9 Contoh Iklan Kolom Untuk Refrensi: Disertai Gambar & Penjelasan Lengkap

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang macam macam contoh iklan kolom berdasarkan fungsi kebutuhannya.

Sebelum membahas apa itu iklan kolom secara terperinci, sebagai gambaran. Pernahkah Anda membaca koran atau surat kabar yang berisi berbagai informasi?

Kalo iya, pasti Anda pernah melihat dibawah atau sanping koran ada beberapa kolom – kolom kecil hingga sedang yang berisi berbagai penawaran atau promosi produk atau jasa. Itu salah satu contoh iklan kolom.

Nah, dibawah kita akan cari tau lebih dalam, apa saja jenis jenis iklan kolom berdasarkan penggunaannya (fungsi). Struktur iklannya seperti apa, ciri dan unsur – unsurnya juga seperti apa.

Yuk langsung aja.

Pengertian Iklan Kolom

Pengertian Iklan Kolom
toriqa.com

Bagi kalian yang masih bingung membedakan antara iklan kolom dan iklan lainnhya, kalian bisa malihatnya dari segi bentuknya iklannya.

Iklan kolom itu memang khas dengan bentuknya yang berkolom kolom, dimana didalamnya memuat informasi barang atau jasa dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menarik perhatian pembaca.

Iklan kolom juga sering disebut dengan iklan display karena struknya yang terdiri dari kata-kata dan foto atau gambar ilustrasi.

Iklan kolom tidak hanya digunakan sebagai media penawaran barang dan jasa, tapi juga banyak digunakan dalam promosi – promosi yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih serta berita duka cita.

Selain dari segi bentuknya, kalian juga bisa membedakan iklan kolom dari segi ukurannya, iklan kolom mayoritas berukuran lebih besar dari iklan baris, bahkan ada yang berukuran satu halaman koran.

Semakin besar gambar dalam iklan kolom maka akan terlihat semakin menarik, maka kesempatan dibaca oleh pembaca akan semakin lama dan senang melihatnya.

Biaya untuk memasang iklan kolom itu tergantung dari ukurannya, semakin besar ukuran kolom iklan maka akan semakin mahal biayanya.

Ketentuan seperti ini tentu berbeda dengan iklan baris, kalo iklan baris itu ditetapkan berdasarkan jumlah kata atau baris.

Macam Macam Contoh Iklan Kolom

Iklan Kolom Penjualan Produk

Iklan kolom termasuk kedalam iklan komersial yang mana iklan ini berisi bernagai informasi penjualan suatu produk, seperti iklan penjualan mobil, sepeda motor dan sebagainya.

Untuk memikat masyarakat luas, maka dalam iklan tersebut disertakan berbagai informasi pokok yang menarik seputar produk yang akan diiklankan.

Pihak perorangan ataupun perusahaan yang hendak mengiklankan suatu produk itu pasti akan menyertai informasi-informasi yang dapat menarik perhatian, misalnya adanya undian yang berhadiah menarik. Hal itu dilakukan untuk menarik minat para customer untuk membelinya.

Disamping itu, biasanya pihak pengiklan juga akan memberikan informasi menarik lainnya untuk menambah daya minat calon customer, misalnya dengan cara mencicil, diskon, beli dua gratis satu, sehingga dapat memanjakan para peminatnya utuk segera membeli.

Daya tarik yang disertakan dalam iklan adalah salah satu kunci suksesnya proses pengiklanan suatu produk

Contoh Iklan Kolom Produk Makanan

Contoh Iklan Kolom Produk Makanan
toriqa.com

Iklan Kolom Layanan Masyarakat

Contoh iklan kolom selanjutnya adalah iklan kolom layanan masyarakat, iklan ini biasanya memuat informasi yang disampaikan pemerintah kepada masyarakat umum terkait suatu hal yang bersifat penting.

Contoh iklan layanan masyarakat sangat mudah sekali kita jumpai ditengah – tengah masyarakat, contohnya seperti iklan himbauan pencegahan narkoba, keluarga berencana, hindari berkerumun karena covid 19, dan himbauan umum lainnya.

Iklan layanan masyarakat memang terbukti efektif untuk menyebarkan informasi dan menjangkau masyarakat luas secara cepat, baik melalui surat kabar, televisi hingga banner resmi sepanjang jalan umum.

Hal ini karena keberadaan media, termasuk media cetak sampai saat ini adalah yang populer untuk menyebarkan infomasi semenjak pertama kali dipublikasikan.

Maka dari itu, dengan memanfaatkan media, instansi pemerintah dapat memberikan suatu sosialisasi, mengingatkan masyarakat umum, serta memberi dorongan dan pemberitahuan tentang program pemerintah kepada masyarakat luas.

Tahukah Anda bahwa saat ini iklan adalah alat yang paling banyak digunakan sebagai media promosi serta paling gencar penggunaannya, dari mulai usaha ritail kecil, hingga perusahaan – perusahaan raksasa menggunakan iklan sebagai ujung tombak pemasaran mereka.

