11+ Cara Menentukan Judul Skripsi : Panduan Cerdas Untuk Mahasiswa

Dalam artikel ini saya akan share bagaimana cara menentukan judul skripsi yang baik dan benar.

Seperti yang kita tau, dalam membuat skripsi dengan bimbingan dari dosen, setiap mahasiswa sebelumnya harus sudah menentukan dan membuat judul skripsi yang hendak mereka buat.

Dalam mencari dan menetukan judul juga harus dilakukan dengan hati-hati, karena itu adalah awal dari berhasil tidaknya Anda dalam membuat skripsi, saran saya jika Anda kesulitan mencari ide, carilah refrensi judul skripsi untuk membantu Anda mendapatkan judul terbaik.

Setelah selesai menentukan judul skripsinya, maka selanjutnya judul tersebut diajukan ke dosen untuk dinilai kelayakannya.

Setelah mendapatkan persetujuan dari dosen untuk memulai membuat skripsi berdasarkan judul tadi, maka saatnya anda memulai tugas inti Anda membuat skripsi sesuai kemampuan dan tingkat kreatifitas anda.

Semakin cepat judul skripsi disetujui sama dosen, maka akan semakin cepat pula progres skripsi yang Anda kerjakan untuk selesai  

Cara Mencari Judul Skripsi

Cara Mencari dan menentukan Judul Skripsi
toriqa.com

Cara menentukan judul skripsi tidak semudah yang dibayangkan dan dibicarakan banyak orang.

Faktanya mencari judul bisa menghabiskan waktu lama dan membingungkan. Kamu ketahui bahwa judul adalah salah satu unsur penting dalam skripsi.

Tanpa judul yang jelas dan spesifik mungkin skripsi akan tidak tentu pembahasan dan objek yang akan diteliti.

Lakukan Penelitian Daerah Sekitar

Langkah pertama, lakukan pengamatan atas kondisi sekitar. Sebelumnya Kamu harus yakin bahwa inspirasi dapat datang dari tempat dan waktu seseorang berada.

Selain itu, hal yang menurut Kamu sederhana bisa jadi adalah pokok dasar yang dapat Kamu jadikan bahan judul.

Seperti banyak orang yang membuang sampah sembarang. Walaupun di tempat tersebut terdapat tempat sampah dan tulisan akan peraturan membuang sampah.

Dari situlah Kamu bisa membuat banyak pertanyaan dari kejadian yang sudah dilihat.

Kesempatan itulah inspirasi sudah muncul di pikiran Kamu dan tugas Kamu cukup mengolah dan mengembangkan saja.

Jadi Kamu bisa mengaitkan permasalahan yang ada dengan jurusan yang saat ini Kamu ambil. Selebihnya jangan berhenti berpikir saat pikiran dan inspirasi baik di waktu tersebut.

Menganalisa dan Mencatat Hal Hal yang Penting

Langkah kedua adalah mencatat sesuatu yang menarik. Jika Kamu banyak mengamati kejadian sekitar dan inspirasi muncul seperti contoh di atas.

Sebaiknya untuk mencatat hal-hal yang penting dan pemicu ide muncul. Karena dengan mencatat adalah cara utama untuk menghindari lupa dan bertanya kembali.

Mencatat di zaman sekarang juga tidak harus Kamu persiapkan alat tulis menulis tetapi dengan android ataupun elektronik lain yang Kamu bawa.

Setelah data yang selama ini Kamu amati dan catat banyak. Sebaiknya lakukan pengelompokan sesuai dengan kriteria dari objek kajian.

Adapun tujuan pengelompokan tersebut Kamu bisa mudah untuk memilih dan memilah topik yang pas untuk dikaji.

Dan hal tersebut bisa mempermudah Kamu untuk menganalisis objek tertentu.

Proses Menentukan Topik yang Sudah Dianalisa

Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis kritis terhadap topik atau objek yang sudah dipilih.

Misalnya mempertimbangkan hal yang mungkin terjadi jika Kamu meneliti objek tersebut. Mulia dari tempat, biaya, dan perlengkapan penelitian lainnya.

Disamping itu Kamu harus membaca literatur untuk memperkuat ide yang akan kamu teliti. Baik dari buku, kutipan, jurnal, maupun artikel yang bersangkutan.

Apabila Kamu sudah selesai menganalisis dan menurut Kamu hal tersebut baik dilakukan. Maka langkah selanjutnya adalah menyusun judul yang unik dan menarik.

Karena dengan menariknya judul yang Kamu buat dosen akan berfikir jika Mahasiswa mengikuti pengekmbangan dan permasalahan yang ada.

