Cara Membuat Warna Ungu, Contoh, Media yang Dipakai & Variasinya

Apakah anda sedang mencari kombinasi warna ungu? Jika demikian, tepat sekali anda berada di situs ini, karena disini kita akan kupas tuntas cara membuat dan mengkombinasikan warna ungu.

Sebelumnya, apa yang anda rasakan dan pikirkan saat melihat warna ungu? Karena tak sedikit orang yang menilai warna ungu dapat merepresentasikan sesuatu yang misterius, spiritual dan imajinatif.

Benar begitu?

Dalam sebuah buku yang berjudul Psychologie de la couleur: effets et symboliques, disana dijelaskan bahwa warna ungu dianggap sebagai sesuatu yang langka namun sangat menarik, karena jarang ditemui di alam bebas.

Warna ungu dalam palet warna ialah hasil kombinasi antara warna biru dan merah, seperti warna-warna kebanyakan.

Menariknya lagi, diketahui bahwa perasaan yang ditimbulkan oleh warna ungu mendapat campuran dan asosiasi budaya.

Warna ungu juga dianggap ada kaitannya dengan kekayaan serta kemewahan, maka tak jarang warna ungu dan kombinasinya dianggap sebagai warna-warna agung.

Hal ini juga berlaku sejak zaman kuno, dimana untuk mendapatkan warna ungu, seniman atau masyarakat harus membayar harga yang mahal.

Woww, luar biasa bukan?

Macam Macam Cara Membuat Warna Ungu Serta Kombinasi Warna Ungu

Sekarang kita akan membahas lebih dalam tentang tekniknya, tentang bagaimana cara membuat warna ungu dan kombinasinya dengan menggunakan media-media tertentu.

Mari kita mulai satu persatu.

Cara Membuat Warna Ungu Muda

Cara Membuat Warna Ungu Muda
toriqa.com

Apakah anda tau campuran warna apa saja yang mampu menghasilkan warna ungu muda?

Menurut pendapat mayorias orang, untuk membuat cat warna ungu, Anda hanya perlu mencampurkan media cat yang berwarna merah dengan warna biru.
Namun faktanya, jika Anda pernah melakukannya, pencampuran antara kedua warna tersebut nyatanya tidak selalu menghasilkan corak ungu yang diinginkan.

Sebenarnya, cara membuat warna ungu muda adalah dengan mencampur pewarna magenta, yaitu merah antara muda dan merah tua, dengan pewarna cyan (biru laut)

Jadi, jika anda sudah mencampur pewarna biru dengan ungu, maka hasilnya adalah pewarna ungu tua, dan jika anda ingin mendapatkan warna ungu muda, maka kita harus memanfaatkan pewarna semacam magenta dengan pewarna cyan.

Mengapa pencampuran antara pewarna merah dan biru tidak menghasilkan pewarna ungu muda? tentu alasannya adalah karena pewarna merah dapat menyerap cahaya hijau dan biru. Sementara pewarna biru itu dapat menyerap cahaya merah dan hijau.

Dengan pencampuran warna tersebut, mata kita hanya bisa merasakan warna merah, hijau, dan biru (warna primer)

Alasannya juga karena cahaya hijau diserap habis, sementara cahaya biru dan merah diserap sebagian, kombinasi antara pewarna merah dan biru akan menyisakan sedikit cahaya merah atau biru yang dipantulkan ke mata.

Maka hasilnya dari pantulan ini, kita akan mendapatkan warna ungu tua yang hampir kelihatan menghitam.

Namun jika anda mencoba mengkombinasikan antara pewarna magenta dan cyan, maka hasilnya akan berbeda.

Pewarna magenta hanya akan menyerap cahaya hijau dan memantulkan cahaya merah dan biru, sementara pewarna cyan akan menyerap cahaya merah dan hijau, maka akan memantulkan cahaya biru.

Gabungan dari kedua pewarna ini akan memantulkan cahaya biru dalam dalam skala banyak serta juga cahaya merah, sehingga kita akan mendapatkan warna ungu muda.

