10 Contoh Iklan Pemberitahuan: Struktur dan Fungsi Iklan - Toriqa Media

10 Contoh Iklan Pemberitahuan: Struktur dan Fungsi Iklan

Artikel kali ini akan membahas tentang contoh iklan pemberitahuan berikut jenis, tujuan dan struktur iklan pemberitahuan.

Pernahkah Anda mencari – cari sesuatu di internet? Bagi yang pernah atau sering pasti kalian sering kali menemukan gambar, desain, kata-kata, kalimat, ataupun caption iklan tentang pemberitahuan, pengumuman atau yang dalam bahasa inggris disebut advertisement.

Iklan di zaman sekarang ini sangat penting sekali dan besar peranannya di hampir semua lini, jadi sangat rugi jika kita tidak tau apa – apa seputar iklan.

Jika Anda ingin benar – benar memahami seputar iklan pemberitahuan maka Anda harus baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Iklan Pemberitahuan

Pengertian dari Iklan pemberitahuan ialah iklan yang bertujuan untuk memberitahu atau menyampaikan sebuah hal kepada khalayak luas menggunakan media cetak seperti koran, majalah, mading, iklan baris, maupun melalui media massa atau elektronik.

Iklan yang menarik tentang pengumuman atau pemberitahuan nantinya akan banyak menyita perhatian khalayak umum.

Contoh dari iklan pemberitahuan itu juga banyak macamnya, misalnya ada iklan ungkapan bela sungkawa, pemberian donasi, penerimaan zakat, amal, iklan film, televisi, undangan, dan lain sebagainya.

Namun, di zaman sekarang iklan atau media promosi tidak hanya fokus kepada kata-kata saja, namun juga permainan gambar sebagai pendukung utama.

Pengkombinasian yang baik antara desain, penempatan kalimat, gambar latar belakang hingga warna itu akan menjadikan sebuah iklan lebih terlihat menarik.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat dan Skema Iklan

Macam Macam Contoh Iklan Pemberitahuan

Berikut ini ada beberapa contoh iklan pemberitahuan yang bisa Anda jadikan contoh atau refrensi dalam membuat tugas sekolah, baik SD, SMP, SM ataupun kuliah di ilmu komunikasi, jurnalistik, keguruan atau semacamnya.

Iklan Pemberian Donasi

Macam Macam Contoh Iklan Pemberitahuan
toriqa.com

Iklan jenis ini biasanya di buat untuk kegiatan kemanusiaan, iklan donasi berisi tentang informasi penerimaan bantuan berupa uang atau benda-benda layak jual lainnya.

Saat ini, iklan pemberian donasi sudah marak diberbagai televisi hingga iklan – iklan yang bertebaran dijalanan, ada juga iklan pemberitahuan galangan dana untuk memberikan bantuan atau donasi untuk para korban bencana alam ditanah air maupun untuk manca negara.

Iklan Bela Sungkawa

Iklan belasungkawa juga pasti banyak Anda temukan, iklan ini isinya adalah ucapan turut berdukacita kepada orang yang telah meninggal dunia.

Kebanyakan warna latar balakangnya biasanya hanya cukup hitam dan putih saja, tapi Anda bisa saja memberikan hal berbeda dengan mengkombinasikan warna -warna pas lainnya.

Isi iklan jenis ini berisi kalimat atau keterangan yang berkaitan dengan nama almarhum yang bersangkutan, usia, tanggal lahir dan ucapan semoga di terima di sisinya.

Iklan Reuni Sekolah

Selanjutnya ada iklan reuni sekolah.

Sesuai dengan namanya, iklan bertujuan untuk memberitahu tentang adanya acara reuni, biasanya iklan ini di buat karena acara yang akan di gelar tergolong bersekala besar, mencangkup berbagai angkatan lulusan sebuah sekolah.

Adapun Isi dari iklan ini di antaranya adalah:

  • Tanggal pelaksanaan.
  • Nomor hp yang bisa di hubungi.
  • Alamat serta No kontak kantor sekretariat.
  • Alamat email yang bisa di kontak.

Iklan Panggilan Rapat

Berikutnya ada iklan berupa pengumuman panggilan rapat umum dari pemegang saham luar biasa oleh sebuah perusahaan.

Biasanya iklan panggilan rapat umumnya berisi waktu, pukul, tempat, serta susunan acara yang akan di selenggarakan pada saat acara berlangsung.

Lihat Juga: Contoh Iklan Pendidikan yang Kreatif

Contoh Iklan Larangan Menggunakan Narkoba

Iklan ini menjelaskan tentang bahaya narkotika, bahaya penyalahgunaan obat- obatan terlarang serta memberi peringatan tentang dampak dan efek obat yang dapat menghancurkan kehidupan penggunanya di masa mendatang.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

Umumnya Iklan layanan masyarakat menjelaskan tentang hal – hal yang sangat penting, yang mencangkup suluruh masyarakat di lingkungan, daerah, atau dari pemerintah langsung.

Misalnya tentang bahaya merokok dan zat- zat kimia yang terdapat dalam rokok yang dapat mengakibatkan penyakit kronis bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Ini adalah contoh iklan layanan masyarakat yang mudah sekali Anda temukan, sebenarnya masih banyak lagi contoh – contoh iklan layanan masyarakat yang bisa Anda cari sendiri jika ingin di jadikan contoh atau tugas dan pekerjaan Anda.

Contoh Iklan Pemberitahuan Penawaran (Niaga)

Penawaran atau iklan niaga adalah iklan yang bertujuan memberitahukan penawaran dari sebuah jasa atau produk.

Iklan ini di buat untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli produk yang di tawarkan tersebut dengan berbagai daya tarik yang di selipkan di dalam iklan tersebut.

Iklan Produk KFC

Contoh dan jenis iklan Iklan Produk KFC

Anda punya produk dan ingin mempromosikan lewat iklan, Anda bisa lihat contoh iklan teks dari produk makanan KFC berikut:

Contoh iklan KFC 1

Baru Spices mok chikkendari KFC, sensasi pedas dan aroma asap yang menggoda bikin lupa segalanya. Nikmati spicis mokchikken. KFC jagonya ayam.

Contoh Iklan KFC 2

Sekarang di KFC ada hotten krispi chiken combo, hanya seharga Rp5,999,00 sudah bisa menikmati lezatnya ayam krispi yang super enak. Hanya di KFC

Kedua Iklan ini memberikan gambaran tentang cita rasa dari makanan tersebut yang benar benar enak. Pembuatannya berasal dari berbagai bahan pilihan.

Iklan ini juga di padu dengan gambar yang menarik sehingga benar benar sangat menarik.

Di dalam iklannya tercamtum informasi lengkap dan padat, termasuk juga harga produk, nomor pemesanan sehingga membuat orang lebih terpikat.

Iklan Produk Makanan Ringan

Iklan produk makanan ringan adalah iklan yang di buat secara khusus untuk mempromosikan produk makanan ringan melalui berbagai media seperti, koran, majalah, FB hingga televisi.

Contoh Iklan Makanan Ringan 1

Anda galau, atau butuh teman buat main Game?

Atau Anda lapar mau ngemil? tapi bingung mau ngemil apa?

SANTAI AJA.

Mau ngemil yang enak, gurih dan murah banget, ini cemilannya,

KERIPIS.

Rasakan gurih lezatnya hanya di KERIPIS.

Contoh Iklan Makanan Ringan 2

“Baru, kini hadir Chitato kentang guruih, dengan balutan wavy cut yang membuat kelezatan bumbu chitato semakin lezat

dan menyatu disetiap lekukannya rasanya? hmmm asli. benar benar super enak.

Saat nongkrong, saatnya makan CHITATO dan rasakan gurih dan enaknya bersama teman – teman”

Kedua jenis Iklan di atas memberikan gambaran tentang karakteristik produk tersebut. Untuk membuat para pembaca atau konsumen terpikat untuk mencoba rasanya.

Iklan pemberitahuan merupakan bentuk promosi dari sebuah pruduk, jasa yang penggabungan Kata dan Gambar untuk memberitahukan atau menginformasikan sesuatu kepada khalayak umum.

Baca Juga : 10+ Contoh Iklan Lowongan Kerja: Panduan Lengkap Iklan +Gambarnya

Struktur Iklan Pemberitahuan

Struktur Iklan Pemberitahuan

Untuk membuat suatu bentuk iklan yang baik dan benar perlu di perhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:

  1. Judul merupakan bagian dari iklan  yang terletak dibagian paling atas, judul harus dibuat semenarik mungkin karena merupakan bagian yang dilihat pertama kali oleh orang. Tapi ingat, tidak semua iklan mencantumkan judulnya diatas.
  2. Nama Produk yaitu bagian dari struktur iklan yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan, nama produk harus sesuai.
  3. Deskripsi produk, yaitu bagian dari iklan yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Bagian ini adalah penentu apakah konsumen mau lanjut order apakah tidak. Makanya harus ditulis dengan sangat menarik, lengkap dan padat, misalnya cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi dan sebagainya.

Fungsi Iklan Pemberitahuan

  1. Untuk menarik perhatian masyarakat umum tentang suatu hal yang ingin di sampaikan.
  2. Memberi tahu kepada masyarakat luas seputar produk atau jasa yang di tawarkan.
  3. Menghemat waktu, tenaga dan pikiran untuk menjangkau khalayak seputar jasa atau layanannya.

Itulah sekilas pembahasan kita kali ini seputar tema iklan pemberihuan berikut contoh, jenis dan strukturnya.

Sebelumnya saya juga telah membahasa seputar materi iklan pendidikan, berikut contoh dan struktur pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *