8+ Cara Cek RAM Hp Samsung Semua Type [Cepat & Mudah]

Cara Cek Ram Hp Samsung – Saat ini smartphone sudah banyak digunakan tidak hanya oleh mereka yang sudah dewasa saja, melainkan juga anak-anak sekolah sudah menggunakan perangkat smartphone untuk memudahkan berbagai macam aktivitas.

Selain bisa memudahkan melakukan tugas sekolah ataupun pekerjaan, smartphone nyatanya berguna untuk dijadikan sarana hiburan. Produk smartphone yang cukup terkenal dan banyak di gunakan yaitu Samsung.

Benarkah Performa Smartphone Dapat Dipengaruhi oleh Kapasitas RAM?

Manfaat Ram Untuk Smartphone

Beberapa Cara Cek RAM Hp Samsung
toriqa.com

Performa dari sebuah HP akan di pengaruhi oleh kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP tersebut.

Begitu juga dengan ponsel Samsung. Semakin besar kapasitas yang di miliki oleh Samsung Anda, maka performanya juga akan makin nyaman.

Hal tersebut di karenakan RAM ini memiliki peranan yang penting dalam mengatur memori saat melakukan multitasking maupun tengah bermain game.

Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara cek RAM Hp Samsung.

Masing-masing tipe HP Samsung mempunyai kapasitas berbeda untuk RAM-nya.

Namun performa dari sebuah smartphone nyatanya tidak hanya bergantung dari kapasitas dan kinerja RAM saja, karena juga terdapat prosesor memori internal dan lain sebagainya yang akan mempengaruhi performa.

Jadi di sini jika terdapat 10 aplikasi yang tengah berjalan secara berbarengan, maka kapasitas RAM tersebut secara otomatis akan terbagi dalam sebuah aplikasi yang tengah berjalan.

Jika kapasitas RAM yang di miliki oleh HP terbilang cukup kecil, maka hal tersebut otomatis akan mengganggu performa dari smartphone ketika menjalankan tiap aplikasinya.

Supaya nantinya HP Samsung bisa menjalankan aplikasi ataupun bermain game dengan lancar tanpa kendala, maka sangat di sarankan untuk Anda memilih HP Samsung yang mempunyai ukuran RAM yang besar.

Sedangkan untuk kapasitas RAM terbesar yang di miliki oleh produk Samsung ini mencapai 16 GB. Anda bisa memperoleh kapasitas RAM itu ketika membeli Samsung Galaxy S20 Ultra 5G.

Sebenarnya disini kapasitas RAM yang mencapai 16 GB tidak terlalu dibutuhkan jika perangkat smartphone Anda hanya dipakai untuk pemakaian yang terbilang standar.

Namun jika di sini pemakaian HP Samsung Anda pakai untuk tugas yang terbilang berat, maka RAM 16GB tentu akan bisa menghasilkan performa yang sangat luar biasa.

Sebelum nantinya Anda membeli sebuah smartphone, maka wajib terlebih dahulu untuk mengetahui spesifikasi dari perangkat tersebut supaya tahu mengenai berapa besar memori, kecepatan prosesornya dan kapasitas RAM.

Anda bisa melakukan pengecekan tersebut dengan cara cek RAM Hp Samsung yang terbilang muda.

Bagaimana Cara Cek RAM HP Samsung?

Bagaimana Cara Cek RAM HP Samsung
toriqa.com

Untuk bisa mengetahui ukuran RAM HP Samsung, maka di sini Anda perlu mengetahui bagaimana cara cek RAM Hp Samsung.

Terdapat berbagai cara Anda nantinya bisa melihat secara langsung dari fitur yang tersedia Samsung menggunakan pihak ketiga berupa aplikasi tambahan.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai apa saja cara cek RAM Hp Samsung yang bisa di lakukan dengan mudah dan praktis, maka akan di ulas secara lengkap di bawah ini.