Cara Membuat Warna Ungu Tua

mengenal macam macam warna, warna ungu tua
toriqa.com

Cara membuat warna ungu tua adalah dengan mencampurkan cat permanent rose dengan cat cerulean blue.

Jangan lupa untuk menggunakan cat merah murni yang tanpa bias atau corak kuning.

Cat cerulean blue hanya mengandung sedikit bias hijau, namun pencampurannya dengan cat permanent rose ini akan menghasilkan warna ungu tua dengan sedikit corak abu-abu.

Cara Membuat Warna Ungu Pastel

mengenal warna ungu pastel
toriqa.com
Teknik membuat ungu pastel menurut beberapa pendapat orang yang pernah bereksperimen adalah dengan mencampurkan cat warna merah dan biru.

Metode 2 dari 2: Mencampurkan Beragam Corak Ungu

  1. Bikinlah corak yang tepat dengan cara mencampurkan cat sedikit demi sedikit.
  2. Tambah lagi lebih banyak warna biru untuk menghasilkan warna ungu yang lebih mencolok.

Cara Membuat Warna Ungu Dengan Cat Air

Cara Membuat Warna Ungu Dengan Cat Air
toriqa.com

Cara membuat warna ungu dalam hal ini kita hanya perlu menggunakan crayon, cara ini juga sebenarnya tidak terlalu rumit, rumus sederhananya adalah, dua warna primer yang digabungkan akan menjadi warna sekunder.

Selanjutnya, hasil pencampuran warna sekunder dan primer akan menghasilkan warna tertier. Sementara warna pigmen akan menjadi pengembangan lebih jauh dari warna-warna tresier ke arah beberapa warna cahaya.

Jika anda ingin mengetahui hasil warna dari teknik pencampuran tersebut, berikut adalah campuran warna yang bisa anda coba berdasarkan teknik diatas:

  • Mengkombinasikan antara warna biru dengan kuning akan menghasilkan warna hijau.
  • Campuran antara warna biru dengan warna merah akan menghasilkan warna ungu.
  • Mencampur antara warna warna merah dengan warna kuning akan menghasilkan warna jingga atau oranye.
  • Mencampur warna hijau dengan warna merah akan menghasilkan warna kuning.
  • Mencampur warna biru dengan warna merah akan menghasilkan warna Magenta.
  • Mencampur warna biru dengan warna hijau akan menghasilkan warna cyan.

Konsep Sederhana Dalam Pencampuran Warna

Yang pertama dan yang paling utama sebelum mempelajari teknik pencampuran warna, terlebih dahulu anda harus mengenal konsep perihal warna itu sendiri.

Sebagaimana yang sebelumnya saya bahas tentang komposisi warna, terdapat warna-warna dasar dari sejumlah warna yang tersedia.

Diantaranya adalah:

  • Warna primer yang terdiri dari merah, biru dan kuning.
  • Warna sekunder yakni ungu, hijau, jingga atau oranye.
  • Warna tersier terdiri dari aquamarine, chartreuse, marigold, vermilion, magenta, dan warna violet.
  • warna pigmen juga terdiri dari azure, violet, fuchsia, jingga, chartreuse, aquamarine.

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencampur Warna

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pakailah bahan-bahan campuran warna yang aman untuk digunakan, anda bisa menggunakan bahan pewarna alami. Seperti contoh untuk warna kuning, anda dapat menggunakan kunyit sebagai bahan yang akan digunakan.
  • Menggunakan berbagai macam media, maksudnya jangan hanya sebatas kertas saja. Anda dapat memanfaatkan tepung atau clay yang bisa berguna untuk melatih sistem motorik.
  • Beli dan sediakanlah bahan-bahan pewarna secukupnya saja agar lebih efisien dan tidak terbuang-buang bahan.
  • Buatlah kegiatan mencampur warna menjadi lebih menyenangkan, seperti mengkombinasikan dengan kegiatan menggambar, mewarnai, serta mencoreng dengan menggunakan media campuran warna yang telah disiapkan.
  • Bagi anda yang baru belajar proses pencampuran warna, sebaiknya meninggikan semangat dan motivasi, dengan menetapkan sebuah goal.

