Cerita Anak Islami Tentang Akhlak

Kumpulan Cerita Anak Islami Pilihan [Mendidik & Bermakna] +Gambar

Hai mom, kali ini saya hadirkan kumpulan cerita anak Islami yang mendidik sekaligus penuh makna agar mom tidak perlu lagi susah-susah mencari buku atau situs dongeng anak.

Yuk cari tau dulu apa itu cerita anak islami dan bagaimana manfaatnya untuk anak. Ada ngak sih, kan cuman cerita doang..!

 Cerita Anak Islami

 Cerita Anak Islami
Pixabay

Cerita anak Islami merupakan kumpulan kisah dan cerita teladan islami pendek yang disajikan khusus untuk anak.

Cerita anak islami tentunya tidak boleh dibuat atau mencarinya secara sembarangan, karena sifatnya selain menghibur anak tentu harus mendidik, baik dari segi pengetahuan ataupun akhlak si anak.

Tahukan Anda bahwa diusianya itu, mereka masih terus menyerap apa saja yang di dengar dan dilihatnya, tak terkecuali cerita atau dongeng yang akan sering mereka dengar. Sepersekian persen mereka pasti mencontohnya.

Untuk itu, mom harus pandai-pandai memilah dan memilih dongeng atau cerita sebagai sarana atau media yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai Islami untuk anak. Karena itu juga berpengaruh terhadap pola pikir dan perilaku anak.

Manfaat Cerita Anak Islami

Manfaat Cerita Anak Islami
FirsCry

Manfaat dongeng islami tentu untuk menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak melalui hiburan berbentuk cerita sambil menemani mereka tidur.

Selain itu, dengan mendengarkan dongeng islami, si anak juga bisa mengembangkan serta meningkatkan daya imajinasinya sehingga keterampilan dan kecerdasan berbahasanya pun terasah karena kata-kata yang sering mereka dengar dan terserap di dalam memorinya.

Untuk itulah, disini saya sengaja menulis kumpulan cerita anak islami untuk menjawab kebutuhan mom dalam memberikan edukasi islami dalam bentuk cerita untuk si kecil, meliputi:

  1. Cerita anak islami tentang kejujuran.
  2. Cerita anak islami tentang nabi.
  3. Cerita anak islami lucu.
  4. Cerita anak islami tentang kebersihan.
  5. Cerita anak islami tentang akhlak.

Baiklah, berikut ini kisah-kisah menarik yang langsung bisa mom akses untuk membacanya;

Cerita Anak Islami Tentang Kejujuran

Cerita Anak Islami Tentang Kejujuran
Islamidia.com

Tikus yang Menepati Janji

Al-kisah hiduplah seekor singa di tengah hutan, dia sedang tertidur lelap di bawah pohon yang besar, tiba-tiba dari kejauhan muncullah tikus sedang berlari sangat kencang.

Sepertinya tikus itu sedang tergesa-gesa akan sesuatu, Olala, tampa sengaja tikus itu pun menabrak wajah singa.

Singa yang sedang asik tidur tiba-tiba terbangun, Ia kemudian marah kepada tikus yang sudah berani mengganggu tidur siangnya.

Tikus itu pun tidak bisa mengelak lagi, Ia pun langsung ditangkap oleh sang singa.

“Kau sudah berani mengganggu tidur siangku, maka aku akan memakanmu, agar kamu tidak bisa mengganggu tidur siangku lagi,” ucap singa itu dengan garang.

Baca selengkapnya “cerita tikus dan singa” di sini.

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah:

Janji adalah utang, jadi kita wajib menepatinya. jangan pernah memandang teman hanya dari fisiknya saja, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kisah Seorang Pengemis

Suatu hari, seorang pengemis mencari makanan di pasar.

Dia sudah beberapa hari tidak makan, setelah ia melihat sebuah warung makan, pengemis mencoba meminta belas kasihan kepada pemilik warung.

“Wahai, Pengemis. Tampaknya engkau kelaparan,” ucap pemilik warung.

“Benar, Tuan. Sudah beberapa hari aku tak makan. Aku sangat kelaparan. Bisakah engkau memberikan sedikit makanan kepadaku?” pinta pengemis itu.

Mendengar pengakuan si pengemis, pemilik warung merasa iba.

Lihat cerita selengkapnya tentang Kisah Seorang Pengemis yang jujur di sini.

