Memahami Cara Kerja Mesin 4 Tak Secara Lengkap Berikut Kendala & Solusi

Memahami Cara Kerja Mesin 4 Tak Secara Lengkap Berikut Kendala & Solusi

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang cara kerja mesin 4 tak.

Ada dua jenis sepeda motor yang memiliki cara kerja mesin yang berbeda, yaitu jenis mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Dan keduanya punya sistem kerja yang berbeda.

penggunaan motor 4 tak kini lebih diminati karena konsumsi bahan bakar pada motor 4 tak lebih efisien, dan yang lebih penting lagi, emisi gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Maka tak heran ya jika mayorutas motor-motor yang ditawarkan saat ini menggunakan jenis mesin 4-tak, sementara motor yang 2 tak sudah dibatasi pergerakannya, khususnya untuk wilayah perkotaan seperti Jakarta.

Baiklah, nggak usah lama-lama bacitnya, kita lanjut memahami dulu pengertian dari motor 4 tak dan bagaimana cara kerja motor 4 tak.

Pengertian Mesin 4 Tak

Pengertian Mesin 4 Tak
toriqa.com

Jenis motor dengan mesin 4 tak adalah mesin motor dengan pembakaran di bagian dalam. Dalam satu kali siklus pembakaran yang terjadi, telah mengalami 4 langkah piston.

Mesin pembakaran yang ada pada motor secara umum, memakai siklus empat langkah.

Cara kerja mesin motor 4 tak ini terdiri dari langkah hisap, tenaga dan langkah buang, serta kompresi yang secara keseluruhan membutuhkan 2 putaran poros engkol di 1 siklus mesin.

Motor 4 tak ini sering disebut dengan motor 4 langkah.

Jenis-jenis motor seperti motor bebek, skuter, matic, sport hingga motor gede sudah termasuk ke dalam jenis motor dengan mesin 4 tak.

Biasanya mesin 4 tak ini akan dipasangkan pada sistem penyemprotan bahan bakar dengan cara injeksi.

Itulah sebabnya emisi pembuangan gas pada mesin 4 tak lebih ramah lingkungan. Adanya injeksi ini bensinnya pun lebih hemat.

Namun motor-motor di Indonesia belum menggunakan sistem injeksi. Alasannya karena setiap pabrikan motor masih memakai karburator.

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Cara Kerja Mesin 4 Tak
toriqa.com

Cara kerja dari mesin motor 4 tak terdiri dari 4 langkah yang meliputi hisap, buang, kompresi dan juga kerja.

Semua langkah itu mempunyai fungsinya masing-masing yang akan menghasilkan sebuah dorongan tenaga.

Dari hasil pembakarannya, tenaganya didistribusikan pada transmisi yang nantinya akan menggerakkan roda di belakang motor hingga motor bisa melaju.

Berikut ini cara kerja mesin 4 tak dan penjelasannya secara lengkap:

1. Proses Hisap (Intake)

Proses hisap mesin motor 4 tak yaitu dengan klep hisap yang membuka dan piston yang turun, untuk kemudian menghisap campuran bahan bakar dan udara yang ada di sekitarnya.

Kemudian bahan bakar ini masuk ke silinder mesin motor.

Jumlah bahan bakar yang terbakar di dalam proses pembakaran di dalamnya akan memengaruhi produksi pada tenaga mesin motor itu sendiri.

Prosesnya yaitu piston bergerak menuju titik mati di bagian atas ke bagian bawah.

Setelah itu klep in akan terbuka, sedangkan untuk bagian klep ex akan tertutup hingga bahan bakarnya masuk ke dalam silinder.

Kruk as-nya akan berputar sekitar 180o, sedangkan untuk noken as-nya berputar sekitar 90o.

Lihat juga sistem dan cara kerja kopling mobil dan motor disini.

2. Menghasilkan Kompresi (Compression)

Tujuan dari langkah pada mesin motor 4 tak adalah untuk membuat temperaturnya meningkat hingga campuran udara serta bahannya menjadi senyawa.

Nantinya, rasio proses tersebut akan berkaitan dengan produksi tenaga dari mesin motor tersebut.

Cara kerja mesin 4 tak di langkah kedua ini adalah piston yang berasal dari titik mati bawah menuju ke atas.

Klep in-nya akan menutup dan klep ex-nya juga akan ikut tertutup. Maka gas/udara di dalam ruang bakar bisa menghasilkan kompresi.

