
pintarnesia

3. Surat Bisnis Pesanan

Surat bisnis pesanan adalah jenis surat yang dibuat dan dikirimkan oleh perusahaan yang hendak membeli produk atau barang tertentu kepada penjual.

Dalam membuat surat pesanan ini, Anda perlu mengisi berbagai informasi mengenai nama barang dan jumlah barang yang hendak dibeli secara detail.

Jika Anda atau perusahaan Anda ingin membeli suatu produk, maka Anda bisa membuat surat pesanan dan mengirimkannya kepada perusahaan lain yang  menyediakan barang kebutuhan Anda.

Contoh Surat Bisnis Pesanan

Contoh Surat Bisnis Pesanan
toriqa.com

4. Surat Bisnis Penawaran Kerjasama

Jika Anda memiiki bisnis dan ingin mengembangkannya dengan cepat guna meraih lebih banyak keuntungan, maka Anda harus menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang berkembang dengan baik dan memiliki track record yang baik juga.

Maka dari itu, Anda bisa mengirimkan surat penawaran untuk menjalin kerjasama pada mereka, dan berupaya meyakinkan mereka untuk bekerjasama dengan perusahaan Anda.

Contoh Surat Bisnis Penawaran Kerjasama

Surat Bisnis Penawaran Kerjasama
TauAja

Fakta menariknya adalah, walaupun zaman sudah modern, kecanggihan teknologi sudah tak terbendung hingga sampai kepelosok-pelosoh, namun peran surat dalam dunia bisnis di era ini pun masih tetap tak tergantikan, bahkan tetap dipertahankan sebagai media komusikasi resmi antar perusahaan

5. Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris

Bagi Anda yang udah mahir berbahasa Inggris, membuat surat bisnis dalam bahasa Inggris mungkin gampang-gampang saja, namun bagaimana dengan mereka yang belum mahir?

Sudah tentu ini akan menjadi masalah tersendiri bagi Anda bukan? untuk itulah, di sini saya akan memberikan sedikit deskripsi atau cara membuat surat bisnis dalam bentuk bahasa Inggris.

Hal yang cukup penting untuk Anda tau adalah susunan dari surat itu sendiri yang nantinya kita akan tulis dari awal hingga akhir.

Berikut ini kurang lebih susunan dari surat bisnis dalam bahasa Inggris, diantaranya:

  1. Kepala Surat atau Kop Perusahaan.
  2. Tempat serta Tanggal Surat.
  3. Orang atau perusahaan atau alamat yang dituju.
  4. Isi.
  5. Tanda Tangan.

Nah, berdasarkan susunan di atas, kita paling tidak ada gambaran bagaimana bentuk struktur dari surat bisnis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Adapun isi dari suratnya itu tergantung dari maksud atau keinginan dari dibuatnya surat itu sendiri.

Biar lebih jelas, silakan Anda lihat contohnya seperti berikut ini:

Contoh Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris 1

Contoh Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris
Macan.com

Contoh Surat Bisnis Berbahasa Inggris 2

Contoh Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris
Tabrakan.com

6. Surat Bisnis Penagihan

Surat penagihan adalah jenis surat yang dibuat oleh penjual untuk para customer yang tujuannya adalah untuk menagih pembayaran atas barang yang telah dibeli karena telah melewati batas tempo pembayaran yang telah ditentukan atau disepakati bersama sebelumnya.

Surat ini juga penting untuk dibuat oleh sebuah toko atau pun perusahaan, dan dikirimkan pada pelanggan bila mana pelanggan tidak bisa membayar sesuai dengan batas waktu yang telah disepakati bersama.

Contoh Surat Bisnis Penagihan

Contoh Surat Bisnis Penagihan
suratresmi.id

7. Surat Bisnis Konfirmasi Pesanan

Sesuai dengan namannya, surat konfirmasi pesanan adalah contoh surat yang digunakan untuk mengonfirmasi atau memperjelas subuah pesanan produk dari orang lain ataupun perusahaan lain.

Pesanan yang dimaksud tersebut adalah barang atau produk yang dipesan lewat surat pesanan ataupun via telepon.

Contoh Surat Bisnis Konfirmasi Pesanan

Contoh Surat Bisnis Konfirmasi Pesanan
Suratresmi.id

8. Surat Bisnis Pengiriman Bukti Pembayaran

Ini adalah bentuk surat yang menerangkan bukti pembayaran dari Anda yang akan diserahkan pada si penjual.

Surat ini penting untuk dibuat sebagai konfirmasi atau pemberi tau bahwa Anda sudah melakukan pembayaran atas barang yang sudah Anda beli.

Selain itu, dalam surat ini Anda bisa melampirkan bukti pembayaran yang sudah Anda bayarkan ketika melakukan pembelian suatu produk, agar Anda punya bukti yang kuat atas pembayaran tersebut.

Contoh Surat Bisnis Pengiriman Bukti Pembayaran

Contoh Surat Bisnis Pengiriman Bukti Pembayaran
Suratbisnia.id

9. Surat Bisnis Penolakan Pesanan

Jika Anda menerima pesanan barang dari suatu toko atau prusahaan lain, maka Anda harus menanggapi pesanan tersebut dan cara secepatnya mengirimkan barang yang telah dipesan.

Namun apabila Anda mengalami masalah atau kendala, semisal sedang kehabisan stok barang yang dipesan, atau kendala lainnya, maka Anda bisa mengirimkan surat penolakan pesanan.

Contoh Surat Bisnis Penolakan Pesanan

Contoh Surat Bisnis Penolakan Pesanan
suratresmi.id

Artikel terkait:

(Bentuk Bentuk Surat)

(Contoh Surat Undangan Pernikahan)

(Contoh Undangan Reuni)

10. Surat Bisnis Jawaban Pengaduan

Ada kalanya sebuah toko atau perusahaan yang mengirim barang kepada perusahaan lain mengalami hal-hal yang diluar perkiraan, seperti kerusakan barang ataupun barang yang tidak sesuai dengan pesanan customer.

Hal yang demikian tentu akan berdampak pada ketidak puasan customer, yang ujung-ujungnya mereka akan mengadukan hal tersebut kepada Anda selaku penjual.

Maka dari itu, Anda harus segera membalas surat mereka dengan surat jawaban pengaduan.

Anda bisa membuatnya seperti di contoh berikut ini.

Contoh Surat Bisnis Jawaban Pengaduan

Contoh Surat Bisnis Jawaban Pengaduan
suratresmi.id

11. Surat Bisnis Penangguhan Pembayaran

Pada saat membeli suatu produk secara kredit, tentu akan ada kesepakatan secara bersama seputar batas waktu untuk pembayaran barang tersebut.

Dan jika toko atau prusahaan Anda tidak dapat membayar tagihan berdasarkan waktu yang sudah disepakati, maka Anda perlu untuk mengirimkan surat penangguhan pembayaran kepada penjual.

Dalam surat tersebut, sertakan juga alasan Anda menangguhkan pembayaran tersebut secara jelas. Anda bisa membuatnya dengan meniru model surat dibawah ini.

Contoh Surat Bisnis Penangguhan Pembayaran

Contoh Surat Bisnis Penangguhan Pembayaran
Suratresmi.id

12. Surat Bisnis Jawaban Penangguhan Pembayaran

Jika ada dari klien atau customer perusahaan Anda tidak bisa melakukan pembayaran tagihan sesuai berdasarkan waktu yang sudah disepakati bersama, maka sebaliknya, mereka akan mengirimkan surat penangguhan pembayaran kepada Anda.

Setelah Anda atau prusahaan Anda merima surat tersebut, Anda bisa langsung membalasnya dengan memberitahukan akan batas waktu yang bisa Anda cantumkan untuk mereka melunasi tagihan tersebut.

Contoh Surat Bisnis Jawaban Penangguhan Pembayaran

Contoh Surat Bisnis Jawaban Penangguhan Pembayaran
Mypurohiht.com

Mengetahui Cara Menyusun Kerangka Surat Perjanjian Bisnis

Setelah mengetahui contoh dari surat bisnis berikut fungsinya masing-masing, selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara membuat surat atau strukturnya.

Dalam dunia bisnis, umumnya surat yang paling sering dibuat adalah surat perjanjian kerja sama, jenis surat ini memang sangat penting sekali.

Maka dari itu, kita akan mempelajari teknik menyusun kerangka surat perjanjian kerja sama yang biasa dibuat untuk kepentingan kerjasama bisnis.

