Mengupas Besaran Gaji Kurir Shopee Beserta Cara Daftarnya

Keberadaan startup sangat membantu perekonomian Indonesia karena membuka banyak lapangan kerja. Salah satu startup yang saat ini sangat berkembang adalah Shopee. Startup tersebut sejatinya merupakan platform e-commerce yang dicintai masyarakat Indonesia. Peran kurir pun sangat besar. Lantas berapa gaji kurir shopee? Yuk intip ulasannya beserta cara daftarnya!

Mengupas Besaran Gaji Kurir Shopee Beserta Cara Daftarnya

Baca Juga: Berapa Subscriber untuk Mendapatkan Uang dan Seluk Beluk Dunia Youtuber

Gaji Kurir Paket Shopee

Pekerjaan sebagai kurir merupakan tugas yang penting dalam sebuah skema ecommerce. Kebutuhan perusahaan ekspedisi dan ecommerce terhadap kurir pun meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup  masyarakat yang suka berbelanja online dan dengan seiring berjalan nya waktu gaji kurir shopee pun akan semakin meningkat. Salah satu platform terbesar yang mempekerjakan kurir adalah shopee

Gaji seorang kurir shopee dihitung berdasarkan jumlah paket yang berhasil mereka antar. Bayaran yang diterima setiap satu paket adalah Rp 2.213. Jika dalam satu hari anda dapat mengantar paket sebanyak 80 buah maka pendapatan per hari adalah sekitar Rp 117.000. Semakin banyak paket yang dikirim maka pendapatannya akan semakin besar.

Namun jumlah 80 paket satu hari adalah jumlah rata rata yang diambil oleh kurir. Jika terus dilakukan secara konsisten maka pendapatan satu bulan bisa mencapai 2,8 juta. Namun skema perhitungan ini tergantung lokasi atau wilayah kerja kurir. Oleh karena itu, anda perlu menggali informasi lebih dalam sebelum mendaftar sebagai kurir shopee. 

Ternyata gaji kurir shopee tidak hanya itu. Anda juga akan mendapat tunjangan dan bonus. Adapun bonus yang dimaksud berupa bonus kinerja, uang makan, tunjangan perawatan kendaraan, dan uang bensin. Nominal pasti berapa besarnya bonus ini tergantung kebijakan masing masing kantor. Tidak heran jika minat untuk menjadi kurir shopee cukup tinggi.

Menurut sumber yang berhasil didapat, ternyata menjadi kurir shopee juga bisa mendapat insentif. Jadi sistemnya ada jumlah paket minimal yang harus diantara agar seorang kurir bisa mendapat insentif. Adapun jumlah minimal yang dimaksud adalah 35 paket. Besarnya insentif bisa sampai 40 ribu. Namun kebijakan terkait dengan insentif ini bisa saja  berubah tergantung perusahaan.

Pilihan menjadi kurir biasanya diambil oleh mereka yang kehilangan pekerjaannya, terutama saat pandemic. Kebanyakan kurir memilih pekerjaan tersebut karena pengguna shopee yang tampaknya terus meningkat. Promo yang diberikan shopee juga menarik sehingga membuat pelanggan merasa betah dan senang membeli paket via shopee.

Syarat Menjadi Kurir Shopee

Demi dapatkan gaji kurir shopee express, anda perlu memenuhi beberapa syarat yang diajukan oleh perusahaan. Pertama tama usia anda harus diatas 18 tahun namun dibawah 35 tahun. Pendidikan terakhir adalah SMK serta memiliki motor pribadi beserta SIM C. anda juga wajib memiliki HP dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada konsumen. 

Pihak perusahaan juga akan menanyakan apakah anda paham rute perjalanan yang ada di kota tersebut atau tidak. Jika paham rute, maka besar kemungkinan bagi anda untuk direkrut. Terakhir, setiap kurir harus sehat secara jasmani dan rohani. Anda sebagai pelamar akan melalui beberapa tahap seleksi termasuk wawancara agar pihak HRD bisa menilai kemampuan anda. 

Sejauh ini banyak anak muda yang bergabung bersama shopee express. Ternyata kegiatan menjadi kurir sangat cocok bagi mereka yang suka berkendara seperti hal nya anak muda. Bahkan mereka juga lebih mahir dalam mengoperasikan aplikasi di ponsel dibandingkan dengan yang usianya lebih senior. 

Menjadi kurir juga lebih cocok untuk anak muda karena dianggap lebih sigap ketika sedang mengendarai motor. Gaji kurir shopee yang didapat juga sesuai dengan kebutuhan anak muda seperti hal nya anak kuliah. Mereka harus handal mengendarai motor karena di bagian belakang terdapat tas besar berisi paket. Membawa mereka perlu kehati harian ekstra. 

Kerusakan yang terjadi ketika proses pengiriman akan sangat mempengaruhi review pelanggan. Kurir perlu bertanggung jawab jika ternyata barang yang dikirim tidak sampai pada pemesan. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai kurir tidak mudah dan patut untuk diapresiasi. Namun pekerjaan sebagai kurir cukup menggiurkan untuk dicoba.

Baca Juga: Gaji Youtuber Pemula dan Hal yang Dikerjakannya

Cara Daftar Menjadi Kurir Shopee

Demi menjadi kurir Shopee, anda perlu melakukan beberapa rangkaian seperti hal nya mendaftar pekerjaan yang lain. Lowongan pekerjaan kurir bisa anda temukan di website resmi karir shopee. Kemudian melamar dengan mengirim syarat yang diminta. Usahakan jika semuanya sudah terpenuhi sehingga pihak HRD bisa melakukan pengecekan dengan mudah. 

Setelah mengirim dokumen, tunggu hingga anda mendapat kabar dari shopee. Dalam rentang waktu tersebut, anda perlu aktif membuka ponsel agar cepat respon ketika mendapat telepon atau chat dari HRD. Jika anda dinyatakan lolos, maka anda bisa langsung mengambil posisi sebagai kurir shopee. Barulah setelah itu, anda bisa mendapat gaji kurir shopee sesuai ketentuan. 

Sejatinya bekerja sebagai kurir banyak sekali pilihannya. Selain shopee, banyak sekali platform ecommerce yang membuka lowongan kurir. Jika tidak bergabung bersama ecommerce, anda bisa ambil lowongan sebagai kurir paket jasa ekspedisi. Namun setiap perusahaan memiliki kisaran gaji dan peraturan yang berbeda beda, sehingga anda perlu cari tahu terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar