| by Melphis Ameika | No comments

Bagaimana Bentuk Negara Singapura? Simak Penjelasan Berikut

Negara Singapura merupakan negara paling dekat dengan indonesia yang terdapat di utara asia tenggara. Negara ini terpisah dari negara lainnya seperti malaysia, dan brunei darusalam, dan merupakan negara terkecil diantara para negara tetangga lainnya.

Bentuk Negara Singapura awalnya merupakan pelabuhan loh yang di dirikan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1819, dan selanjutnya pada tahun 1959 negara singapura melepaskan bagian diri negara nya terhadap negara inggris. Lalu pada 1963 negara singapura bergabung dengan negara malaysia, akan tapi pada 9 agustus 1965 singapura akhirnya resmi menjadi negara independen dengan melepaskan dirinya dari malaysia.

Bagaimana Bentuk Negara Singapura ?

Banyak yang bertanya bagaimana bentuk negara singapura, berikut penjabaran nya:

Secara Luas, Letak Negara, dan Batas Wilayah Negara

Astronomis Negara Singapura > terletak antara 1º10’LU – 1º27’LU, dan 103º38’BT – 104º2’BT

Singapura terdiri dari pulau2 kecil yang berjumlah 63 pulau, juga negara singapura terdapat banyak sekali tanah reklamasi dengan luas daratan singapura senilai 581,5 km². dan proyeksi nya akan meluas lagi tanah reklamasi nya senilai 100 km² pada tahun 2030 mendatang.

Batas Negara Singapura terdiri dari Selat Karimata bagia timur, Selat Singapura bagian selatan, Selat Johor di utara, dan juga Selat Malaka bagian baratnya.

Iklim Negara Singapura

iklim di negara singapura sendiri memiliki iklim tropik khatulistiwa dengan dua musim mirip seperti indonesia yaitu musim panas dan hujan. Biasanya bulan mei sampai juni iklim nya musim panas sedangkan dari november hingga desember musim hujan.

Rekomendasi:

Tinggalkan Balasan