10+ Contoh Iklan Lowongan Kerja: Panduan Lengkap Iklan +Gambarnya

Artikel kali ini saya akan membahas tuntas tentang macam macam contoh iklan lowongan kerja, setelah sebelumnya saya juga telah membahas seputar tema jenis dan contoh iklan pemberitahuan dan iklan pendidikan.

Jika Anda pernah berada dalam situasi mencari pekerjaan di Internet, Anda pasti menemukan yang namanya lowongan – lowongan pekerjaan yang dibuat oleh perusahaan.

Mereka ini memang sedang mencari karyawan untuk menjalankan usahanya dengan menyertakan berbagai ketentuan perekrutan sesaui yang dibutuhkan perusahaan.

Cara dan alat mereka mencari karyawan inilah yang disebut dengan iklan lowongan pekerjaan.

Alat atau tempat yang mereka gunakan juga beragam, bisa melalui surat kabar atau koran, Media sosial (Fb, WA, IG, Line dan sebagainya).

Semua itu akan kita bahas secara lebih luas dan terperinci dibawah ini.

Macam Macam Contoh Iklan Lowongan Kerja Singkat dan Menarik

Macam Macam Contoh Iklan Lowongan Kerja Singkat dan Menarik
toriqa.com

Iklan lamaran kerja itu ada banyak macamnya jika dilihat dari tujuan iklan itu diabuat, nah berikut ini adalah beberapa contoh iklan lowongan kerja baik itu yang dibuat dalam bentuk teks ataupun dalam bentuk poster.

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja di Koran

Perlu diketahui bahwa jenis Iklan baris itu berbeda dengan iklan lowongan kerja berjenis display.

Untuk iklan baris tampilannya itu sangat terbatas dan juga tidak dapat memuat gambar pendukung, selain itu iklan baris hanya tersedia dalam format hitam putih untuk pemilihan warnanya.

Cara perhitungan biayanya iklan baris itu dihitung dari banyaknya baris dalam iklan, dan tiap baris pun ada batasan jumlah karakter yang bisa digunakan.

Maka dari itu, tidak heran jika penggunaan singkatan-singkatan dalam iklan baris sudah lumrah kita digunakan.

Namunjika Anda hendak membuat iklan jenis ini, sebaiknya tetap gunakan singkatan yang memang sudah umum digunakan, jangan asal – asalan, misalnya singkatan yang umum itu seperti:

  • Cr= dicari.
  • gp = gaji pokok.
  • hub = hubungi, dsb.

Usahakan juga semua informasi seputar fasilitas, kriteria, kontak yang bisa dihubungi dan semua yang diperlukan itu tercantum dalam baris yang terbatas ini.

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja
toriqa.com

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan di Koran (Iklan Kolom)

Pada umumnya, Iklan lowongan kerja dibuat dalam bentuk format kolom, entah iklan kolom atau display atau juga bisa dalam bentuk format baris, seperti iklan baris misalnya.

Contoh Iklan Lowongan Kerja di Koran

Contoh Iklan Lowongan Kerja di Koran
toriqa.com

Gambar di atas merupakan jenis iklan display di sebuah koran, Untuk kegiatan media promosi suatu produk atau jasa, Iklan display sangat cocok untuk digunakan karena dapat memuat banyak informasi dan juga gambar pendukung.

Jadi kita tidak hanya sebatas menggunakan gambar atau tinta hitam putih saja, namuan kita juga dapat memesan iklan jenis ini dengan full colour agar lebih menarik pencari kerja.

Lalu bagaimana dengan harganya? secara umum biaya untuk pemasangan iklan ini dihitung dari:

  • Penggunaan warna yang Anda inginkan, mau hitam putih atau full colour.
  • Waktu pemasangan, mau ditampilkan di 2 edisi koran saja, atau 10 edisi koran.
  • Ukuran iklan dalam satuan MMK (milimeter kolom).

Maka dari itu, jika Anda hendak memasang iklan, Anda harus bisa memberi informasi terkait lowongan kerja secara jelas, lengkap dan padat dalam ukuran kolom yang telah kita tentukan sebelumnya.

Tips tambahan dari saya, sebelum Anda membayar iklan ke pihak koran, review dulu iklan yang telah didesain.

Bagaimana mereviewnya? caranya tempatkan diri Anda sebagai pencari kerja saat membaca iklan, jika Anda merasa ada yang kurang maka segera minta diperbaiki.

Brosur / Pamflet Lowongan Kerja

Pengertian pamflet adalah suatu media cetak yang sering dipakai sebagai media promosi lowongan pekerjaan.

Biasanya distribusi pamflet itu dilakukan di job fair atau di tempat – tempat keramaian lainnya.

Media iklan ini tergolong sangat disukai baik oleh pencari kerja maupun penyedia lowongan karena memiliki ukuran yang ringkas padat dan simple.

Kuncinya ada pada aspek desainnya, jika benar dan bagus maka pamflet yang disebar akan menarik calon pelamar kerja, usahakan sesuaikan tema desain dengan lowongan yang ingin kita promosikan.

Contohnya adalah untuk industri kreatif misalnya, kita dapat menggunakan ilustrasi karakter dan perpaduan warna terang namun tidak norak.

Jika mau digunakan dalam bidang kesehatan, kita bisa menggunakan foto tenaga kesehatan yang diambil secara profesional, dalam memadukan warnanya juga tidak perlu gonjreng karena warna-warna sejuk saja sudah sangat cocok untuk bidang ini

Selain desain, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan jenis kertas yang dipakai untuk mencetak pamflet.

Kertas yang paling cocok penggunaanya adalah kertas jenis Art paper karena kertas ini memberi kesan profesional, selain itu jenis kertas ini mengkilap dan tidak mudah lusuh.

Ukuran brosur juga penting untuk dipertimbangkan, sebaiknya ukurannya tidak lebih dari A4, karena tujuan pamflet memang sebagai media promosi lowongan kerja yang ringkas dan mudah dibawa.

Contoh Iklan Lowongan Kerja Dalam Bntuk Pamflet yang Menarik

Contoh Iklan Lowongan Kerja Dalam Bntuk Pamflet yang Menarik
toriqa.com

Poster Lowongan Kerja

Poster lowongan kerja biasanya lebih sering kita lihat di mading kampus atau pada acara-acara job fair.

Kalau poster itu berbeda dengan pamflet cara penyebarannya, kalau poster biasanya ditempel di tempat-tempat strategis yang ramai orang berlalu lalang agar lebih mudah dijangkau dan menarik banyak calon pencari kerja.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam media ini hampir sama dengan yang ada di pamflet, yaitu desain, jenis kertas dan ukurannya saja.

Ukuran yang tepat untuk poster biasanya adalah A4 dan sering lebih besar, tujuannya adalah tentu supaya lebih mudah dilihat oleh calon pelamar kerja.

Untuk poster lowongan kerja, hal yang tak kalah pentig untuk diperhatikan ialah pemilihan tempat yang harus sesuai.

Jangan sembarangan tempat ditempelin poster, nanti jika kedapatan menempel poster di properti orang lain tanpa ijin, maka hal tersebut sama saja akan menjatuhkan citra perusahaan Anda.

Contoh Iklan Lowongan Kerja Administrasi

Contoh Iklan Lowongan Kerja Administrasi
toriqa.com

Setiap yang namanya perusahaan, dalam bidang apapun itu pasti selalu membutuhkan admin, tugas admin diantaranya adalah merekap dan meng-entry data, arsip data, membuat agenda, pengurusan dokumen-dokumen perusahaan, dan sebagainya.

Itu artinya adalah kemampuan admin dalam menggunakan Word dan Excel sangat wajib dimiliki oleh setiap calon pelamar, meskipun pihak perusahaan sering tidak mencantumkan kedua hal tersebut di dalam kolom lowongan kerja yang mereka terbitkan.

Tapi tampa skil – skil dasar tersebut Anda mau ngapain?

Contoh Iklan Lowongan Kerja Sales & Marketing

Sales merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, terutama yang bergerak dibidang perdagangan, sales menjadi garda terdepan untuk memasarkan produk-produk mereka.

Maka nggak heran kalau hampir setiap hari lowongan kerja di bidang sales dan marketing selalu marak dan bermunculan.

Nah, jika Anda punya usaha dan ingin memasarkan produk Anda, Anda pasti butuh tenaga sales yang terampil bukah? maka untuk menarik calon sales, tentu kita harus membuat iklan lowongan kerja yang menarik seperti gambar di atas.

Jika Anda belum tau bagaimana cara membuat lowongan kerja yang baik dan bagus, beberapa poin penting yang bisa kita ambil dari contoh iklan sales, diataranya:

  1. Mempunyai desain yang profesional.
  2. Pilihlah warna yang cocok dengan karakter produk atau layanan anda, tidak terlalu ramai.
  3. Highlight posisi yang ditawarkan.
  4. Persyaratan lengkap.
  5. Jelaskan apa saja tanggung jawab pekerjaannya.
  6. Deskripsikan secara lengkap seputar benefit atau gaji dan tunjangan, ini trik penting yang membuat calon pelamar tertarik.
  7. Cantumkan juga jam kerjanya, ini adalah hal sepele yang sering dilupakan perusahaan ketika membuat iklan lowongan.
  8. Tulis dengan jelas nomor kontak dan alamat perusahaan.
  9. Berikan ilustrasi yang selaras dengan desain iklan Anda.

Itulah beberapa poin penting yang tentu sangat baik jika bisa Anda aplikasikan dalam iklan lowongan sales yang Anda buat.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris
toriqa.com

Iklan lowongan kerja berbahasa Inggris sering digunakan oleh perusahaan mutinasional, perusahaan nasional, usaha lokal, star up yang pasarnya sudah mencangkup dunia internasional. Tujuannya sudah jelas untuk mencari karyawan yang terampil dibidangnya namun juga mengusai bahasa inggris.

Mempunyai karyawan yang punya skill bahasa inggris itu sangat bagus dan penting untuk sebuah perusahaan, terlebih jika perusahaan tersebut punya partner dengan perusahaan asing, atau mempunyai cabang di luar negeri, atau mungkin ingin membidik pasar internasional.

Untuk membuat iklan lowongan kerja dalam bentuk bahasa inggris, tentu Anda harus mengutamakan grammar yang benar, karena kalau tidak, nanti akan ada grammar yang keliru dan itu dapat menganggu image perusahaan Anda sendiri.

Sebelum iklan diterbitkan, sebaiknya pihak perusahaan terlebih dahulu melakukan proof reading baik dari tim internal kantor atau juga bisa menyewa jasa proof reader.

Iklan Lowongan Pekerjaan di Messaging App (Telegram, Whatsapp dan Line)

Dizaman sekarang ini jadi bukan rahasia lagi kalao hampir tiap hari ada puluhan lowongan kerja baru tersedia, dan ribuan calon pelamar melihat iklan lowongan yang kita posting di banyak group lowongan kerja seperti Telegram, Whatsapp, Line. .

Didalam iklan, Informasi yang kita posting harus lengkap dan sertai dengan nomor kontak agar nanti jika ada yang berminat untuk melamar dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Selain itu, penting juga untuk selalu rutin memposting lowongan yang kita sediakan, karena postingan kita bisa buat sebelumnya dengan cepat akan tenggelam oleh iklan-iklan baru lainnya, tapi juga jangan asal spam berlebihan.

Saat ini, App Messaging atau chat prospeknya sangat bagus sebagai media promosi lowongan pekerjaan karena gratis dan jangkauannya juga tak kalah luas dengan yang berbayar.

Contoh Iklan Lowongan Kerja di Media Sosial (Fb, IG dan Twitter)

Selain Messaging, media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter juga sangat ampuh untuk dijadikan solusi untuk mempromosikan produk atau lowongan pekerjaan yang Anda miliki.

Kita tau, siap media sosial itu punya style masing-masing, jadi kita harus menyesuaikan iklan lowongan dengan platformnya.

Anda bisa melihat contoh iklan diatas, itu adalah iklan lowongan pekerjaan di Instagram.

Desain iklannya dibuat dengan bentuk persegi (1:1) karena disesuaikan dengan ukuran paling populer di Instagram dan tentu ukuran gambar di Facebook dan Twitter juga tidak sama, jadi harus disesuaikan sendiri.