Sehingga tidak ada persamaan dari judul maupun penelitian sebelumnya. Kalaupun ada sebaiknya Kamu membaca dan temukan perbedaannya.

Cara Menentukan Judul Skripsi agar Menemukan Judul Skripsi yang Bagus

cara menentukan topik disertasi, makalah dan skripsi yang bagus
Pixabay

Temukan Masalahnya dan Tentukan Judulnya

Biasanya dalam menyusun skripsi, sebagian mahasiswa masih mengutamakan pemilihan judul yang menurut mareka baik, lalu melakukan analisa atau observasi lapangan, padahal sebenarnya metode seperti itu kurang tepat.

Seharusnya hal yang paling efektif untuk mereka lakukan terlebih dahulu adalah mencari sebuah topik permasalahan atau topik penelitian yang nantinya dapat diangkat menjadi judul skripsi.

Mengapa demikian? karena dengan menentukan suatu topik skripsi yang berasumsi dari suatu masalah membuat anda lebih leluasa dalam mengembangkan ide, metode serta solusi dalam membuat skripsi.

Tentu berbeda jika anda menentukan judul skripsinya terlebih dahulu, baru kemudian mencari permasalahan di lapangan, karena bisa jadi judul yang telah anda pilih itu tidak memiliki fakta yang kontekstual di lapangan.

Sehingga kemungkinan apa yang akan dibahas nantinya di dalam skripsi anda adalah masalah yang dibuat-buat atau manipulasi, itu tidak bagus.

Relevan Dengan Disiplin Ilmu Anda

Selanjutnya yang harus menjadi pertimbangan adalah topikya harus relevan, mungkin tips ini sudah anda pahami semua.

Namun tidak ada salahnya jika saya kembali membahasnya dalam artikel ini, bahwasanya dalam mencari dan menentukan judul, topik ataupun tema skripsi sebaiknya disesuaikan dengan disiplin ilmu anda, agar anda bisa menjadi lebih expert dalam menyusunnya.

Skripsi yang dibuat sesuai dengan displin ilmu yang anda geluti, itu akan membuat anda bisa mendapatkan ide, solusi dalam proses penyusunan skripsi anda dengan cepat.

Pilih Judul, Tema Atau Topik Skripsi yang Dapat Anda Selesaikan Tepat Waktu

Pilih Judul, Tema Atau Topik Skripsi yang Dapat Anda Selesaikan Tepat Waktu
toriqa.com

Jangan membuat skripsi yang teramat rumit dan sulit untuk dikerjakan atau dselesaikan hanya sekedar ingin dianggap hebat sama teman-temannya, karena hal tersebut bisa berefek pada rentang waktu penyelesaiannya yang cukup lama.

Maka dari itu, pertimbangkan penggunaan waktu dalam mengerjakan judul skripsi, pilihlah judul skripsi yang dapat anda selesaikan.

Jangan sampai anda memilih judul yang sebenarnya akan menyulitkan diri anda sendiri dengan kobinasi beberapa variabel sehingga di tengah proses penyusunan skripsi, anda malah memilih menyerah dan hendak mengganti judul skripsi.

Itu benar-benar keputusan yang salah dan bahkan fatal jika sampai waktu Anda kemakan banyak akibat kesalahan tersebut.

Saran saya, bijaklah dalam memilih skripsi.

Mencari Referensi Judul Melalui Skripsi yang Telah Ada

Jika anda ingin memilih judul skripsi, saran saya cobalah perbanyak membaca skripsi milik para senior dikampus anda, yang sudah menyelesaikan kuliahnya.

Anda juga bisa sesekali mempergunakan waktu luang anda untuk berjalan-jalan ke perpustakaan untuk mencari refrensi.

Selain itu Anda bisa juga googling mencari ide-ide melalui topik-topik skripsi yang sebelumnya sudah ditulis oleh para senior atau professional.

Perlu diingat, ide skripsi tidak hanya dengan membuat hasil karya skripsi yang baru, namun juga bisa dengan cara mengembangkan penelitian skripsi yang sudah ada, itu malah merupakan suatu pilihan yang logis yang bisa anda lakukan.

Perbanyak Turun Lapangan

Mengapa saya bisang begini, karena observasi awal dilapangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum akhirnya memilih dan menentukan judul skripsi.

Dengan melakukan observasi secara faktual akan membuat anda kaya akan informasi yang nanti dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat judul skripsi yang baik.

Kalo perlu perbanyaklah melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan ide/gagasan yang lebih banyak, dalam dan luas lagi.

