Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

7+ Contoh Kata Pengantar Laporan PKL + Panduan, Tujuan & Tips Prakerin

Bagi anak SMK, STM dan juga mahasiswa, magang merupakan kegiatan yang pasti ada dan akan mereka jalani selama kurun waktu tertentu, untuk itu saya akan share contoh kata pengantar laporan PKL yang akan dibutuhkan nanti diakhir masa magang atau prakerin.

Dalam membuat laporan PKL itu tidak boleh asal buat asal jadi aja, ada beberapa sistematika yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil prakerin, misalnya nih:

  • Harus ada beberapa kalimat ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Ungkapan rasa terimakasih terhadap para pembaca dan semua pihak yang sudah ikut membantu dalam penulisan laporan praktek kerja industri (PKL).
  • Adanya permintaan saran dan harapan agar laporan mengalami perbaikan, dan beberapa poin penting lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat panduan sekaligus contoh dibawah ini.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang mana telah melimpakan nikmat dan karunianya, sehingga kami diberikan kesempatan untuk menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Dalam rangka mencetak insan yang cerdas serta mampu berkompetisi, pemerintah, khususnya Depdiknas, terus berusaha agar setiap individu memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan yang bermutu dengan utuh, hal ini diwujudkan secara berkesinambungan dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Pendidikan nasional, khususnya bagi SMK adalah wadah untuk tenaga-tenaga yang siap bekerja. Sebagai bentuk kebijakan pendidikan nasional diantaranya yaitu mempersiapkan dan melaksanakan Prakerin.

Prakerin merupakan sarana yang dinilai mampu untuk penunjang skil dan pengalaman siswa di luar teori sekolah.

Maka dari itu, kami berupaya menjalin kerja sama yang baik antara pihak dunia industri (DUDI) dan SMKN 1 Sumenep, memalui hal ini kami mohon dukungan dan doa dari semua pihak, semoga Prakerin di selenggarakan oleh SMKN 1 Sumenep ini berjalan dengan lancar dan benar-benar bermanfaat untuk semua peserta.

Melalui kata pengantar ini juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut serta dalam membantu dan mendukung dalam penulisan laporan ini serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:

  1. Bapak Drs. Bpk Taufikurrahman selaku Kepala SMK Negeri 1 Sumenep yang telah memotivasi penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  2. Ibu Sri Indah Wahyuni S.Pd, selaku ketua bidang keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Sumenep yang juga ikut serta dalam membantu dan mengarahkan penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  3. Bapak Iryana Wahyudi S.Pd, selaku Pembimbing 1 dalam Praktek Kerja Industri di Bidang Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Sumenep yang telah membimbing serta memotivasi penulis dalam berjalannya Praktek Kerja Industri.
  4. Bapak Ilyas Nugroho S.Pd.I, sebagai Pembimbing 2 dalam Praktek Kerja Industri di Bidang Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Sumenep yang telah meluangkan waktu serta pikirannya dalam menyelesaikan laporan ini.
  5. Ibu Endang Sulistiowati, selaku Supervisor PD. Sejahtera Jaya selaku penanggung jawab yang telah membantu, membimbing serta mengarahkan penulis selama Praktek Kerja Industri.
  6. Segenap karyawan PD. Sejahtera Jaya Obras yang sudah ikut serta membantu penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  7. Bapak atau Ibu guru SMK Negeri 1 Sumenep yang juga sudah memberikan ilmunya kepada penulis.
  8. Kedua orang tua, Saudara kakak dan adik yang senantiasa memberikan dukungan semangat serta doa restu kepada penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Industri dan pembuatan laporan ini.

Kami selaku penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, penulis sangat senang jika ada kritik dan saran yang membangun demi kemajuan penulis di masa yang akan datang.

Penulis juga berharap, semoga laporan ini bermanfaat untuk penulis dan juga pembaca serta semua pihak.