Nah, supaya jadi lebih maksimal, Anda dapat bekerja sama dengan beberapa akun yang khusus membuka lowongan kerja yang sudah mempunyai puluhan ribu follower (professional), sehingga nantinya iklan lowongan pekerjaan yang akan Anda buat bisa dilihat oleh banyak orang.

Iklan Lowongan Kerja di Job Portal   

Iklan Lowongan Kerja di Job Portal   
toriqa.com

Apa keuntungan Anda jika mengiklan mengguakan layanan ini? keuntungan terbesar mempromosikan lowongan pekerjaan melalui job portal ini adalah iklan Anda nanti akan otomatis ditampilkan kepada calon pelamar yang sesuai (tertarget).

Misalnya nih, saat ini perusahaan Anda bergerak di bidang digital marketing dan lagi membutuhkan seorang digital marketer yang berpengalaman minimal 2 tahun di daerah jakarta.

Setelah Anda membuat iklannya, maka akan segera terkirim ke email para pencari pekerja yang:

  1. Tertarik dengan pekerjan digital marketer.
  2. Punya pengalaman bekerja di dunia digital marketing.
  3. Berada di area jakarta.

Bahkan, kesesuaian iklan juga akan sampai pada bagian umur, besaran gaji yang diinginkan, dan sebagainya.

Bukankah ini akan sangat menguntungkan bagi para pemilik usaha karena bakal mendapat calon pekerja yang sesuai dengan kriteria.

Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja

Jika Anda ingin membuat lowongan pekerjaan, jangan asal membuat saja terus posting, karena itu akan merugikan Anda sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat iklan lowongan kerja yang benar?

Berikut ini ada hal – hal penting yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat iklan lowongan pekerjaan, diantaranya adalah:

Buatlah Desain Iklan yang Menarik

Buatlah Desain Iklan yang Menarik
toriqa.com

Jika Anda membutuhkan para pelamar kerja yang berusia muda untuk usaha jasa kreatif misalnya, maka gunakanlah desain yang menarik.

Tapi jika tidak ada kemampuan untuk itu, Anda bisa mendelegasikan tugas seperti ini pada freelancer atau menyuruh rekan untuk membuatkannya.

Selain desain, yang tak kalah penting juga sertakan identitas perusahaan, deskripsi yang menarik serta benefit yang bisa calon pekerja dapatkan ketika berhasil gabung di perusahaan milik Anda.

Sebutkan Posisi yang Dicari dan Requirementnya

Sebutkan Posisi yang Dicari dan Requirementnya
toriqa.com

Posisi apa yang sedang Anda butuhkan dalam perusahaan anda ini harus tertera dengan jelas, misalnya mungkin Anda butuh programmer, admin, costumer service, digital marketing.

Selajutnya, sebutkan juga kualifikasi atau kriteria pelamar yang harus dipenuhi, contohnya Anda mungkin butuh seorang yang lulusan pendidikan S2, usia min-max berapa, keahlian, sifat dan sebagainya.

Sertakan Alamat Pengiriman Lamaran dan Juga Deadline Penerimaan

Dalam hal ini Anda bisa memberikan alamat dalam bentuk fisik ataupun alamat pengiriman dalam bentuk digital, contohnya misal email, website dan sebagainya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menuliskan tanggal terakhir penyerahan berkas supaya para pelamar tidak salah dalam menerima informasi.

Beberapa Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Sebagai Refrensi Tambahan Untuk Bisnis Anda

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Baru

Abadi Sutra merupakan sebuah perusahaan multinasional yang membuka jasa di bidang percetakan, perusahaan kami sudah mendominasi pangsa pasar domestik sebesar 28%. Untuk menekan pertumbuhan trend serta industri yang terus mengalami perkembangan maka kami atas nama PT. Abadi Sutra membuka lowongan untuk beberapa karyawan baru yang membutuhkan untuk mengisi posisi sebagai graphic designer, dengan persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan Administratif:

  1. Jenis kelamin laki-laki atau perempuan yang berusia maksimal 28 tahun.
  2. Pendidikan Min D3 atau S1 program studi Sistem Informasi atau teknik Informastika.
  3. IPK Min 2,65 dalam skala 4,00.
  4. Sehat secara jasmani maupun rohani dengan menyertakan Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit (Dokter).
  5. Punya keterampilam seputar desain, printing dan advertising.
  6. Punya skil atau keahlian yang mumpuni pada software adobe photoshop, illustrator, GIMP, dan CorelDraw.
  7. Bersedia untuk bekerja secara individual ataupun tim.
  8. Paling lambat lamaran akan kami terima tanggal 21 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Berkas Lamaran yang Dikirim Harus Menyertakan:

