Menjadi Acuan Pekerja, Inilah 6 Daftar Kota Dengan Nilai UMR Tertinggi di Indonesia

UMR adalah istilah yang sudah sangat familiar di Indonesia terutama dalam kalangan pekerja. Dengan adanya UMR banyak sekali manfaat yang dirasakan terlebih untuk cara penggajian dan besarannya. Berikut adalah ulasan tentang daftar kota dengan UMR Tertinggi di Indonesia yang bisa dijadikan pertimbangan untuk anda yang sedang mencari pekerjaan. 

Menjadi Acuan Pekerja, Inilah 6 Daftar Kota Dengan Nilai UMR Tertinggi di Indonesia

Baca Juga: Fakta Tentang Kebijakan UMR Indonesia dan Besar UMR Tangerang Terbaru 2022

6 Kota Dengan UMR Tertinggi 

  1. Karawang & Bekasi 

Besaran UMR pada setiap daerah di Indonesia cenderung berbeda beda tergantung perhitungannya. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk bekerja pada kota atau daerah dengan jumlah UMR yang tinggi. Pertimbangan ini bisa dijadikan acuan dalam memilih pekerjaan untuk karyawan di Indonesia. 

Salah satu daerah yang terkenal karena UMR yang tertinggi di Indonesia adalah Kabupaten Karawang dengan besarannya adalah Rp 4.798.312. Selain itu, daerah di sekitar Karawang juga merupakan daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia yaitu Kabupaten Bekasi yang UMR-nya  Rp 4.791.843 dan Kota Bekasi dengan besaran UMR Rp 4.782.935. 

  1. DKI Jakarta 

DKI Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia juga masuk dalam daftar 10 besar kota yang mempunyai UMR tertinggi. Banyak orang yang beranggapan bahwa merantau ke ibukota dan bekerja disana akan merubah nasib. Sehingga setiap tahunnya banyak orang yang berbondong bondong masuk ibukota Jakarta. 

Besaran UMR DKI Jakarta adalah Rp 4.416.186,548. Dengan besaran UMR tersebut menjadikan Ibukota Indonesia ini banyak menjadi tempat tujuan mencari pekerjaan. Namun persainagn yang banyak di ibukota menjadikan memiliki pekerjaan di DKI Jakarta tidaklah mudah. Sehingga bagi yang ingin bekerja di ibukota harus mempunyai skill yang mumpuni terlebih dahulu. 

  1. Kota Depok 

Masih di sekitar wilayah Ibukota, daerah dengan jumlah UMR paling tinggi adalah Kota Depok. Kota yang terletak dekat dengan DKI Jakarta ini memang terus berkembang dengan banyak industrinya. Sehingga tak hanya ibukota saja, namun Depok juga menjadi tujuan banyak pekerja luar kota untuk mencari nafkah. 

Besaran UMR Kota Depok terbaru adalah sebesar Rp 4.339.514. Besaran UMR kota Depok tersebut menjadi acuan banyak pekerja yang ingin merantau ke Depok. Kota yang terus berkembang baik dalam pembangunan dan ekonominya ini menjadi tujuan yang menjanjikan untuk para karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan lebih. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Penting Adanya UMR dan Besaran UMR Jogja Terbaru 2022

  1. Kota Cilegon 

Masih di daerah Jawa Barat, pendapatan atau UMR tertinggi di Indonesia selanjutnya berasal dari Kota Cilegon. Besaran UMR dari Kota Cilegon adalah Rp 4.309.772. Jumlah ini cukup besar dibandingkan dengan kota dan daerah lainnya di Indonesia. Sehingga menjadikan Kota Cilegon tujuan pekerja dari berbagai daerah. 

Kota yang berkembang dalam ranah industrinya ini memang terus mengalami peningkatan dalam hal ekonominya. Perkembangan berbagai macam industri inilah yang menjadi faktor jumlah UMR semakin tinggi. Besaran UMR ini bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di kota kota besar Indonesia. 

  1. Kota Surabaya dan Sekitarnya

Tak hanya kota dan daerah Jawa Barat yang mempunyai daftar UMR tertinggi. Kota lainnya di wilayah Jawa Timur juga masuk dalam daftar UMR tertinggi di Indonesia selanjutnya. Kota Surabaya masuk dalam daftar 10 kota dengan UMR tertinggi. Besaran UMR kota Surabaya adalah sebesar Rp 4.300.479. 

Tak hanya Surabaya, kota lainnya di Jawa Timur yang masuk daftar UMR tertinggi adalah Kabupaten Gresik yang terletak tak jauh dari Kota Surabaya. Besaran UMR Kota tersebut adalah Rp 4.297.030. Masih di Daerah Surabaya dan sekitarnya, besaran UMR tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Sidoarjo dengan besaran UMR Rp 4.293.581.

Baca Juga: UMR Surabaya Sentuh 4,3 Juta! Yuk Intip 5 Faktor Yang Mempengaruhinya!

  1. Kabupaten Pasuruan 

Kabupaten Pasuruan yang dikenal mempunyai banyak industri di wilayah Jawa Timur juga masuk ke dalam daftar 10 Kota di Indonesia dengan UMR tertinggi. Besaran UMR Kabupaten Pasuruan adalah sebesar Rp 4.290.133. Besaran UMR kota kota tersebut akan masih bisa berubah sesuai dengan peraturan dan perhitungannya tiap tahun. 

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan industrinya yang maju pesat. Banyak Industri industri besar tumbuh dari kota di Jawa Timur ini. Sehingga Kabupaten Pasuruan seringkali dijadikan tujuan orang dalam mencari pekerjaan di sekitar Propinsi Jawa Timur.

UMR Tertinggi di Indonesia setiap tahunnya cenderung berubah. Besaran nominal UMR yang berbeda beda tersebut diperoleh dari hasil survey dan analisis data yang dilakukan oleh DPD. Jumlah UMR dan cara perhitungannya ini juga bersifat transparan, bisa dilihat dan diakses oleh semua kalangan masyarakat juga menjadi dasar aturan upah yang valid. 

UMR di Indonesia cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jumlah UMR yang berbeda beda untuk setiap daerah di Indonesia tersebut bisa dijadikan acuan bila anda sedang mempertimbangkan menerima pekerjaan. Jumlah UMR di berbagai Kota di Indonesia juga bisa anda lihat di situs resmi pemerintah Kota atau Propinsi. 

Tinggalkan komentar