Sumenep, 8 Januari 2017

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin TKJ / MULTIMEDIA

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah swt, yang mana berkat bimbingan dan kemudahan yang Allah berikan kepada penulis, sehingga kesempatan dan upaya untuk menyelesaikan penyusunan Makalah PRAKERIN ini bisa kami selesaikan.

Sebagai insan yang punya banyak keterbatasan, penulis menyadari adanya kekurangan dalam penyusunan makalah ini.

Untuk itu, penulis sangat mengharapkan saran serta kritik yang baik dari teman-teman maupun dari para guru agar menambah pengetahuan dalam penyusunan sebuah tugas untuk kedepannya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dalam kesempatan kali ini kepada:

  1. Bpk Ilyas Idris selaku kepala SMK TI Sumenep.
  2. Bapak Irman Nasution selaku pembimbing dari pihak sekolah.
  3. Bapak Imron Rosyadi selaku pembimbing dari pihak perusahaan.
  4. Seluruh staf serta karyawan Bank BTN cabang Surabaya.
  5. Kepada kedua orang tua yang terus memberi dukungan tampa henti hingga akhirnya laporan PKL ini.

Demikian penulisan laporan ini, semoga bisa memenuhi harapan semua pihak terutama siswa-siswi yang ingin mempelajarinya.

Sumenep, 8 Januari 2021

Penulis

Contoh Kata Pengantar Praktek Kerja Lapangan

KATA PENGANTAR

Bissmillahirahmanirrohim……………………………

Pertama saya ingin mengucapkan puji syukur ke-hadirat Allah SWT, yang mana telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga kami sebagai penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Praktek yang dilaksanakan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab sumenep.

Kami menyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan Ini sebagai bukti terselesainya pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dan untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Kerja Praktek Program Diploma 3 (D3) Public Relations di Universitas Surabaya.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan Laporan ini banyak mengalami kesulitan serta hambatan yang kami alami sebagai penulis, terlebih dalam segi isi, penulisan maupun kata–katanya yang tidak tersusun secara baik.

Namun atas bimbingan sekaligus bantuan dari berbagai pihak akhirnya Laporan Kerja Praktek Ini bisa kami diselesaikan tepat pada waktunya.

Selanjutnya penulis dengan hati yang tulus dan ikhlas ingin menyampaikan rasa syukur serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada beberapa pihak, diatanya:

  1. Yth. Bapak  Ir. Moh. Purnomo Rasyidi selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
  2. Yth. Ibu Erlina, M.Si sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi serta Public Relations.
  3. Yth. Bapak Guntur Pranowo S.Sos. sebagai Dosen Wali Public Relations.
  4. Yth. Ibu Sulistiowaty, S.Sos.,M.Si. sebagai Dosen pembimbing.
  5. Yth. Seluruh Dosen Pengajar, Staff serta sumua Karyawan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
  6. Yth. Bapak Sajali Muhammad Nur Hidayat selaku pembimmbing PT Telkom Kandatel Bandung
  7. Seluruh staff dan karyawan PT Telkom Kandatel Bandung yang selama ini juga memberi bantuan selama kami melakukan praktek kerja lapangan hingga terselesaiannya laporan ini.
  8. Yts. Bapak Nidhom Yuda selaku Dosen Pembimbing.
  9. Yts. Bapak dan Ibu, yang selama ini masih terus memberikan support yang begitu besar, doa dan dukunganmu selalu menyertai langkahku.

Terakhir, saya mau mengucapkan Allhamdullilah, semoga Allah SWT senantiasa membimbing langkah penulis amien.

Mudah-mudahan juga laporan kerja praktek ini bisa memberikan manfaat dan dapat menambah wawasan berfikir dan tambahan bahan referensi ataupun informasi yang bermanfaat bagi pengetahuan, terlebih di bidang Public Relations.