Pertimbangkan Alokasi Dana yang Anda Punya

Tisp penting yang mesti dipertimbangkan dalam memilih suatu judul skripsi adalah, jangan lupa pertimbangkan aspek biayanya.

Karena seperti yang umum kita ketahui, dalam membuat atau menyusun sebuah skripsi itu biasanya kan membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai dari biaya penelitian, print, jilid, hingga ujian skripsinya.

Mak dari itu, saya menyarankan Anda agar memilih suatu judul srkripsi yang jenis penelitiannya tidak sampai menuras dana yang terlalu besar.

Rajin Semiar Ujian Skripsi

Jika anda selama ini berpikir bahwa menemukan pola penyusunan skripsi itu hanya dapat dilakukan dengan banyak membaca atau seringnya melakukan observasi lapangan, maka hal itu memang tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar juga.

Karena ada jalan lain yang cukup efektif untuk Anda lakukan dalam menyusun skripsi, yaitu dengan rajin ikut dalam kegiatan seminar skripsi yang sedang dilakukan oleh senior.

Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang mendapatkan info penting untuk diteliti dan mendapatkan ide kreatif.

Dengan adanya kegiatan semacam seminar skripsi ini, anda akan paham bagaimana pola penelitian, cara menemukan masalah dan solusi yang bisa diterapkan.

Rajin Membaca Jurnal

Jurnal merupakan saran terakhir dari saya untuk anda baca dan pelajari jika ingin mencari refrensi dalam memilih atau menetukan judul skripsi.

Iya, perbanyaklah Anda membaca jurnal-jurnal ilmiah, karena cara itu (membaca jurnal sesuai topik) akan memungkinkan Anda mendapatkan ide atau gagasan dalam penyusunan skripsi..

Pilih Judul Skripsi yang Hasil Penelitiannya Dapat Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

Jika kita melakukan sesuatu dengan niatan untuk menebar manfaat untuk orang lain, maka bahkan saya pribadi pun meyakini bahwa tuhan akan selalu memberikan kita solusi terhadap masalah yang menimpa kita, dalam hal ini termasuk dalam penyusunan skripsi.

Dalam proses mencari bahan hingga penyusunan skripsi, mungkin saja anda akan mendapatkan berbagai tantangan dan rintangan, namun yakinlah bahwa tuhan akan selalu menunjukkan jalan keluar (solusi) yang benar, karena pada awalnya niat anda adalah ingin membantu orang lain.

Pilih Beberapa Judul Skripsi Sebagai Pilihan Alternatif

Jangan lupa untuk menyediakan alternatif/solusi dalam menentukan judul skripsi untuk mengantsipasi jika nanti judul yang sudah Anda persiapkan tidak sesuai ekspektasi anda.

Jadi, pada saat anda sedang dalam proses mencari judul skripsi yang pas, sekalian pilihlah beberapa judul lain yang menurut anda relevan dan menarik sebagai cadangan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait judul skripsi yang sudah anda finalisasi.

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi
Pixabay

Latar belakang adalah kunci dari judul bisa diterima oleh Dosen. Alasannya dengan latar belakang yang kuat maka alur pikir dan penelitian pasti kuat juga.

Maka dari itu, untuk menyakinkan Dosen Kamu harus banyak membaca realita dan tentukan alasan mengambil topik kajian tersebut.

Sehingga harapannya penelitian tersebut dapat berkontribusi terhadap kejadian dan solusi kehidupan nyata mendatang.

Untuk itu Kamu harus mencantumkan literatur dalam latar belakang tersebut guna memperkuat data yang diperoleh.

Dan dengan literatur tersebut Kamu dapat menjelaskan di dalam isi latar belakang. Bahwa penelitian tersebut berbeda dengan kajian sebelumnya dan layak untuk dikaji sekarang.

Dalam pembuatan latar belakang Kamu harus bisa memisah frekuensi dan kata kunci pembahasan.

Kamu dapat menjelaskan pentingnya kata kunci dan maksud dari kata kunci tersebut diambil dalam kajian.

Selain itu variabel dari penelitian juga Kamu pilah untuk membuat fokus penelitian. Dan pastinya didasari dengan literatur yang telah Kamu baca sebelumnya.

Di dalam latar belakang jangan lupa untuk menyertakan kesimpulan sementara. Kesimpulan tersebut semata untuk lebih menyakinkan akan pentingnya penelitian tersebut dilakukan.

Dan sebaiknya untuk menyertakan judul skripsi yang telah Anda buat. Agar pembaca atau Dosen tidak mengulang dan membolak balik kertas sebelumnya.

