6 Contoh Iklan Pendidikan Yang Kreatif: Cara Membuat & Struktur Iklannya

Artikel ini akan membahas tentang macam – macam contoh iklan pendidikan.

Kita tau bahwa dialuar sana banyak sekali iklan yang bertebaran dengan beragam bentuk, fungsi dan tujuan. Nah, sekarang kita akan fokus membahas iklan pendidikan berikut jenis, manfaat, tujuan hingga macam – macamnya.

Mengapa sekarang ini iklan pendidikan penting dan sangat perlu dibuat?

Sederhananya begini, logikanya dizaman sekarang ini sekolah itu ada banyak sekali, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan mereka sama-sama ingin mendapatkan murid.

Nah, otomatis mau nggak mau mereka harus berkompetisi untuk mendapatkan calon siswa atau siswi dengan berbagai cara. Salah satu cara yang cukup efektif adalah menggunakan iklan, mereka bisa memperomosikan sekolah mereka semenarik mungkin untuk umum.

Itulah yang disebut dengan iklan pendidikan sekolah. Untuk lebih jelasnya tentang iklan pendidikan, Anda bisa lanjut membaca artikel berikut ini.

Contoh Iklan Pendidikan Sekolah Terbaru Beserta Contoh dan Gambarnya

Contoh Iklan Pendidikan Sekolah Terbaru Beserta Contoh dan Gambarnya
toriqa.com

Apa Itu Iklan Pendidikan

Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya – tanya apa itu iklan pendidikan dan apa pentingnya iklan itu dibuat.

Ok, saya akan sedikit jelaskan disini, jadi pengertian Iklan Pendidikan itu adalah bentuk iklan yang punya atau mengandung konten yang isinya bersangkutan dengan promosi dunia pendidikan.

Bentuknya juga hampir sama dengan iklan – iklan pada umumnya, dimana materi iklan pendidikan bersifat mengajak, memberitahukan, menginformasikan, atau membujuk kepada penonton atau audiens dengan tujuan tertentu.

Saya juga akan membrikan beberapa contoh iklan pendidikan terbaru yang diambil dari berbagai sumber dengan desain gambar serta bentuk yang bermacam – macam, serta mempunyai macam-macam caption, kalimat, teks, tulisan serta kata-kata yang menarik sehingga membuat orang penasaran.

Dan tentunya, iklan pendidikan itu tidak sebatas hanya penawaran dari sebuah lembaga pendidikan untuk menggaet calon murid, lebih dari itu iklan juga dibuat dengan tujuan mengingatkan akan pentingnya belajar, pentingnya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagainya.

Biar ada gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh iklan layanan masyarakat mengenai pendidikan dan iklan penawaran jasa pendidikan, sekolah, les privat, guru pribadi dan sejenisnya.

Anda tinggal perhatikan saja jenis jenis iklan pendidikan beserta gambar dan contohnya di bawah ini.

Iklan Pendidikan SD

Yap, Iklan ini pada intinya berisi penawaran sebuah sekolah dasar.

Target sasarannya adalah ibu-ibu serta para orang tua yang mempunyai anak yang masih kecil, untuk itulah desain dari iklan jenis ini dibuat selucu mungkin.

Namun tetap harus mengandung isi konten yang lengkap, seperti program yang ditawarkan, paket belajar, bidang studi dan semacamnya.

Contoh Gambar Iklan Pendidikan SD

Contoh Gambar Iklan Pendidikan SD
toriqa.com

Iklan Pendidikan SMP     

Iklan jenis ini isinya adalah penawaran kepada siswa-siswi yang baru lulus SD yang akan melanjutkan ke SMP.

Desain dari iklan ini memuat beberapa hal pokok, antara lain program ekstrakulikuler, foto tampak depan sekolah, dan jadwal pendaftaran.

Baca Juga: Contoh Struktur Organisasi Kelas yang Kereatif.

Contoh Gambar Iklan Pendidikan SMP

Contoh Gambar Iklan Pendidikan SMP
toriqa.com

Kita bisa melihat contoh desain diatas.

Pada desain bannernya jelas terpampang foto program ekstrakulikuler (eskul), jadwal pendaftaran penerimaan siswa atau siswi baru, berikut foto depan sekolah.

Iklan Promosi Kampus

Iklan ini biasa dibuat oleh banyak kampus, terutama yang berstatus swasta, mereka sering menawarkan jasanya yang berisi beragam program studi, serta biaya kuliah per tahun dan sertifikasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Contoh Iklan Pendidikan Kampus

Contoh Iklan Pendidikan Kampus
toriqa.com

Anda bisa lihat iklan diatas, itu adalah contoh dari iklan pendidikan kampus atau promosi kampus untuk anak – anak yang akan melanjutkan jenjang pendidikannnya ke perguruan tinggi.

Anda pasti akan banyak menemukan iklan ini terpajang di berbagai jalan raya, sudut – sudut kampus hingga diberbagai media sosial.

Anda juga akan banyak mencari iklan – iklan seperti ini nanti setelah Anda menyelesaikan pendidikan atas Anda. Karena tiap tahun biasanya pihak kampus akan gencar membuat berbagai iklan informasi kampus untuk disebarkan.

