3 Fakta Menarik Tentang UMR Karawang Terbaru Tahun 2022

Banyak orang mengira bahwa UMR tertinggi di Indonesia adalah Jakarta. Nyatanya belum tentu seperti itu. Kawasan industri Karawang nyatanya mempunyai jumlah UMR tertinggi se Indonesia. Berikut adalah beberapa fakta tentang UMR Karawang terbaru pada tahun 2022. Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

3 Fakta Menarik Tentang UMR Karawang Terbaru Tahun 2022

Baca Juga: Informasi UMR Bekasi 2022 Dan Beberapa Peraturan Terkait UMR

3 Fakta Menarik Tentang UMR Kabupaten Karawang

  1. UMR Kabupaten Karawang 2022 tidak mengalami kenaikan 

Sebagai karyawan dan pekerja di Indonesia, istilah UMR pasti sudah umum didengar. UMR yang sudah ditentukan pemerintah dan selalu diperbaharui setiap tahunnya ini merupakan kebijakan yang memihak pada karyawan. Kebijakan UMR ini mempunyai banyak fungsi dan manfaat untuk para pekerja agar mendapatkan haknya. 

Setiap tahun, perhitungan UMR di Indonesia terus naik. Hal ini sesuai dengan hasil survey kebutuhan hidup yang dilakukan oleh DPD dan disetujui oleh Gubernur. Keputusan tersebut akan menjadi dasar aturan kenaikan UMR. Namun ada yang menarik dari besaran UMR Kabupaten Karawang pada tahun 2022 ini. 

Besaran UMR Karawang ini tidak mengalami kenaikan dari tahun 2021 ke tahun 2022. Sehingga besaran UMR Kabupaten Karawang pada tahun 2022 tercatat masih sebesar Rp 4.798.312 dan masih sama. Hal ini berdasarkan peraturam gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menetapkan besaran UMP dan UMK se Jawa Barat. 

Namun, walaupun UMR Kabupaten Karawang tidak mengalami kenaikan tahun ini tapi UMR Kabupaten Karawang tetap masuk dalam jajaran UMR tertinggi di Indonesia. Bahkan UMR Kabupaten Karawang tercatat lebih tinggi daripada UMR Ibukota Jakarta di tahun 2022 ini. Sehingga UMR Kota Industri di Jawa Barat ini cukup menjanjikan bagi para pekerja. 

  1. Alasan mengapa UMR Kabupaten Karawang 2022 tidak naik

Besaran UMR pada setiap daerah di Indonesia cenderung berbeda beda tergantung perhitungannya. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk bekerja pada kota atau daerah dengan jumlah UMR yang tinggi. Pertimbangan ini bisa dijadikan acuan dalam memilih pekerjaan untuk karyawan di Indonesia. 

Manfaat dan fungsi lainnya dari aturan UMR ini adalah perhitungan yang sesuai dan selalu di perbaharui setiap tahunnya. Perlu diketahui bahwa perhitungan UMR selalu mengalami kenaikan setiap tahun begitu juga dengan UMR Karawang. Hal ini sudah disesuaikan dengan survey kebutuhan karyawan yang berada di daerah tersebut.

Namun, UMR Kabupaten Karawang tahun ini memang tidak mengalami kenaikan. Berita yang cukup pro kontra ini memang cukup mengejutkan karena berbeda dengan UMR Kota lainnya di Indonesia yang cenderung mengalami kenaikan. Pada awalnya, memang ada usulan kenaikan UMR Kabupaten Karawang menjadi  Rp 5.166.822,36.

Namun usulan kenaikan sebesar 7,68 persen tersebut kemudian ditolak oleh gubernur Ridwan Kamil. Alasan ditolaknya usulan tersebut adalah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 yang mana disebutkan bahwa kenaikan UMR akan didasarkan pada kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan daerah setempat. 

Baca Juga: Menjadi Acuan Pekerja, Inilah 6 Daftar Kota Dengan Nilai UMR Tertinggi di Indonesia

  1. UMR Kabupaten Karawang pernah mengalami kenaikan tertinggi di Indonesia

Anda tentu bertanya tanya tentang bagaimana cara perhitungan UMR Karawang dan apa yang menjadi dasar pemerintah dalam menghitungnya. Cara perhitungan penetapan UMR ini sebenarnya berdasarkan data dan survey yang dilakukan oleh Dewan Pengupahan Daerah atau DPD. Survey dilakukan untuk mengetahui jumlah kebutuhan masyarakat setiap tahunnya. 

Karawang selalu dikenal sebagai darah yang mempunyai UMR yang tinggi di Indonesia. Tingginya UMR Kabupaten Karawang ini menjadi dasar pertimbangan banyak pekeja yang berminat bekerja disini. Bahkan tercatat kenaikan UMR Kabupaten Karawang dari tahun 2005 hingga 2020 rata rata sebesar 14.1 persen per tahunnya.

Bahkan tercatat pada tahun 2013 kenaikan UMR Kabupaten Karawang mengalami lonjakan paling tinggi yaitu hingga 57,6 persen menjadi Rp 2.000.000. UMR Kabupaten Karawang ini juga dikenal lebih tinggi daripada UMR Ibukota Jakarta. Anggapan bahwa UMR tertinggi adalah Jakarta ternyata salah dan ada Kota lain yang mempunyai UMR lebih tinggi. 

Pada tahun 2019 akhirnya UMR Kabupaten Karawang sudah melampaui Jakarta. Saat tahun 2019, UMR Jakarta sebesar Rp 3.940.972 sedangkan UMR Kabupaten Karawang sudah mencapai Rp4.234.010,27. Kota industri terkenal di Jawa Barat ini memang sedang dan terus berkembang, sehingga menjadi tujuan kota pekerja yang ideal dan menjanjikan. 

UMR Tertinggi di Indonesia setiap tahunnya cenderung berubah. Besaran nominal UMR yang berbeda beda tersebut diperoleh dari hasil survey dan analisis data yang dilakukan oleh DPD. Jumlah UMR Karawang dan cara perhitungannya ini juga bersifat transparan, bisa dilihat dan diakses oleh semua kalangan masyarakat juga menjadi dasar aturan upah yang valid. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Penting Adanya UMR dan Besaran UMR Jogja Terbaru 2022

Itulah beberapa fakta tentang UMR Kabupaten Karawang yang ternyata sering menjadi jumlah UMR tertinggi di Indonesia. UMR di Indonesia cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jumlah UMR yang berbeda beda untuk setiap daerah di Indonesia tersebut bisa dijadikan acuan bila anda sedang mempertimbangkan menerima pekerjaan. 

Tinggalkan komentar