Langkah Mengajukan Judul Skripsi

Langkah Mengajukan Judul Skripsi
toriqa.com

Keyakinan akan judul dan latar belakang Kamu sudah matang. Tidak salah jika Kamu segera mengajukan judul ke Dosen dan Ketua Jurusan.

Dengan jalan itulah Kamu tahu apakah judul tersebut dapat diterima atau masih dibenahi lagi dalam latar belakang.

Setidaknya langkah tersebut dapat memicu semangat mengerjakan skripsi dan mendorong untuk cepat lulus dengan predikat baik.

Dalam mengajukan judul Kamu harus memperhatikan beberapa prosedur yang ditentukan pihak Kampus atau jurusan.

Jika  kamu merasakan kesulitan dalam mencari atau menentukan judul skripsi yang bagus dan menarik, akan lebih baik jika kamu mencari dan mengumpulkan terlebih dahulu refrensi judul skripsi untuk dipelajari dan diambil beberapa poin pentingnya.

Misal kamu mau menggarap skripsi teknik Industri, kamu tinggal cari dulu di internet (google) contoh judul skripsi teknik Industri agar anda semakin mudah menemukan ide yang nantinya bisa kamu buat untuk membuat judul yang menarik, bahkan bisa dipelari lebih lanjut untuk mengerjakan skripsi.

Biasanya, ada kampus yang mengharuskan Mahasiswa untuk mengajukan judul disertai latar belakang penelitian.

Namun ada juga yang mengharuskan Mahasiswa untuk mengajukan judul lengkap dengan proposal penelitian.

Apapun prosedurnya yang paling penting adalah dari alasan yang Kamu pegang untuk menguatkan judul skripsi dapat diterima.

Selanjutnya setelah Kamu berhasil mendaftar, sebaiknya Pelajari lagi seputar judul dan latar belakang ataupun proposal tersebut.

Karena jika Kamu dapat menguasai betul teori yang digunakan dalam pembahasan judul, itu efeknya akan benar-benar terasa nanti pas sidang skripsi.

Dengan itu jika pertanyaan diajukan dosen terhadap judul yang Kamu ajukan maka dapat menjawab lancar tanpa terbata-bata.

Sejauh ini selain Dosen melihat tulisan latar belakang juga menilai gaya bicara dan jawaban saat menjawab pertanyaan.

Tegas adalah kunci dimana dosen yakin bahwa Kamu bisa. Jadi dalam proses pengajuan judul Kamu bertindak hebat dan yakin bahwa judul tersebut layak dan pantas bagi Kamu.

Jika kondisi mengatakan lain atau judul yang Kamu ajukan ditolak. Maka tidak perlu kecil hati dan tetap semangat untuk mengajukan judul yang kedua kalinya.

Namun dengan pengalamanan tahap pengajuan judul pertama tadi. Kamu dapat mencari solusi dan pastinya Dosen memberi arahan dan motivasi akan judul yang baik dikaji.

Selanjutnya cara pengajuan judul Kamu dapat sesuaikan dengan langkah tahap pengajuan judul sebelumnya.

Dan jika keberuntungan adalah milik Kamu saat itu. Artinya Judul dan alasan pengambilan judul diterima oleh Dosen.

Maka langkah selanjutnya adalah melaporkan kepada Dosen pembimbing penelitian. Atau Kamu bertanya kepada pusat informasi atas alur pengajuan judul yang sudah diterima.

Langkah apa yang harus ditempuh untuk mendapat Dosen pembimbing dan hal penting lainnya. Dan berkas apa saja yang harus dilengkapi dalam proses tersebut.

Karena kembali di awal bahwa setiap Kampus memiliki kebijakan tersendiri dan jarang mengalami persamaan.

Dan apapun itu pasti dan yakin saja bahwa hal tersebut mudah dilakukan.

Walaupun Kamu menganggap hal tersebut rumit dilakukan maka berpikirlah jika rangkaian cara merupakan syarat untuk Kamu lulus.

Dan memang betul judul adalah satu unsur yang tidak dapat disepelekan untuk Kamu lulus.

Berikut gambaran metode mencari judul dan tahapan pengajuan judul.

Semoga artikel dapat membantu Kamu untuk menyelesaikan pembuatan judul skripsi. Harapannya dapat memotivasi Kamu agar senang dalam mencari judul skripsi.

Akhirnya dapat membuka motivasi dari siasat untuk meyakinkan Dosen atas judul yang telah dibuat.

Tinggalkan komentar