1. Cantumkan Informasi Pengirim

Pertama dalam struktur surat tentu Anda harus mencantumkan informasi pengirim, ini bisa berupa berupa kop surat. Dalam kop surat biasanya berisi nama perusahaan, alamat lengkap, dan nomor telepon.

2. Memberi  Tanggal yang Jelas

Tanggal dalam hal ini adalah tanggal pada saat surat ini dibuat.

3. Informasi Penerima

Tuliskan dengan jelas nama penerima, jabatan, serta alamat lengkap.

4. Penghormatan

Sebagai awalan dalam struktur surat, berikan salam pembuka yang sekaligus memberikan penghormatan, misalnya Dengan hormat Bla Bla Bla dan seterusnya.

Teks Tubuh

Biasanya teks tubuh terdiri dari satu sampai dengan tiga paragraf yang terstruktur dan runtut.

Pada paragraf pertama berikan kata pengantar, kemudian dilanjutkan dengan maksud isi surat secara jelas.

Penutupan atau Salam Penutup

Jangan lupa untuk membri kata-kata penutup yang baik dan benar, penutupan surat biasanya berisi satu hingga dua kalimat yang memohon penerima untuk menerima tawaran atau melakukan sesuatu yang diminta.

Dalam penutup surat, sertakan juga kata “terima kasih atas perhatian dan waktu yang diluangkan untuk membaca surat”.

Dan yang paling terakhir, berikan juga salam penutup yang pendek, misalnya ‘hormat saya’, ‘salam’, dan sebagainya.

Contoh Penutupan Surat Bisnis

  • Dibawah surat, Anda bisa menambah kata-kata action sedikit, misalnya “silakan email saya di (berikan email Anda) atau hubungi saya di (lampirkan nomor telepon bisnis Anda) untuk menjadwalkan pertemuan. Terima kasih atas pertimbangan Anda.
  • Jika Anda ingin berdiskusi apa pun dengan saya atau tim saya, jangan sungkan untuk menghubungi kami di (nomor telepon Anda). Kami siap melayani Anda kapanpun Anda mau.

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Bisnis

Seiring dengan berjalannya zaman serta perkembangan kecanggihan teknologi yang semakin pesat, maka penggunaan surat sebagai media komunikasi juga sudah semakin menurun.

Kita tau bahwa dulu orang menggunakan surat hanya sebagai media komunikasi pribadi saja, namun sekarang komunikasi sudah beralih menggunakan media internet ataupun media elektronik lainnya.

Meski demikian keadaannya di masyarakat, ternyata tidak demikian bagi perusahaan, bahkan hingga saat ini setiap perusahaan masih setia menggunakan surat sebagai media komunikasi mereka.

Surat, terutama surat bisnis masih banyak digunakan oleh perusahan untuk menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan lain.

Selain digunakan sebagai sarana komunikasi antar perusahaan, penggunaan surat juga tetap dipertahankan karena dapat menjadi satu – satunya media komunikasi yang bisa dijadikan alat bukti, karena mempunyai bentuk fisik yang dapat dipertanggung jawabkan oleh setiap pengguna.

Hal demikian tentunya berbeda dengan media telepon atau yang sejenisnya, dimana media-media tersebut tidak mempunyai bentuk fisik, sehingga tidak bisa dijadikan bukti.

Oleh karena itu, adanya bukti – bukti seperti ini mungkin saja akan dibutuhkan dan diberlakukan di kemudian hari jika terjadi sesuatu hal masalah yang tidak diinginkan.

Selain digunakan sebagai media komunikasi, bentuk fisik dari surat juga secara efisien dapat dijadikan sebagai bukti

Melihat bagaimana manfaat dan keunggulan dari surat, kita sudah bisa mengetahui bagaimana pentingnya peranan surat bisnis bagi banyak perusahaan. Bagaimana menurut Anda?

Ok. Itulah sekilas pembahasan mengenai contoh surat bisnis berikut cara menyusun strukturnya untuk Anda. Semoga ada manfaatnya.

Jangan lupa, terus upgrade pengetahuan Anda dengan mengetahui lebih lanjut seputar surat keterangan belum menikah, atau contoh dan cara membuat undangan pernikahan seperti yang sebelumnya sudah saya bahas tuntas.

Tinggalkan komentar