10 Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia Menurut Webometrics 2022

Setelah masa akhir sampai kelulusan SMA tentu para siswa akan berbondong-bodndong untuk mencari Kampus pilihannya, yang notabene menjadi favoritkan adalah Perguruan Tinggi atau Universitas Negeri padahal juga terdapat pilihan untuk masuk Universitas Swasta yang masih dianggap sebelah mata.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya dunia pendidikan saat ini sudah terdapat banyak sekali Universitas Swasta yang mampu bersaing bahkan memiliki kualitas yang lebih baik dari Universitas Negeri.

Berikut daftar 10 Universitas Swasta terbaiki di Indonesia versi Webometrics 2022.

1. Universitas Telkom

Peringkat dunia: 1.417

Kampus utama Universitas Telkom terletak di Kabupaten Bandung, dan kampus lainnya berlokasi di Kota Bandung bagian Utara. Di kampus ini terdapat 7 Fakultas dengan 34 Program Studi. Terdapat beberapa alumni Universitas Telkom yang dikenal secara luas, misalnya seperti Aiman Witjaksono seorang Jurnalis di Kompas TV dan Honesti Basyir yang merupakan direktur keuangan PT. Telkom Indonesia.

2. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Peringkat dunia:1.949

Universitas Bina Nusantara biasa dikenal dengan sebutan Binus. Lokasi utama kampus ini berada di wilayah Jakarta, namun juga terdapat di Bekasi, Bandung, dan Malang. Binus juga menyediakan 3 jenjang program kuliah, yaitu sarjana, magister, dan doktoral. Selain itu di kampus ini juga terdapat 3 Fakultas dan 4 sekolah dengan beberapa program studi. Banyak alumni dari Binus yang dikenal oleh masyarakat, yaitu William Tanuwidjaja yang merupakan pendiri sekaligus CEO Tokopedia dan penyanyi wanita Raisa Andriana.

3. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY)

Peringkat dunia: 2.232

UMY terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta ini terdapat 8 Fakultas dengan banyak program studi dengan 3 jenjang yaitu, sarejana, magsiter, dan doktoral. Selain di kampus ini  juga tersedia Program Vokasi dan Program Internasional. Adapun Stand Up Komedian Mamat Alkatiri yang merupakan alumni dari UMY dengan mengambil jurusan kedokteran gigi.

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Peringkat dunia: 2.270

Lokasi kampus UII berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UII merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta tertua yang ada di Indonesia yang berdiri sejak 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI). Terdapat 8 Fakultas dengan berbagai Program Studi yang di sertai dengan adanya jenjang sarjana sampai doktor dan juga Program Internasional. Menko polhukam Mahfud MD dan sastrawan Pramoedya Ananta Toer merupakan alumni UII.

5. Universitas Gunadarma (Gundar)

Peringkat dunia: 2.698

Universitas Gunadarma juga biasa di sebut dengan Gundar memiliki beberapa Kampus yang tersebar di wilayah, namun Kampus utamanta berada di Depok, Jawa Barat. Di kampus ini tersedia 9 Fakultas dengan banyak Program Studi dan juga jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktoral. Pembawa acara Hesti Purwadinata dan penyanyi Ayu Ting Ting merupakan alumni Universitas Gunadarma.

6. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Peringkat dunia: 2.898

UKSW terletak di Salatiga, Jawa Tengah. Di kampus ini terdapat 14 Fakultas dengan berbacai macam program studi yang tersedia dari jenjang diploma sampai dengan doktoral. Selain itu UKSW juga menaungi beberapa Sekolah Laboratorium.

7. Universitas Narotama Surabaya (Unnar)

Peringkat dunia: 3.185

Seperti namanya Kampus ini berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Unnar berdiri pada 8 Februari 1981 dan sampai saat ini memiliki 5 Fakultas dengan 10 Program Studi yang tersedia dari jenjang sarjana sampai magister.

8. Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

Peringkat dunia: 3.396

Universitas Atmajaya Yogyakarta terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UAJY memiliki 8 Fakultas dengan beberapa Program Studi dengan Program internasional serta terdapat juga jenjang sarjana, magister, dan doktoral.

9. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Peringkat dunia: 3.417

Kampus Udinus terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Di Kampus ini terdapat 5 Fakultas dengan beberapa Program Studi yang disertai  2 jenjang, yaitu sarjana dan magister. Sultan Gustaf Al Ghazali atau yang biasa di kenal dengan Ghazali Everyday merupakan seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Prodi D4 Studi Animasi , Universitas Dian Nuswantoro.

10. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD)

Peringkat dunia: 3.540

UAD atau Universitas Ahmad Dahlan terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulanya UAD didirikan pada tahun 1960 dengan nama Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta dan setelah tahun 1994 resmi berubah fungsi menjadi UAD. Di Kampus ini terdapat 11 Fakultas dengan banyak Program Studi dengan jenjang sarjana dan magister yang di sertai dengan Program vokasi maupun profesi berdasarkan jenjang.

Tinggalkan komentar