10 Orang Terkaya Di China Saat Ini

Sejak tahun 2021 lalu terjadi pergeseran peringkat orang terkaya di China. Sebelumnya posisi tersebut di anugerahi kepada pentolan Ali Baba yaitu Jack Ma, sekarang berpindah mahkota kepada Zhong Shanshan yang merupakan seorang pengusaha farmasi dan air minum kemasan.

Seiring berjalannya waktu dilansir dari majalah Forbes (3/7/2022), berikut 10 daftar orang terkaya di China yang didominasi oleh pengusaha di bidang teknologi.

1. Zhong Shanshan

Total Kekayaan: USD67,9 miliar (Rp970,9 triliun)

Zhong merupakan pendiri dan ketua Nongfu Spring, sebuah perusahaan air minum dalam kemasan/botol. Selain itu ia juga memiliki kendali besar pada perusahaan farmasi yang sangat tersohor di China yaitu Wantai Biological Pharmacy.

Dibalik kesuksesannya saat ini Zhong pernah keluar dari sekolah dasar pada saat periode Revolusi Budaya Cina. Lalu ia sempat bekerja sebagai pekerja konstruksi, seorang reporter surat kabar, bahkan sales agen sebelum ia memulai bisnisnya sendiri.

2. Zhang Yiming 

Total Kekayaan: USD59,4 miliar (Rp849,4 triliun)

Peringkat kedua diduduki oleh Zhang Yiming yang merupakan pendiri dari salah satu platform konten media yaitu ByteDance. Meskipun saat ini ia mundur dari jabatannya sebagai ketua dan CEO, fakta lainnya adalah produk unggulan dari ByteDance adalah aplikasi TikTok yang berhasil menarik jutaan pengguna di seluruh penjuru dunia dari berbagai kalangan, baik masyarakat umum atau bahkan publik figur.

3. Ma Huateng 

Total Kekayaan: USD39,1 miliar (Rp559,1 triliun)

Pengusaha yang biasa dikenal sebagai Pony Ma ini merupakan pendiri dari perusahaan internet raksasa, Tencent Holdings. Selain itu saat ini ia juga menjabat sebagai ketua dan CEO dari perusahaan tersebut.  Produk dari perusahaan ini diantaranya adalah aplikasi WeChat yang digunakan lebih dari 1 miliar orang dan Tencent Music.

4. Jack Ma

Total Kekayaan: USD34,6 miliar (Rp494,7 triliun)

Pada tahun 2020 Jack Ma sempat menduduki peringkat tertinggi sebagai orang terkaya di China, namun meskipun turun beberapa peringkat Jack Ma tetap menjadi yang terpopuler di kalangan konglomerat negeri tirai bambu tersebut.

Kekayaan Jack Ma berasal dari Alibaba Group sebuah perusahaan e-commerce raksasa di China. Meskipun ia tidak lagi menjadi ketua di perusahaan tersebut, namun ia memiliki saham di sana, selain itu Jack Ma juga merupakan pendiri dari Alibaba Group.

Sebelum sampai tahap ini Jack Ma muda gemar mempelajari bahasa Inggris sehingga ia dapat menjadi guru dan pemandu wisata gratis untuk pengunjung dari AS.

5. He Xiangjian 

Total Kekayaan: USD29,4 miliar (Rp420,4 triliun)

He Xiangjian merupakan seorang pengusaha yang mendirikan perusahaan Midea Group, yaitu salah satu perusahaan pembuat peralatan rumah tangga terbesar di dunia. Selain itu ia juga memiliki kendali di sebuah perusahaan properti, Midea Real Estate Holding.

Sebelum tercipta Midea Group He Xiangjian memulai bisnisnya di desa bersama beberapa penduduk dengan membuat botol kaca dan tutup plastik.

6. William Dei Ling

Total Kekayaan: USD27,1 miliar (Rp387,5 triliun)

William Lei Ding merupakan pendiri dan CEO dari salah satu perusahaan internet dan game online terbesar, yaitu Netease. Perusahaan ini memiliki kemitraan dengan anak perusahaan Microsoft, Mojang, dan Blizzard Entertaiment. Netease juga merupakan kompetitor dari Tencent dalam bidang game.

7. Wang Wei 

Total Kekayaan: USD25,3 miliar (Rp361,7 triliun)

Peringkat ketujuh orang terkaya di China diberikan kepada Wang Wei, seorang pengusaha sekaligus pendiri, ketua, dan CEO dari S.F Holding. Perusahaan ini bergerak di bidang pengiriman dan logistik, serta merupakan perusahaan pertama yang mendapat izin di China untuk melakukan pengiriman dengan menggunakan drone.

8. Qin Yingling & Keluarga

Total Kekayaan: USD24,8 miliar (Rp354,6 triliun)

Qin Yinglin didampingi istrinya, Qian ying menjadi orang terkaya kedelapan di China. Qin merupakan pendiri dan ketua dari Muyuan Foodstuff, sebuah perusahaan yang memiliki  peternakan babi terbesar di China. Uniknya Qin dan Qian menjual 22 babi untuk pertama kalinya pada tahun 1992.

9. Yang Huiyan & Keluarga 

Total Kekayaan: USD22,4 miliar (Rp320,3 triliun)

Yang Huiyan merupakan seorang pengusaha yang memiliki 57% saham perusahaan Country Garden Holdings, pengembang real estate yang mengawasi hotel dan membangun berbagai macam properti di seantero China.

Pada tahun 2007 Yang Huiyan mendapatkan 61% saham Country Garden Holding dari ayahnya, Yang Guoqiang yang merupakan salah satu pendiri perusahaan tersebut. Ia juga mengawali karir sebagai asisten pribadi ayahnya yang turut mengembangkan startegi dan investasi perusahaan.

10. Li Shufu

Total Kekayaan: USD22,1 miliar (Rp316 triliun)

Untuk peringkat 10 orang terkaya di China jatuh kepada Li Shufu. Li merupakan ketua dari Geely Auto Mobile Holdings, salah satu perusahaan produsen mobil terbesar di China. Ia melakukan ekspansi global dengan membeli saham Lotus dan Proton dengan jumlah besar, dan mengakusisi Volvo

Beberapa tahun kebelakang Li Shufu juga menjadi perbincangan di dunia otomotif karena turut mengakusisi saham Daimler AG yang merupakan induk Mercedes-Benz. Uniknya Li Shufu kecil bahkan tak mampu untuk memiliki mainan, namun saat ini ia mampu memiliki dan membeli perusahaan mobilnya sendiri.

Tinggalkan komentar