Cara Membuat Warna Ungu Violet

Cara Membuat Warna Ungu Violet
toriqa.com

Warna ungu violet atau dikenal pula dengan lembayung adalah jenis warna antara nila dan ungu.

Warna lembayung ini merupakan sebuah warna pada spektrum yang panjang, yang mana gelombang nya antara 420 dan 380 nanometer.

Kombinasi Warna Ungu Pada Desain Interior

Kita telah mempelajari beberapa teknik membuat warna ungu dengan kombinasinya. Tidak ada salahnya jika anda juga memahami lebih jauh tentang keunggulan warna ungu untuk keperluan dan kepentingan lainnya.

Seperti contohnya untuk penggunaan atau penerapan pada desain Interior.

Kombinasi warna ungu apa saja yang cocok? berikut ini kumpulan warna yang cocok untuk kombinasi warna ungu pada desain interior dan eksterior suatu rumah.

Ungu dan Hijau

Kombinasi Warna Ungu Pada Desain Interior
toriqa.com

Apakah anda punya kursi yang berwarna ungu terong dengan gaya klasik dengan bentuk cantik? coba deh padukan dengan warna hijau gelap area dinding ruang tamu.

Walaupun terlihat kontras, namun perbedaan warna yang mencolok seperti ini akan menghasilkan harmoni (paduan warna) yang sempurna.

Ungu dan Biru

Untuk membuat kombinasi pada kamar tidur yang cantik dengan nuansa intim, cobalah untuk menggabungkan warna biru dengan ungu.

Gabungan yang tepat dari warna ini sekilas akan mengingatkan kita pada warna-warna permen yang manis.

Warna palet biru, ungu dan hijau bisa menjadi gabungan warna yang indah dipandang serta menenangkan.

Ungu dan Mustard

warna Ungu dan Mustard pada interior
toriqa.com

Bagi para pecinta fashion nih, yang ingin memasukkan lebih banyak warna ungu ke dalam lemari pakaian kesayangan, coba deh untuk pertimbangkan kombinasi warna ungu ini.

Ungu dan mustard tidak hanya dapat menyelaraskan atapun menyeimbangkan laras warna satu sama lain, lebih dari itu juga dapat membuat hunian anda terasa seperti rumah-rumah kerajaan yang mewah dan berkelas.

Sangat dianjurkan untuk memakai warna ungu kemerahan supaya tone warna yang dihasilkan bisa lebih hangat.

Ungu dan Coklat

Kombinasi antara warna cokelat dan ungu sangat pas. Ungu tua seperti plum akan terlihat lebih bagus jika disandingkan dengan warna coklat, kopi, dan juga krem.

Dengan kombinasi ini, interior rumah anda akan lebih indah, dan dengan kombinasi warna ungu dengan coklat dapat menghasilkan tampilan yang lebih kalem dan eksklusif.

Ungu dan Abu-abu

Komnasi warna Ungu dan Abu-abu dalam interior
toriqa.com

Variasi atau kombinasi warna ungu akan menghasilkan tampilan yang lebih menarik dengan warna hijau dan kuning, apalagi jika dikombinasikan dengan warna netral seperti abu-abu.

Kombinasi ini akan menimbulkan kesan berkelas serta elegan namun tidak membosankan akan terlihat dari kombinasi warna ungu dan abu-abu ini.

Pastikan juga untuk memilih furnitur atau dekorasi berwarna yang sama atau tambahkan warna putih serta hijau daun untuk menciptakan kesan yang lebih natural atau alami.

Tips dan Paduan Warna Ungu untuk Hunian

Walaupun warna ungu pernah menjadi tren dalam penggunaannya sebagai desain interior dan eksterior rumah pada tahun 80-an, namun saat ini warna ungu kembali menjadi primadona dan mulai lebih banyak peminatnya.