3. Langkah Tenaga (Combustion)

Cara kerja mesin 4 tak berikutnya akan dimulai dengan menyalakan busi terlebih dulu, yang juga akan menghasilkan bahan bakar atau udara yang terbakar.

Prosesnya akan menimbulkan ledakan yang mendorong piston untuk turun menuju ke silinder bore.

Gerakan linier tersebut diubah menjadi gerakan rotasi yang dilakukan oleh kruk as lalu menuju ke flywheel.

Prosesnya yaitu terjadinya ledakan di ruang bakar akan menyebabkan piston menjadi terlempar dari titik mati bawah ke atas.

4. Proses Buang (Exhaust Emission)

Apabila proses pembakaran sudah terjadi pada motor 4 tak tersebut, maka gas bakar pun tidak harus terbuang.

Piston yang berasal dari TMB akan naik kembali ke atas dan bersamaan dengan klep buang yang terbuka.

Maka gas dari hasil pembakarannya akan terbuang ke knalpot. Pada proses ini piston juga akan naik ke TMA dari TMB. Kemudian akan menghasilkan ½ putaran kruk as atau sekitar 180o.

Siklus kerja atau cara kerja mesin 4 tak ini akan terus berulang sampai pengendara motor mematikan mesin atau kunci kontak.

Apalagi jika tidak ada percikan api yang terjadi di busi hingga mesin pun mogok atau mati.

Prinsip Kerja Motor 4 Tak

Prinsip Kerja Motor 4 Tak
toriqa.com

Hampir semua motor sport keluaran terbaru telah menggunakan mesin 4 tak.

Ada beberapa konstruksi dari mesin 4 tak yang meliputi cincin torak, katup hisap, roda penerus, silinder, poros engkol dan sebagainya.

Terdapat rangkaian proses kerja pada mesin 4 tak supaya mesin menghasilkan tenaga kerja di dalam motor 4 tak tersebut.

Pada saat katup hisap terbuka, campuran dari bensin dan udara akan masuk ke dalam silinder. Proses tersebut melalui bagian saluran katup hisap.

Campuran bensin dan udara itu akan dimampatkan dan dikompresi dengan torak yang bergerak ke TMA kemudian dibakar.

Baca juga sistem dan cara kerja rem cakram pada mobil dan sepeda motor secara lengkap disini.

Perbedaan Mesin 4 Tak dan Mesin 2 Tak

Perbedaan Mesin 4 Tak dan Mesin 2 Tak
toriqa.com

Jenis motor 2 tak memang dibatasi pergerakannya terutama di kota-kota besar seperti wilayah DKI Jakarta. Berikut ini perbedaan dari mesin 4 tak dan 2 tak yang perlu Anda ketahui.

1. Fluktuasi Getaran Mesin

Fluktuasi getaran mesin di antara kedua mesin ini berbeda karena adanya ketimpangan di dalam proses pembakaran.

Mesin 2 tak seharusnya memiliki fluktuasi getaran lebih kecil dari mesin 4 tak.

2. Prinsip Kerja

Prinsip dan cara kerja kedua mesin tersebut juga berbeda, di mana mesin 2 tak hanya terdiri dari 2 langkah kerja dalam satu siklus kerja.

Sedangkan mesin 4 tak terdiri dari 4 langkah dalam satu siklus kerja.

3. Tenaga Output

Mesin 2 tak mampu menghasilkan putaran dari setiap sekali putaran engkol. Lain halnya dengan mesin 4 tak yang menghasilkan pembakaran di dalam 2 kali putaran engkol.

4. Konsumsi Oli Mesin

Pada mesin 2 tak terdapat pemakaian oli samping yang fungsinya sama saja dengan oli mesin.

Namun pada mesin 4 tak tidak ada pelumasan dari oli samping karena pelumasan piston dan komponen mesinnya dipegang oleh oli mesin yang ada di dalam bak engkol.

5. Emisi yang Dikeluarkan

Emisi merupakan kandungan gas yang berasal dari sisa pembakaran pada mesin. Mesin 2 tak memiliki proses pembakaran yang tak efektif tetapi tenaganya lebih besar.

Sedangkan mesin 4 tak outputnya tak lebih besar dari mesin 2 tak.

6. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar pada mesin motor 2 tak lebih boros dibanding motor dengan mesin 4 tak.