  1. Surat lamaran kerja.
  2. Menyertakan Foto copy ijazah D3 atau S1 yang sudah dilegalisir.
  3. Sertakan juga Foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  4. Mentertakan Curriculum vitae atau Daftar Riwayat Hidup, nomor HP serta email.
  5. Mengirim minimal 1 portofolio artwork hasil design sendiri dengan format kertas A4.
  6. Mengirim pas foto dengan warna ukuran 3 × 4 (4 lembar) minimal 6 (enam) bulan terakhir.
  7. Menyertakan Foto copy KTP atau SIM yang masih berlaku.
  8. Sertakan juga SKCK dari kepolisian setempat.
  9. Menyertakan amplop balasan yang tertulis alamat pelamar sebagai tertuju dengan perangko kilat.

Berkas lamaran ditujukan kepada:

HRD PT. INFORMASI CAHAYA

Jl. Burung Perkutut No.99, Jakarta Utara

Contoh Iklan Lowongan Kerja Perusahaan

EKAJAYA MANDIRI AD

Jl. Letda Sujono No.42, Medan 20233

Telp. 061 73128992 Fax 061 73128992

Email: [email protected]

DIBUTUHKAN SEGERA

Kami adalah perusahaan yang fokus bergerak dibidang kontraktor sedang membutuhkan:

  • Administrasi.
  • Pembelian.

Syarat Umum:

  1. Wanita, maksimal 30 tahun (1).
  2. Pria, maksimal 30 tahun (2).
  3. Mampu bekerja dalam team (1,2).
  4. Punya kemampuan dalam mengoperasikan komputer (1,2).
  5. Siap bekerja dilapangan (2).
  6. Min tamatan SMA (1,2).
  7. Memiliki SIM C (1,2).
  8. Memiliki SIM A (2).
  9. Pengalaman min 2 tahun (1,2).

Kirim permohonan kerja beserta biodata anda via email [email protected]

Contoh Iklan Lowongan Kerja Sederhana

DIBUTUHKAN SEGERA

ADP MORTAR POINT market leader untuk pekerjaan industri Semen Instan, membutuhkan seorang profesional yang punya kemampuan handal dan inovatif untuk mengisi jabatan:

Retail Sales Asst. Manager – Sumatera Bag. Utara

Kualifikasi

  1. Pria.
  2. Pendidikan: S1 Segala Bidang.
  3. Menguasai komputer (MS. Office).
  4. Pernah bekerja Minimal 3 tahun sebagai seorang supervisor di bidang sales consumer goods atau material building.
  5. Mampu bernegosiasi yang baik, komunikatif dan mampu dalam membangun tim kerja.
  6. Penempatan: di Medan.

HRD PT. ADP MORTAR POINT

Lokasi Menara Sudirman Lt.13.

Jalan Jendral Sudirman Kaveling 62 – Jakarta.

[email protected]

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Menarik

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Menarik
toriqa.com

Contoh Iklan Lowongan Kerja Account Executive

Contoh Iklan Lowongan Kerja Account Executive
toriqa.com

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris
toriqa.com

Contoh Beberapa Media yang Digunakan Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan

Bagi Anda atau teman Anda yang lagi nyari lowongan kerja tapi tak kunjung menemukannya, berikut ini beberapa situs yang bisa teman-teman kunjungi, semoga bisa membantu teman teman ya.

  • Jobstreet.
  • Karir.com.
  • LinkedIn.
  • Karir.
  • Glints.
  • Urbanhire.
  • Kalbrr.
  • Monster.co.id.
  • Jobindo.com.
  • CareerBuilder.co.id.
  • Kompas Karier.

Baiklah kawan – kawan sekalian, mungkin segitu saja yang bisa saya bagikan seputar topik jenis dan contoh iklan lowongan pekerjaan pada tulisan saya kali ini, semoga saja bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan komentar