Budaya Adalah: Produk Dari Lingkungan, Simak Contoh Serta Kesimpulannya

Budaya adalah istilah yang digunakan sepanjang waktu, namun sering disalahpahami. Budaya mengacu pada cara berpikir, bertindak, dan merasakan bersama yang dipelajari dari waktu ke waktu oleh orang-orang dalam suatu kelompok. Perilaku ini mungkin tidak dimiliki oleh semua orang dalam kelompok, tetapi dimiliki oleh sebagian besar anggota.

Budaya Adalah Apa yang Kita Miliki Bersama

Budaya adalah cara kita melakukan sesuatu bersama-sama. Budaya adalah seperangkat nilai, keyakinan, dan perilaku yang membentuk cara kita berinteraksi dengan satu sama lain dan lingkungan kita.

Budaya dapat didefinisikan sebagai:

  • Kepercayaan, nilai dan norma (perilaku) dari suatu kelompok atau organisasi
  • Pemahaman bersama suatu kelompok tentang apa yang dianggap perilaku baik atau buruk dalam situasi yang berbeda

Budaya adalah kumpulan perilaku yang dipelajari, nilai-nilai, kepercayaan dan praktik yang menjadi ciri khas suatu kelompok. Budaya tidak hanya merupakan produk dari lingkungan sosial, tetapi juga sesuatu yang kita semua berkontribusi sebagai individu dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Etika Adalah: Definisi, Contoh, Serta Ekspresi dalam Bersosial

Gambaran Besar Budaya

Budaya adalah produk dari lingkungan sosial.

Orang belajar berperilaku dengan cara-cara tertentu karena mereka diharapkan berperilaku seperti itu oleh orang lain. Mereka juga memiliki panutan, atau seseorang yang mereka lihat dan ikuti. Dalam masyarakat kita, selebriti sering dipandang sebagai panutan karena mereka telah berhasil menjadi besar dalam bidang pekerjaan atau bakat mereka. Budaya juga digunakan sebagai cara bagi orang untuk berkomunikasi satu sama lain dan memahami satu sama lain dengan lebih baik. Hal ini membantu mereka membentuk hubungan dengan orang lain sehingga tidak akan ada kesalahpahaman di antara mereka yang dapat menyebabkan konflik di kemudian hari jika tidak segera diselesaikan setelah ditemukan.

Contoh Budaya

Budaya dimiliki bersama oleh sekelompok orang

Budaya dapat didefinisikan sebagai kepercayaan, nilai, dan pengetahuan yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang. Artinya, budaya dimiliki bersama oleh semua anggota kelompok. Tetapi ini tidak selalu benar. Dalam beberapa kasus, beberapa anggota kelompok mungkin tidak berbagi budaya yang sama dengan yang lain. Sebagai contoh:

  • Pemerintah suatu negara mungkin memiliki satu set hukum yang berlaku untuk semua orang yang tinggal di dalam batas-batasnya – namun warga negara mungkin mempraktikkan agama yang berbeda atau mengikuti kode moral yang berbeda ketika menyangkut perilaku pribadi.
  • Sebuah keluarga mungkin memiliki tradisi yang sudah mapan untuk merayakan hari raya tertentu (seperti Thanksgiving), tetapi setiap anggota memiliki gagasannya sendiri tentang bagaimana melakukannya: satu orang mungkin mengucapkan syukur sebelum makan malam; yang lain mungkin percaya untuk bersyukur melalui keheningan; dan yang lain lagi mungkin tidak ikut merayakannya sama sekali karena dia tidak ingin ada sesuatu yang mengganggu hari-harinya dengan tugas sekolah atau tugas-tugasnya!

Budaya Berbeda Dari Ras dan Etnis

Kesimpulannya, budaya yaitu cara hidup yang dipelajari atau dibagikan yang tidak terbatas pada ras dan etnis. Budaya bisa menjadi produk dari lingkungan sosial, yang dimiliki bersama oleh setiap orang dalam suatu kelompok. Sebaliknya, ras dan etnis diwarisi dari orang tua dan anggota keluarga seseorang. Ada banyak cara untuk mendefinisikan budaya; namun, definisi ini menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan berbagai kelompok orang di seluruh dunia.

Kesimpulan

Meskipun mungkin tergoda untuk menganggap budaya sebagai sesuatu yang statis dan tidak berubah, ini jauh dari kenyataan. Budaya terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Budaya bukan hanya akumulasi dari hal-hal yang telah Anda pelajari selama hidup Anda; budaya juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial Anda – apakah itu kampung halaman Anda atau komunitas virtual online!

Tinggalkan komentar