Contoh Company Profile +Panduan & Tips Membuatnya Agar Menarik
toriqa.com

12+ Contoh Company Profile +Panduan & Tips Membuatnya Agar Menarik

Diposting pada

Anda ingin perusahaan anda semakin dikenal? atau baru merintis sebuah perusahaan dan ingin punya branding? salah satu caranya anda harus membuat yang namanya company profile, dibawah saya akan berikan juga contoh company profile itu bagaimana dan seperti apa.

Tiap perusahaan yang baru maupun yang lama itu punya dan harus punya dokumen tertulis (Company profile).

Dalam dokumen singkat dan padat ini, umumnya terisi banyak hal, meliputi alamat, serta visi dan misi perusahaan kedepannya.

Branding juga sangat penting untuk dimiliki guna untuk menarik perhatian banyak calon mitra bisnis maupun consumen.

Lalu seperti apa jenis media yang efektif untuk digunakan sebagai branding? apa saja isi atau strukturnya, cara membuatnya bagaimana dan apa saja fungsi-fungsi vitalnya bagi sebuah perusahaan?

Temukan jawabannya dengan menyimak pembahasan singkat dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Company profile

Sederhananya adalah, company profile itu gambaran umum tentang sebuah perusahaan, biasanya bertujuan untuk memberi tahu kepada audiens akan sebuah produk atau layanan yang ditawarkannya.

Contoh Company Profile Perusahaan Bentuk Brosur

Pengertian dan Contoh Company profile perusahaan
toriqa.com

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa Company profile atau profil perusahaan adalah gambaran umum sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memberitahu klien tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Informasi ini biasanya ditulis dengan cukup detail dalam sebuah media digital atau cetak.

Brosur ini fungsinya bisa menjadi media untuk menunjukkan company profile secara singkat terhadap para calon klien.

Bentuk fisiknya yang ringan serta tipis juga cukup efektif sebagai media promosi, dan umumnya brosur company profile mengutamakan gambar, tulisan, dan desain yang unik.

Company Profile Perusahaan Bentuk Buku

Company Profile Perusahaan Bentuk Buku
toriqa.com

Meski zaman sudah go online, namun media promosi perusahaan melalui buku juga tetap digunakan dalam memberikan informasi company profile secara lengkap.

Didalamnya, perusahaan harus membuat beberapa hal penting, seperti :

  • Sebuah cover.
  • Daftar isi.
  • Visi dan misi.
  • Produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Kelebihan serta pencapaian secara detail dan berurutan.

Sistem penulisannya dalam buku juga harus singkat dan padat, desain bukunya juga harus menarik supaya pembaca tidak bosan saat membaca profil perusahaan anda.

Contoh Company Profile Word Memanfaatkan Tamplate Online

Jika anda mencari template company profile di beberapa situs, Anda pasti akan menemukan beberapa menyediakan, entah itu secara gratis maupun berbayar.

Disini sambil lalu saya akan mendemokan cara membuat company profile, dan saya mencoba melihat-lihat template-template company profile sebuah situs. Dan ternyata ada yang gratis dengan beragam tampilan yang menarik.

Berikut langkah langkah untuk mendapatkan template company profile secara gratis dari situs template.net.

  1. Daftar dulu untuk membuat akunnya secara gratis di situs template.net.
  1. SEtelah daftar lalu login ke web template.net, dan cari kotak pencarian, lalu silahkan ketik Free Company Profile,
  2. Lalu tekan enter.
  3. Nanti akan muncul banyak sekali contoh desain template yang bisa anda pakai, silahkan pilih salah satu template dengan cara mengklik template yang diinginkan.
Contoh Company Profile Word Memanfaatkan Tamplate Online
toriqa.com
  1. Setelah menemukan dan memilih template yang cocok, silahkan klik tombol Download Now.
  2. Setelah itu lanjut klik tombol Free Download, pilih saja opsi Download in MS Word kemudian klik tombol Continue Dwonloading.
  1. Nanti file template hasil downloadnya dikompress dulu melalui format zip, silahkan extract filenya hasil download menggunakan software WinRAR/WinZIP atau jika menggunakan Windows 10, bisa langsung klik kanan, lalu pilih Extract All.
  1. Setelah itu barulah anda buka file template company profilenya dengan Microsoft Word, silahkan edit teks, gambar, dan elemen lain sesuai kebutuhan.