Hal itu disebabkan oleh kecepatan yang tak sebanding dengan jumlah pembakaran pada mesin 2 tak.

Memahami dan mempelajari cara kerja mesin 4 tak pada motor akan membuat Anda paham cara mengatasinya, ketika ada kendala yang terjadi di area mesin tersebut.

Lihat juga komponen rem cakram pada mobil secara lengkap disini.

Kendala yang Biasa Terjadi Pada Mesin Motor 4 Tak

Kendala yang Biasa Terjadi Pada Mesin Motor 4 Tak
toriqa.com

Meskipun pada dasarnya mesin 4 tak adalah penerus dari mesin2 tak, namun itu bukan berarti sistem ini sempurna.

Sejumlah kendala terkadang masih saja terjadi, apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan mesin secara berkala. Makanya anda juga perlu paham meskipun sedikit perihal cara kerja mesin 4 tak.

Apa saja masalah yang umumnya terjadi pada mesin motor 4 tak?

Dalam lanjutan artikel ini saya akan menjelaskan sekilas untuk Anda agar anda bisa menjaga jangan sampai motor Anda mogok tampa mengetahui masalahnya.

Mesin Motor 4 Tak yang Susah Dihidupkan

Gejala lain yang bisa Anda rasakan adalah pada saat mesin motor mengalami masalah untuk menghidupkannya, atau sulit untuk di-starter. Hal seperti ini akan menambah Anda bingung ketika terjadi mogok di tengah perjalanan.

Jika Anda mengalami hal seperti ini pada motor, kemungkinan penyebabnya karena piston sudah mulai rusak sehingga membuat dinding silinder aus dan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.

Nah, jika sudah demikian maka akan menyebabkan masalah baru lagi, yakni busi yang sering mati ataupun motor yang susah sekali untuk dihidupkan.

Biasanya ciri ciri motor mengalami kasus seperti ini, dia akan memunculkan bau sangit dan bau asap knalpot yang tidak enak.

Tenaga yang Dihasilkan Menurun

Kendala lain yang mungkin terjadi pada saat mesin motor adalah tenaga motor yang tiba-tiba saja menurun, meskipun selongsong gas sudah dibetot dalam-dalam.

Hal semacam ini biasa terjadi karena komponen piston atau pada ring piston sudah tidak kuat lagi mendorong secara optimal.

Hasilnya adalah kompresi mesin juga bisa menurun, hal ini yang menyebabkan proses pembakaran jadi tidak sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan juga sangat minim.

Selain itu, akibat dari masalah ini, Anda harusnya lebih teliti lagi memperhatikan motor Anda, karena kendala yang terjadi biasanya karena pemasangan piston dan ring piston yang tidak benar.

Ingat-ingat kapan terakhir kali anda membeli komponen motor, karena usia pemakaian juga sangat mempengaruhi kinerja mesin yang menurun, jika sudah seperti ini, diservis berkali-kalipun akan tetap saja percuma.

Penurunan tenaga motor juga bisa dikarenakan motor Anda sudah sering kali melakoni kerja berat, dengan mengangkut beban yang melebihi kapasitasnya.

Kinerja Mesin Bermasalah Mengakibatkan Motor Ngebul

Jika kinerja mesin sudah dirasa kurang maksimal, biasanya bakal berakibat pada keluarnya asap putih pada knalpot motor, penyebabnya, mungkin karena piston motor yang telah oblak.

Kemungkinan lain yang bisa saja terjadi adalah karena ring piston sudah aus dan setang piston juga mengalami masalah, sehingga menyebabkan oli merembes ke ruang bakar mesin.

Pada saat oli sudah bercampur dengan bahan bakar, maka terjadilah kepulan asap yang berbarengan dengan keluarnya gas hasil sisa pembakaran dari knalpot.

Dan jika hal demikian terjadi, sebaiknya sepat – cepat Anda cek ke bengkel.

Solusi paling ringan adalah dengan mengganti ring piston, hingga persoalan yang paling berat adalah bisa jadi piston perlu diganti lagi. Tentu biaya ini tidak murah bukan.

Baiklah, itu dia pembahasan kita kali ini seputar topik Cara Kerja Mesin 4 Tak, mudah – mudahan bisa memberi manfaat. Jika ada masukan bisa anda kirim melalui kolom komentar. Dan terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar