Menelisik Berapa Gaji Youtuber 1000 Subscriber dan Sistem Perhitungannya!

Sebelum nya saya telah menyampaikan dalam artikel yang lain tentang berapa subscriber untuk dapat uang dari youtube, nah sekarang akan saya lanjutkan pembahasan nya.

Youtuber merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk meraup keuntungan. Namun menjadi seorang youtuber tidak mudah karena perlu konten yang menarik dan tekun. Ada kalanya, youtuber perlu waktu bertahun tahun agar channel nya terkenal. Lantas berapa gaji youtuber 1000 subscriber? Yuk intip alasannya serta sistem pembayarannya sebagai berikut!

Berapa Gaji Youtuber 1000 Subscriber

Sekilas Tentang Youtube

Youtube merupakan platform yang bisa anda gunakan untuk menonton video. Lama kelamaan, youtube juga dapat digunakan untuk memasarkan produk. Tidak heran jika ada berbagai iklan yang bisa anda temukan ketika sedang membuka video youtube. Platform tersebut pertama kali launching pada bulan Februari tanggal 14, lebih tepatnya di tahun 2005. 

Youtube berada dibawah naungan Google dan menjadi salah satu platform yang paling sering dikunjungi. Hingga saat ini, pengguna youtube sudah mencapai lebih dari satu billion. Semakin banyak pula konten kreator yang memposting video dan mendapat respon positif dari penonton. Lama kelamaan budaya ngevlog pun mulai berkemang dan diupload melalui youtube. 

Seorang konten kreator bisa mendapatkan upah atau bayaran dari Youtube dengan lima cara, yaitu mulai dari iklan, langganan channel, super char dan super stickers, merchandise, dan pendapatan youtube premium. Seluruh informasi tersebut bisa anda dapatkan di laman support google. Namun sayangnya info seputar berapa gaji youtuber 1000 subscriber tidak tercantum disana. 

Nominal Gaji Youtuber

Sejatinya pendapatan seorang youtuber dipengaruhi oleh berbagai factor, sehingga konten kreator yang subscriber nya sama belum tentu pendapatannya juga sama. Namun jika diambil secara rata rata, maka pendapatan untuk 1.000 tayangan video adalah sekitar 18 USD atau 245 ribu dalam rupiah. Youtube sudah memberikan system khusus bagi konten kreator yang telah menjadi partnernya. 

Semakin banyak subscriber youtuber maka pendapatan yang diperoleh juga semakin besar. Jam tayang akan terus bertambah karena banyak orang yang menonton channel nya. Jika and men subscribe sebuah channel, maka nama mereka juga akan semakin besar sehingga lebih mudah saat mendapat tawaran kerjasama seperti endorse dan iklan. 

Dikutip dari sbeih sumber, jelaskan bahwa pendapatan youtuber dengan subscriber sekelas Atta Halilintar dapat memperoleh pendapatan sekitar 140 juta hingga 2 milyar per bulan. Namun saat ini, predikat sebagai youtuber nomor 1 di Asia dipegang oleh Ria Ricis. Kiat sukses Ria Ricis dan Berapa gaji youtuber 1000 subscriber menjadi dua hal yang membuat orang orang penasaran.  

Sistem Penggajian Youtuber 

Perhitungan gaji youtuber dihitung dengan dua rumus yaitu RPM atau Revenue Per Impression dan CPC atau cost per click. RPM merupakan pendapatan yang anda terima setiap 1.000 penayangan iklan. Besarnya RPM yang diterima konten creator adalah 7.000 per iklan. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang menonton iklan maka pendapatannya juga bertambah. 

Sedangkan yang dimaksud dengan CPC adalah uang  yang youtuber dapat dari jumlah orang yang klik tayangan iklan yang muncul di video yang telah diupload. Nominal untuk sati PCP adalah sekitar 5.000 hingga 12.000 rupiah. Perbedaan nominal ini tergantung masing masing iklan dan  negara serta kebijakan kebijakan lain yang dimiliki oleh Youtube. 

Sebagai contoh 3.000 orang yang menonton sebuah video. Kemudian 200 diantaranya menonton iklan hingga selesai, maka pendapatan RPM youtuber tersebut adalah  200 x 7.000 yaitu 1.400.000. Dari penjelasan tadi, terlihat bahwa berapa gaji youtuber 1000 subscriber tidak bisa diperkirakan secara pasti karena banyak variabel yang mempengaruhinya.

Cara Dapat Gaji dari Youtube

Mendapatkan gaji dari youtube baru bisa dilakukan jika konten kreator tersebut berhasil melewati kriteria yang diberikan oleh platform tersebut. Adar bisa menikmati google ads, anda perlu mendaftarkan dan memverifikasi channel pada pihak google. Anda pun perlu memiliki 1.000 subscriber. Angka tersebut adalah batas minimal sehingga sifatnya tidak bisa ditawar.

Setelah itu, anda wajib memiliki 4.000 jam tayang di channel yang sedang didaftarkan dalam satu tahun terakhir. Apabila ketiganya sudah dipenuhi, maka anda akan mendapat panduan dari Youtube studio. Adapun panduan yang dimaksud adalah untuk mengaktifkan adsense. Pertama tama, login menggunakan akun youtube yang akan didapatkan. 

Kemudian klik menu Youtube Studio dan tekan menu Monetisasi. Selanjutnya sisi formulir yang diminta dan dikirimkan pada pihak Google. Tunggu hingga mereka memberikan izin adsense. Sejatinya tahapan yang paling sulit adalah ketika mencari 1.000 subscriber dan memenuhi jam tayang minimal. Tidak heran jika pengetahuan berapa gaji youtuber 1000 subscriber diburu oleh newbie. 

Dari ulasan yang telah diberikan, terlihat bahwa menjadi seorang youtuber sangat menjanjikan. Namun di awal memulai channel, banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Anda perlu mengembangkan konten menarik serta konsisten dalam mengupload video. Namun jika channelnya sudah ramai, maka pendapatan anda bisa mencapai ratusan hingga milyaran rupiah. 

Tinggalkan komentar