Buka Menu Setting

Langkah pertama Anda perlu membuka menu setting yang terdapat di perangkat smartphone Anda. Menggunakan cara ini memang terbilang cukup mudah, karena memang nantinya Anda bisa melihat RAM melalui fitur device care yang tersedia di bagian menu setting HP Samsung.

Pilih Menu Perawatan Perangkat atau Device Care

Cara cek RAM Hp Samsung di sini Anda perlu masuk ke dalam menu pengaturan, maka berikutnya Anda cari menu bernama perawatan perangkat atau dalam bahasa Inggrisnya device care lalu pilih menu tersebut.

Pilih Memori

Untuk dapat melihat berapa ukuran RAM HP Samsung milik Anda, maka Anda harus menuju salah satu menu di bagian memori. Fitur dari di device care bisa langsung memperlihatkan total kapasitas ruang RAM serta total RAM yang sudah Anda pakai.

Sehingga para pemakai smartphone Samsung akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan RAM untuk tipe HP Samsung miliknya.

Cek Total Kapasitas Serta Sisa RAM

Untuk bisa mengetahui informasi yang lebih mendetail lagi mengenai total kapasitas RAM berapa serta sisa RAM yang tersedia, maka Anda dapat membuka menu memori. Dari menu tersebut nantinya informasi tersebut bisa Anda peroleh.

Jika pemakaian RAM di rasa terlalu banyak dan sisa yang tersedia relatif sedikit, maka sangat di sarankan bagi Anda untuk segera membersihkan RAM dengan cara menekan clean now.

Jika anda mengalami semacam lupa pasword, lupa email atau ingin merestart Hp Samsung untuk mengatasinya, silahkan simak langkah-langkahnya disini.

Pengecekan RAM Menggunakan Memory Booster

Pengecekan RAM Menggunakan Memory Booster
toriqa.com

Anda bisa memakai fitur bawaan HP Samsung, cara cek RAM Hp Samsung juga bisa di lakukan dengan menggunakan memory booster.

Memory booster merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh di Play Store. Proses pengunduhan aplikasi ini memang gratis tanpa berbayar.

Ketika pertama kali Anda menjalankan aplikasi memory booster tersebut, maka nantinya Anda akan di tampilkan informasi mengenai RAM secara lengkap. Baik itu sisa RAM HP Samsung Anda, pemakaian RAM dan juga total kapasitas RAM HP. Selain itu juga tersedia informasi mengenai statistik pemakaian RAM dan juga memori internal.

Lihat juga : cara reset Hp samsung: Panduan lengkap dan simple.

Cara Cek RAM HP Samsung dengan CPU-Z

cara cek RAM Hp Samsung yang terakhir yaitu dengan Anda menggunakan CPU Z. Aplikasi CPU Z tersebut mempunyai kemampuan dalam melihat spesifikasi dari sebuah smartphone secara lebih detail dan juga lengkap.

Aplikasi yang satu ini bisa Anda pakai untuk melakukan pengecekan RAM Samsung. Selain itu juga Anda dapat menggunakannya untuk melihat merek smartphone Android lainnya. Untuk bisa melakukan pengecekan, maka terlebih dahulu Anda harus mengunduh aplikasi melalui Play Store.

Setelah nantinya aplikasi CPU Z tersebut Anda download, maka Anda harus memasangnya di perangkat smartphone dengan cara di instal.

Nantinya menu akan menampilkan informasi dari spesifikasi HP Samsung antara lain yaitu model, Board, Manufactur, total kapasitas RAM, kapasitas memori internal, sisa RAM serta screen size.

Itulah tadi cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana cara cek RAM Hp Samsung.

Dengan mengetahui kapasitas total RAM, sisa RAM dan berapa banyak pemakaian RAM yang sudah digunakan, otomatis hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari kinerja HP Samsung yang lemot.

Sehingga nantinya Anda bisa membuang aplikasi yang di rasa kurang penting dan jarang sekali di gunakan.

Tinggalkan komentar