Nanti contoh company template Free Creative IT Company Profile akan tampak seperti berikut ini bagi yang sudah dibuka di Microsoft Word.

Contoh Company Profile Dalam Bentuk pdf
toriqa.com

Namun nanti seumpama Anda tidak menemukan contoh desain company profile yang pas dalam situs template.net, anda bisa mencarinya di situs-situs lain melalui Google.

Masih banyak kok yang menyediakan layanan Template Company profile.

Mau tau cara membuat daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum vitae) yang baik dan benar? entah untuk kebutuhan belajar atau untuk persiapan melamar pekerjaan, simak juga disini.

Contoh Company Profile Sederhana

contoh company profile sederhana
toriqa.com

Yang paling sederhana dan murah adalah membuat dalam bentuk brosur, karena brosur masih bisa kok menjadi media untuk menunjukkan company profile secara singkat kepada klien.

Bagi perusahaan-perusahaan yang baru dirintis, sepertinya opsi ini lebih cocok, selain sistem pembuatannya yang mudah dan murah, anda hanya perlu memasukkan poin-poin penting akan layanan usaha, semisal gambar, tulisan, dan desain yang unik.

Contoh Company Profile Perusahaan Kontraktor

Contoh Company Profile Perusahaan Kontraktor
toriqa.com

Ada banyak sekali jenis perusahaan kontraktor yang bergerak diberbagai layanan, bagi anda yang baru mau mendirikan usaha ini, silahkan simak contoh cara membuat company profile perusahaan berikut ini.

PT Jaya Pamungkas

Sejarah Singkat Perusahaan

PT Jaya Pamungkas mulai didirikan pada tanggal 3 Januari 2022 berdasarkan akta pendirian perusahaan, yaitu dengan Akte Notaris Nomor 01 dengan Notaris Sondhy Haryawan, SH, MKn.

Sejalan dengan program pembangunan yang didorong oleh pemerintah, maka PT Jaya Pamungkas bertekad untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakannya.

Dengan berbekal kepercayaan terhadap kemampuan diri secara profesional serta bertanggung jawab, maka PT Jaya Pamungkas akan memberikan pelayanan sebagai sebuah perusahaan nasional yang bergerak di bidang pengadaan jasa konstruksi yang meliputi pembangunan :

  1. Gedung.
  2. Perumahan.
  3. Real Estate.
  4. Jalan Raya.
  5. Irigasi.
  6. Dll.

Perusahaan PT Jaya Pamungkas juga siap menjalin kerjasama dengan semua instansi maupun seluruh sektor yang berkaitan di dalam bidang jasa konstruksi dan pemasok barang, baik yang berstatus swasta ataupun pemerintahan dengan penuh tanggung jawab serta kerjasama yang saling menguntungkan.

Dengan kepercayaan yang di amanahkan terhadap kami, maka ini akan menjadi suatu kehormatan yang akan di jaga serta di laksanakan dengan sebaik-baiknya demi untuk mewujudkan sebuah hasil yang memuaskan terhadap kedua belah pihak.

Sejak berdirinya perusahaan ini selama 12 tahun sudah melalui banyak pengalaman dalam pembangunan gedung di instansi pemerintahan baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, perbankan, hingga beragam jenis perkantoran.

Kami juga telah menangani kurang lebih 20 jenis paket proyek konstruksi sebagai layanannya.

Ruang Lingkup Bisnis

PT Jaya Pamungkas adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dengan ruang lingkup sebagaimana tertera di atas.

