Cara menyemai cabe

Panduan Cara Menanam Bayam Lengkap [ Praktis Dan Mudah Untuk Anda Peraktekkan ]

Bayam adalah sejenis sayuran yang sangat mudah tumbuh di negara kita dan cara menanam bayam juga sangat mudah di lakukan.

Bahkan anda sendiri bisa melakukannya meskipun anda bukanlah seorang petani baik untuk di budidaya, dimakan sendiri atau untuk bisnis yang menguntungkan.

Kita sudah diuntungkan dengan kesuburan tanah di negara ini jika anda tertarik untuk budidaya tanaman ini artikel ini akan membantu anda untuk memberikan refrensi tentang metode penanaman bayam yang baik.

Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk budidaya tanaman ini berikut ini kami jelaskan tahapannya untuk anda:

Jenis Jenis Bayam

Cara menanam Bayam
Kumparan.com
  • Bayam Cabut

Bayam jenis ini sering juga disebut dengan bayam Sekul atau bayam putih. Bayam cabut memiliki ciri-ciri seperti batangnya yang kemerah-merahan, ada juga yang batangnya sedikit keputih- putihan serta bunganya yang ada di bagian ketiak cabang.

  • Bayam Tahun

Bayam jenis ini disebut juga dengan bayam sekot, memiliki ciri-ciri, berdaun lebih lebar, warnanya hijau, dan bunganya terdapat dalam ujung batang.

( Baca Juga: Cara Menanam Cabe yang benar agar hasil melimpah )

Cara Menanam Bayam Dalam Polybag

Cara budidaya bayam
Belajar Berkebun

Metode tanam bayam dalam polybag adalah salah satu jenis dan metode penanaman bayam yang sering digunakan oleh para petani sayur di Indonesia ataupun di luar negeri. Hal ini karena menanam sayur menggunkan metode ini lebih praktis melakukannya di lahan yang tidak terlalu luas.

Selain itu menggunakan teknik menanam seperti ini juga sangat mudah dalam prakteknya.

Berikut ini cara menanam bayam yang mudah untuk di peraktekkan:

1. Siapkan Benih Tanaman Yang Berkualitas

Saat anda akan memulai berkebun atau menanam bayam sebaiknya anda siapkan benih yang berkualitas terlebih dahulu. caranya juga sangat mudah sekali untuk mendapatkan benih yang berkualitas, apalagi benih bayam.

Anda bisa bisa membeli bayam yang berkualitas di toko bibit pertanian. Beli dan pilihlah benih atau bibit bayam secara langsung dengan kualitas yang bagus.

Setelah benih bayam sudah anda siapkan kemudian rendamlah benih tersebut supaya anda tau mana benih yang berkualitas dan yang tidak.

Jika ada benih yang anda rendam mengapung itu berarti benih tersebut memiliki kualitas jelek, dan apa bila benih yang anda rendam tenggelam berarti kualitasnya bagus.

2. Siapkan Alat Dan Bahan

Sebelum mulai berkebun sebaiknya anda perlu mempersiapkan perlengkapanya seperti sekop, tanah yang sudah tercampur dengan kompos, media semai rockwool, polybag dan lahan.

Jika semua sudah anda siapkan kemudian anda bisa memulai proses penanaman bayam pada media polybag.

3. Lakukan Semai Benih Pada Media Semai

cara semai benih kangkung
Hidroponik Kangkung

Jika semua sudah siap untuk proses penyemaian benih. Selanjutnya anda bisa langsung menyemai pada media semai atau rockwool atau bisa juga langsung ke dalam polybagnya.

Anda bisa melakukan penyemaian pada media yang anda inginkan. Jika anda menggunakan media rockwool penggunaanya hanya satu media semai dan satu benih bayam

Jika anda menggunakan polybag anda dapat menanam 5 – 10 benih dalam satu media semai polybag dengan ukuran sedang. Siramlah secara rutin setidaknya 2 kali dalam 1 hari.

Anda bisa mengontrol penyiraman tergantung pada kebutuhan bayam terhadap air. Jika kondisi cuaca lagi mendung dan musim hujan jangan terlalu sering di siram.

4. Pemindahan Bibit Bayam Ke Media Tanam

Jika tanaman bayam yang anda tanam sudah mulai tumbuh sebaiknya anda harus sering-sering melakukan perawatan. Lakukanlah perawatan dengan memberikan pupuk dan pengobatan agar pertumbuhan dan kesuburan tanaman selalu terjaga.

Jenis pupuk yang bagus untuk anda gunakan adalah pupuk kandang karna baik sekali untuk  menambah unsur hara tanah.

Selain itu anda juga perlu melakukan perawatan terhadap timbulnya tumbuhan tanaman liar seperti rumput liar atau tanaman lain yang dapat mengganggu tanaman utama.

Tujuannya agar  nutrisi dari tanah dan pupuk serta obat tanaman lainnya tidak terbagi dengan tanaman liar tersebut sehingga pertumbuhan bayam anda bisa lebih maksimal.

5. Proses Panen

Masa panen dari sayuran Bayam sudah bisa anda lakukan saat usia tanaman sudah mencapai kurang lebih 4 minggu, cara memanennya juga ada beberapa macam tergantung jenis bayam yang di budidayakan.

Cara panen yang paling mudah ialah dengan mencabut serta akar tunggangnya atau dengan memetik bagian daun mudanya saja. karna hal tersebut akan menjaga kualitas dari rasa bayam ketika di olah.

