Lankah Menanam dan merawat cabe

Cara Menanam Cabe Yang Benar Agar Hasil Melimpah [ Tips Dan Penjelasannya ]

Tanaman cabe adalah tanaman yang biasa tumbuh di sekitar kita bahkan banyak yang sudah tau tentang cara menanam cabe, baik hanya untuk ditanam atau untuk usaha.

Cabe hampir kita bisa kita jumpai di setiap makanan di indonesia, karna mayoritas masyarakat indonesia pecinta pedas. Tidak heran apabila harga cabe lagi naik pasti akan terjadi kehebohan di masyarakat.

Maka dari itu jika anda punyak sedikit lahan saja anda bisa memanfaatkannya untuk menanam cabai. Lebih baik bisa langsung memetiknya dari pada harus membeli bukan?

Cara menanam cabe juga tidak terlalu sulit, berikut langkah langkanya lengkap kami jelaskan untuk anda:

 Penentuan Lokasi Penanaman

Tips budi daya cabe
Belajar Tani

Menentukan letak penanaman adalah hal krusial yang harus dilakukan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai yang berjalan dengan sempurna.

Maka dari itu berikut ada 6 syarat lokasi menanam yang mesti terpenuhi:

  1. Harus berada diatas permukaan tanah antara 300-2.000 mdpl;
  2. standart temperatur suhunya yang ideal adalah  24027 deraja Celsius;
  3. Pastikan juga agar kelembapannya tidak terlalu tinggi;
  4. Lokasi penanaman cabe bisa dilakukan di atas sawah bekas menanam padi atau pun tegalan yang tanahnya gembur, kaya akan unsur hara, dan memiliki persediaan air tanah yang cukup untuk tumbuh kembangnya;
  5. Cahaya matahari harus selalu terkena ke lokasi penanaman secara langsung sepanjang hari.
  6. Untuk PH tanahnya haruslah netral, yakni berkisar antara 5 hingga 7.

( Baca Juga: Cara menanam Kangkung hidroponik )

 Pemilihan Bibit Cabai

Tips Budi daya tanaman cabe
Kbr.id

Setelah proses penentuan lokasi sudah siap, setelah itu barulah saatnya untuk proses pemilihan bibit cabai.

Mencari bibit cabai yang berkualitas adalah syarat penting untuk pertumbuhan tanaman cabai yang sehat untuk itu dalam mencari bibitnya pun tidak boleh sembarang ada.

Mencari bibit cabai yang berkualitas adalah syarat penting untuk pertumbuhan tanaman cabai yang sehat

Cara memilihnya  juga cukup sederhana yakni cukup kupas cape yang terlihat segar kemudian ambil bijinya.

Setelah itu lalu anda jemur di bawah sinar matahari hingga biji cabainya kering.

Jika anda tidak mau repot dalam pengambilan biji cabai, anda bisa saja membeli bibit cabai di toko terdekat.

 Tahap Menyemai Cabe

Cara menyemai cabe
Intisari Online

Setelah bibit cabai sudah siap langkah berikutnya adalah dengan menyemai cabe. anda bisa menggunakan polybag yang berukuran kecil sebagai media penyemaian.

Masukkan tanah dan juga pupuk kedalam polybag kemudian campur hingga tingginya menyamai tinggi polybag.

Selanjutnya masukkan bibit cabe pada polybag kemudian siram setiap hari. Untuk lebih rinci lagi, berikut ini cara menyemai bibit cabe suaya cepat tumbuh:

  1. Siapkan tempat media Polybag untuk penyemaian.
  2. Masukkan pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 3:1.
  3. Letakkan di tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.
  4. Rendam bibit didalam air hangat selama 3 jam.
  5. kemudian letakkan benih cabai pada polybag dan tutupi benih dengan tanah kira-kira 1 cm saja kedalamannya.
  6. Tunggu sampai benih berkecambah.
  7. Kemudian mulai dikenakan secara langsung dengan sinar matahari.

Proses Penanaman Cabe

Cara mudah menanam cabe
Wajibbaca.com

Penting kita tau bahwa cara menanam cabe yang tepat adalah ketika cabe sudah  berumur mencapai 4 minggu, pindahkan benih cabe pada lahan yang telah disiapkan. sebelumnya jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan mencampurkan pupuk.

Anda mesti berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag supaya akarnya tidak rusak.

Jika Anda masih menggunakan polybag sebagai media tanamnya sebaiknya gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. jika tidak ada anda juga bisa menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan.

Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam cabai .

Proses Pemupukan Cabe

ketika masih dalam masa penanaman anda harus rajin memberi pupuk. Gunakan pupuk kompos supaya pertumbuhan cabe menjadi lebih organik.

Pemilihan Jenis Pupuk

Jenis Pupuk tanaman cabe
Belajar Ngeblog

Dalam penelitian para ahli tanaman menyatakan bahwa menggunakan pupuk organik jauh lebih baik dari pada menggunakan pupuk kimia.

Pengaruh dari Unsur kimia yang terkandung dalam pupuk dapat menyebabkan tanah menjadi keras dan mengganggu pertumbuhan zat hara.

Berbeda dengan pupuk organik yang memberikan efek positif terhadap tanaman, Pupuk organik memberikan manfaat terhadap daya kembang mikro organisme tanah.

Tanaman sangat membutuhkan kandungan nitrogen dan urea untuk pertumbuhan dan perkembangannya, karna hampir 70% zat yang di butuhkan tanaman adalah nitrogen.

Tapi kita juga tidak boleh mengabaikan yang 30% nya, dimana hal ini dapat di terpenuhi dengan penggunaan pupuk tanaman. Tetaplah hindari penggunaan pupuk kimia seperti urea dan npk yang berlebih supaya pertumbuhan tanaman tetap baik.

 Tahap Penyiangan Tanaman

proses penyaingan tanaman cabe
Dzargon

Penyiangan merupakan proses untuk menghilangkan tanaman benalu yang ikut tumbuh di pohon cabai.

Bagian tanaman cabai yang kering dan membusuk juga di hilangkan supaya tidak menjadi penyakit pembusukan. Penyiangan juga dilakukan terhadap daun maupun pohon tanaman yang mulai mengering dan mati.

Proses penyiangan ini perlu dilakukan supaya tanaman cabai dapat memproduksi kembali dahan maupun batang yang di potong tersebut dan di gantikan dengan daun dan batang yang lebih kuat. Proses penyiangan pada tanaman cabai jelas berbeda dengan cara penyiangan kacang hijau.

Yang terpenting untuk diperhatikan adalah jangan memangkas habis pohon cabai agar tidak mengenai sumber kehidupan dari tanaman cabai tersebut dan yang pada akhirnya akan berakhir dengan kematian tanaman cabai tersebut.

Gunakan alat seperti pisau atau gunting tanaman untuk melakukan penyiangan ini dan jangan menggunakan tangan kosong yang takut akan berpotensi mengenai batang pohon yang tidak seharusnya dihilangkan.

Seperti itulah cara menanam cabai yang benar supaya pertumbuhanya berjalan dengan baik dan cepat berbuah.

Cara Merawat Tanaman Cabai

Lankah Menanam dan merawat cabe
Bisnis UKM Kreatif

Kemudian proses keempat adalah proses perawatan cabai agar cepat berbuah dengan lebat.

Cara menanam cabe yang benar tentunya berbeda dengan cara merawat tanaman hias. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan oleh anda untuk merawat tanaman cabai supaya cepat berbuah, ulasannya seperti berikut ini:

  1. Usahakan selalu mengontrol kadar air tanaman cabai. Jangan sampai tanaman cabai anda kekurangan air karena akibatnya akan fatal dalam proses pertumbuhannya.
  2. Perhatikan juga asupan nutrisinya. Dari mulai setelah proses penanaman hingga sudah mulai tumbuh tetap jaga asupan nutrisinya dan juga air untuk tanaman cabai Anda. Kadang ada orang yang salah presepsi dan berfikir bahwa tanaman cabai yang sudah tumbuh tidak memerlukan air dan nutrisi lagi. Presepsi demikian jelas salah besar karena untuk mendapatkan hasil buah yang baik dan cepat itu tetap harus dukunga asupan air dan nutrisi.
  3. Pangkas tunas-tunas susulan yang dapat memperlambat kecepatan berbuah tanaman cabai Anda. Mungkin Anda akan merasa sayang tetapi ingat tujuan kita di sini hanya untuk memperoleh buah cabai yang cepat dan lebat bukan pohon cabai yang lebat.
  4. Memberikan penopang atau menyangga pohon cabai seperti papan atau kayu pada pohon cabai. Tujuannya adalah agar pohon cabai tetap berdiri kokoh apabila buah cabai semakin banyak dan akar cabai mulai melemah.
  5. Jagalah tanaman cabai anda dari hama atau gulma yang menggu dan menjadi penyebab matinya cabai. Caranya dengan penyiangan dan penyemprotan pestisida kepada tanaman cabai. Akan lebih baik jika cara ini Anda lakukan dengan manual saja, selain menghemat biaya cara manual juga tidak akan merusak kondisi tanah. Perhatikan pertumbuhan tanaman cabai Anda secara lebih intensif dan pahami bahwa banyak jenis gulma di tanaman cabai.

Jika cara-cara diatas sudah anda peraktekkan dengan baik, Anda pasti akan mendapatkan hasil panen yang jauh lebih baik dari cara anda sebelumnya. Tanaman cabai Anda akan cepat berbuah dengan lebat.

Cara menanam cabai dan perawatan tanaman cabai ini berbeda dengan cara menanam kentang dan perawatannya.

Masa Panen

Masa Panen Cabe
Merdeka.com

Kalau untuk jenis tanaman cabai rawit, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk panen adalah sekitar 60 hingga 80 hari.

Proses panennya bisa dilakukan terus menerus selama 2 atau 3 hari, tergantung dari seberapa banyaknya cabai yang ditanam.

Waktu panen sebaiknya dilakukan setiap pagi menggunakan gunting panen dan pilihlah cabe yang sudah matang namun tidak terlalu tua saja.

Tinggalkan komentar