Pesan moral singkat yang bisa kita ambil dari cerita ini yaitu:

Jangan suka berbohong, tapi cobalah untuk selalu berprasangka baik terhadap orang lain agar kita selalu mendapat kebaikan

Cerita Anak Islami Tentang Nabi

Cerita Anak Islami Tentang Nabi
123RF.com

Kisah Nabi Musa dan Qorun

Pada zaman dahulu kala, yakni di zaman Nabi Musa a.s. ketika memimpin Bani Israil, ada seorang pengikut yang amat taat beribadah, dia adalah Qorun.

Dia tidak mementingkan dunia sama sekali, setiap harinya ia hanya beribadah kepada allah. Bahkan kehidupan keluarganya pun jauh dari kata layak, namun ia sangat disegani sebagai seorang ulama.

Namun sang istri bernama Ilza sering kali mengeluh karena menginginkan kehidupan yang lebih layak.

Baca selengkapnya tentang Kisah Nabi Musa dan Qorun di sini.

Makna cerita yang bisa kita ambil dari kisah ini ialah:

Jangan biarkan diri kita lalai ketika sudah diberi nikmat oleh tuhan, teruslah bersyukur dengan bersedekah dan amalan-amalan mulia lainnya.

Kisah Seorang Nabi dan Seekor Semut

Pada suatu hari, ada se rombongan orang-orang yang sedang melakukan perjalanan kesuatu tempat, diataranya ada seorang Nabi.

Waktu itu bersamaan dengan musim hujan dan kebetulan juga sedang turun hujan, mereka memutuskan untuk berteduh di bawah sebuah pohon yang rindang, mereka akan melanjutkan perjalanan ketika hujan sudah reda.

Ketika masih sik berteduh, tiba-tiba nabi tersebut tangannya merasakan nyeri, Setelah dilihat, ternyata rasa nyeri tersebut disebabkan oleh gigitan seekor semut.

Baca cerita selengkapnya tentang kisah seorang Nabi dan seekor semut disini.

Nilai-nilai yang bisa kita petik dari kisah ini adalah:

Jangan terburu-buru dalam memutuskan sesuatu, karena jika diputuskan dengan tergesa-gesa akibatnya pasti akan kurang baik, jangan ragu juga untuk menegur seseorang jika memang kita melihatnya salah.

Cerita Anak Islami Lucu

Cerita Anak Islami Lucu
toriqa.com

Kisah Peramal Yang Cerdik Dan Sang Raja

Pada suatu malam, ada seorang raja yang terbangun dari tidurnya, ia kaget karena baru saja mengalami bermimpi buruk.

Dengan nafasnya yang terengah-engah, sang raja itu bangkit lalu berteriak memanggil seorang hulubalang kerajaan, “Panggil peramal istana sekarang juga, cepat” perintah sang raja kepada hulubalang.

Tidak lama setelah itu, seorang peramal kerajaan pun datang menghadap, sang Raja pun langsung menceritakan mimpi buruk yang di alaminya kepada si peramal.

Hikmah dibalik cerita peramal dan sang raja ini adalah:

Jika kita ingin berbicara atau sekedar ingin menyampaikan sesuatu, alangkah baiknya jika kita memikirkannya secara matang, dampak positif dan negatifnya untuk diri kita maupun orang lain

Kisah Si Belang, Si Botak dan Si Buta

Al-kisah pada jaman dahulu, ada tiga orang dari bani israil, yaitu si Belang, si Botak dan si Buta, suatu ketika Allah ingin menguji mereka bertiga.

Allah pun mengutus Malaikat kepada si Belang, Malaikat pun bertanya ” dalam hidup ini apa kira-kira yang paling engkau inginkan?”

“Aku ingin sembuh dari penyakitku dan aku ingin mempunyai kulit yang indah, agar orang tidak lagi jijik melihatku” kata si Belang berharap.

Langsung malaikat pun mengusap sibelang, dan ajaib seketika cacat nya pun hilang, kulitnya kembali bersih dan bercahaya.