Surabaya, January 2021

Penulis

CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PRAKERIN (PRAKTEK KERJA INDUSTRI)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana telah melimpahkan rahmat serta taufiknya kepada kita semua sehingga kami (penulis sendiri) dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) serta diberi kemampuan untuk menyelesaikan laporannya tepat pada waktunya tanpa adanya halangan yang berarti.

Penyusunan laporan ini dilakukan berdasarkan apa yang sudah penulis lakukan atau penulis alami pada saat PKL industri di kantor Cipta Karya Surabaya yang beralamat di Jalan Cindelaras, Mulyaharja Kecamatan Aing Baja Selatan Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur dari tanggal 12 Juni 2017 s/d 12 Oktober 2021.

Penulis juga banyak mendapatkan bantuan selama proses penyusunan laporan PKL dari berbagai pihak, oleh sebab itu penulis ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada :

  1. Bapak Santoso Irfandi, SE sebagai Kabid keuangan Dinas Cipta Karya.
  2. Bapak Ramdan Said, S.Pd. MM.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 1 Surabaya.
  3. Ibu Sri Mulyati, S.Pd. selaku General Manager di Dinas Cipta Karya Surabaya.
  4. Bapak Jeky Firmansyah ST selaku Pembimbing I.
  5. Ibu Ayu Sri Indah As selaku Pembimbing II.
  6. Bapak/Ibu para tenaga didik serta seluruh pengajar di SMK Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2020-2021.
  7. Bapak/Ibu Staff Kantor Cipta Karya Surabaya.
  8. Tak lupa kepada orang tua Penulis yang telah memberikan dukungannya baik secara moril maupun materil.

Tak lupa juga kepada pihak-pihak lain yang juga sudah banyak membantu kami dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri dan penyelesaian laporan ini.

Jika nanti ditemukan adanya kekeliruan dalam penulisan laporan ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya, karena seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak” begitu pula dalam penulisan ini.

Terahir dari penulis, semoga laporan Praktik Kerja Industri ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, Amin.

Surabaya, April 2021

Penyusun

Contoh Kata Pengantar PKL/Prakerin

Kata Pengantar

Pertama-tama kami panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam banyak nikmat dan kesempatan, sehingga kami juga dapat menyelesaikan laporan PKL dengan baik.

Kami sengaja menyusun laporan ini sebagai bentuk persyaratan dalam menyelesaikan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Laporan ini adalah hasil dari pengalaman lapangan untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Prodi Pendidikan Ekonomi, Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran dan Tata Niaga Dunia Usaha, Dunia Industri untuk meningkatkan peran serta mahasiswa di lingkungan atau dunia kerja.

Kami menyadari bahwa hasil dari penyusunan laporan ini sepenuhnya bisa selesai karena adanya banyak dukungan, semangat, serta bimbingan dari berbagai pihak, baik bersifat moril maupun materil.

Maka dari itu, kami khususnya penulis disini ingin sekali menyampaikan ucapan terima kasih, diantaranya kepada :

  1. Dr. Rahmad Hidayatulloh, M.Pd, sebagai Dekan di Fakultas Keguruan Ilmu dan ilmu Pendidikan, yang memfasilitasi dengan kebijakan-kebijakan-Nya.
  2. Dr. Hj. Sri Indah As, M.Pd, sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, dalam bidang keahlian Administrasi Perkantoran dan Tata Niaga yang memberikan pengaruh positif kepada perkembangan program studi, tentunya kepada segenap mahasiswa..
  3. Dr. H. Syuaib Shihab M.Si, sebagai Dosen Pembina PKL, atas bimbingan dan arahan beliau dari proses PKL hingga tersusunnya laporan ini kami sangat berterimakasih.
  4. Retno Wijaya Astuti, SE., MM, sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BAN-PAUD & PNF yang mana sudah memberi kesempatan terhadap kami untuk melaksanakan PKL.
  5. Drs. Sindu Adi Nugroho, sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ujian Nasional (UN) yang mana sudah memberi kami kesempatan untuk melaksanakan PKL hingga selesai.

Kami berusaha menyusun Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan sebaik-baiknya, namun pastinya mungkin masih ada kekurangan didalamnya, maka dari itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun juga sangat kami harapkan.

Selain itu, kami (penulis) berharap semoga laporan Praktek Kerja Lapangan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca serta dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kami.

Surabaya, 30 September 2021

Tim Penyusun

Artikel terkait:

(Contoh & Cara Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa)

(Contoh & Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kuliah)

Cara Membuat Laporan PKL

Format atau Susunan Laporan PKL

Cover

Sudah tau apa itu cover? Cover merupakan halaman depan dari sebuah laporan yang sudah tersusun rapi.

Laporan dalam bentuk apapun pasti menggunakan cover jika ingin terlihat bagus, terlebih dari segi tampilan.

Lalu apa saja isi dari suatu cover? cover biasanya berisi judul, logo sekolah, biodata pembuat laporan, dan tahun penulisan laporan.

Daftar isi

Daftar isi didalamnya berisi gambaran secara menyeluruh tentang isi contoh laporan PKL yang sudah dibuat sedemikian rupa.

Fungsi daftar isi laporan PKL adalah untuk mempermudah pembaca dalam memahami serta mencari poin – poin penting dalam laporan sesuai dengan kebutuhan pembaca ketika sedang membaca laporan PKL yang Anda buat.

Adapun isi daftar isi diantaranya yaitu :

Bab 1 Pendahuluan

Bab 1 berisi tentang :

  1. Latar belakang, menguraikan perihal latar belakang dari perusahaan tempat dimana anda melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL).
  2. Dasar hukum, dalam laporan PKL, dasar hukumnya mengacu ke isi undang-undang yang sebagai dasar kegiatan operasional perusahaan tempat dimana anda melakukan praktek kerja lapangan (PKL).
  3. Maksud dan tujuan diadakannya penelitian atau laporan PKL, sudah jelas berisi tentang maksud dan tujuan anda melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan di kantor atau instansi.
  4. Metode pengumpulan data, dalam hal ini diisi tentang data-data yang sudah diperoleh ketika melakukan praktek kerja lapangan.

Bab 2 Gambaran Umum

Pada intinya dalam bab ke-2 ini berisi penjelasan tentang sejarah berdirinya perusahaan secara umum dan organisasi dalam perusahaan di mana anda jadikan tempat PKL.

Berikut penjelasan selengkapnya :

  1. Sejarah perusahaan, Anda harus dapat menjelaskan tentang sejarah perusahaan dari mulai berdirinya secara detail, berikut dengan visi dan misi perusahaan.
  2. Struktur organisasi, Anda dalam hal ini harus dapat menjelaskan organisasi di dalam perusahaan tempat anda melakukan PKL mulai dari direktur utamanya, kepala Divisinya, sampai anggota yang ada di tingkatan paling bawah jabatannya.

Bab 3 Laporan Kegiatan

Berikut Penjelasannya :

  1. Pelaksanaan kegiatan, Berisi penjelasan tentang berbagai kegiatan atau tugas tugas PKL selama anda mulai hingga selesai praktek kerja lapangan di tempat Anda melakukan Prakerin, ini sangat penting untuk anda isi.
  2. Hasil kegiatan: Berisi rincian tentang hasil kegiatan yang selama ini anda jalani atau anda lakukan selama prakerin, ini termasuk bagian penting untuk anda isi.

Bab 4 Penutup

Kesimpulan dan saran, selengkapnya berikut ini penjelasannya :

  • Kesimpulan:

Anda harus menjelaskan secara tertulis kesimpulan dari sumua laporan yang Anda susun di tempat perusahaan kalian menjalani praktek kerja lapangan, seperti misal kesimpulan dari bab 1, bab 2, dan bab 3 Anda rangkum menjadi beberapa poin penting saja.

