4 Tips Jitu Cara Kerja Di Luar Negeri Lulusan S1, Spesifiknya di Jerman

Bekerja di luar negeri seperti Jerman sekarang ini banyak diminati oleh semua lulusan. Terlebih jika anda sudah lulus pada jenjang S1. Meskipun begitu, cara untuk bisa tembus kerja di luar negeri pastinya juga tidak mudah. Namun jangan khawatir lagi, sebab berikut ada 4 tips jitu cara kerja di luar negeri lulusan S1 untuk anda.

4 Tips Cara Kerja Di Luar Negeri untuk Lulusan S1

4 Tips Cara Kerja Di Luar Negeri untuk Lulusan S1

  1. Cek Jurusan dan Juga Universitas Terlebih Dahulu

Jika berbicara tentang cara kerja di luar negeri dengan bekground lulusan S1 adalah dengan cek jurusan dan juga universitas terlebih dahulu. Salah satu kerja di luar negeri yang banyak diminati adalah Jerman. Jika anda ingin kerja di jerman, maka untuk ceknya bisa langsung akses Anabin.de. 

Jika langkah pertama tersebut sudah terlalui dengan baik, maka jangan lupa untuk menerjemahkan ijazah dan juga transkrip nilai dalam Bahasa Jerman. Dengan anda cek menggunakan bahasa ini, maka bakal tahu bisa bekerja dengan mudah di bidang apa. Hal ini karena dalam satu ijazah dan juga jurusan universitas sama dapat diterjemahkan dalam bidang pekerjaan yang berbeda.

Cara kerja di luar negeri lulusan S1 jika sudah selesai pengecekan, maka jangan lupa untuk melihat bagian visa. Untuknya untuk visa kerja mampu diproses apabila pekerjaan yang tengah anda melamar sesuai dengan jurusan yang dulunya di ambil semasa kuliah S1. Maka dari itu, biasanya kompetensi di bidang kerja di sana bakal jauh selinier dengan kemampuannya.

Lalu bagaimana jika jurusan tersebut tidak tertera pada anabin? Maka salah stau cara yang bisa dilakukan adalah dengan langsung menghubungi pihak anabin. Sebab biasanya masalah seperti ini karena kurang adanya update pada situs website, maka dari itu jurusan dan juga  universitas belum tercantumkan.

  1. Lakukan Evaluasi Ijazah yang Didapat pada Jenjang S1

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi pada ijazah. Dalam proses evaluasi pada ijazah ini anda bisa dengan mudah untuk menghubungan ZAB. Dengan cara kerja di luar negeri lulusan S1 dan menghubungi bagian ZAB ini, maka ijazah bakal dievaluasi dengan bobot Bahasa Jerman yang terstandarisasi.

Jangan lupa dalam hal ini juga bakal memerlukan bagian legalisir ijazah dan pastinya juga transkrip dalam bentuk Bahasa Indonesia dan juga Jerman. Tidak hanya itu saja, anda juga bakal membutuhkan sertifikat BAN-PT pada saat masih kuliah, dan juga formulir pengajuan evaluasi agar bisa menembus kerja di luar negeri.

Dalam proses evaluasi ini, maka bakal membutuhkan biaya kurang lebih sekitar EUR 200 atau setara dengan 3,42 juta rupiah. Umumnya untuk proses ini juga bakal memakan waktu yang bisa dikatakan lama, yaitu sekitar 3 bulanan setelah biaya bisa masuk. Namun jika dalam keadaan mencekam seperti pandemi, cara kerja di luar negeri lulusan S1 bakal membutuhkan waktu yang lebih lama.

  1. Melihat Daftar Pekerjaan dan Juga Belajar Bahasa Jerman

Bagian penting lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan melihat daftar pekerjaan dan jangan lupa untuk belajar Bahasa Jerman. Bagian yang satu ini sangatlah perlu untuk diperhatikan, karena dengan bekerja di sana maka diharapkan juga harus paham terkait bahasan sehari-hari yang digunakan pada perusahaan atau instansi terkait.

Maka dari itu, salah satu syarat yang nantinya harus dikuasai oleh lulusan S1 yang bakal melamar kerja di Jerman adalah adalah harus mahir berbahasa Jerman dan sudah memperoleh sertifikat A1 guna visa kerja, walaupun cara kerja di luar negeri lulusan S1 nanti di lingkungan menggunakan Bahasa Inggris. Lalu pekerjaan lain seperti guru, pilot, dan lainnya bakal membutuhkan kualifikasi lain.

Baca Juga: Ingin Diterima Kerja di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips dan Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMK Berikut

  1. Biasanya untuk Pekerja Regulated Profession

Bagian lain yang tidak kalah penting dan harus diketahui adalah bahkan beberapa pekerjaan yang ada di jerman bakal disebut dengan regulated profession. Jika anda ingin bekerja di bagian regulated profession, maka bakal membutuhkan waktu yang bisa dikatakan jauh lebih lama lagi daripada yang biasanya. Namun semua bakal terbayarkan jika nada nanti bisa bekerja di luar negeri.

Jika lulusan S1 ini ingin meniti karir di Jerman dengan regulated profession, maka setelah menyelesaikan ketiga cara diatas, amka diwajibkan untuk menghubungi ZAV. Apabila sebelumnya ZAB adalah lembaga yang nantinya akan mengevaluasi ijazah para lulusan S1, maka untuk ZAV mengevaluasi kualifikasi para pekerja dari luar Jerman.

Pada bagian cara kerja di luar negeri lulusan S1 ini, bakal memakan waktu yang bisa dikatakan cukup lama yaitu sekitar 4 bulanan. Setelah anda bisa melewati proses yang satu ini, maka para pekerja bisa memanfaatkan surat pernyataan dari ZAV tersebut guna mulai melamar pekerjaan yang ada di seluruh wilayah Jerman.

Tinggalkan komentar