Ingin Diterima Kerja di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMK Berikut

Anda ingin bekerja diluar negeri namun bukan lulusan sarjana? Tak perlu berkecil hati. Hal ini tentu masih bisa diwujudkan dan tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan selain sarjana bisa juga bekerja diluar negeri. Inilah 5 tips dan cara kerja di luar negeri lulusan SMK yang bisa anda ikuti sebagai kiat sukses diterima bekerja. Yuk simak apa saja.

Ingin Diterima Kerja di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMK Berikut

5 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri Untuk Lulusan SMK

  1. Memilih Negara Tujuan

Bekerja diluar negeri adalah peluang yang cukup menggiurkan terlebih bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Syarat untuk diterima bekerja di luar negeri memang cukup ketat, salah satunya adalah seperti mempunyai jenjang pendidikan yang cukup dan memenuhi kriteria. 

Banyak perusahaan luar negeri yang meminta lulusan sarjana sebagai salah satu syaratnya. Namun, untuk anda yang lulusan SMK juga jangan berkecil hati. Karena ada banyak juga perusahaan yang menerima lulusan SMK dengan berbagai syarat dan ketentuan. Sehingga anda bisa mengikuti tips agar lolos diterima bekerja di luar negeri. 

Salah satu tips dan cara kerja di luar negeri lulusan SMK adalah dengan memilih tujuan negara yang tepat. Memang tidak semua negara menerima lulusan SMK, namun masih ada negara yang menerimanya. Sehingga anda bisa mencari informasinya terlebih dahulu melalui website pencari kerja terpercaya seperti Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Luar Negeri, dll. 

  1. Bandingkan Dengan Pilihan Negara  Lainnya

Pertimbangan memilih negara tujuan bekerja disarankan untuk tidak hanya satu. Namun anda juga bisa memilih dan mempertimbangkan beberapa negara yang bisa dipilih dan juga menyediakan lowongan untuk lulusan SMK. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti besar gaji, transportasi, akomodasi hingga budayanya. 

Banyak jenis pekerjaan di luar negeri yang masih membutuhkan lulusan SMK. Beberapa profesi yang banyak dicari adalah seperti karyawan suatu pabrik, pelayanan di restoran, barista di cafe, supir antar jemput barang untuk perusahaan ekspedisi yang ada di luar negeri dan masih banyak lagi lainnya. 

Namun ada juga beberapa profesi yang bisa anda pilih bila mempunyai keahlian khusus. Beberapa profesi keahlian tersebut adalah seperti akuntan, manajemen keuangan dan bisnis dan masih banyak lagi. Pilihan profesi tersebut juga bisa menjadi pertimbangan anda dalam cara kerja di luar negeri lulusan SMK yang sesuai. 

  1. Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja Terpercaya

Banyak website yang sudah tersedia saat ini yang banyak memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan diluar negeri dengan terpercaya. Beberapa website tersebut antara lain seperti BNP2TKI, Jobserve, Linkedin, Visit Kaskus USA, Buruh Migran hingga Jobstreet. Sebelum melamar pekerjaan tersebut anda juga harus mempersiapkan syarat yang diperlukan.

Tak hanya skill namun tips lain yang penting agar anda diterima bekerja diluar negeri adalah dengan memilih perusahaan penyalur tenaga kerja yang terpercaya. Banyak perusahaan penyalur tenaga kerja saat ini yang banyak menawarkan lowongan. Namun anda harus cermat memilih perusahaan mana yang tepat dan juga sesuai dengan kriteria anda.

Baca Juga: Profesi Baru dan Banyak Peminat, Berapa Gaji Blogger? Yuk Simak Pembahasannya Disini

  1. Mempelajari Pajak dan Ketentuan Imigrasi

Cara kerja di luar negeri lulusan SMK lainnya yang harus anda ketahui sebagai informasi dasar adalah dengan mempelajari ketentuan pajak dan imigrasinya. Ada beberapa negara yang membutuhkan visa kerja dengan syarat  yang cukup banyak. Sehingga anda harus memastikan hal ini agar tidak salah memilih tujuan negara bekerja. 

  1. Tingkatkan Skill dan Keahlian

Tak bisa dipungkiri memang melamar bekerja di luar negeri mempunyai syarat dan ketentuan yang lebih banyak daripada bekerja di dalam negeri. Hal tersebut akan berkaitan dengan bahasa dan budaya Negara tujuan bekerja. Namun bukan berarti diterima bekerja di luar negeri tidak mungkin, bahkan untuk lulusan SMK. 

Salah satu tips yang bisa anda gunakan adalah dengan mengasah kembali keahlian yang anda miliki. Tak hanya itu, anda juga bisa memperbanyak skill profesional anda dengan rajin mengikuti pelatihan atau kursus. Bila anda memiliki keahlian khusus di suatu bidang, maka peluang anda diterima bekerja akan lebih lebar. 

Cara kerja di luar negeri lulusan SMK ini juga tak lepas dari skill bahasa yang anda miliki. Paling tidak anda bisa dengan lancar berbahasa Inggris. Bahasa Inggris yang digunakan secara internasional ini akan membantu anda lebih bisa mengerti instruksi kerja dan juga percakapan dengan penduduk sekitar sehari hari. 

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk sukses diterima bekerja di luar negeri. Walaupun bukan lulusan sarjana, namun peluang untuk bekerja di luar negeri juga masih terbuka lebar. Anda bisa mengikuti beberapa pelatihan dan juga mendapatkan skill khusus yang dibutuhkan untuk bekerja di luar negeri. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar