5 Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMA, Spesifikasinya di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang banyak digunakan sebagai tujuan kerja. Hal ini lantaran jika kerja di jepang mampu memberikan banyak penghasilan dengan gaji yang menggiurkan. Selain lulusan S1 kini setelah lulus SMA juga bisa kerja di Jepang. Berikut ada 5 cara kerja di luar negeri lulusan SMA di area Jepang untuk anda.

5 Cara Kerja di Jepang Bagi Lulusan SMA

5 Cara Kerja di Jepang Bagi Lulusan SMA

  1. Meningkatkan Motivasi Trelebih Dahulu

Langkah awal jika anda ingin bekerja di area Jepang adalah dengan menentukan motivasi terlebih dahulu. Sebab jika anda ingin meniti karir di Jepang tidak disarankan memiliki sifat alay dan juga manja. Namun jika anda ingin bekerja di Jepang dengan gaji besar dan hanya iseng untuk coba-coba, maka alangkah baiknya untuk berpikir dua kali terlebih dahulu.

Perlu diingat, bahwa Jepang adalah salah satu Negara dengan penghasilan yang tinggi namun juga tetap menerapkan kedisiplinan. Jika anda telah telah 5 menit saja bisa saja bakal memperoleh hukuman dari atasan. Bahkan jika anda buang sampah sembarangan jika akan di denda dengan jumlah yang besar. Maka sebelum akhirnya berangkat untuk kerja pikirkan dengan matang alasan anda.

  1. Adanya Penugasan Oleh Perusahaan di Indonesia

Cara kerja di luar negeri lulusan SMA selanjutnya adalah dengan adanya penugasan yang diberikan oleh perusahaan yang berasal dari Indonesia. Biasanya langkah yang satu ini sering diberikan oleh perusahaan swasta yang menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang. 

Biasanya ada beberapa perusahaan Jepang yang nantinya akan mengirim para karyawannya magang di perusahaan miliknya setiap tahun. Biasanya untuk lamanya sendiri bakal ditentukan oleh pihak perusahaan, ada yang hanya beberapa bulan namun juga hingga tahunan. Dengan langkah yang satu ini bisa menjadi solusi tepat untuk anda yang ingin bekerja ke Jepang meskipun lulusan jenjang SMA.

Perlu diketahui, berbicara tentang perusahaan asal jepang yang sering membuka agenda seperti itu salah satunya adalah Inoac Polytechno Indonesia. Dimana untuk jenjangnya sendiri bakal ditawarkan kurang lebih sekitar 1 tahunan. Maka dari itu, daripada cara kerja di luar negeri lulusan SMA dengan visa turis dan mencari broker, maka sebaiknya untuk mengikuti cara yang di sebutkan di atas.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Cara Kerja Di Luar Negeri Lulusan S1, Spesifiknya di Jerman

  1. Study dan Lanjut Kerja di Jepang

Langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil jenjang studi SMA di Jepang dan setelah lulus mencari kerja disana. Biasanya untuk langkah yang satu ini dulunya harus memperoleh beasiswa, karena biaya hidup di Jepang tidaklah murah, maka dari itu banyak yang datang dengan menggunakan beasiswa terlebih dahulu.

Jika anda nanti melanjutkan mencari kerja di Jepang, maka umumnya bakal disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan juga jurusan yang anda ambil. Dengan menggunakan cara yang satu ini maka anda bakal memperoleh nilai plus. Nilai plus yang dimaksud terkait cara kerja di luar negeri lulusan SMA ini adalah sudah cukup paham dengan budaya dan juga kebiasaan yang dilakukan di Jepang.

  1. Memiliki Keluarga yang Memang Warga Negara Jepang

Jika anda ingin bekerja di Jepang, maka salah satu poin penting yang bakal menjadi kelemahan adalah sudah memiliki keluarga yang ada di Jepang. Dengan anda memiliki keluarga yang sudah domisili di Jepang akan memberikan kemudahan baik dari segi mencari pekerjaan yang sesuai, membantu adaptasi budaya yang ada di sana, dan berbagai manfaat lainnya.

Dengan memiliki keluarga yang sudah menjadi masyarakat jepang juga bisa menghemat pengeluaran jika masih menunggu lamaran terpanggil. Dimana jika memungkinkan dan mendapat izin, anda bisa sementara tinggal bersama keluarga sembari belajar akan budaya masyarakat dan juga kerja di Jepang.

  1. Mengikuti Program Careworker atau Nurse

Cara kerja di luar negeri lulusan SMA yang terakhir dan bisa anda lakukan adalah dengan mengikuti berbagai serangkaian program careworker dan nurse yang memang menjadi kebutuhan bagi Negara Jepang. Hal ini lantaran saat ini jumlah lansia di Jepang kian meningkat, sedangkan untuk angka kelahiran semakin menurun.

Dengan adanya alasan tersebut, maka saat ini Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja perawat dari luar negeri untuk rumah sakit ataupun panti jompo. Biasanya bagi anda yang lulus dari jenjang SMA juga tidak menutup kemungkinan untuk lolos untuk mengikuti program yang satu ini, lantran menag kebutuhannya kian meningkat setiap tahunnya.

Namun perlu di garis bawahi, bahwasannya cara kerja di Jepang lulusan SMA disini atau lebih tepatnya sebelum mengitupi program careworker atau nurse, sebaiknya mendalami Bahasa Jepang terlebih dahulu. Minimal cara kerja di luar negeri lulusan SMA disini harus mampu berbahasa Jepang setara JLPT N4 bahkan jika bisa harus N3 bakal jauh lebih bagus.

Dari penjabaran diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasannya kini ada lima cara untuk bisa kerja di Jepang dengan beground lulusan SMA. Kalima cara tersebut antara lain adalah meningkatkan motivasi terlebih dahulu, adanya penugasan oleh perusahaan di Indonesia, study dan lanjut kerja di jepang, memiliki keluarga warga negara jepang, dan mengikuti program careworker atau nurse.

Tinggalkan komentar