Contoh Iklan Kolom Layanan Masyarakat

Contoh Iklan Kolom Layanan Masyarakat
toriqa.com

Iklan Kolom Dikoran

Layaknya namanya, iklan ini memang didesain dan difungsikan secara khusus untuk ditempatkan dikoran.

Ciri-ciri iklan kolom yaitu singkat padat serta jelas karena media ini adalah yang paling banyak dimanfatkan oleh para usahawan UMKM, seperti usaha kuliner, pendidikan, ritail, percetakan, berbagai layanan jasa dan semasih banyak lagi lainnya.

Jika Anda membutuhkan iklan ini untuk promosi usaha, maka buatlah iklannya semenarik mungkin, seperti menyertakan ilustrasi gambar iklan kolom yang berada di space halaman iklan dan juga susun berdasarkan kategorinya.

Umumnya, iklan kolom koran atau surat – surat kabar itu ukurannya hanya dalam satuan MMK milimeter, satuan ini berlaku dimedia pers Indonesia.

Lihat juga: Macam Macam Contoh Iklan Lowongan Kerja

Contoh Iklan Kolom di Koran    

Contoh Iklan Kolom di Koran    
toriqa.com

Contoh Iklan Kolom Bergambar yang Menarik Untuk Memikat Konsumen

Contoh Iklan Kolom Bergambar yang Menarik Untuk Memikat Konsumen
Strategi pemasaran

Contoh Iklan Kolom Ucapan Selamat

Contoh Iklan Kolom Ucapan Selamat
Serambi Indonesia

Contoh Iklan Kolom Ungkapan Duka Cita

Contoh Iklan Kolom Ungkapan Duka Cita
toriqa.com

Contoh Iklan Kolom Penewaran Barang dan Jasa

Contoh Iklan Kolom Penewaran Barang dan Jasa
Ragam Bahasa Saya

Contoh Iklan Kolom Pendidikan

Contoh Iklan Kolom Pendidikan
toriqa.com

Fitur Iklan Kolom

Jika Anda ingin paham lebih dalam soal iklan kolom, maka Anda harus mengenali beberapa ciri iklan kolom seperti berikut ini:

  • Ukuran iklan kolom sedikit lebih besar dari pada ukuran iklan baris, bahkan ukuran iklan ini bisa mencapai satu halaman penuh di koran.
  • Keterang atau informasi didalam iklan termuat dalam kata – kata yang singkat dengan disertai gambar ilustrasi.
  • Secara umum, iklan kolom berisi penawaran barang serta jasa, selain itu juga bisa memuat iklan pribadi, ucapan terimakasih atau berita duka cita.

Baca juga: Macam Macam Contoh Iklan Pemberitahuan

Fungsi dan Tujuan Iklan Kolom            

Sebuah Iklan baru akan dianggap baik dan tepat jika iklan tersebut mampu mencapai apa yang menjadi tujuan dari iklan tersebut.

Nah, berikut beberapa tujuan pembentukan iklan secara rinci, yaitu:

  1. Menyebarkan informasi penting kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau jasa.
  2. Dapat memengaruhi masyarakat luas seputar produk atau jasa jasa.
  3. Dapat mempengaruhi setiap orang untuk membeli atau menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik penonton.

Unsur Unsur Iklan Kolom

Unsur Unsur Iklan Kolom
Piksel

Untuk unsur – usur (struktur) iklan kolom tidak jauh berbeda dengan iklan lowongan kerja dan juga iklan pemberitahuan serta iklan pendidikan, yang mana strukturnya terdiri dari:

  1. Judul.
  2. Nama Produk.
  3. Kalimat atau deskripsi.
  4. Nomor Telp.
  5. Alamat Email.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Sebenarnya jika anda sudah memahami penjelasan diatas seputar macam macam dan contoh iklan kolom, Anda akan sangat mudah membedakan iklan kolom dan iklan baris.

Baiklah, berikut ini perbedaan dari keduanya secara garis besar:

Iklan Baris

  • Iklan baris dibuat dengan terdiri dari beberapa baris kata atau kalimat saja, sementara biaya yang dikenakan itu dihitung perbaris, dan ini  adalah harga yang relatif murah.
  • Iklan baris menggunakan bahasa yang singkat – singkat namun penuh makna, kalimatnya sangat sederhana. Ada banyak contoh iklan baris yang bisa anda temukan, diantaranya meliputi: barang, jasa, ucapan syukur dan lain sebagainya.

Iklan Kolom

Hal yang paling mendasar untuk membedakan mana iklan baris dan mana iklan kolom tentu dipenggunaan bentuk iklannya. Iklam kolom biasanya punya bentuk lebar satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.

Iklan kolom yang menarik juga dilenkapi dengan beragam ilustrasi gambar, simbol, lambang maupun tanda-tanda visual lainnya (meski tidak terlalu bervariasi dan sangat terbatas).

Untuk contoh dari iklan kolom ini sudah saya jelaskan diatas.

Baiklah, mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share dalam tulisan saya kali ini terkait berbagai macam contoh iklan kolom berikut bagaimana fungsi, struktur hingga ciri – cirinya.

Akhirulkalam, semoga bisa memberi manfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Macam Macam Contoh Iklan Pendidikan.

Tinggalkan komentar