Warna-warna ini hadir dengan lebih banyak gradasi warna, mulai dari ungu gelap, terang, tua, muda, soft hingga beberapa kombinasi warna lainnya yang juga dapat jadi pilihan dalam paduan kombinasi warna ungu untuk hunian.

Bagi anda yang butuh refrensi tambahan, berikut ini tips dan paduan kombinasi warna ungu para desain interior dan eksterior rumah.

Ungu dan Pink untuk Ruang Tamu yang Manis

Ungu dan Pink untuk Ruang Tamu yang Manis
toriqa.com

Pencampuran antara warna ungu dengan pink akan membentuk ruang tamu yang feminim dan juga manis.

Apalagi jika ditambahkan bunga berwarna ungu dengan material velvet yang dipasangkan dengan pink muda yang cerah serta bangku bermotif animal print, akan menjadikan ruangan anda tidak hanya terkesan feminim, namun juga terlihat mewah dan glamor.

Ungu dan Teal untuk Ruang Makan yang Eksklusif

Coba deh untuk menerapkan kombinasi meja ruang makan bergaya Victoria dengan kombinasi warna ungu pada bagian alas karpetnya, hal demikian akan menambah kesan klasik dan mewah pada interior ruang makan. Sebagai refrensi, lihat macam macam desain rumah dengan berbagai gaya dan model disini.

Tidak hanya itu, dengan penggunaan kombinasi dinding berwarna hijau teal akan menonjolkan sisi antik sekaligus menjadi penyeimbang yang kuat antar karpet berwarna ungu. Demikian juga dengan meja dan kursi makan berwarna kayu.

Apalagi dengan sentuhan dekorasi tirai biru dan putih untuk menyatukan nuansanya.

Ungu dan Biru untuk Ruang Baca Bergaya Kuno

Warna ini contohnya kita bisa melihat di penthouse tahun 1920-an, milik seorang dekorator bernama Alisa Bloom.

Disana kita bisa melihat contoh artistik kombinasi warna ungu gelap dengan biru gelap bersanding dengan lis warna kuning emas menghasilkan kombinasi yang antik, kuno sekaligus menawan untuk ruang baca.

Dengan konsep seperti ini menjadikan siapapun akan betah berlama-lama menghabiskan waktunya di ruangan ini.

Ungu Muda dan Ungu Tua untuk Kamar Tidur yang Saling Melengkapi

Kita bisa melihat konsep seperti ini pada rumah milik keluarga bintang kosmetik Jeanine Lobell dan aktor Anthony Edwards, kamar tidur utama ‘disegarkan’ dengan menerapkan konsep warna ungu yang bergradasi.

Ditambah dengan dekorasi tempat tidur berwarna ungu pekat, gorden merah muda, serta ungu gela, demikian dengan dinding berwarna ungu terang berpadu dalam harmoni yang amat indah.

Gradasi Warna Ungu untuk Menambahkan Tekstur pada Ruang Makan

Jika Anda ingin memiliki suasana ruang makan yang berbeda (indah dan nyaman) namun tetap monokrom dengan menerapkan warna ungu, cobalah untuk bermain gradasi.

Panorama pencampuran antara warna ungu terang, ungu gelap, akan berpadu dengan harmonis.

Untuk tata letaknya, coba tambahkan kursi dan meja berwarna satu tingkat lebih terang dibandingkan cat dinding, serta lampu makan klasik yang besar.

Penutup 

Biar membangun rumah tidak hanya sekedar membangun, maka sangat penting bagi kita generasi milenial untuk memahami beragam konsep dalam membangun hunian yang baik. Salah satunya adalah memahami konsep warna sehingga mampu menghasilkan tampilan rumah yang indah.

Kita pun nantinya bisa betah di rumah sendiri. coba deh anda lihat kombinasi warna cat kusen dan jendela terbaik disini.

Semoga pembahasan diatas bisa menambah wawasan kita semuanya, baca juga artikel selanjutnya tentang.

Tinggalkan komentar