Makna cerita pendek islami dari kisah si belang, si botak dan si buta adalah:

Kita harus sadar bahwa apapun yang kita miliki ini semuanya adalah titipan, sewaktu-waktu pasti akan ditarik kembali oleh sang maha pemberi. Untuk itu kita harus rela dan ikhlas menerimanya

Cerita Anak Islami Tentang Kebersihan

Cerita Anak Islami Tentang Kebersihan
Gaya.Tempo.com

Tukang Kebun yang Rajin Sedekah

Pada suatu hari, ada seorang musafir yang sedang melakukan perjalanan dia sedang berjalan di padang pasir, tiba-tiba saja seorang musafir itu mendengar suara dari langit, “Siramilah kebun milik si Fulan.”

Setelah sang musafir itu mendengar suara tersebut, tiba-tiba turun hujan dengan sangat deras menyirami kebun milik si Fulan.

Si Musafir akhirnya dibuat keheranan, oleh karena rasa penasarannya si musafir pun mencari pemilik kebun tersebut.

Baca kisah selengkapnya tentang tukang kebun yang rajin bersedekah di sini.

Apa makna positif yang bisa kita ambil dari kisah yang satu ini?

Sejatinya dunia ini adalah ladang untuk kita menanam dan menebar kebaikan (Amal) sebagai bekal kita kembali nanti, salah satunya adalah dengan bersedekah. Kita juga perlu tau bahwa di balik harta kita itu ada hak-hak anak yatim, orang miskin dan yang membutuhkan, untuk itu kita harus senantiasa bersedekah.

Kisah Gagak, Rubah dan Sapi yang Saling Mengingatkan Soal Kebersihan

Al-kisah hiduplah 3 kawanan hewan yang saling berteman baik, yaitu Gagak, Rubah dan Sapi.

Tampa sengaja suatu waktu si gagak melihat rubah sedang membuang sampah sembarangan di selokan pinggir jalan, langsung saja gagak menghampiri si rubah dan bertanya.

Gagak: Rubah, kamu jangan sekali-kali buang sampah sembarangan, karena ini bisa bikin banjir nanti!.

Rubah: Ah..Jangan cerewet kamu, Gagak!.

Tak lama kemudian Sapi pun datang, lalu menyahut.

Lihat cerita selengkapnya tentang kisah tiga kawanan hewan ini di sini.

Cerita Anak Islami Tentang Akhlak

Cerita Anak Islami Tentang Akhlak
toriqa.com

Kisah Nabi Tentang Sifat Iri dan Dengki

Pada suatu ketika, nabi besar Muhammad sedang duduk berkumpul  bersama para sahabatnya.

Dan tiba-tiba beliau berkata pada para sahabat, ” Apakah kalian ingin tau seorang ahli syurga, sebentar lagi, salah satu ahli syurga akan muncul di hadapan kalian. ” .

Seketika para sahabat nabi pun terdiam, mereka memandang dengan penuh penasaran, akhirnya mereka bertanya, siapa yang kira-kira yang di maksud Nabi dengan calon penghuni syurga?

Tidak lama setelah itu lalu, muncullah seorang laki – laki dengan berpenampilan sederhana dihadapan mereka.

Baca selengkapnya tentang Kisah sahabat Nabi dan Sifat Iri dan dengki di sini.

Pengemis Buta dan Kemuliaan Akhlak Rasulullah SAW

Dulu di zaman Nabi, ada seorang pengemis buta  yang rumahnya berada di sebuah sudut jalan, dia setiap harinya selalu mengumpat Rasulullah SAW.

Ia mengatakan kepada setiap orang yang ditemuinya, “Wahai saudaraku, jangan sekali-kali mendekati Muhammad, dia adalah orang gila, pembohong, tukang sihir, jika kalian mendekatinya maka kalian akan terpengaruh!”

Setiap hari orang itu selalu mencari-cari kesalahan rosululloh, bahkan menengadahkan tangan dan mengumpat meneriakkan kata-kata kasar berulang kali.

Namun meski demikian, hampir setiap hari pada pagi harinya selalu ada seorang pria yang mendatangi pengemis sambil membawakannya makanan. Pria itu tanpa berucap sepatah kata pun, langsung menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis buta itu.

Baca kisah selengkapnya tentang pengemis buta dan kemuliaan akhlak rosululloh SAW.

Itulah beberapa kumpulan artikel tentang kisah-kisah teladan Islami yang bisa Anda akses dengan mudah. Jangan lupa untuk senantiasa memberikan wawasan edukasi yang baik untuk si kecil agar tumbuh kembangnya bisa positif.

Tinggalkan komentar