Anda juga perlu hati – hati ketika panen dan melakukan distribusi dari kebun ke pedagang, pasar atau ke konsumen agar saat pengolahan, bayam masih dalam kondisi segar dan tidak terkontaminasi dengan bakteri atau hal lainnya yang dapat berakibat timbulnya efek negatif bagi kesehatan.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Budidaya bayam hidroponik
Gerakan menanam pohon

Yang kedua adalah cara menanam bayam hidroponik, teknik ini adalah salah satu jenis penanaman yang mudah dan bisa dilakukan untuk memanfaatkan lahan yang sempit di sekitar anda.

Cara ini biasanya dapat menghasilkan kualitas bayam yang bagus karena menggunakan sistem aliran nutrisi secara terus menerus sehingga bayam dapat tumbuh dengan subur.

Untuk melakukan penanaman bayam secara hidroponik langkah pertama yang mesti anda lakukan adalah menyiapkan peralatan berkebun secara hidroponik dan benih yang akan anda tanam dan juga media yang akan anda gunakan.

Setelah semuanya sudah siap lalu lakukanlah penyemaian benih, anda bisa melakukan penyemaian pada media rockwool tapi nanti perlu proses pemindahan benih atau bisa langsung anda semai pada media hidroponik. agar tidak perlu melakukan pemindahan bibit.

Tarulah benih yang sudah siap untuk anda semai pada media tanam dan letakkan di tempat yang teduh serta lembab agar proses pertumbuhan dan perkecambahan berlangsung lebih cepat. Pada umumnya pertumbuhan daun pada benih akan muncul ketika usia 3 hari.

Setelah daun sudah terlihat tumbuh, pindahkan media tanam ke tempat yang dapat menerima pancaran matahari langsung.

Rutinlah dalam melakukan perawatan pada tanaman bayam anda seperti menyiramnya, cek kondisi tanah dan suhu sehingga nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik.

Untuk menjaga kesuburan dan perkembangannya berikan pupuk kandang dan pupuk non organik supaya juga terbebas dari hama tanaman.

Jika anda menerapkan sistem semai pada media tanam hidroponik, anda perlu untuk memundah bibit bayam anda pada usia tanam kurang lebih 5 hari setelah tumbuh, atau setelah muncul daun kira – kira dua sampai tiga lembar daun.

Anda juga bisa menggunakan media lain yang lebih praktis seperti gelas plastik bekas dengan tambahan net pot yang diberi lubang, berikan tambahan sterofom untuk dudukan.

Setelah bayam sudah memasuki usia panen, anda sudah bisa memanennya dengan hati-hati agar kualitas bayam dari kebun anda tetap terjamin sampai ketangan konsumen.

Cara Menanam Bayam di Lahan Yang Sempit

Penanaman bayam di lahan yang sempit
Hamparan

Ada beberapa cara menanam bayam di lahan yang punya ukuran lahan sempit. Salah satu caranya adalah dengan metode hidroponik atau menggunakan polybag.

Metode ini dapat dilakukan dengan cara berkebun seperti pada umumnya, asalkan proses perawatannya diberikan dengan baik dan sesuai kebutuhan nutrisi tanaman.

Caranya yang pertama sama dengan cara budidaya bayam yang lain, yaitu memilih jenis benih yang berkualitas.

Setelah benih yang berkualitas sudah anda siapkan selanjutnya beralih ketahap menyemai pada media tanam. Anda bisa menggunakan media rockwool atau bisa lansung menggunakan media tanah.

Jika anda menggunakan media lain untuk metode semai, selanjutnya lakukan pemindahan ke media tanam hidroponik atau media pot dan polybag.

pemindahan perlu dilakukan ketika usia tanaman kurang lebih 5 hari atau setelah bayam tumbuh 4 – 5 helai daun. Pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Saat tanaman bayam anda sudah tumbuh dan dan mulai berkembang dengan baik, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala.

Perawatan yang perlu anda lakukan diantaranya adalah pemupukan, pemberian obat anti hama tanaman supaya dapat mencegah tumbuhnya tanaman liar pada media tanam anda.

Penyiraman harus anda lakukan setidaknya 2 kali sehari.

Anda sudah bisa mulai memanen bayam ketika usia bayam kurang lebih 3 – 4 minggu, sebelum bayam tersebut berbunga dan daunnya mulai menua.

Ketika sudah memasuki usia panen lakukanlah pemanenan dengan baik dan distribusikan dengan hati – hati sehingga kualitas bayam dari anda sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik.

Syarat Tumbuh Kembang Bayam

Faktor pertumbuhan bayam
IDNews.co.id

Ada beberapa cara agar pertumbuhan bayam berjalan dengan baik,langkah pertama yaitu anda harus menentukan lokasi yang baik untuk menanam bayam. Berikut syarat bagaimana menentukan lokasi  yang bagus untuk pertumbuhan bayam, seperti berikut:

  1. Hindari menanam kangkung di lahan yang memiliki curah angin yang bertiup terlalu kencang dan dapat merusak struktur tanaman.
  2. Bayam akan tumbuh sempurna bila ada di daerah dataran tinggi.
  3. Suhu Yang paling bagus untuk tumbuh kembang bayam adalah dikisaran 16 – 20 °C.
  4. Carilah tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara.
  5. Bagus bila ada di struktur tanah yang subur dan memiliki ketersediaan air yang cukup.
  6. Kisaran PH tanah berada di antara 6 – 7.
  7. Kelembapan udara yang di butuhkan untuk pertumbuhan bayam adalah 40% – 60%.
  8. Memiliki curah hujan sekitar 1500 mm/th.
  9. Membutuhkan pancaran sinar matahari secara langsung dan bagus bila ada di lahan yang tidak ada tumbuhan yang lebih tinggi yang dapat menutupinya dari sinar matahari.

 

Tinggalkan komentar