Job Hunter Wajib Tahu, Berikut Cara Membuat Lamaran kerja Agar Dilirik HRD

Mencari pekerjaan memang tidak mudah, kita harus siap bersaing dengan Job Hunter lainnya. Bukan hanya kualifikasi yang dipertaruhkan, tetapi cara membuat lamaran kerja juga harus diketahui. Bisa dikatakan jika lamaran kerja menjadi tiket utama untuk bisa masuk dalam dunia kerja. Dan selengkapnya, anda bisa melihat beberapa caranya berikut.

Job Hunter Wajib Tahu, Berikut Cara Membuat Lamaran kerja Agar Dilirik HRD

Baca Juga: Ingin Cepat Diterima Kerja, Intip Surat Lamaran Kerja yang Benar Berikut

Jadi apa Itu Lamaran Kerja?

Sebelum anda mengetahui cara menyusun lamaran kerja, maka anda harus tahu sebenarnya apa itu lamaran kerja. Untuk memulai karir, anda harus memperkenalkan diri serta menjelaskan maksud serta tujuan datang atau mengirim email pada perusahaan tersebut. Inilah yang disebut dengan surat lamaran dan menjadi awalan sebelum mendapatkan kerja.

Surat lamaran ini berbentuk formal yang dibuat seseorang yang sedang mencari kerja. Surat tersebut kemudian ditujukan pada pemimpin perusahaan ataupun institusi yang ingin anda tuju. Terutama pada pemimpin yang memiliki wewenang untuk menerima juga tidak menerima pelamar. Surat inilah yang akan menghubungkan anda dengan pihak yang mencari pekerja.

Langkah Langkah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

  1. Surat Ditulis Oleh Diri Sendiri

Karena yang ingin mencari pekerjaan adalah anda, maka anda juga yang harus membuat surat lamaran sendiri. Karena surat yang tidak ditulis sendiri justru akan merugikan pelamar. Bahkan bisa mendapatkan cap oleh perusahaan sebagai pribadi yang tidak jujur. Cara membuat lamaran kerja bisa dengan cara ditulis tangan maupun diketik.

  1. Penulisan Menggunakan Bahasa yang Baik juga Benar

Penulisan lamaran diharapkan menggunakan bahasa yang baik juga benar. Mengingat sebenarnya hampir semua perusahaan atau instansi ingin surat lamaran yang memiliki bahasa baik dan benar. Penggunaan bahasa yang pas akan menunjukkan keseriusan anda dalam mengajukan pekerjaan atau mengisi posisi yang sedang dibuka.

Sebaiknya anda juga menggunakan kalimat kalimat efektif serta tidak bertele tele. Pastikan anda menghindari kalimat yang tidak efektif, seperti ejaan yang salah, tata bahasa buruk dan juga kalimat yang berulang. Anda juga sebaiknya tidak sengaja membuatnya terlalu panjang, yang justru akan membuat pembaca menjadi bingung.

Baca Juga: Cari Contoh Slip Gaji? Yuk Intip 7 Komponen Penting Di Dalamnya!

  1. Impresif

Meskipun dalam surat, anda juga harus membuat kesan yang berbeda pada surat lamaran tersebut. Terutama bisa menunjukkan jati diri anda yang menarik serta kesan positif dan berprestasi. Hanya saja pastikan untuk membuat kalimat yang baik serta sopan. Karena jika tidak akan memberikan kesan yang arogan atau sombong.

Anda juga harus memastikan jika surat yang anda tulis menarik minat yang membaca. Seperti mencantumkan ketertarikan pada bidang yang masih berhubungan dengan posisi yang dibutuhkan. Cara membuat lamaran kerja satu ini terbilang efektif. Karena perusahaan akan lebih tertarik dan juga menjadi point plus karena anda sesuai dengan posisi tersebut.

  1. Siapkan Lampiran Dalam Lamaran Kerja

Agar perusahaan juga semakin yakin dengan anda, maka anda juga harus melampirkan beberapa hal. Lampiran tersebut berupa pas foto terbaru, kemudian juga fotokopi KTP, Daftar riwayat hidu, fotokopi sertifikat dan juga fotokopi ijazah terakhir. Semua lampiran tersebut akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang anda lamar.

  1. Perhatikan Struktur dalam Lamaran kerja

Terdapat struktur yang umum digunakan dalam membuat lamaran kerja. Yang pertama jangan lupa untuk menuliskan tempat dan tanggal anda membuat surat tersebut. Kemudian ditambahkan dengan kepada Yth. Nama dari orang atau perusahaan yang anda tuju. Di bawahnya silahkan tuliskan alamat dari perusahaan yang akan lamar.

Setelahnya cara membuat lamaran kerja yakni dengan memberikan salam pembuka. Dilanjutkan dengan kata pengantar, dalam bagian ini anda bisa menuliskan dimana anda bisa mendapatkan informasi terkait lowongan yang ada. Bisa melalui internet, surat kabar, teman. Jangan lupa juga untuk menyebutkan posisi anda yang anda lamar.

Berikutnya yakni menuliskan biodata pribadi anda, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor HP atau telpon, pendidikan terakhir dan juga email. Pastikan anda tidak salah menuliskan nomor telepon dan juga alamat email. Kemudian untuk pendidikan anda hanya perlu menyebutkan pendidikan tertinggi anda.

Dalam surat lamaran ini, anda juga bisa menuliskan tentang pengalaman kerja jika ada. Pengalaman kerja bisa digantikan dengan pengalaman magang ataupun yang mendukung lainnya. Kemampuan yang anda miliki juga dituliskan, tapi pastikan sesuai dengan yang dilamar. 

Barulah anda membuat penutup yang berisi keinginan besar agar bisa diterima, jangan lupa Terima Kasih. Selanjutnya cara membuat lamaran kerja adalah dengan membubuhkan tanda tangan setelah menuliskan Hormat Saya. Jangan lupa untuk menuliskan lampiran apa saja yang ada lampirkan dalam badan surat lamaran.

Membuat surat lamaran sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja perlu ketelitian yang tinggi. Anda juga harus menggunakan bahasa yang baku, lugas serta formal. Pastikan juga di dalam penulisannya tidak ada salah ketik atau salah tulis. Anda bisa menemukan banyak contoh penulisan surat lamaran kerja yang benar sebagai acuan.

Tinggalkan komentar