Alamat Perusahaan :

Kantor pusat kami berlokasi di Jl Padepokan Ganesha I No. B8 Sukabumi, Telp : (024) 6730898, Fax : (024) 6717505, Email : [email protected]

Produk/Jasa

Beragam kontraktor umum yang meliputi bidang :

  1. Sipil : Jalan Raya, Jalan Lingkungan.
  2. Bangunan Gedung :  -> Bangunan Komersial : Gedung Kantor, Pasar, Perbankan. ; -> Bangunan Kesehatan : Rumah Sakit. Balai Kesehatan dan Puskemas.
  3. Bangunan Pendidikan : Sekolahan dan Kampus.
  4. Bangunan Gedung Lainnya : Misalnya Rumah Ibadah, Lapas/ Lembaga Permasyarakatan. Gedung Parkir.

Contoh Company Profile CV

Contoh Company Profile CV
toriqa.com

Perusahaan CV atau disebut juga persekutuan komanditer merupakan suatu bentuk badan usaha berupa persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih dimana anggotanya sebagian mempunyai tanggung jawab yang tak terbatas, dan sebagian anggota yang lain punya tanggung jawab yang terbatas.

Namun juga sama secara struktur Company profile atau profil perusahaan, di mana di dalamnya nanti di berikan detail tentang gambaran umum sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memberitahu klien tentang produk atau jasa yang di tawarkan.

Informasinya di tulis secara detail menggunakan sebuah media digital maupun cetak.

Contoh Company Profile Perusahaan Makanan

contoh company profile perusahaan makanan
toriqa.com

Jika anda punya usaha makanan misalnya berupa catering, bakery, atau pastry, membuat atau mempunyai company profile yang menarik adalah satu keharusan.

Hal ini penting untuk lebih banyak mendapatkan klien yang potensial, yang rela memesan dalam jumlah banyak lebih-lebih untuk acara penting, tentu Anda harus menawarkan harga dan menu terbaik yang bisa di sajikan.

Nah, jika anda mau membuat jenis company profile perusahaan makanan, setidaknya ada beberapa bagian wajib yang harus kamu cantumkan supaya terlihat lebih meyakinkan.

Tentu saja tidak hanya menu makanan, namun core values maupun pengalaman usaha Anda dalam menangani order masakan dalam jumlah besar juga bisa menjadi keunggulan serta pembeda yang cukup signifikan bagi para costemer loh.

Untuk mempermudah pembuatannya, saya akan memberikan contoh beberapa bagian yang menurut kami penting untuk di sertakan dalam profil usaha makanan ideal, di antaranya:

  • Visi Misi Perusahaan.
  • Tampilkan Portofolio serta Angka Pengalaman.
  • Harga Paket Transparan.
  • Tampilan Menu Makanan.
  • Profil Juru Masak (Chef).
  • Company Details.

Masing-masing poin penting di atas ini anda jabarkan semenarik mungkin dalam company profile perusahaan makanan anda supaya para calon pengunjung tertarik untuk order dan berlangganan.

Contoh Company Profile Online Shop (Website)

Contoh Company Profile Online Shop (Website)
toriqa.com

Dengan adanya internet, anda semua sebaga pengguna di mudahkan dalam mengakses berbagai macam informasi termasuk profil perusahaan tertentu.

Bahan di era ini, bisa di bilang penggunaan website untuk company profile cukup efektif, pasalnya klien dan pembaca bisa dengan mudah mencari perusahaan dari hasil pencarian Google.

Nah, pada halaman utama company profile, anda dapat menjelaskan secara detail dan menarik dengan menghadirkan foto produk unggulan atau konten dari perusahaan tersebut.

Contoh Company Profile Perusahaan Group

contoh company profile perusahaan group
toriqa.com

Apa itu company group? Group Company merupakan perkumpulan dari beberapa perusahaan yang secara tidak langsung di atur oleh satu perusahaan.

Perusahaan yang seperti itulah yang disebut dengan group, dengan tambahan catatan apabila terdapat 2 perusahaan atau lebih yang terikat satu dengan lainnya melalui kepemilikan akan saham.

Lalu, profil perusahaan seperti itu isinya apa saja?

Cara Membuat Company Profile Group

  1. Cover depan.
  2. Daftar Isi.
  3. Sejarah, deskripsi, serta struktur organisasi perusahaan.
  4. Visi dan misi perusahaan.
  5. Produk atau jasa perusahaan. …
  6. Kelebihan perusahaan. …
  7. Pencapaian perusahaan, portofolio, maupun sertifikat.
  8. Dokumentasi perusahaan.

Contoh Company Profile Perusahaan Dagang

contoh company profile perusahaan dagang
toriqa.com

Yang di maksud perusahaan dagang adalah perusahaan spesialis yang meliputi semua jenis kegiatan ekspor maupun impor barang.

Dalam artian, aktivitas utama dari perusahaan dagang adalah membeli produk di suatu negara kemudian menjualnya kembali di berbagai negara di mana perusahaan punya jaringan distribusi.

Contoh Perusahaan Dagang

  • PT Lion Super Indo milik ritel Superindo.
  • PT Carrefour Indonesia milik ritel Carrefour.
  • Distributor alat mekanik PT Bestoolindo.
  • Indomarco Prismatama milik minimarket Indomaret.
  • Matahari Putra Prima Tbk yang di miliki Hypermart.
  • Hero Supermarket Tbk yang di miliki supermarket Hero.

Contoh perusahaan dagang umumnya bekerja dengan kapasitas produksi yang cukup tinggi di banding perusahaan level di bawahnya, seperti bahan baku, bahan kimia, obat generik, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa kegiatan utama dari perusahaan dagang yaitu meliputi:

  • Mengidentifikasi pemasok yang ada di beberapa negara yang berkapasitas memasok produk dalam jumlah besar serta dengan harga yang cukup bersaing.
  • Bernegosiasi perihal syarat penjualan maupun pengiriman sebuah produk.
  • Proses pembiayaan maupun jaminan pembayaran terhadap para pemasok dan eksportir.
  • Mengelola logistik dan juga transportasi.
  • Mengurus sekaligus mengelola bea cukai serta hambatan perdagangan internasional yang lain.
  • Mendistribusi atau menjual produk dengan jaringan ritel yang di milikinya.

Contoh Company Profile Perusahaan Sederhana

contoh company profile perusahaan sederhana
toriqa.com

Untuk perusahaan yang baru di rintis, pembuatan company profile sangat penting untuk memperkenalkan lebih jauh produk atau layanannya.

Hal ini berfungsi sebagai pemberi gambaran secara detail dan umum akan sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memberitahu klien tentang produk atau jasa yang di tawarkan, poin informasinya di tulis secara detail dalam sebuah media di gital maupun media cetak.

Untuk membuat company profile yang baik, harus menyertakan atau mengisi mengenai siapa Anda (perusahaan anda), sejarah perusahaan, visi dan misi serta nilai perusahaan.

Selain itu jangan lupa untuk menjelaskan seputar produk dan layanan yang di buat oleh perusahaan Anda.

Contoh Company Profile Perusahaan Baru Berdiri

Contoh Company Profile Perusahaan Baru Berdiri
toriqa.com

Tiap tahun ada banyak perusahaan-perusahaan yang baru berdiri, mereka mempersiapkan semunya tak terkecuali company profilenya.

Company profile itu ibaratnya kita sebagai warga negara yang sudah cukup umur (bahkan harus) punya KTP sebagai tanda penduduk Indonesia. Demikian pula dengan perusahaan yang sudah resmi terbit badan hukumnya dari notaris, dan lain nya juga sebagai bagian dari persyaratan utama.

Jadi, bagi sebuah perusahaan yang baru di rintis pun pembuatan company profile ini juga sangat penting.

Salah satu tujuannya yang paling krusial adalah agar lebih di kenal oleh rekanan bisnis kita nantinya.

Unsur dalam Company Profile

Mari kita berkenalan dulu dengan beberapa unsur penting yang terdapat dalam sebuah profil perusahaan.

