Apa Arti Drop Point dan Fungsinya Melancarkan Layanan Pesan Antar

Jasa pengiriman di Indonesia sudah banyak berkembang dengan banyak pilihan layanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Paket berupa barang bisa dikirim praktis ke seluruh wilayah Indonesia dengan waktu yang relatif singkat. Bagaimana cara kerjanya, apa arti drop point dan apa saja fungsinya. Simak pembahasannya dibawah ini. 

Apa Arti Drop Point dan Fungsinya Melancarkan Layanan Pesan Antar

toriqa.com

Mengenal Apa Itu Arti Drop Point

Proses pengiriman barang saat ini mulai berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan digital. Tak hanya murah, namun layanan yang berkualitas juga membuat nyaman pelanggan yang menggunakan jasanya. banyak istilah dalam dunia jasa layanan pengiriman barang ini, salah satunya adalah Drop Point. 

Drop Point adalah sebuah istilah yang artinya adalah lokasi dari kantor cabang dari jasa pengiriman barang. Kantor tersebut akan tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Sehingga paket yang akan dikirim akan di drop atau diletakkan pada masih masing Drop Point terdekat, sehingga proses pengiriman akan lebih efektif. 

Sehingga makin banyak jasa pengiriman barang ini mempunyai lokasi Drop Point, maka proses pengiriman barangnya akan semakin cepat. Proses pengiriman ini juga dikenal dengan istilah sentralisasi, di mana paket yang akan di drop diletakkan pada masing masing cabang wilayah terdekat dan kemudian akan diatur oleh pihak intern Drop Point untuk pengirimannya. 

Salah satu manfaat dan fungsi banyaknya Lokasi pengumpulan barang atau yang mempunyai arti drop point ini adalah proses layanan antar barang yang bisa lebih cepat dan seragam. Sehingga paket barang akan lebih cepat sampai ke tangan pelanggan. Namun hal ini juga akan masih bergantung pada kebijakan lokasi masing masing pengiriman terdekat. 

Baca Juga: Cara Cek J&T Cargo Tarif dan Kelebihannya

3 Macam Sistem Pengantaran Drop Point

  1. Penyerahan paket dari pengirim ke Drop Point

Proses pengantaran paket dari mulai diserahkan hingga ke tangan tujuan mempunyai beberapa tahapaan. Tahap yang pertama adalah dengan menyerahkan paket atau barang ke masing masing kantor jasa pengiriman terdekat. Jangan lupa untuk mengecek kembali barang yang akan dikirim dan juga alamat pengirim jangan sampai salah. 

Selain itu, yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat mengirim barang adalah proses pengemasan barang. proses pengemasan barang yang pecah belah atau lebih rentan rusak sebaiknya dilakukan lebih teliti. Sehingga tidak terjadi resiko barang rusak selama perjalanan, seperti barang pecah belah atau alat elektronik misalnya. 

Setelah paket didaftarkan dan ditimbang, maka harga jasa pengiriman akan ditentukan sesuai dengan jarak lokasi kirim dan berat barangnya. Sehingga setelah dihitung, maka paket akan diserahkan dan dikirim ke masing masing Lokasi pengumpulan barang atau yang mempunyai arti drop point dengan arah tujuan sesuai alamat yang tertera pada paket.

  1. Pengiriman dari Drop Point ke Warehouse

Tahapan proses kirim barang selanjutnya adalah dengan melakukan pengiriman langsung ke Drop Point. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk meminta bukti transaksi pengiriman yang jelas. Dari ukti kuaitansi tersebut maka anda akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Nomor resi ini nantinya akan bisa digunakan untuk melacak posisi paket anda. 

Proses akan dilanjutkan dengan pengiriman paket dari Drop Point ke Warehouse di masing masing wilayah terdekat. Tak perlu membutuhkan waktu lama, proses ini akan dilakukan dengan cepat sekitar 1 hari saja. Setelah sampai ke Warehouse, maka paket atau barang yang akan dikirim ini akan di sortir atau dipilih sesuai kriteria. 

Setelah lolos pengecekkan pada Warehouse, maka paket akan dikirim kembali ke Lokasi pengumpulan barang atau yang mempunyai arti drop point terdekat. Proses pengiriman barang ini dilakukan dengan cepat sehingga tidak sampai terjadi penumpukan barang di gudang. Hal ini akan disortir dengan cepat sehingga paket akan cepat datang ke tangan konsumen. 

Baca Juga: Cek Disini Berapa Lama Estimasi Pengiriman J&T Untuk Paket Kamu

  1. Pengiriman Drop Point langsung ke penerima

Setelah paket atau barang anda sampai pada Drop Point diwilayah masing masing, maka jasa pengiriman atau kurir akan langsung mengirim barang tersebut sesuai alamat yang dituju. Tak membutuhkan waktu lama, barang akan langsung dibagi sesuai dengan lokasi perjalanan kurir di masing masing wilayah. 

Tak hanya menunggu kiriman paket datang ke rumah anda, namun anda juga bisa mengambil barang yang dikirim tersebut ke lokasi Drop Point. Sehingga bila anda membutuhkan barang dengan lebih cepat maka anda bisa menjemput barang kiriman ini langsung ke lokasi dengan membawa nomor resi. 

Lokasi pengepulan barang atau yang mempunyai arti drop point ini banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga akan banyak anda temukan lokasi drop point ini dekat dengan rumah anda. Anda tak perlu kuatir tentang proses pengantaran barang yang dilakukan saat ini. Banyak teknologi dan cara yang dilakukan agar membuat pelanggan lebih nyaman dan puas. 

Itulah sekilas informasi tentang Drop Point dan fungsinya. Penggunaan sistem pengiriman seperti ini sudah banyak dilakukan sehingga akan membuat barang atau paket pelanggan lebih cepat sampai. Cara ini juga dirasa lebih efektif karena bisa memangkas banyak biaya sehingga biaya pengiriman saat ini bisa lebih murah dari jaman dahulu.

Tinggalkan komentar