  • Saran:

Sudah jelas anda tinggal mengisinya dengan permintaan saran untuk sekolah tempat anda menimba ilmu dan juga tempat anda selama menjalani PKL (praktek kerja lapangan).

Lembar Pengesahan

Antara lain berisi seputar judul dari sebuah laporan pekerjaan praktik kerja lapangan, identitas penyusun, serta tanggal laporan ini dibuat.

Selain itu, jangan lupa juga agar laporan yang sudah Anda buat ini ditanda tangani oleh pihak yang terkait melakukan pengesahan pada lembar pengesahan, misalnya saja pengajar maupun pembimbing Anda di Sekolah.

Kata Pengantar

Secara umum berisi seputar ungkapan maupun kata-kata bersyukur dan berterima kasih yang disampaikan oleh penulis atau penyusun laporan PKL ini perihal karya atau laporan yang sudah ditulis.

Isi

Di bagian ini sudah jelas berisi tentang inti dari contoh laporan PKL atau prakerin yang sudah anda lakukan.

Biasanya di bagian ini, Anda akan banyak mengulas bab demi bab yang didalamnya membahas data-data yang sudah anda kumpulkan selama menjalani prakerin atau PKL di duia kerja.

Daftar Pustaka

Berisi perihal berbagai sumber atau referensi yang harus Anda masukkan ke dalam laporan bagian ini.

Lampiran

Untuk bagian ini, Anda harus mengisinya dengan berbagai data yang mungkin sudah terlalu banyak dimasukkan ke dalam halaman utama atau dokumen atau bab awal.

Umumnya lampiran ini berisi tulisan, gambar, atau penjelasan secara lebih lanjut tentang suatu topik yang sudah Anda jelaskan di dalam contoh laporan PKL anda.

Lihat juga: (Cara Membuat & Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa)

Fungsi Laporan PKL

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL
toriqa.com

Anda sudah membaca banyak hal terkait contoh laporan PKL dan cara membuatnya dari atas, namun sebelum Anda membuat laporan, lebih baik lagi anda harus tau beberapa tujuan pembuatan laporan prakerin seperti berikut ini:

  1. Dengan membuat laporan prakerin, diharapkan Anda mampu mengimplementasikan materi yang diperoleh selama sekolah, sehingga materi tersebut dapat diterapkan di lingkungan kerja dengan baik.
  2. Poin selanjutnya yaitu, Anda diharapkan mampu untuk melatih diri dalam berkomunikasi atapun berinteraksi secara profesional langsung di dunia kerja, sehingga nantinya tidak canggung lagi atau takut untuk berkomunikasi secara profesional.
  3. Tujuan pembuatan laporan prakerin adalah dapat mengembangkan sekaligus menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para siswa, dan tentu saja materi yang sesuai dengan bidang yang mereka ambil selama mereka belajar di Sekolah.
  4. Tujuan pembuatan laporan prakerin selanjutnya yaitu mampu membangun relasi, kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri.
  5. Dengan mengikuti kegiatan PKL diharapkan Anda mampu untuk membentuk pola pikir yang konstruktif bagi siswa prakerin, sehingga nanti Anda atau mereka bisa lebih mudah melihat peluang di masa depan.
  6. Dengan mengikuti dan membuat laporan prakerin, Anda bisa membangun rasa etos kerja berdasarkan pengalaman, agar ke depannya para siswa mampu menjadi sosok lulusan yang berkualitas.
  7. Mengikuti dan membuatan laporan prakerin juga berfungsi untuk menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh para siswa, yang juga berfungsi untuk diimplementasikan dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share dalam postingan kali ini tentang contoh kata pengantar laporan prakerin.

Semoga artikel ini sedikit banyak bisa membantu dan bermanfaat untuk kita yang sedang menyelesaikan tugas prakerinnya.

Saya doakan, semoga lancar semuanya dan mendapat nilai yang sesuai harapan.

Tinggalkan komentar