Barang Datang Tidak Sesuai? Inilah 4 Cara Komplain J&T yang Bisa Dilakukan

J&T adalah salah satu ekspedisi terkenal di Indonesia yang sudah banyak digunakan. Namun walaupun begitu, masalah pada saat pengiriman barang tentu masih ada. Bagaimana bila barang atau paket yang dikirimkan mengalami kendala selama perjalanan? Inilah beberapa cara Komplain J&T yang bisa anda lakukan. Simak pembahasannya disini.

Barang Datang Tidak Sesuai? Inilah 4 Cara Komplain J&T yang Bisa Dilakukan

5 Cara Komplain J&T

  1. Komplain Melalui Call Center

Layanan bantuan untuk pelanggan yang dibuka selama 24 jam ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah pengiriman barang yang anda miliki. Nomor calll center J&T yang bisa dihubungi adalah  (021) 8066 1888. Komplain akan diterima lebih cepat dengan hanya menyebutkan nomor resi saja. 

  1. Komplain Melalui Email

Selain lewat telpon kepada call center, cara lainnya yang bisa anda gunakan adalah menggunakan email. Cara ini tentu akan lebih hemat bila anda tidak ingin mengeluarkan pulsa untuk menelpon layanan call center J&T. Alamat email yang bisa anda hubungi adalah jntcallcenter@jet.co.id atau jntcare@jet.co.id

Anda bisa melampirkan bukti resi dalam email tersebut dan gunakan bahasa yang sopan agar komplain J&T anda akan lebih cepat ditindak lanjuti. Anda bisa mencantumkan kalimat singkat tentang keluhan anda di bagian subjek emailnya. Kemudian anda bisa menuliskan keluhan anda yang lebih rinci dan juga identitas pengirim yang jelas. 

  1. Komplain Melalui Sosial Media

Komplain juga bisa anda ajukan dengan menggunakan sosial media. Sosial media resmi milik J&T ini akan menindak lanjuti komplain yang anda ajukan dengan menyertakan nomor resi pengiriman yang jelas. Serta jangan lupa untuk juga memberikan tulisan singkat tentang hal yang akan anda keluhkan di dalamnya. 

Beberapa akun resmi media sosial milik J&T yang bisa anda hubungi adalah seperti Facebook yaitu JT-Express-Indonesia, Akun Twitter di @jntexpressid, Instagram di @jntexpressi, YouTube di J&T Express Indonesia, WeChat di @JTExpressID dan juga LINEdi @jtexpressid. Berbagai pilihan media sosial tersebut bisa anda gunakan untuk mengajukan komplain. 

  1. Komplain Melalui WhatsApp Official

Cara Komplain J&T lainnya juga bisa anda ajukan dengan menghubungi nomor WhatsApp Official-nya. Cara praktis dalam komunikasi ini juga bisa membuat anda mengajukan komplain lebih mudah. Nomor WhatsApp official dari J&T yang bisa anda hubungi adalah di 0811-8466-188. Simpan nomor ini bila anda membutuhkannya.

Anda bisa menyimpan nomor tersebut dan pastikan bahwa akun tersebut sudah muncul tanda centang hijau yang menandakan bahwa akun tersebut terverifikasi sebagai WhatsApp Official J&T. Sampaikan keluhan dengan bahasa yang baik, kemudian petugas yang bertanggung jawab akan segera merespon komplain anda dengan cepat. 

  1. Komplain Melalui Agen atau Kantor Cabang

Cara mengajukan komplain berikutnya adalah dengan cara konvensional yaitu datang langsung ke kantor cabang J&T terdekat. Disana anda bisa menyebutkan nomor resi yang akan dilacak. Setelah itu, petugas akan membantu melacak posisi barang paket yang anda kirim tersebut sudah sampai dimana.

Baca Juga: Apa Arti Drop Point dan Fungsinya Melancarkan Layanan Pesan Antar

3 Tips Aman Mengirim Barang

  1. Pastikan packing rapi dan aman

Pengiriman barang menggunakan bantuan ekspedisi memang praktis dan lebih murah dalam biaya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengiriman. Hal yang utama adalah proses packing yang rapi dan aman untuk menghindari komplain J&T. Terlebih bila barang yang dikirimkan merupakan barang pecah belah yang mudah rusak. 

Tak hanya itu, namun paket bahan makanan atau barang lainnya juga harus disesuaikan dengan jenis packingnya. Jangan sampai barang tersebut rusak selama perjalanan karena packing yang seadanya. Pengiriman menggunakan box, lapisan bubble wrap atau bakan kotak kayu akan disarankan bila barang yang dikirimkan cukup rentan. 

  1. Pastikan alamat penerima tepat

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk memastikan proses pengiriman dilakukan dengan baik adalah dengan memberikan alamat yang jelas. Alamat pengiriman biasanya akan dicantumkan pada bagian luar paket barang. Alamat yang diberikan hendaknya ditulis dengan lebih rinci dan mudah dibaca oleh kurir. 

Alamat yang ditulis biasanya lengkap dengan mencantumkan Nama jalan, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kode pos, hingga patokan.Selain itu, anda bisa memberikan nomor handphone penerima paket yang masih aktif. Hal in bertujuan, bila paket yang dikirimkan membutuhkan konfirmasi akan bisa dilakukan dengan lebih cepat. 

  1. Gunakan layanan asuransi 

Terdapat fitur asuransi yang bisa digunakan untuk menghindari cara komplain J&T. Fitur ini bisa anda gunakan saat akan mengirimkan barang. Sehingga bila terjadi kerusakan barang selama perjalanan, maka anda akan mendapatkan ganti rugi yang sepadan. Anda juga bisa memantau proses pengiriman dengan melakukan cek resi yang diberikan. 

Itulah beberapa info penting tentang proses pengajuan cara komplain pada salah satu ekspedisi terbesar di Indonesia, yaitu J&T. Kendala selama perjalanan bisa terjadi kapan saja karena banyak faktor eksternal selama pengiriman. Proses klaim yang mudah dan penanganan yang cepat menjadi kunci bahwa pelayanannya yang baik.

Tinggalkan komentar