Di bawah ini adalah beberapa unsur penting yang tidak boleh anda skip begitu saja saat akan membuat profil perusahaan:

  • Desainnya harus menarik.
  • Warnanya di sesuaikan dengan logo maupun brand guideline yang sudah di buat oleh perusahaan.
  • Setiap bagian tersusun rapi.
  • Mudah di baca dan ringkas.
  • Di cetak dengan resolusi yang tinggi.
  • Wajib sertakan gambar atau ilustrasi yang menarik.

Detail Struktur Pembuatan Company Profile

Sebenarnya hampir mirip dengan sebuah makalah penelitian, company profile atau profil perusahaan juga harus di susun dengan struktur yang sangat rapi.

Tujuannya pun sangat penting dari pembuatan profile compeny ini, yaitu agar klien atau calon mitra bisnis mengetahui bahwa perusahaan kita adalah perusahaan yang kredibel.

Struktur pembuatan sebuah profil perusahaan yang benar adalah seperti berikut :

1. Cover

Tentu yang di lihat dan paling berkesan dari sebuh promosi adalah tampilan luarnya dulu, maka dari itu Kita harus membuat profil perusahaan dengan sebuah cover yang sangat menggoda.

Tapi jangan terlalu kelewatan juga, standarnya sih dalam cover itu bisa berupa foto atau ilustrasi yang menggambarkan aktivitas perusahaan. Selebihnya anda bisa kreatif sendiri berdasarkan apa yang mau di sampaikan.

2. Sejarah Perusahaan

Jika ingin klien maupun mitra bisnis anda dapat lebih mengenali perusahaan kita, maka perlu untuk perkenalkan sejarah mengenai bagaimana perusahaan berdiri dan perkembangannya.

Dengan seperti itu, maka klien atau mitra bisnis dapat melihat prospek perusahaan di masa depan.

Mereka juga dapat memprediksi akan sejauh mana hal tersebut menguntungkan bagi mereka.

3. Visi dan Misi

Saya kita semua perusahaan sudah punya visi dan misi (wajib) supaya tetap bisa fokus bekerja untuk mencapai tujuan awal.

4. Mengenalkan Produk

Salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah profil perusahaan adalah detail jasa atau produk yang di tawarkan.

Dalam tahap ini, anda bisa mencantumkan produk apa saja yang mau anda tawarkan berikut dengan kelebihannya di bandingkan produk lain untuk meyakinkan konsumen.

Supaya lebih menyihir lagi, kita juga bisa mencantumkan testimoni pelanggan yang sudah mendapat pelayanan dan menyukai produk perusahaan kita.

5. Penutup

Pada bagian akhir atau di bawah, kita bisa memberikan opsi call to action yang di sesuaikan dengan pihak yang akan membaca profil perusahaan.

Jika memang profil perusahaan anda ini mau di tujukan pada mitra bisnis, tentu call to action-nya adalah ajakan untuk bekerja atau berinvestasi yang saling menguntungkan.

Namun, jika profil perusahaan yang anda buat ini mau di tunjukkan pada klien, maka call to action-nya berupa ajakan untuk membeli produk kita, atau menggunakan jasa kita.

Intinya buat kata yang menarik aja.

6. Cover Belakang

Nah, jangan lupa akhiri profil perusahaan dengan menggunakan sebuah cover yang menarik dan sesuai dengan maksud maupun brand perusahaan anda dengan memberi cover depan.

Untuk cover belakangnya, biasanya perusahaan professional itu mencantumkan juga alamat perusahaan, alamat e-mail, akun media sosial, dan nomor telepon seperti yang telah saya singgung di atas.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya share terkait pembahasan contoh dan cara membuat contoh company profile yang bagus dan menarik.

Intinya isi pembuatan company profile sangat penting untuk tujuan yang luas, salah satunya adalah media promosi dan pengenalan perusahaan secara mendetail.

Oh iya, selain situs yang sudah saya demokan terkait cara membuat company profile di atas, anda juga bisa mencoba membuat profile company menggunakan beberapa program berikut ini :

  • Zakra.
  • Suffice.
  • Airi.
  • Business Click.
  • Neve.
  • Spacious.
  • Corlate.

Semoga bisa memberikan manfaat ya…! walaupun sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.