Iklan Pendidikan Bahasa Inggris

Pernahkan Anda berpikir bahwa kebanyakan siswa itu pintar berbahasa Inggris itu bukan karena dia belajar di sekolah, melainkan mengikuti les privat dengan guru yang handal di rumah ataupun pergi ke tempat bimbel.

Kalo saya pribadi, ini memanglah fakta.

Tapi tidak sedikit juga sekolah yang menawarkan perogram – perogram unggulan atau khusus dalam bahasa inggris yang mereka rancang dan promosikan melalui iklan. Seperti berikut ini contohnya.

Lihat Juga: Teori Organisasi Menurut Pendapat Para Ahli.

Contoh Iklan Pendidikan Bahasa Inggris 

Contoh Iklan Pendidikan Kampus
toriqa.com

Anda bisa lihat contohnya diatas, itu adalah salah satu contoh iklan yang menawarkan jasanya ataupun dari lembaga bimbel yang menawarkan program pintar dalam bahasa Inggris untuk anak SD, SMP, MTS, SMK, SMA atau sekolah umum.

Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan

Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan
toriqa.com

Selanjutnya ada iklan pendidikan layanan masyarakat. Iklan ini dibuat dengan tujuan untuk memengaruhi masyarakat agar lebih giat lagi dalam belajar, artinya tidak hanya pas mengikuti ujian saja baru rajin, namun di setiap saat di mana pun dan kapanpun.

Iklan layanan masyarakat pendidikan itu masih banyak lagi macam atau cabangnya, tergantung bagaimana maksud dan tujuan iklan itu dibuat.

Iklan Pendidikan di Koran         

Nah, terakhir ada iklan advertisement di koran. Iklan ini memang sering kali bertujuan secara komersial, untuk itu rasanya tidak heran jika iklan ini kerap kali bertujuan mengajak seseorang membeli atau menggunakan jasa produk yang diiklankan.

Seperti iklan pendidikan di koran yang mayoritas berupa iklan yang berasal dari kampus swasta sebagai bentuk ajakan untuk anak – anak SMA yang sudah lulus agar mau menjadi mahasiswa baru di kampusnya.

Contoh Iklan Pendidikan Koran

Contoh Iklan Pendidikan Koran
toriqa.com

Struktur Iklan Pendidikan

Setelah mengetahui apa itu iklan pendidikan dan contoh iklan pendidikan, apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Jika Anda ingin membuat iklan pendidikan dalam bentuk poster, koran atau media lainnya, Pertama yang harus Anda pahami adalah strukturnya dulu.

Nah, berikut ini struktur dari iklan pendidikan yang perlu ada dalam tubuh iklan, diataranya:

Judul

Judul ini adalah kata singkat yang mengandung isi dari iklan itu sendiri, judul ditempatkan di bagian teratas teks iklan.

Tapi perlu diingat juga, tidak semua iklan itu menggunakan judul dalam konten, malah ada sebagian iklan itu hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas.

Nama Produk

Kalau yang ini harus ditulis dengan jelas dan menarik, Anda bisa mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan dibeberapa posisi dalam iklan, bisa ditengah atau tengah agak kebawah.

Deskripsi produk

Ini juga bagian yang cukup penting dalam membuat iklan yang bagus, Anda harus mendeskripsikan produk yang akan dijual serinci dan sepadat mungkin.

Biasanya deskripsi meliputi spesifikasi, cara mendapatkan produk, alamat, dan juga kontak (nomor telepon atau surel) yang bisa dihubungi.

Itulah kira – kira struktur iklan pendidikan yang paling pokok. Nah, lalu bagaimana cara membuat iklan pendidikan yang baik. Kalau itu kembali ke bagaimana Anda kereatif untuk membuatnya. Semuanya kembali ke Anda.

Tapi kalo saya saranin, kalau Anda ingin membuat iklan yang biasa saja dan akan menggunakan media yang juga biasa saja. Anda cukup buat iklan pendidikan yang sederhana saja.

Caranya, Anda tinggal liat bagaimana konsep iklan pendidikan milik orang – orang diluar sana, Anda bisa menirunya untuk konsep-konsepnya.

Dari situ Anda bisa mengubah – ubah sedikit saja untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, berdasarkan jasa pendidikan yang Anda tawarkan. Gitu aja simplenya.

Manfaat dan Fungsi Iklan Pendidikan

Secara umum, fungsi iklan pendidkan juga hampir sama dengan iklan – iklan yang lain, cuman ada sedikit perbedaan pada tujuan dan kandungannya.

  1. Menanamkan nilai-nilai tertentu yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pola pikir, sikap, serta perilaku khalayak.
  2. Mencerdaskan atau dapat mengedukasi khalayak dengan informasi – informasi bermanfaat.
  3. Untuk membujuk khalayak supaya mengikuti apa yang kita inginkan dalam iklan yang dimaksud secara pendidikan.
  4. Sebagai media pengingat atau branding untuk khalayak atau konsumen.
  5. Sebagai media komunikasi yang sangat efektif untuk berbagai tujuan pendidikan dan edukasi.
  6. Sebagai media hiburan.

OK, mungkin cukup sekian saja pembahasan yang bisa saya sampaikan terkait iklan pendidikan serta contoh iklan pendidikan.

Semoga tulisan yang tidak seberapa ini bisa sedikit membantu Anda semua, jika Anda melihat kekurangan dari artikel ini, jangan sungkan untuk ikut membantu dengan memberi saran yang membangun. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar